selasar-loader

Siapakah Garry Kasparov? Prestasi seperti apa yang dia miliki?

Last Updated Dec 20, 2016

VNNQ62wIqZXK1w564A0WKUs9MLXk9ROC.jpg

2 answers

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Menulis buku "Menulis Sosok" dan "Ranjau Biografi", cinta buku biografi

wg7PKf3OvdOVbjqyzkIb4IXN6pnAwsQ8.jpg

Ingatan saya terhadap Garry Kasparov, juara catur dunia 1985-2000, tidak lepas dari masa-masa saat saya mengikuti duel mereka tahun 1984 dan 1985 dari koran dan televisi. Kala itu, saya masih mahasiswa dan mulai menggemari permainan catur yang saya pikir sebuah permainan terhebat yang sangat menarik dari semua permainan otak yang pernah lahir ke dunia. Saya mengkliping analisis catur dari kolomnis Lugito Haryadi mengenai duel mereka, juga berita-beritanya yang mengharu-biru itu.

Saya membaca sejarah kejuaran catur dunia, mulai dari munculnya Bobby Fischer, pecatur berjuluk "Pecatur Eksentrik" dari daratan Amerika pada tahun 1970-an, sampai di kemudian hari saya menulis analisis catur di Harian Kompas meski bukan wartawan olahraga. Pada tahun 1972 terjadi pertarungan akbar antara Boris Spassky melawan Fischer dan duel itu dimenangi Fischer. Namun boleh dikatakan, sejak saat itu Fischer menghilang sampai kemudian muncul lagi tahun 1992 saat tanding ulang melawan musuh yang sama, Spassky, di Montenegro dan Serbia. 

Ketika Fischer menghilang, Anatoly Karpov, pecatur asal Uni Soviet, menjadi penantangnya dan Fischer wajib melakukan tanding resmi melawan penantangnya itu. Namun, karena Fischer menolak dengan berbagai permintaan (lebih alasan) yang tidak masuk akal dan tidak bisa dipenuhi, FIDE memberikan titel juara dunia catur kepada Karpov yang kemudian selama kurang lebih 10 tahun dijuluki "Juara Dunia tanpa Mahkota".

Tiba masanya tahun 1984 ketika bintang baru dari Baku, Garry Kasparov, muncul sebagai penantang setelah menjuarai siklus kejuaraan FIDE untuk penantang. FIDE adalah organisasi catur dunia bermarkas di Swiss yang saat itu dijabat Campomanes. Duel match ini akan saya kenang sebagai pertandingan yang melelahkan antara keduanya. Juga dramatis.

Sebagai penantang, Kasparov mulanya tertinggal jauh 5-0. Satu poin lagi, Karpov yang sangat cemerlang itu bakal benar-benar dinobatkan sebagai juara dunia. Aturannya, siapa yang mendapat poin kemenangan 6 terlebih dahulu, dialah yang bakal menjadi juaranya. Semua pengamat skeptis dan ragu Kasparov yang dianggap anak ajaib itu bakal menyusul angka yang bagi Karpov tinggal satu poin saja dengan remis (draw) tidak dihitung.

Kenyataannya, perlahan-lahan Kasparov mulai menuai angka, dari 1-5, 2-5, sampai kemudian 3-5. Dua kemenangan lagi, Kasparov akan menyamakan kedudukan 5-5 dan tinggal berebut satu poin lagi, siapa pun di antara keduanya, bakal dinobatkan sebagai juara. Karena pertandingan itu dilakukan berbulan-bulan, Karpov secara psikis sudah kelelahan, sedang Kasparov yang lebih muda dan bertenaga seperti di atas angin.

Terjadilah keputusan kontroversial Campomanes yang menghentikan pertandingan seketika saat Kasparov meraih angka 3-5. Sebenarnya bagi Karpov tinggal satu poin lagi menjadi juara, tetapi itu mustahil dilakukan. Sebagai Presiden FIDE, Campomanes seperti berpihak kepada Karpov karena menyelamatkannya dari kekalahan. Kasparov marah besar atas tindakan Campomanes yang dia juluki kemudian sebagai "Karpomanes" karena dianggap merampok mahkota juara yang sebentar lagi bakal diraihnya.

FIDE kemudian menggelar tanding ulang tahun 1985 yang juga terus saya ikuti sampai hafal benar skornya. FIDE mengubah peraturan menjadi cukup 24 partai saja dengan remis (draw dihitung 1/2 poin). Jika pertandingan berakhir 12-12, maka mahkota juara dunia tetap dipegang Karpov sebagai juara bertahan. Di sini pun Kasparov merasa peraturan itu tidak adil, karena sebelum pertandingan pun Karpov sebenarnya sudah unggul 1/2 poin. Untuk menjadi juara dunia, sebagai penantang Kasparov harus unggul 12,5 melawan 11,5.

