selasar-loader

Inovasi digital apa yang Anda harapkan di tahun 2017?

Last Updated Dec 22, 2016

28 answers

Sort by Date | Votes

Hasil gambar untuk SDGs

Saya harap tahun depan mulai menyoroti korelasi yang sangat diperlukan antara inovasi digital di bidang pemerintahan dan pembangunan berkelanjutan, khususnya Sustainable Development Goals (SDGs). Teknologi menggabungkan pendekatan pembangunan dalam hal pengembangan dan implementasi e-government, dan ini dapat memberitahu banyak tentang seberapa jauh inovasi teknologi digital telah datang. 

Ditambah lagi dilihat dari kondisi dunia sekarang yang sangat menggalakan pembangunan. Apalagi pembangunan dari keadaan perang atau bencana. Maka, tahun depan diharapkan ada inovasi untuk membantu mengkalkulasikan analisis dampak pembangunan dan juga bagaimana pembangunan berjalan dengan baik di negara-negara dunia.

Ilustrasi via caritas.org

Answered Dec 22, 2016

Yang saya harapkan di tahun 2017 adalah yang menyoroti tentang perapian aturan mengenai jua-beli melalui situs online karena kegiatan jual-beli melalui online rentan akan kejahatan cyber.

Hasil gambar untuk jual beli online

Ilustrasi via maxmanroe.com

Answered Dec 22, 2016
Anonymous

Inovasi yang nyaman saja dan jangan dibuat ribet.

Hasil gambar untuk digital

Ilustrasi via bandt.com.au

Answered Dec 22, 2016

Adanya teknologi yang bisa memungkinkan dapat mengetahui aktivitas penggunaan media sosial/media online lainnya dengan tujuan kejahatan dunia maya seperti penipuan online, pedofilia, dan lainnya secara cepat agar dapat langsung ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Gambar terkait

Ilustrasi via sindrio.com.br

Answered Dec 22, 2016
Erdi Pratama
erdipratama.com

Inovasi yang mendorong interaksi manusia dalam dunia nyata, khususnya dalam perjalanan.

Hasil gambar untuk digital tentang perjalanan

Ilustrasi via assets.autobild.co.id

Answered Dec 22, 2016

Inovasi digital yang saya harapkan adalah digitalisasi perbankan atau sering disebut fintech sehingga cita-cita inklusi keuangan yang digaungkan oleh OJK dapat segera terwujud. Hal ini akan membuat masyarakat yang belum tersentuh oleh layanan bank dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas perbankan tanpa perlu datang ke bank.

Hasil gambar untuk fintech

Ilustrasi via assets.entrepreneur.com

Answered Dec 22, 2016

Jakarta

Harapan saya, teknologi digital, khususnya yang diakses melalui smartphone dapat diaplikasikan di semua bidang pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintahan (seperti Ditjen Pajak sudah mengembangkan berbagai aplikasi berbasis smartphone untuk wajib pajak). 

Digitalisasi pelayanan kesehatan oleh rumah sakit, pendidikan melalui sekolah-sekolah, samsat, e-tilang, dan lain-lain selayaknya perlu terus dikembangkan dengan tujuan masyarakat mendapatkan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan & kemudahan mendapat informasi.

Ilustrasi via c7.staticflickr.com

Answered Dec 22, 2016
Anonymous

UpEIxFNc4PO4QumRjHr-LtR6dov3pP_8.jpg

Berharap agar di setiap kementrian, lembaga, maupun dinas terkait teknologi dan informatika memiliki sistem informasi dan teknologi informatika dalam pertahanan cyber. Hal tersebut dapat dimulai dari mengelola fasilitas dan sistem teknologi yang ada, mengelola dampak atau resiko yang terjadi sebelum informasi masuk ke masyarakat, dan memiliki fasilitas dan para pakar teknologi dalam menjaga keamanan sistem informasi yang ada. Dengan demikian sangat diperlukan keahlian di bidang pertahanan cyber (cyber security) di setiap instansi pemerintah maupun swasta.

