selasar-loader

Mana yang lebih disukai anak muda zaman sekarang yang baru lulus, jadi PNS, kerja di salah satu BUMN, karyawan swasta, atau bikin startup/berwirausaha?

Last Updated Dec 29, 2016

A2baUj7xiwTQEkMrj3VhMcmliN9GEjj9.jpg

Di kantor saya, tiga tahun terakhir ini, terjadi trend peningkatan yang cukup signifikan untuk pelamar lulusan ITB, khususnya teknik sipil atau kelautan. Di angkatan saya saja (2013), lulusan UI cuma 13 orang dari total 180-an pegawai yang diterima, sedangkan ITB Teknik sipil dan kelautan sekitar 20-an orang, selebihnya beragam dari beberapa universitas negeri. Di tahun 2015, lulusan ITB yang diterima lebih banyak lagi dengan spesifikasi lebih wah, IPK harus di atas 3,5!

Usut punya usut, ternyata rekan-rekan yang berasal dari ITB tertarik dengan tawaran beasiswa (selain mungkin dari salary yang cukup besar) dari kantor saya yang memang dijanjikan oleh ex-dirut, Pak RJ Lino (yang juga alumni ITB). Memang kenyataannya, karyawan lulusan ITB memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kesempatan beasiswa, walaupun akhir-akhir ini kuota beasiswa berkurang dan ikatan dinas semakin lama.

Itu di kantor saya. Pengalaman beberapa kawan juga menceritakan hal yang tidak jauh berbeda, kerja di BUMN yang mentereng yang diincar 2 hal, salary dan kesempatan beasiswa. Kalau karier, mungkin akan mengikuti kalau kesempatan beasiswa didapatkan (logikanya, lulusan S2 luar negeri pasti diperlukan untuk posisi strategis). Tapi, dua hal itu (salary dan kesempatan beasiswa) tidak selalu jadi alasan para lulusan PTN dan PTS melamar di BUMN. Mungkin ada hal-hal lain seperti prestise, ngikutin jejak orang tua, dan yang lainnya.

Mungkin ada pengalaman lain dari rekan-rekan Selasares yang lain? Kira-kira, anak muda zaman sekarang lebih memilih jadi PNS, kerja di salah satu BUMN, karyawan swasta, atau bikin startup/berwirausaha?

3 answers

Sort by Date | Votes
Ulfah Choirunnisa
Mahasiswi Pembangunan Wilayah UGM 2015 | www.ucgeolife.blogspot.com

TSyNxrmU-e0PS3lHj5TvnEVqUxx_I2Y5.jpg

Startup! Heheehhe

gambar via visualsgang.com

Answered Jul 10, 2017

Hasil gambar untuk WIRAUSAHA

Wirausaha, karena menurut saya, dengan kemajuan teknologi dan perkembangan globalisasi yang begitu melesat, bahkan generasi sekarang mendapat julukan sebagai generasi Z, dengan mengandalkan informasi yang dapat diakses lewat situs dan jejaring mana pun, channel dan komunikasi, baik verbal maupun nonverbal yang dapat dilakukan di mana saja, kita dapat lebih mudah meng-eksplore ide kreatif menjadi sesuatu yang berharga atau sesuatu yang dapat menjadi uang. Banyak mahasiswa yang terutama saya lihat di kampus saya sendiri (IPB) melakukan inovasi-inovasi seperti berjualan makanan, minuman, peralatan kuliah yang dibutuhkan oleh sesama mahasiswa, dan lain sebagainya.

 

Ilustrasi via i.ytimg.com

Answered Jul 13, 2017
Ade Rainaldo
Beswan Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung || Penulis Buku Resonansi 2017

Startup, karena bisa bergerak mandiri, tidak perlu proses yang lama, serta penuh tantangan dan kreativitas.

Answered Oct 9, 2017