selasar-loader

Apakah yang menarik di Kota Bandung?

Last Updated Dec 20, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

MkeDlaJPKhGtMEZon_rvgwzB_cGjj_YZ.jpg

via blogspot.com (FR)

Kulinernya. Tepatnya kreativitas warganya dalam mengolah kuliner. Saya pernah ke Bandung tahun 1999 dan 2000 dengan suami. Waktu itu nginap di daerah Cipaganti. Udaranya dingin sampai-sampai kami tidak pernah menyalakan AC di dalam kamar. Sudah lama sekali tapi saya masih ingat, saya sangat terkesan akan keragaman kuliner yang ada di Bandung. Waktu itu saya belum mengenal yoghurt, saya melihatnya pertama kali di Bandung, di toko-toko kecil sekitar tempat menginap.

Lalu, dodol Garut yang aneka rupa dan warna juga membuat saya tertarik. Masih banyak lagi. Orang Bandung sangat kreatif rupanya. Dan memang setelah itu, saya mendengar banyak kreativitas yang muncul dari Bandung.

Oh iya satu lagi. Sama seperti kami di Makassar, yang menyebut diri sendiri dengan kata "saya", orang Bandung juga demikian ternyata :)

Answered Apr 9, 2017
Hamdi Alfansuri
Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Bandung

xI64WudbRrDtzLdi2RF9VSCJ_s3kSzqA.jpg

Foto: Dokumentasi Pribadi

Dua tahun tinggal di Kota Bandung, tentu sedikit banyak saya mulai mengenal Bandung dan isinya. Walau bukan tipe pejalan yang senang jalan-jalan, tapi latar belakang saya sebagai mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota, membuat saya mau tidak mau harus mengenal Bandung lebih dalam terkait kondisi fisik, kependudukan, ekomoni, dan aktifitas yang terjadi di dalamnya, untuk mendukung kegiatan perkuliahan.

Sekitar dua tahun lalu, 7 Juni 2015 adalah kali pertama saya berkunjung ke Bandung untuk melakukan daftar ulang perkuliahan, atas dasar beberapa hal akhirnya saya memberanikan diri untuk berangkat sendiri. Alhamdulillah waktu itu sudah ada asrama sebagai tujuan di Bandung, mengingat saya tidak punya keluarga yang tinggal di Kota ini.

Beberapa hari di Bandung, yang membuat saya sedikit canggung adalah jalan satuarahnya yang cukup banyak (ya di daerah saya, Pekanbaru sangat jarang sekali saya temui). Waktu itu ketika ingin menemui guru SMP saya yang sedang melanjutkan pendidikan di UPI saya sempat ragu, apakah saya dapat pulang atau tidak. Walau naik angkot, namun keraguan itu tetap ada mengingat saya belum tau, jalan ke arah sebalihnya ada disebelah mana.

Ternyata bukan di daerah itu saja, di beberapa daerah lain juga sempat saya temukan lokasi yang menerapkan aturan jalan satu arah. Dan akhirnya saya semakin aktif melihat GPS kemana pergi dan mencari tau rute kendaraan yang harus saya lewati. Dengan alasan, kalau nyasar kan bisa repot hehe

Terkait dengan hal itu, ada beberapa hal yang menurut saya cukup menarik di Kota Bandung khususnya seputar jalan dan transportasi. Diantaranya sebagai berikut:

DJbh5fwHJfTCBewpjMBamW0BuWNqqpZG.jpg

Ilustrasi via mimbarsaputro

Pertama, pengalaman pertama saya menemukan rambu-rambu ‘belok kanan jalan terus’ ada di Bandung. Sebagaimana pada umumnya, apabila di persimpangan jalan terutama perempatan, kita sering menemui rambu ‘belok kiri jalan terus’ dan tanpa rambu-rambu tersebut mungkin kita sudah sangat terbiasa dengan aturan seperti itu. Tapi di perempatan Jalan R.E. Martadinata, Jalan Merdeka, dan Jalan Ir. H. Djuanda ada yang sedikit berbeda, terdapat rambu ‘belok kanan jalan terus’ dari arah R.E. Martadinata menuju jalan Merdeka. Lokasinya berada tidak jauh sebelum Gramedia atau BIP kalau dari arah ITB. Hal ini disebabkan karena saat memasuki Jalan Merdeka diberlakukan sistem satu arah hanya menuju selatan, sehingga diperempatan ini, kendaraan dari barat (R.E. Martadinata) dapat langsung belok kanan, dan sebaliknya yang ingin belok kiri harus mengikuti lampu lalu-lintas. Mungkin hal ini juga ada di daerah lain, namun ini satu-satunya lokasi yang saya temui hehe