 

sumber gambar: bbci.co.uk

Answered Dec 22, 2016
Nauval El-Hessan
Humble servant of God

9O9dIN999hzHp-g4_REwDFTUJlkvjo8Q.jpg

Sebuah inovasi yang bukan hanya memuat kepentingan manusia, tetapi juga alam sekitar seperti hewan dan tumbuhan. Misalkan saja ada aplikasi yang secara cepat dapat menghubungkan dengan rumah sakit hewan atau klinik hewan terdekat saat ingin berkonsultasi atau meminta bantuan secara darurat. Bisa juga dengan membuat aplikasi pendeteksi tingkat pencemaran sehingga aplikasi tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membenahi lingkungan hidupnya.

Inovasi digital lainnya yang perlu ada untuk manusia adalah inovasi dalam hal kesehatan dan pelayanan publik, seperti mendaftar pelayanan medis (dokter) di rumah sakit terdekat, terutama yang berkaitan dengan unit gawat darurat (UGD) sehingga dalam perjalanan menuju UGD setidaknya ada salah satu orang yang sudah mengurusi administrasi dari jarak jauh. Inovasi digital dalam pelayanan publik dapat berupa pemesanan tiket transjakarta online sehingga orang yang sedang terburu-buru tidak harus antre.

 

sumber gambar: fuller.com.au

Answered Dec 22, 2016
Bening Tirta Muhammad
PhD Researcher on New Generation Solar Cell, Proofreader, Blogger.

TnErJu_3n6elo9mwIL5tsz7kGXnA1kuK.jpg

Smart city. 

Yaitu ketika semua data bisa diakses, sehingga tidak ada waktu tunggu (idle time) dalam pencarian informasi dan jasa. 

 

sumber gambar: districtoffuture.eu

Answered Dec 22, 2016

mMq8ZrycRPCZxBv2t4BoOm5Rmgkr_VAI.png

Start up untuk menyaring berita dan menilainya agar kita lebih mudah menilai dan menimbang suatu berita.

 

sumber gambar: techstars.com

Answered Dec 22, 2016
Adlil Umarat
Pak Ading, Childhood Optimizer Trainer

ciQcGPwxY5qjjbU14sZBK72f0Rpa8M0W.png

Harapan saya di 2017, Selasar fiturnya bisa sesimpel, secepat, dan sepopuler Facebook. Itu saja.

Answered Dec 22, 2016
El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

REVOLUSI A.L.

9lwydluXFePSWQxR-LcSH9tR-1oXh_Ag.jpg

Ilustrasi via netralitas.com

Saya berharap teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat menggantikan beberapa profesi manusia, salah satunya dalam sektor hukum di Indonesia.

Mengapa?

1. Manusia sebagai decision maker

Hal ini disebabkan manusia dalam memutuskan sesuatu tidak lepas dari segala bias-bias subjektif. Bias ini bisa dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, baik yang sifatnya personal seperti agama/kepercayaan, pendidikan, gender hingga yang bersifat institusional seperti keluarga, teman, lingkungan. Bias subjektivitas tersebut akan mempengaruhi kualitas decision seseorang.

Pun dalam pengambilan keputusan, seseorang pasti dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Beruntung jika kepentingan yang mempengaruhinya adalah kepentingan hukum, sosial, dan berpihak pada keadilan. Namun, celakanya hal ini juga akan berhadapan dengan kepentingan pragmatis seperti urusan perut hingga urusan nyawa. Manusia sangat mudah untuk terpengaruh dan hal ini berpotensi melahirkan keputusan yang tidak adil.

2. Hukum dan orientasinya pada masyarakat

Hukum menurut pelbagai sumber dari pakar memiliki banyak tujuan yang diperjuangkan. Prof Peter, Guru Besar Hukum Unair dalam bukunya Pengantar Ilmu Hukum, berpendapat bahwa salah satu tujuan hukum adalah kedamaian, di samping kepastian, kebermanfaatan, dan keadilan. Hukum dibuat dengan cita-cita yang tinggi dan luhur.

