selasar-loader

Bagaimana cara membuat anak tertarik membaca?

Last Updated Dec 27, 2016

4 answers

Sort by Date | Votes
Whinda Y. Sabri
Dosen Psikologi UI, pembaca buku bagi dua orang anak perempuannya

Hasil gambar untuk cute girl and boy

Proses belajar anak diawali dengan yang namanya observational learning. Jika ingin anak suka baca, maka hal yang pertama yang menjadi pra-kondisinya adalah ia harus melihat dulu ada orang-orang di sekitarnya yang suka baca, setidaknya melihat ada orang yang melakukan kegiatan membaca. Selanjutnya, anak bisa distimulus untuk ikut melakukan kegiatan membaca dengan cara membacakan mereka buku, atau dikenal dengan istilah "reading aloud".

Di waktu luang, orang tua atau orang dewasa lainnya bisa membacakan buku-buku kesukaan anak. Untuk yang usianya masih di bawah 5 tahun, pilih buku dengan narasi singkat dan dominan gambar. Tapi, penting diperhatikan gambarnya jangan terlalu rumit atau kompleks. Hal ini bisa menyebabkan anak mendapatkan overstimulus, jadinya anak tidak bisa menikmati cerita dan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan imajinasi anak juga terbatas.

Anak-anak berusia lebih dari 5 tahun, bisa diberi buku dengan narasi sedikit lebih banyak (disesuaikan dengan perkembangan usia mereka). Selain tampilan buku, penting juga untuk memperhatikan bagaimana buku tersebut dibacakan. Cerita yang disampaikan dengan gaya yang menarik pasti lebih disukai anak daripada yang kaku. Misalnya, intonasi naik turun suara sesuai dengan cerita atau menirukan suara karakter yang ada di cerita (kucingkah, sapikah, nenek-nenekkah, atau bayi). Kegiatan reading aloud ini diketahui tidak hanya meningkatkan minat baca anak tapi juga kerekatan (bonding) antara orang tua dan anak. 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, minat baca anak pasti akan tumbuh. Seiring dengan kemampuan membaca, anak akan suka membaca sendiri. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kesempatan membaca harus terus diciptakan. Jangan sampai karena malas menemani anak membaca, anak lebih sering diberi tontonan tv/video lainnya ketimbang bacaan. Jadi, ciptakan waktu-waktu khusus untuk membaca. 

 

Ilustrasi via s4.favim.com

Answered Jan 5, 2017
Illian Deta Arta Sari
ibu dari 3 anak yang terus berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik...

edTQjNHumFlrtPzLn46lV436gAJZjaNU.jpg

Setidaknya, ada tiga cara untuk membuat anak-anak tertarik membaca: 

1. Membiasakan anak membaca buku. Caranya bisa dimulai dengan membacakan cerita sejak balita, misalnya sebelum tidur. Anak usia dini tentu menyukai buku bergambar dan akan mengembangkan imajinasinya dari cerita orang tuanya. Anak juga melihat lingkungan. Kalau orang tuanya gemar membaca, tentu anak akan mengikutinya.

2. Ajaklah anak membeli buku sebagai bentuk pemberian sebuah hadiah. Apabila ingin memberi hadiah pada anak, sebaiknya bukan gadget, atau mainan mahal. Berikanlah buku yang diinginkan anak agar anak bisa menghargai buku. Membawa anak ke toko buku agar mereka memilih buku yang mereka sukai tentu akan menumbuhkan rasa senang. Pergi ke toko buku bisa juga bagian dari rekreasi di hari libur, ketimbang menghabiskan waktu di permainan anak-anak yang sangat bising di mal.

3. Menjauhkan anak dari TV, gadget, atau game. Buatlah ruang membaca senyaman mungkin, entah di kamar tidur anak atau di ruang keluarga. Di sisi lain, buatlah ruang menonton TV yang tidak begitu nyaman agar anak tidak berjam-jam menonton TV. Batasi juga bermain game PS/Nintendo atau gadget. Kalau perlu, tidak usah sebelum anak tumbuh besar.