qCqipdp1Dhl8_ywNo7PYHo1_ypS11EAN.png

Ilustrasi via blog.reservasi

Kedua, hal menarik lainnya adalah yang belum lama ini menarik perhatian masyarakat, pembangunan jembatan layang Antapani sebagai upaya mengurangi tingkat kemacetan atau kepadatan lalu lintas di Kota Bandung. Jembatan layang ini berlokasi di Simpang Antapani dan Jalan Jakarta, Kecamatan Kiara Condong. Namun sisi lain yang menarik dari jembatan ini adalah, desain bagian terowongan dan dinding samping jembatan yang cukup unik yang penuh warna. Terlebih setelah publikasi sang Walikota Ridwan Kamil (Kang Emil) jembatan layang ini semakin dikenal dan bahkan tidak jarang ada yang mendatangi hanya sekadar untuk selfie (swafoto) dan berfoto ria. Menarik bukan?

EDA1GaCI8s6mHCgkTznsuvkCdwl4exZN.jpg

Ilustrasi via Kompas.com

Selanjutnya, yang tidak kalah menariknya adalah pembangunan Teras Cihampelas atau yang lebih dikenal Skywalk Cihampelas. Alasan pembangunannya kurang lebih sama sebagai solusi persoalan lalu lintas, mengurangi kepadatan di jalan dan penyediaan lahan bagi pedagang. Walau tidak kalah kontroversialnya dengan Teras Cikapundung yang telah dibangun sebelumnya, namun Teras Cihampelas ini tetap mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak. Beberapa mungkin agak kontra dengan dana yang dikeluarkan atau solusi yang belum langsung dirasakan, namun hal tersebut tidak mengurangi sisi menarik dari Teras Cihampelas. Jalan di atas jalan yang bebas kendaraan, ramai pedagang dan jadi pusat oleh-oleh, menyediakan banyak wahana yang instagramable tentu tidak hanya menarik perhatian masyarakat bandung saja melainkan juga jadi daya tarik wisata bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain itu tentu ada banyak hal menarik yang ada di Kota Bandung, dari segi wisata, taman, kuliner, budaya, perdagangan, sejarah, pendidikan dan lain-lain. Sebagai penghuni yang baru dua tahun, menurut saya Bandung adalah kota yang menyimpan banyak cerita dan pengalaman menarik pada setiap waktunya. Banyak hal-hal menarik yang sayang untuk kita lewatkan. Maka, mari berkunjung dan temukan jauh lebih banyak sisi lain dari Kota Bandung!

 

Bandung, Mei 2017

 

Answered May 27, 2017

Question Overview


3 Followers
850 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah ketinggian sinar laser di atas permukaan air laut setelah 3 mil dari tepi pantai akan naik, tetap atau berkurang? Alasannya?

Mengapa Pesawat Horizon tidak terlihat melengkung, bahkan ketika kita terbang dengan ketinggian 33 ribu feet?

Mengapa bentuk Bumi akhir-akhir ini ramai diperdebatkan?

Apa yang membuat Anda betah tinggal di Kota Bandung?

Kondisi atau peristiwa apa yang membuat Anda tidak ingin kembali lagi ke Kota Bandung?

Apa makanan khas terenak di Kota Bandung?

Apa tempat terindah di Kota Bandung?

Apakah kenangan Anda dengan kekasih di Kota Bandung?

Bagaimana rasanya memiliki kekasih atau suami/ istri orang Bandung?

Apa saja hal yang membuat Bandung lebih baik dari kota-kota lainnya?

Tempat hiburan malam apa yang paling "undercover" di di Bandung?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Bandung?

Apa saja fakta-fakta yang paling mengerikan tentang Bandung?

Menurut Anda apakah Bandung kota yang toleran?

Apa yang membuat kota Bandung demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Gedung bersejarah mana saja yang bisa dikunjungi pesepeda di Bandung?

Bagaimana sejarah dari rivalitas klasik antara Persib dengan Persija?

Kuliner apa yang paling Anda sukai jika berada di Kota Bandung?

Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

Gunung apa yang paling indah dan berkesan di Indonesia? Mengapa?

Apa destinasi wisata terbaik di Indonesia?

Apa yang istimewa dari Candi Borobudur sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Gili Trawangan sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Pulau Bali sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Danau Toba sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga banyak turis mengunjunginya?