Mengingat tujuan-tujuan hukum yang luhur tersebut maka diperlukan instrumen yang dapat memastikan hukum dapat diberlakukan dengan baik. Prof Didik Endro, salah seorang pakar pidana dari Unair ketika berbincang santai bersama penulis, mengingatkan bahwa terdapat empat hal yang berpengaruh pada penegakan hukum antara lain:

  • kualitas peraturan perundang-undangan
  • aparat penegak hukum
  • sarana prasarana & fasilitas
  • kesadaran masyarakat

Berdasarkan pemaparan beliau, hukum sebagai landasan norma benar-salah dari suatu masyarakat harus ditegakkan dengan serius oleh aparat penegak hukum.

Hal inilah yang menuntut aparat harus berkualitas dan berintegritas dalam menerapkan hukum sebagaimana mestinya. Jika terdapat indikasi adanya keputusan dari aparat hukum yang berimplikasi pada kualitas dan integritas keputusan hukum tersebut, maka dikhawatirkan peraturan perundang-undangan akan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Ulah seorang oknum aparat dapat mempengaruhi kesakralan hukum.

3. Manusia tetaplah manusia

Ada adagium yang mengatakan :

"Undang-undang yang buruk di tangan hakim yang adil lebih baik dari undang-undang yang baik di tangan hakim yang zalim."

Man behind the gun.

Tidak sedikit kasus yang diberikan keputusan yang kontroversial di masyarakat dikeluarkan oleh aparat penegak hukum maupun pengadilan. Salah satu hal yang mencolok adalah perbedaan aparat dalam menegakkan hukum pada kelas sosial yang berbeda. Aparat memberikan perbedaan dalam mengawal kasus pejabat, terlebih yang sedang berkuasa dengan kasus rakyat jelata. Pun keputusan pengadilan atas kasus pejabat tersebut juga tidak sedikit dianggap masyarakat tidak sebanding atau ringan jika dibandingkan hukuman yang diterima rakyat jelata. Contohnya di Indonesia? Banyak sampai saya tak tega menulisnya di sini.

Keresahan inilah yang membuat saya skeptis dengan keputusan dari manusia terlebih jika ada conflict of interest.

Bayangkan saja jika gaji aparat penegak hukum yang pas-pasan dan kebutuhan ekonomi yang semakin mendesak. Hal ini akan melahirkan celah-celah koruptif yang dimanfaatkan, baik oleh oknum dari luar maupun dalam institusi tersebut. Ambil contoh salah satu lembaga aparatur negara yang vital dalam hal peradilan, kepolisian. Lembaga yang berada di bawah kekuasaan eksekutif ini dinyatakan sebagai lembaga terkorup pada 2015 setelah DPR menurut Transparency International. Hal ini menunjukkan betapa rawannya keadilan jika diserahkan kunci pembuka gerbangnya pada institusi yang dipenuhi oleh celah korupsi.

Di lain sisi, AI tidak memerlukan makan dan minum kecuali maintenance oleh teknolog yang dapat diawasi secara ketat oleh pelbagai pihak. Celah untuk korupsi pada AI tentu sangat sempit dan terbatas pun dapat dilihat pada result yang dikeluarkan olehnya sebagaimana bugs yang dapat dilihat pada game atau website. AI dapat memberikan harapan pada keadilan bagi semua.

4. Kepastian Hukum Berbasis Logika Teknologi

Kepastian hukum adalah salah satu tujuan hukum sebagaimana saya sebut di awal. Di antara tujuan-tujuan tersebut seperti keadilan, kebermanfaatan hingga kedamaian, tentu kepastian hukum memiliki potongan dengan semuanya dan menjadi landasan bagi tujuan-tujuan lain. Kalau pun semua tujuan tersebut tidak dapat terpenuhi semua, setidaknya kepastian hukum harus menjadi tujuan terakhir yang harus diperjuangkan. Equality before the law for all.

