selasar-loader

Apakah ranking perguruan tinggi berpengaruh pada karier alumninya?

Last Updated Nov 17, 2016

Setiap tahun, ranking perguruan tinggi dalam negeri dikuasai oleh UI, ITB, UGM, dan universitas-universitas negeri lainnya. Sebenarnya, apakah ranking tersebut bisa mempengaruhi karier alumni perguruan tinggi tersebut?

17 answers

Sort by Date | Votes
Arfi Bambani
Tak ada Guru Silat, yang ada Tua Silat. Pesilat belajar sampai akhir hayat.

Hasil gambar untuk karier seseorang

via img.okezone.com (SUM)

Tidak.

Karier Anda ditentukan oleh kapasitas Anda sendiri. Kapasitas itu melingkupi banyak hal, mulai dari kecerdasan intelektual, kemampuan beradaptasi, kemauan belajar, dan lain-lain. Saya mengenal banyak orang yang sukses bukan berasal dari perguruan tinggi ternama dan rata-rata memiliki tiga kemampuan tersebut.

 

Answered Dec 2, 2016
Rasyid Putra Adi Suwarno
Faculty of Public Health, Universitas Indonesia

Belum tentu juga, tergantung masing-masing individu kalo lo bagus walalupun lu bukan almamater ketiga PTN tersebut karir lo tetep bisa bagus

Answered Jan 13, 2017
Wisnu M.R.
Mahasiswa Fak. Peternakan

Saya cukup berpengaruh namun yang paling berpengaruh ada alumni sebelumnya.

Answered Jan 13, 2017
auliyaur rohman
Alumni Universitas Airlangga

sebenarnya kembali lagi pada tiap mahasiswa yang belajar di kampus tersebut, apakah dia mau terus belajar dan meningkatkan kualitas serta kapasitas mereka atau tidak. terkait ada tidaknya rangking dari perguruan tinggi tersebut pada karir jelas sedikit banyak ada, karena semakin baik rangking kampus tersebut menandakan kualitas yang baik pula. Mulai dari proses masuk yang ketat dan proses kuliah yang baik.

Answered Jan 25, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

Tidak selalu, tapi di banyak situasi memang sangat berpengaruh terutama saat tahap seleksi / rekrutmen. Hal ini berlaku di perusahaan-perusahaan dengan reputasi mengkilap. Dengan bekal IPK 2 koma, seorang lulusan PTN dari jurusan mentereng akan tetap prestisius di mata pemberi kerja daripada (misalnya) PTS akreditasi B atau C yang IPK nya nyaris 4 koma nol.

Namun, ketika masuk dunia karir, situasi jadi serba relatif, faktor-faktor seperti office politics, kekosongan dan kebutuhan posisi, penghargaan terhadap meritokrasi, dan subjektifitas atasan yang menentukan karir seseorang.

Sekian dan terima gaji. 

Answered Jan 27, 2017
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

dH_GGlJcH-ihqwtnI9cPMLfSmJbh2vYI.jpg

via idea-gus.com (ASAM)

Aku seorang senior di beberapa perusahaan dan sudah melihat sebuah pola.

Aku sering merekrut banyak anak muda untuk bekerja, tetapi sungguh aku tidak melihat mereka dari universitas mana. Aku melihat mereka dari test, tugas, dan pemikiran saat wawancara serta kepedulian mereka ketika aku meminta menjawab dengan beberapa "trik dan jebakan betmen".

Terbukti, anak-anak buahku semua baik-baik saja tanpa aku melihat mereka lulusan darimana. Semuanya hanya sebuah "ilusi". Bahwa semua itu belum tentu. Hidup itu pilihan dan Tuhan sudah memberikan akal budi bagi kita.

Jadi? Apakah lulusan universitas terbaik akan mengasilkan lulusan yg terbaik di dunia? Belum tentu,

Tetap semangat walau kita berada dalam keterbatasan, termasuk kuliah di universitas terburuk sekalipun.

Answered Apr 15, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

 

Hasil gambar untuk perguruan tinggi berpengaruh kepada karier

via jberita.com  (SUM)

Saya kira belum tentu, tapi mempengaruhi dalam proses penerimaan pegawai. Sering kali perusahaan mencari pegawai dari universitas-universitas ternama. Akreditasi dari perguruan tinggi pun setahu saya berpengaruh ketika alumninya mencari pekerjaan. Kalau sebuah kampus akreditasnya C, alumninya akan sulit sekali mencari pekerjaan. Kenalan saya ada yang mengalaminya. 

Answered Apr 16, 2017
Lutfi Darw
ingin tahu

Of course.P1M__4jVxAC2L_Pb5iVfHR3p4X3dy2aw.jpg

Answered Apr 21, 2017

Menurut saya, jika ditanya apakah ranking perguruan tinggi dapat perpengaruh kepada karier alumninya, saya akan menjawab belum tentu, karena menurut saya, karier dari alumni sendiri itu tergantung dari alumninya, seperti potensi yang ia miliki, ketekunannya, prestasinya, serta aspek-aspek lain yang menggambarkan kelebihan dari alumninya itu sendiri. Selain itu, untuk ranking universitas sendiri pun ada yang berpengaruh dan ada yang tidak pada saat seseorang alumni melamar pekerjaan, karena tidak semua perusahaan mengutamakan dari universitas manakah alumni tersebut berasal, tetapi dari ranking yang diperoleh oleh univetsitas tertentu pun kita bisa mengetahui bahwa lulusan yang dihasilkan pun tidak asal-asalan, karena untuk lulusnya saja sungguh dibutuhkan perjuangan yang sepadan. Jadi, ketika ia lulus nanti dapat terlihat apa yang membedakannya sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk dapat diterima oleh perusahaan atau tempat lain yang sejalan dengan jurusan yang didalaminya.

