selasar-loader

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Jogja?

Last Updated Dec 21, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Andy Nugroho
Passionately write every review. Especially travel, tech,

Pernah coba sand boarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul? disana ada bukit pasir layaknya di timur tengah, setiap sore hari ada berbagai komunitas yang biasa melakukan aktivitas sandboarding anda juga bisa ikut dengan menyewa peralatan yang biayanya tidak sampai Rp 50.000.

 

Answered Jan 14, 2017
Gina Namira
Knows a little.

Hi Annisa!

 

Menurut saya sih, wisata yang wajib dikunjungi di Jogja itu adalah wisata budayanya. Kenapa? Karena kalau ngomongin wisata alam, menurut saya loh ya, Jogja itu bagus sih, tapi bukan yang terbaik. Sementara budaya itu indah, unik, dan setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Ini klise sih, tapi menurut saya tidak ada budaya yang lebih indah dibanding yang lain. Lebih cocok mungkin, tapi tidak lebih superior juga dibanding yang lain. 

Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja sudah pasti candinya! Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Kalasan, Candi Borobudur (walaupun masuknya udah Magelang), Candi Sewu, dan masih banyak lagi. Saya sendiri sampai sekarang masih takjub gimana caranya orang-orang jaman dulu bisa bikin candi yang megah dan awet. Gimana ceritanya rumah-rumah baru pada roboh sementara bangunan yang udah ratusan tahun masih gagah perkasa diterjang gempa???

Tempat wisata berikutnya adalah Keraton Jogja. Keraton seruuu! Saya kadang iri sama para putri HB X, kayanya enak aja gitu tinggal di Keraton Jogja :p Kalau kamu di-guide oleh abdi dalem, kamu akan diajak keliling-keliling ke tempat yang agak tersembunyi gitu, yang ga akan kamu dapat kalau kamu jalan sendiri. 

Lalu ke museum! Museum favorit saya so far adalah Museum Ulen Sentalu. Agak jauh sih dari kota Jogja, tapi di sana seruuu banget. Kamu akan diajak keliling dalam 1 rombongan bersama 1 guide. Rombongan yang masuk juga harus bergantian supaya kamu bisa serius mendengarkan guide. Koleksi di sana bisa bikin kamu terkagum-kagum karena cukup lengkap padahal merupakan koleksi pribadi empunya museum. Nah tapi di dalam museum kamu tidak boleh foto. Bolehnya di luar. Tapi ga apa-apa, jadinya kamu lebih fokus juga sama museumnya. 

Last but not least, wisata kuliner :p

Angkringan tuh wajib didatangi kalau kamu di Jogja. Harus kudu banget! Kapan lagi makan murah kenyang enak dan kalau untung kamu bisa ngobrol-ngobrol sama masnya terus dapet pengetahuan baru. Saya pernah dapat cerita mistisnya Jogja di angkringan yang ga pernah saya dapat bahkan di internet :p

Kalau kamu mau makan di tempat high end juga enak di Jogja, soalnya kafenya murah-murah tapi makanannya tetap enak! Kafenya juga aneh-aneh gitu, mulai dari jual susu bermacam rasa, pizza, martabak banyak rasa, dan lain-lain. 

 

Apalagi yah di Jogja...... Kayanya itu aja sih. Yang mau liburan ke Jogja boleh loh ajak-ajak saya :p

Answered May 3, 2017
Jazman Arrafiq
Mahasiswa, suka baca buku, ber-komunitas, dll

Hasil gambar untuk tempat wisata di yogyakarta

Tempat wisata ada banyak, bahkan membludak. Ke Malioboro mungkin sudah terlampau mainstream, atau ingin mencoba pantai, pantai yang sedang gayeng-gayengnya, bisa mencoba ke Gunung Kidul, atau kalau ingin pergi ke gunung, bisa saya ke Merapi. Di Kulon Progo ada spot yang (sayangnya) sudah terlampau mainstream, Kali Biru. 

Tapi kalau pergi ke Jogja, belum mencoba angkringan atau lesehan atau gudeg, rasanya belum lengkap.

Dan banyak sekali komunitas-komunitas anak-anak muda yang concern dengan pariwisata. Atau mungkin ingin mencoba foto-foto di tugu, hahahaha mainstream banget sih ini buat yang sudah lama tinggal di Jogja.

Gambar via ngadem.com

Answered May 8, 2017

Question Overview


4 Followers
1111 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

Gunung apa yang paling indah dan berkesan di Indonesia? Mengapa?

Apa destinasi wisata terbaik di Indonesia?

Apa yang istimewa dari Candi Borobudur sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Gili Trawangan sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Pulau Bali sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Danau Toba sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa destinasi wisata yang menurut Anda paling keren di Indonesia?

Apa saja tempat wisata yang belum terkenal di Indonesia, tetapi memiliki potensi yang luar biasa?

Apa tempat wisata paling menarik di Indonesia yang pernah Anda kunjungi?

Bagaimana rasanya mengunjungi pulau-pulau terluar di Indonesia?

Seperti apa rasanya pergi ke luar negeri untuk pertama kali?

Bagaimana cara traveling dengan biaya murah?

Apa alasan terbesar Anda melakukan travelling budaya?

Pengalaman traveling apa yang paling berkesan dalam hidup Anda? Mengapa?

Dari semua negara yang pernah Anda kunjungi, mana yang terbaik (Selain Indonesia)? Mengapa?

Dari semua makanan dari negara lain yang pernah Anda konsumsi, mana yang terbaik? Mengapa?

Mengapa GDP per kapita Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk paling rendah di Indonesia?

Mengapa Yogyakarta bikin kangen?

Apa yang membuat kota Yogyakarta demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa yang membuat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Apa keistimewaan Yogyakarta sehingga disebut Daerah Istimewa?

Bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan Kampung Code?

Apa saja motif batik tradisional Yogyakarta?

Siapa Mbah Maridjan?

Apa yang menarik dari Keraton Yogyakarta?