Harapan saya, AI mampu membantu tugas aparat, khususnya dalam beban pembuktian suatu tindak pidana agar tidak terkesan ada manipulasi manusiawi dalam tahap ini. Tahap pembuktian cukup sederhana jika dikolaborasikan dengan teknologi, mengingat yang dibutuhkan adalah ada atau tidaknya bukti dan ancaman apa saja yang kemungkinan akan didakwakan pada seorang tersangka.

ijCbtLouuo2gVcvCB5BY4k2h1WsPF4ID.jpg

Efektif dan efisien. Hal tersebut tentu memutus rantai bias dan eror manusiawi, baik yang tak disengaja maupun yang disengaja sebelum masuk ke persidangan. Adapun di dalam persidangan, majelis hakimlah yang memiliki pertimbangan personal maupun sosial terkait seberapa besar hukuman yang diberikan kepada terdakwa. Poin pentingnya ada pada kepastian apakah seseorang terbukti atau tidak melakukan pelanggaran hukum.

Keterlibatan AI dalam upaya mencapai kepastian hukum guna memberikan keadilan pada rakyat tentu masih memerlukan peran serta dari manusia sebagai user. AI hanya sebagai sarana dan fasilitas sebagaimana aparat penegak hukum seperti polisi maupun jaksa juga hanya memastikan ada atau tidaknya tindak pidana pada suatu kasus. Posisi AI pada sistem peradilan tentu memiliki kelemahan pada beberapa sisi termasuk berdampak pada reformasi birokrasi aparat penegak hukum. Namun,...(more)

Answered Dec 22, 2016
Ra Mandala
Its Not Impossible, Its I'm Possible

mRRxnUjhNsmdS2fzyp084CDqJ35YNJRN.jpg

Saya sangat berharap ada kemajuan dalam bidang digitalisasi TERJEMAHAN (translation) bahasa

Harapan tersebut lebih jelasnya sebagai berikut:

1. Ada aplikasi yang dapat menerjemahkan percakapan berbahasa asing melalui phone call, video call, atau tatap muka secara otomatis. Jadi, apabila saya berbicara berdua dengan orang berbahasa asing di telepon, atau melakukan konferensi internasional secara online, atau ngobrol dengan bule di taman, saya tidak perlu mengalami kesulitan dalam memahami bahasa yang berbeda, juga tidak perlu menunggu jeda terjemahan. Sebab suara orang lain (yang berbicara bahasa asing) sudah otomatis sampai sebagai suara berbahasa Indonesia di telinga saya. 

2. Ada aplikasi pembaca buku otomatis yang dilengkapi terjemahan. Saat ini memang sudah ada aplikasi yang otomatis membacakan teks untuk kita. Akan tetapi, saya berharap ada aplikasi terkait yang lebih advance. Buku-buku atau teks-teks berbahasa asing dapat dibacakan langsung dalam terjemahannya. Jadi, misalnya apabila saya membuka buku Being Mortal  dalam bahasa Inggris, aplikasi langsung dapat membacakannya dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, saya juga memiliki harapan dalam bidang TRANSKRIPSI.

Dari pengalaman menjadi transkriptor, saya sering berurusan dengan deadline. Proses mentranskrip hasil wawancara memakan waktu yang cukup lama. 10 menit audio memerlukan 1 jam transkripsi. 

Saya berharap ada aplikasi yang dapat mengubah file audio menjadi teks dengan akurat dan tepat, juga dilengkapi dengan terjemahan untuk bahasa asing yang perlu diterjemahkan (sesuai kehendak). Saat ini aplikasi-aplikasi audio converter masih belum memuaskan terkait detail. 

---------------------

Terimakasih Selasar, telah menjadi kanal bagi munculnya pertanyaan yang sangat bermakna ini.

Saya sangat senang mendapat pertanyaan ini. 

