selasar-loader

Bagaimana cara cepat membangun start up?

Last Updated Dec 30, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Andreas Senjaya
Pendiri dan CEO iGrow

hoIHs0VRKp1SX_RrTAeo6pp9eWjRzXBP.jpg

Ketika kita ingin mendirikan sebuah startup, pernahkah terlintas dalam benak kita pertanyaan bagaimana cara cepat untuk menumbuhkan dan membesarkan startup impian kita tersebut? 

Tumbuh dengan cepat adalah karakteristik dari sebuah startup sebagai salah satu parameter penilaian berjalan tidaknya bisnis model yang direncakan oleh pendirinya.

Namun, keinginan untuk bertumbuh cepat tersebut terkadang dibiaskan oleh pemikiran bahwa startup kita harus menggarap atau menyasar hal-hal besar saat itu juga, contohnya seperti market yang besar atau jenis layanan yang beragam.

Terkadang, memulai dari yang kecil adalah sebuah cara terbaik dalam membesarkan startup kita. Sama seperti nasihat Aa Gym yang terkenal tentang perubahan diri, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang. Memulai dengan hal yang kecil bukan berarti kita menargetkan pencapaian kecil untuk startup kita, tapi kita bisa menciptakan ruang lingkup yang lebih sederhana untuk bisa memverifikasi model bisnis kita dengan cepat.

Memulai dari yang kecil juga membuat kita lebih mudah mendominasi market/layanan spesifik tersebut dibandingkan kita menyasar market besar/layanan besar di waktu awal dalam waktu bersamaan.

Perusahaan teknologi raksasa seperti Amazon dan eBay sekalipun pernah mengawali perjalanannya dengan memulai dari yang kecil. Amazon memulai perjalanannya dengan memfokuskan diri pada penjualan buku, memosisikan diri mereka sebagai solusi bagi mereka yang tinggal jauh dari toko buku dan ingin mencari buku yang tidak biasa atau jarang ditemukan.

Baru setelah mereka menjadi pemain besar dalam e-commerce buku, mereka mulai mengembangkan sayap ke layanan lain, seperti CD, video, dan software. Seperti kita lihat kini, Amazon akan terus menambah kategori layanan hingga menjadi toko online terbesar dunia.

eBay juga memulai langkah awalnya dengan berkonsentrasi pada market peminat baby beanie (boneka mainan anak-anak) di awal perjalanannya, baru kemudian mereka bisa mendapat kepercayaan untuk menawarkan beragam barang-barang lainnya dan saat ini menjadi salah satu perusahaan marketplace terbesar di dunia.

Memulai dari kecil membuat kita menguasai market spesifik tertentu dengan penawaran tertentu juga. Setelah area tersebut kita dapat kuasai, maka dari sana kita akan bisa melihat celah peluang lainnya untuk bisa mengembangkan pasar.

Salah satu startup dari Hongkong bernama lotsofbottom.com, sebuah e-commerce yang menawarkan ribuan jenis kancing ke pasar internasional, memulai langkah awalnya dengan berfokus pada produk kancing. Setelah mereka berhasil mengklaim diri sebagai toko kancing terlengkap di dunia, mereka mulai merambah ke produk pita dan aksesoris lainnya yang ternyata nilai pasarnya mencapai miliaran dolar.

Mereka dapat menguasai pasar peminat kancing sehingga tidak banyak pesaing serupa yang dapat menandingi kekuatan mereka di pasaran.

Startup memang harus tumbuh cepat, namun jangan sampai keinginan bertumbuh cepat membuat kita ingin formula instan untuk bisa mendapat hasil yang besar tanpa proses pembelajaran. Memulai dari kecil membuat kita memiliki fokus dan perhatian yang tinggi dalam aktivitas belajar kita.

Dikarenakan setiap startup adalah pembelajar, maka mari kita belajar dari setiap langkah, dan jangan takut untuk memulai dari langkah kecil untuk kemudian bisa menapai langkah-langkah besar selanjutnya.

Ilustrasi via blog.octanner.com

Answered Dec 30, 2016