Answered Jan 15, 2017
Rohani Elita
Guru | Tenaga Pendidik

4LOiBsJwYtEfiFTWmFtrIzaCkZKBc-_M.jpg

Bagaimana cara membuat anak tertarik membaca?

Menurut saya, anak harus sudah mulai dikenalkan dengan beragam buku, terkhususnya adalah buku bergambar dan buku cerita anak, sejak dini. Waktu senggang dan menjelang tidur dapat dipergunakan oleh si ibu untuk mengenalkan hal-hal tersebut. Namun, si ibu tidak perlu terlalu memaksa si anak agar cepat mampu membaca atau menulis. Cukup awali dengan mengenalkan bahan bacaan, buku bergambar, maupun mulai menerapkan tradisi mendongeng (literasi).

Ibu juga bisa mulai mengenalkan melalui gambar dan bercerita, baik itu dongeng maupun bernyanyi pada malam hari menjelang tidur. Gambar-gambar yang menarik itu akan menstimulasi anak untuk menanyakan banyak hal tentang gambar yang dilihat dan juga untuk berusaha dipahaminya. Dengan demikian, sedikit demi sedikit akan terbentuk ketertarikan anak dalam membaca.

Tidak cukup sampai disitu, yang namanya kegemaran itu perlu dilatih agar si anak dan ibu untuk tetap kontinu mengerjakannya.

Terakhir, akan lebih baik juga bila tradisi membaca dimulai dari sang ibu sendiri. Ada baiknya, sejak anak masih dalam kandungan, si ibu melakukan kegiatan membaca secara rutin.

Answered Feb 21, 2017
Andri Nur Rochman
Kadept Syiar FUKI Fasilkom UI 2017 | I'm Generalist | Peserta Rumah Kepemimpinan

Cara paling mudah adalah memulainya dengan hal-hal yang ia sukai terlebih dahulu. Sebagai contoh ketika anak anda suka dengan bola, maka berikan bahan bacaan yang terkait dengan bola dan usahakan mengandung gambar menarik dibuku itu, bisa kartun berwarna dan sebagainya. Ketika seseorang sudah menikmati dalam membaca maka tambahkan bacaannya tidak hanya sekedar yang ia sukai, coba untuk kenalkan kepada hal baru dan pastikan kita menjelaskan kepadanya betapa menariknya topik tersebut.

Semoga dapat membantu, Solusi diatas dijawab berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi pada diri saya pribadi.

Answered Jan 1, 2018

Question Overview


7 Followers
1093 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana cara mengatasi anak yang manja?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Bagaimana cara yang tepat membuat anak yang pemalu menjadi aktif di kelas?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Bagaimana cara mendidik anak yang terpisah jauh dari orangtuanya?

Seberapa signifikan pengaruh pendidikan orangtua terhadap tumbuh kembang anak?

Bolehkah orangtua memaksakan mimpinya yang tertunda kepada anaknya? Mengapa?

Bagaimana cara mendidik anak sehingga menjadi anak yang saleh dan salehah?

Bagaimana supaya anak saya bisa lancar berbahasa Inggris sebelum usia 5 tahun?

Bagaimana orangtua tunggal membesarkan anaknya menjadi anak yang normal seperti kebanyakan?

Bagaimana cara mengetahui potensi, minat dan bakat pada anak di bawah usia 5 tahun?

Apakah pelatihan/kursus yang baik untuk anak usia 5-6 tahun?

Seberapa penting peran orang tua dalam proses pembentukan karakter seorang anak?

Perlukah mengajarkan kesetaraan gender pada anak?

Bagaimana cara mengajarkan kesetaraan gender pada anak?

Sejauh apakah The Return of Superman mempengaruhi cara didik orangtua kepada anaknya di Korea juga Indonesia?

Bagaimana biasanya kondisi mental anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan broken home?

Bagaimana menghadapi anak yang melakukan pelecehan seksual?

Keluarga apa yang menurut anda ideal?