Answered Dec 22, 2016
Ahmad Fikri Arief Rasyid
Mahasiswa Fakultas Hukum UGM | Bukan Peserta Rumah Kepemimpinan

9Mxpv9kMQG2wq0ep6z0njPzryobc4iOj.jpg

Saya sangat-sangat berharap di 2017 nanti semua media sosial sudah memiliki fitur yang bisa memfilter setiap postingan usernya terutama Facebook. Karena yang seperti kita tahu, akhir-akhir ini marak sekali berita hoax, provokatif, penebar kebencian, dan lain-lain yang tersebar di seluruh jagat dunia maya. Rasanya media sosial kini sudah kehilangan maknanya sebagai media untuk menjalin hubungan pertemanan dengan sesama jika malah dimanfaatkan untuk hal-hal yang bisa memecah-belah pertemanan.

Menurut saya pribadi, inovasi ini sangat penting untuk diwujudkan demi menekan kesalahpahaman masyarakat terhadap suatu berita. Dengan adanya filter ini diharapkan juga menekan kebiasaan latah masyarakat terhadap suatu informasi yang tak jelas sumbernya, karena sifat asal bagikan tanpa membaca terlebih dahulu sepertinya sekarang sudah menjadi hal biasa yang dilakukan para netizen.

Maka dari itu, untuk para pemimpin media sosial khususnya Mark Zuckerberg yang media sosial buatannya sering dimanfaatkan sebagai sarana penyebar berita hoax, saya berharap sekali tahun depan sudah ada fitur 'hoax filter', 'hoax killer', 'hoax checker' atau apa sajalah namanya di semua media sosial demi menekan maraknya penyebaran hoax di dunia maya.

Answered Dec 22, 2016
Cynthia Rahmawati
Dosen Tetap Prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika, Unsurya

gyTMr5YAJwD2B_iQRs8pbHy4AkTNYZVn.jpgfhbn1U2DbVBUC2LkY9VejY04lQKvnuIt.jpgDxAjxOk_Hz8pDI1psPl4Ip_ya_NSbQTS.jpgcmFHqgeyq5p-sWsZEK2Sv8jkAOdCxCUJ.jpg

Answered Dec 22, 2016

Smart City- Tvilight

Smart city adalah gagasan yang baik. Saya berharap ada dukungan inovasi digital untuk smart people. 

Answered Dec 22, 2016

agriculture.

Saya berharap ada inovasi digital di bidang pertanian. Ada aplikasi yang dapat membantu petani berpendidikan rendah di daerah tertinggal untuk dapat mengakses dan mempraktikkan teknologi dan ilmu pengetahuan agraria yang mutakhir. 

Answered Dec 22, 2016
Anonymous

renewable energy

Inovasi digital yang saya harapkan pada tahun 2017 adalah inovasi yang membuat sumber energi listrik dapat lebih murah dan gratis. Sekarang, telah dikembangkan generator tanpa bahan bakar (kutip: dickyzainalarifin) yang bisa dikembangkan ke dalam baterai mobile phone ataupun powerbank. Generator ini bisa dibentuk sedemikian kecil seperti powerbank. Nantinya, daerah-daerah terpencil yang sulit mendapatkan energi listrik bisa merasakan manfaat yang besar. Energi ini sedang dikembangkan oleh Kang Dickyzainalarifin, cofounder Lanterha.

Energi ini berasal dari thorium dan banyak terdapat di Indonesia. Tinggal apakah regulasi kita memudahkan untuk hal tersebut dikembangkan. Saat ini sudah ada powerbank dengan cukup 5 menit ngecharge bisa tahan satu minggu dengan kapasitas 60 watt dan 120 watt. Nantinya energi ini bisa untuk support segala hal, seperti mobilephone, laptop, pc, dll yang men-support energi untuk inovasi digital lainnya sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot lagi harus tergantung kepada PLN. Sekarang telah dikembangkan baterai hanya dengan bahan bakar air.

