selasar-loader

Bagaimana cara mendapatkan bantuan hukum gratis?

Last Updated Dec 27, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Anggara Suwahju
Penulis di Hukumpedia.com kadang2 nulis juga di jakartabytrain.com

Lawyers

Sebelum membahas pertanyaannya, saya mau sedikit cerita soal bedanya legal aid dan pro bono. Dengan mengetahui perbedaannya, maka kita bisa tahu cara mendapatkannya.

Dari sisi bahasa Indonesia, legal aid dan pro bono tidak dibedakan. Keduanya bisa diterjemahkan dengan 'bantuan hukum'. Namun, dari sisi bahasa asalnya, perbedaan antara legal aid dan pro bono ini cukup mendasar.

Legal aid pada dasarnya adalah kewajiban negara untuk menyediakan akses keadilan terhadap orang–orang yang tidak mampu untuk mendapatkan advokat. Dalam konteks tersebut, bantuan hukum bisa bermakna luas karena tidak hanya berfokus pada penyediaan advokat di sistem peradilan saja. Bantuan hukum bisa saja dilakukan dalam konteks memperoleh informasi/opini hukum atas isu–isu tertentu.

Intinya, bantuan hukum ada karena negara memiliki biaya untuk penegakan hukum terhadap semua orang, termasuk untuk si miskin. Sementara, si miskin belum tentu punya biaya untuk mendapatkan keadilan. Karena akses keadilan adalah bagian dari hak asasi manusia, maka Legal aid adalah bagian dari tanggung jawab negara untuk menyediakannya

Di Indonesia sendiri, legal aid diatur melalui UU Bantuan Hukum. Kegiatan bantuan hukum dikoordinasikan oleh BPHN dan dilaksanakan oleh LBH-LBH yang bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM. Untuk memperolehnya, harus melalui LBH-LBH yang diakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Tentu syarat orang miskin adalah syarat yang paling utama untuk memperoleh legal aid ini. Untuk info lanjutan, bisa dilihat di sini.

Sementara itu, pro bono adalah tanggung jawab etis bagi advokat yang umumnya didorong oleh perasaan mulia sebagai kelompok profesi yang mulia. Sebagai tanggung jawab etis, pelaksanaan dan pengawasannya dilakukan oleh organisasi advokat. Pro bono atau kalau terpaksa mau dialihbahasakan sebagai jasa hukum cuma-cuma diatur dalam UU Advokat.

Jasa pro bono ini umumnya dapat diperoleh melalui organisasi advokat. Saat ini, ada cukup banyak organisasi advokat seperti PERADI, KAI, IKADIN, AAI, PERADIN, dan lain-lain. Bisa juga langsung datang ke kantor advokat terdekat dan meminta jasa pro bono.

Kalau mau lebih canggih, bisa juga menggunakan market place jasa hukum yang lagi nge-hits.

Artikel ini juga bisa dibaca di sini.

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Dec 29, 2016