selasar-loader

Apa kelebihan kuliah di Universitas Indonesia (UI)?

Last Updated Dec 28, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Zulfian Prasetyo
Ilmu Sejarah UI angkatan 2009


vmA1bs6BgkH2qbdEKAFcsooFswtcYFLH.jpg

Saya pada tahun 2012. Maafkan narsisme saya dengan memajang foto ini.

 

Ketika memutuskan untuk banting setir dari dunia teknik, concern saya hanya ada dua; memenuhi keingintahuan akan manusia dan masuk ke lingkaran pertemanan yang berbobot. Rencananya saat itu, saya hendak memasuki Fakultas Psikologi di Universitas Indonesia (UI).

Sayangnya, takdir berkata lain. Tuhan mengabulkan setengah permintaan saya. Saya diterima di UI, tetapi bukan di jurusan tersebut. Wajar, saya pikir. Psikologi dan jurusan-jurusan lainnya yang saya inginkan adalah rumpun IPS. Saya sekolah di STM, kenyang dengan pelajaran-pelajaran IPA semacam Fisika dan Kimia (minus Biologi). Lebih dari tiga tahun saya tidak belajar pelajaran-pelajaran IPS. Waktu saya hanya beberapa bulan untuk mempelajari soal-soal IPS yang diujikan.

Karena bingung, saya berkonsultasi dengan guru BK di sekolah. Dia memberikan saya opsi; terus cari jurusan Psikologi di berbagai universitas lainnya atau memilih berkuliah di UI. Psikologi atau kampus. Sesimpel itu.

Saya memilih pilihan kedua. Berkuliah di Universitas Indonesia. Pertimbangan saat itu, lingkaran pergaulannya memungkinkan saya membuka kesempatan lebih lebar terhadap masa depan yang lebih baik. Saat itu, saya belum tahu masa depan seperti apa yang dimaksud. Saya mengikuti intuisi.

Dan memang itulah kelebihan kuliah di Universitas Indonesia.

Manfaat pertama yang saya dapatkan adalah manfaat yang seorang lulusan S1 lazimnya dapatkan; paradigma berpikir yang relatif lebih rasional dan terbuka. Ini membuat saya lebih kalem dalam menyikapi sesuatu.

Kedua, nuansa keilmuan yang tinggi. Beberapa bulan setelah lulus dan bekerja di suatu perusahaan, saya kembali ke kampus. Melihat spanduk-spanduk seminar lengkap dengan simbol makara membuat "iman" untuk terus belajar kembali kuat.

Ketiga, lingkaran pertemanan yang berkualitas. Ini adalah hal yang relatif, sebenarnya. Ada orang yang berkuliah di UI karena faktor luck dan kerjanya hanya membuang-buang waktu selama kuliah dengan kegiatan yang kurang produktif. Namun, banyak pula yang memanfaatkan waktunya dengan sedemikian baik dan "menunggangi" UI demi kesuksesan di masa depan. Kalau bisa melihat dengan jeli golongan kedua ini, kelebihan ketiga kuliah di UI bisa Anda genggam. Bagaimana pun, jaringan pertemanan saja tidak cukup. Jaringan pertemanan harus berkualitas.

Keempat, ijazah dengan nama UI. Nyatanya, banyak orang yang masuk UI menginginkan hal ini, bukan? Ditambah dengan sertifikat ini-itu dari lembaga-lembaga bergengsi, kemampuan selembar kertas bermakara timbul ini biasanya akan makin sakti ketika digunakan untuk melamar kerja.

Kelima, probabilitas besar untuk menemukan jodoh berkualitas. Eits, jangan tertawa. Laki-laki mana yang tidak menyukai perempuan pintar dan cantik? Sebaliknya, perempuan mana yang tidak menyukai laki-laki pintar dan tampan?

Ilustrasi via dokumentasi pribadi

Answered Dec 28, 2016
Claudya Ruth
work hard, play hard

Banyak sekali kelebihan kuliah di Universitas Indonesia. Salah satunya adalah fasilitas yang lengkap dapat dinikmati oleh mahasiswa UI secara gratis, seperti wifi, perpustakaan yang dilengkapi dengan buku, tempat belajar, ruang diskusi, bahkan ada kebun apel yang berisi komputer yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Selain itu, UI juga menyediakan fasilitas olahraga, yaitu Stadion UI. Kelebihan UI juga ada di networking, dengan kuliah di UI kita bisa mendapatkan banyak kenalan orang hebat. Dan masih banyak lagi kelebihan kuliah di UI:)

Answered Jul 29, 2017