Trima kasih saya hanya meneruskan perkembangan kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh Kang Dickyzainalarifin, co-founder Lanterha. Semoga ke depannya krisis energi di negara kita dapat teratasi dan berguna bagi seluruh kemakmuran masyarakat. Amin. Salam hormat untuk semua. Wassallamualaikum wr wb.

Answered Dec 23, 2016

Disable

Saya berharap, di tahun 2017, para punggawa teknologi informasi membuat inovasi digital yang membuat saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan pada alat bicara, mendengar, melihat, dan/atau peraba, dapat mengakses beragam informasi melalui smartphone mereka secara mandiri, bukan dengan bantuan orang lain.

Selama ini, inovasi digital lebih diciptakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan orang-orang normal. Kalau pun ada aplikasi yang memberikan ruang pada orang-orang difabel, aplikasi tersebut masih harus dibantu penggunaannya oleh orang-orang nondifabel. Ini sudah bagus dan akan lebih bagus bila orang-orang berkebutuhan khusus tetap dapat menggunakan smartphone mereka dengan segala keterbatasannya.

Selama ini, orang tunanetra lebih bisa menggunakan handphone bertombol dibandingkan smartphone. Karena tombol handphone lama bisa diatur dengan desain Braile sedangkan smartphone sulit digunakan oleh orang tunanetra yang mengandalkan indra peraba.

Semoga di tahun depan ada pengembang aplikasi yang bisa menuntaskan masalah ini seperti memanfaatkan getaran smartphone dan kecerdasan buatan sehingga orang-orang tunanetra bisa memahami apa yang mereka sentuh dan lakukan pada smartphone mereka. Contoh lain, aplikasi penerjemahan bahasa isyarat saya harap bisa berkembang di tahun 2017 untuk membantu komunikasi orang-orang tunarungu dan tunawicara. Mengakses device dengan penuh kemandirian bagi saudara-saudara difabel kita penting karena mereka bisa lebih menjaga privacy mereka. Bukankah teman-teman juga risih bila device teman-teman sering dipegang oleh orang lain?

Ilustrasi via staticflickr.com

Answered Dec 23, 2016

Question Overview


and 17 more
35 Followers
4832 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Apa dampak positif dan negatif Indonesia berada di jalur cincin api (ring of fire)?

Apa yang terjadi sebelum peristiwa Big Bang?

Mengapa alam semesta selalu mengembang?

Bagaimana caranya memotret galaksi bima sakti secara utuh, sedangkan kita (di bumi) berada di dalamnya?

Apakah ada makhluk hidup lain selain manusia di alam semesta ini?

Terkait adanya penampakan Unidentified Flying Object (UFO), apa yang Anda bisa jelaskan terkait hal ini?

Apa yang membuat pergerakan benda-benda langit selalu teratur dengan sangat detail?

Dari mana asalnya medan magnet pada Black Hole?

Bagaimana penjelasan ilmiah berubahnya kromosom dari satu makhluk hidup menjadi makhuk hidup lainnya menurut teori evolusi darwin?

Siapa manusia pertama menurut sains? Dan Apa indikator ia telah menjadi manusia pertama?

Inovasi apa yang diperlukan dan dapat digunakan oleh penyandang disabilitas di DKI Jakarta?

Apa hal yang Anda percaya akan terjadi tetapi belum dapat dibuktikan dengan sains saat ini?

Di usia berapa umumnya seseorang membuat terobosan besar?

Seberapa penting keberadaan Smart Speaker di masa depan?

Ke mana arah bisnis Line di masa depan?

Apa yang perlu dibenahi Indonesia saat ini?

Bila YouTube merekrut Anda untuk mengembangkan fiturnya, gagasan apa yang akan Anda berikan?

Apa yang membuat sains di dunia Islam begitu maju di tahun 700-1100?

Playing God apa (dalam bentuk temuan ilmiah) yang Anda prediksi akan terjadi dalam 100 tahun ke depan?

Apa yang membuat McDonald's menjadi restoran cepat saji paling sukses?