selasar-loader

Bagaimana mengobati flu dan pilek tanpa obat?

Last Updated Dec 21, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes

735TWRVcEeTq1J3y21aFKqbvoFZcos39.jpg

Ada beberapa cara mengobati pilek atau flu tanpa obat-obatan yang dapat kita lakukan di rumah. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari rempah-rempah pilihan, seperti jahe merah, kencur, dan biji cengkeh. Jika tidak ingin repot mengolahnya, konsumsi saja minuman hangat seperti bandrek. Air jahe merah ditambah 2 sendok madu murni adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan.
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut juga mesti diperhatikan. Sebab, kondisi flu dan pilek sangat rentan dengan perkembangan bakteri, kuman, dan virus pada sistem saluran pernafasan bagian atas.
  • Pengobatan terhadap flu dan pilek dapat dilakukan dengan mandi uap. Adapun ramuan herbal untuk mandi uap antara lain: 2 helai daun kunyit, 3 helai daun jahe, 3 helai daun serai, 2 helai daun lengkuas, dan 2 lembar daun kencur. Cara ini sangat baik dilakukan untuk menghangatkan tubuh, detoksifikasi racun di dalam tubuh, mengencerkan dahak di paru-paru, tengggorokan, melegakan pernafasan, dan sebagainya. Mandi uap sangat dianjurkan bagi penderita paru-paru basah. Setelah menggunakan cara ini, Anda tidak dianjurkan untuk mandi. Cukup mengelap tubuh dengan air hangat dan makan makanan bergizi. Cara ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan ringan.
  • Memperbanyak dalam menggunakan bawang putih sebagai bahan tambahan pada bumbu masak. Misalnya, jika biasanya Anda hanya menggunakan 2 siung bawang putih, Anda dapat menambahkan "dosis"-nya menjadi 3-4 siung. Bawang putih dapat meningkatkan imunitas tubuh.
Selain itu, Anda perlu istirahat yang cukup, menggunakan masker jika keluar ruangan terbuka, mengkonsumsi air putih dengan teratur, serta menghindari stres berkepanjangan.

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Nov 25, 2017