selasar-loader

Apakah Hipnoterapi itu berbahaya? Bagaimana proses hipnosis dilakukan untuk terapi/pengobatan?

Last Updated Dec 28, 2016

Masyarakat pada umumnya saat ini mengasumsikan hipnosis/hipnotis untuk membuat orang tidak sadar sehingga dengan mudah untuk di pelakukan semena mena,ditipu dan hal hal negatif lainnya. Kini pengobatan dengan cara hipnosis (hipnoterapi) banyak dilakukan dan tingkat keberhasilannya cukup baik.

1 answer

Sort by Date | Votes

                                                       ZcYbpnVrNQ524D1xYJ3uZSwOw6k1y1od.png

Hipnoterapi adalah terapi dengan mempergunakan ilmu hypnosis, sedangkan hypnosis sendiri sampai saat ini banyak yang mendefinisikannya. Dari sekian banyak definisi adalah ilmu seni komunikasi untuk mempengaruhi orang lain, kemudian  US Dept of Education,Human Services Division mendefinisikan

Hypnosis is the bypass of the critical factor of conscious mind and followed by the establishment of acceptable selective thinking

 (Hypnosis adalah penembusan factor kritis pikiran bawah sadar dan ikuti oleh diterimanya pemikiran atau sugesti tertentu)

Menurut AWG institute “Hipnosis adalah ilmu psikoneuropsicologis yang secara saintifik berdasar pada perubahan frekwensi dan amplitude gelombang otak dari kondisi beta ke kondisi delta yang mengakibatkan menigkatnya focus, konsentrasi,dan penerimaan terhadap pesa pesan mental yang diberikan kepada pikiran bawah sadar

Jadi secara keseluruhan Hipoterapi adalah Terapi/pengobatan  yang dilakukan dalam kondisi hypnosis dengan teknik atau cara apapun. Ilmu ini sudah mendapat pengakuan disebagian besar negara sebagai salah satu cabang dari ilmu penyembuhan kesehatan. Artinya aman untuk dilaksanakan terhadap orang.

Prosesnya sendiri karena ini adalah ilmu komunikasi tentu dilakukan dengan verbal sehingga sepintas seperti mistik atau berdoa. Bagi anda pecandu bola saat menonton pertandingan sepakbola akan sangat bergairah , berteriak, memuji, memaki,mungkin melompat atau secara tidak sadar ikut menendang…. Itu adalah kondisi hypnosis. Penggemar film menangis saat menyaksikan adegan mengharukan menyedihkan atau tegang saat scene akan terjadi adegan membahayakan itulah seni komunikasi dan membawa penonton kedalam kondisi hypnosis. Satu lagi adalah “cerita Pepih Nugraha” tentang bagaimana “Ia (Miftah Sabri) melakukan pendekatan yang benar benar provokatif tetapi langsung menyasar emosi Ahok”. Miftah melakukan hypnosis dengan teknik komunikasinya sehingga mereka (Miftah-Pepih-Luna Maya) bisa mendapatkan waktu 2,5 jam dari rencana 30 menit.

Dari tiga contoh diatas semoga dapat dipahami bahwa proses hypnosis adalah hanya bagaimana mempengaruhi klien (lawan bicara) untuk mencapai tujuan tetapi dengan seijin kliennya. Penonton pertandingan sepakbola menginginkan merasakan gairah emosi pertandingannya, penonton film dengan khusyuk menikmati jalannya cerita daan Pak Ahok sudah menyediakan waktu untuk mendengarkan pembukaan team selasar. Tidak mungkin hypnosis dilakukan tanpa seijin kliennya karena mereka ketika di hypnosis adalah dalam keadaan sadar sepenuhnya, dan yang berbicara adalah emosinya, gairahnya. Mereka adalah hipnotis (orang yang melakukan hypnosis)

Perbedaan mendasar dari hypnosis yang dilakukan “team selasar” tadi dengan “Hipnoterapis” adalah emosi yang ditampilkan, terapis mencari suatu emosi yang mengganggu kehidupan klien selanjutnya dilakukan upaya “penyembuhan” terapi . Hypnosis dilakukan untuk menelusuri mencari emosi yang merusak/menghambat klien kemudian dengan komunikasi verbal menjelaskan agar mau berubah sehingga menjadi emosi yang mendukung.

Berkebalikan dengan team selasar mencari emosi yang akan membantu mendorong keberhasilan kliennya kemudian berkomunikasi memberikan saran membimbing  klien agar mau lebih efektif mencari jalan dan mempergunakan kesempatan untuk meraih keberhasilan/ menguntungkan klien.

Semua orang pasti pernah melakukan hipnostis hanya mereka tidak tahu bahwa itu adalah ilmu hypnosis. Tidak ada yang istimewa dengan hypnosis semua orang pernah dihipnosis.

 

 

 

Answered Jan 19, 2017

Question Overview


1 Followers
848 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Bagaimana cara berdamai dengan masa lalu yang kelam dan penuh trauma?

Apakah kebiasaan nonton film porno dapat disembuhkan? Bagaimana caranya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit susah tidur (Insomnia)?

Bagaimana cara mengobati gangguan jiwa karena depresi atau stres berat?

Mengapa ada orang berpikir bunuh diri?

Bisakah hipnoterapi mengungkap rahasia seseorang?

Apa ciri-ciri orang mengidap manic depressive?

Apa ciri-ciri anak down syndrome?

Apa perbedaan gaya berpikir kuno/lama dan baru dalam perspektif dunia kerja?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?