Answered Aug 2, 2017

Menurut saya, ya berpengaruh karena dari setiap perusahaan, setiap ada anggota yang melamar pekerjaan pasti dilihat dulu asal PTN mana dia dulu dan juga akreditasinya. 

Answered Aug 2, 2017
Rahmatika Dana
Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora jurusan Ilmu Perpustakaan

Iya, karena orang" yang ingin mempekrjakan seseorang pasti di lihat terlebih dahulu latar belakang pendidikannya orang tersebut, semakin tinggi ranking dari univ tersebut semakin tinggi pula peluang usaha 

Answered Aug 11, 2017

Tidak terlalu berpengaruh banyak, karena yang dilihat dari sebuah perusahaan adalah skill dan kecakapan seseorang dalam melakukan pekerjaan. Karena menurut saya, bukan ranking perguruan tinggilah yang mempengaruhi karier mahasiswanya, tetapi prestasi mahasiswalah yang mempengaruhi ranking dari perguruan tinggi tersebut.

Answered Aug 13, 2017

Tergantung alumninya mau kerja apa. Kalau mau kerja di instansi pemerintah atau perusahaan, pasti berpengaruh. Tapi kalo dia mau bisnis usaha sendiri, itu balik lagi kepada sang alumni. Kalau dia punya skill yang baik, insyaallah sukses.

Answered Aug 18, 2017
Adi Primanda
Mejuah-juah. Saya dari Medan

Nama besar kampus tentu akan membuat orang yang membacanya segan. Saya pikir itu akan membantu sekali untuk melewati tahap awal di proses perekrutan, misalnya seleksi berkas.

Namun, kalau kamu bisa mendemonstrasikan bahwa kamu punya pengalaman dan kemampuan yang akan berguna di perusahaan/instansi, saya rasa tidak mustahil untuk tampil meyakinkan walaupun kita tidak dari kampus yang peringkatnya tinggi.

Tetap semangat.

Answered Sep 18, 2017
Sutiono Gunadi
I am a Food-Travel-Hotel writer, also interests on technology, movies, HIV/AIDS

i6A9a0CgenZ_RDkhb7oQ0YuJVkUn-FFZ.png

Ranking perguruan tinggi tidak mutlak berpengaruh pada karier alumninya. Ia hanya sedikit menguntungkan saat alumninya menjalani proses penerimaan karyawan baru karena lazimnya, alumni dari perguruan tinggi dengan ranking tinggi akan mendapat prioritas lebih tinggi untuk diterima.

Selebihnya, karier ditentukan oleh prestasi si alumni perguruan tinggi ini sendiri dalam mengarungi dunia kerja. Beberapa hal seperti kemampuannya dalam berinteraksi dengan rekan kerja/client, prestasi kerja yang baik dan konsisten, loyalitas, dan kemampuan memberikan nilai lebih dibandingkan para pekerja lainnya akan membuat kariernya lebih melesat.

Answered Oct 4, 2017
Yusup Ridwansyah
Calon Peneliti, Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

images?q=tbn:ANd9GcQwLBuVkaYi4CBHn1yOKUK

Universitas dimana tempat kuliah tidak menjadi variabel tunggal dalam menentukan carreer path seseorang. Terdapat banyak variabel yang memberikan pengaruh besar pada alumni saat memasuki karirnya. Rangking perguruan tinggi bisa menjadi salah satu indikator kesuksesan alumni dalam berkarir. Image serta rangking universitas adalah modal dan power alumni dalam berkarir. Berdasarkan studi penelitian dari salah satu almuni UI menemukan bahwa IPK dan Rangking Universitas berpengaruh pada entry point karir alumni. Pada saat perekrutan pegawai, rangking universitas dan IPK cukup berpengaruh untuk menentukan posisi yang mungkin lebih tinggi daripada alumni dari rangking universitas medioker. Namun, seiring berjalannya karir, soft skills menjadi variabel utama yang menentukan karir alumni. Belum tentu lulusan PT ternama atau 10 PT terbaik akan menjamin percepatan karir dibanding perguruan tinggi lainnya.

Jadi intinya bahwa rangking universitas menjadi salah satu variabel kesuksesan alumni dalam berkarir terutama pada saat perekrutan awal, tetapi bukan menjadi variabel tunggal penentu karir.

Answered Dec 2, 2017
Fikri Suhardi
Guru Bimbingan dan Konseling, Belajar Menjadi Ayah, Pencinta Filsafat

Berpengaruh asalkan dalam perguruan tinggi tersebut terdapat Unit Pengembangan Karir (Career Development Center) yang akan memfasilitasi mahasiswa yang sedang belajar dan yang akan selesai studi (alumni) untuk menemukan piliihan karirnya secara tepat.

Answered Nov 9, 2018
Sponsored

Question Overview


and 3 more
21 Followers
2083 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa beasiswa yang terbaik di Indonesia saat ini?

Mana yang lebih baik, perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri?

Apa keuntungannya mengambil sekolah lanjutan di luar negeri dibanding di dalam negeri?

Pentingkah pemilihan jurusan yang spesifik untuk strata 1?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Apa hal fundamental yang diajarkan di perguruan tinggi strata 1?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Siapa Dosen favorit Anda ketika menempuh studi di jenjang sarjana (S1)?

Siapa Dosen favorit Anda ketika menempuh studi di jenjang pasca sarjana (S2 dan S3)?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Persib, apakah kelebihan dan kekurangannya menurut bobotoh?

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?

Apa pendapatmu tentang rencana Jokowi untuk meluncurkan student loan di Indonesia?