selasar-loader

Apa hukum merokok menurut ajaran Islam?

Last Updated Nov 17, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes

Saya tidak dalam kapasitas yang berhak dan berwenang menjawab hukum halal-haram perihal suatu tindakan. akan tetapi ada beberapa dasar prinsipil beragama yang saya fahami dan yakini untuk diamalkan seperti "Jangan membahayakan diri dan jangan juga membahayakan orang lain." Kemudian berdasarkan kaidah ushul fiqh "Larangan berarti pengharaman" maka segala tindakan yang bisa membahayakan diri maupun orang lain adalah haram.

Dan berdasarkan pelbagai riset termutakhir menyoal rokok yang garis merahnya adalah meningkatkan risiko penurunan kesehatan diri maupun orang lain, maka saya lebih memilih meninggalkan hal yang bisa merugikan diri maupun orang lain.

Answered Sep 3, 2017
Hary Gunawan
Ilmu Komunikasi 2015 | Universitas Sumatera Utara | Rumah Kepemimpinan R6 Medan

Dalil dan Hadist yang berbicara mengenai larangan merokok sejatinya memang tidak dituliskan secara jelas. Namun, sebagai umat muslim yang patuh terhadap larangan Allah SWT, tentunya kita wajib mengetahui dan menjalankan segala perintah serta menjauhi larangan yang sudah tertera dalam ayat Al Qur’an. Beberapa dalil yang dapat digunakan sebagai larangan untuk merokok diantaranya adalah sebagai berikut;

(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. al-A’raaf: 157)

Dari ayat tersebut telah menjelaskan bahwa Allah SWT telah menghalalkan segal yang baik bagi umat manusia dan mengharamkan yang buruk bagi manusia. Secara ilmu pengetahuan, kesehatan, rokok merupakan barang yang berpotensi untuk membuat kondisi pemakainya justru menurun. Hal ini dapat diartikan bahwa merokok adalah kebiasaan yang tidak baik serta dilarang oleh Allah SWT.

Keburukan mengonsumsi rokok juga telah dengan jelas disebutkan pada kemasan roko tersebut. Sebagai peringatan, justru kalimat yang hampir disetujui semua kalangan itu tidak sekalipun diindahkan. Hal ini bdapat dibuktikan dalam kebiasaan perokok secara umum seperti; bahwa setiap perokok justru tidak menginginkan keturunannya untuk melakukan hal yang sama, larangan merokok telah dilakukan hampir di semua area publik, sehingga secara jelas sebenarnya larangan merokok tersebut sudah tepat dan wajib direalisasikan. 

Answered Dec 3, 2017