Saya gambarkan pertandingan itu sangat dramatis dan kedua pecatur Uni Soviet itu sama-sama hebat. Angka saling berkejaran, tidak ada yang unggul dua angka, tetap hanya unggul satu angka. Saat memasuki babak 23, skor antara keduanya sama-sama 11,5. Tingggal satu babak tersisa. Bagi Karpov, hasil remis saja sudah mengantarkannya sebagai juara dunia yang berhasil mempertahankan mahkota juara dunianya. Tetapi berat bagi Kasparov, ia harus memenangi babak 24 atau babak terakhir itu.

Sejarah kemudian mencatat, Kasparov-lah yang kemudian keluar sebagai juara dunia catur termuda sepanjang sejarah saat masih berusia 22 tahun setelah mengalahkan Karpov di babak pamungkas dengan skor akhir 12,5-11,5. Agka yang fantastis!

Belakangan Kasparov memberontak terhadap FIDE dengan Campomanes-nya. Ia mendirikan organisasi tandingan bernama Professional Chess Association (PCA) dan melangsungkan kejuaraan dunai sendiri melawan Nigel Short, pecatur Inggris. Kasparov tetap sebagai juara versi PCA, sedangkan FIDE setelah memecat Kasparov-Short memanggungkan kembali Karpov melawan Jan Timman dari Belanda yang duelnya berlangsung di Jakarta tahun 1993. Duel melawan Timman dimenangi Karpov.

Selaku juara dunia versi PCA Kasparov mempertahankan juara dunianya melawan Viswanathan Anand dari India tahun 1995 kemudian menyatakan diri pensiun tahun 2005. Tahun 1996 dan 1997 sebelum pensiun dan masuk dunia politik, Kasparov sempat duel melawan komputer catur terkuat saat itu Deep Blue. Pada duel pertama Kasparov mampu menekuk monster catur itu 4-2. Tetapi saat tanding ulang setahun berikutnya, Deep Blue yang berganti nama menjadi Deep Junior dan sudah memperbaiki mesin algoritmanya itu unggul 3,5-2,5. Tahun 2003, dua tahun sebelum pensiun dari catur, Kasparov masih mampu memenangi pertarungan melawan komputer catur tiga dimensi Fritz.

Saat ini Kasparov sebagai politisi papan atas Rusia dan menjadi oposan Presiden Vladimir Putin. Namun, kehidupannya banyak dihabiskan di luar Rusia. Namun demikian, dunia catur tetap digelutinya dengan cara mengembangkan dan memperkenalkan catur kepada dunia. Ia juga menjadi tutor bagi calon juara dunia seperti Magnus Carlsen dari Norwegia yang kini menjadi juara dunia setelah pada beberapa pekan lalu berhasil mempertahankan mahkota juaranya melawan pecatur Ukraina (yang telah menjadi warga Rusia), Sergey Karjakin. 

Ilustrasi via media.licdn.com

Answered Dec 24, 2016
Heri Darmanto
Blogger, IT Lecturer, IT Chess, Chess Coach

Garry Kimovich Kasparrov adalah pecatur Russia (dulu Uni Soviet) dan pernah menjadi Juara Dunia Catur 1985-2000. Kasparov merebut Juara Dunia Catur dari pecatur Russia yg lainnya GM Anatoly Karpov. Gelarnya direbut pada tahun 2000 oleh penerusnya GM Vladimir Kramnik (Russia).

Answered Jan 18, 2017

Question Overview


3 Followers
1579 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa yang membuat Larry Page (pendiri Google) berbeda dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Sergey Brin (pendiri Google) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Steve Jobs (pendiri Apple) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Steve Wozniak (pendiri Apple) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Elon Musk (pendiri Tesla Motors dan SpaceX) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Mengapa menteri ekonomi di Indonesia banyak yang berasal dari FE Universitas Indonesia?

Siapa lebih baik: Karen Agustiawan (Mantan CEO Pertamina) atau Sri Mulyani (Menteri Keuangan)?

Siapa Jakob Oetama dalam dunia jurnalistik dan media Indonesia?

Bagaimana peran orang-orang terdekat di balik kesuksesan seorang tokoh?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam hidup Anda?

Siapa yang bakal keluar sebagai juara catur dunia yang saat ini sedang berhadapan antara Magnus Carlsen melawan Sergey Karjakin?

Siapakah Mikhail Tal?

Siapakah Garry Kasparov?

Siapakah Viktor Korchnoi?

Siapakah Anatoly Karpov?

Siapakah Bobby Fischer?

Siapakah Magnus Carlsen?

Siapakah Viswanathan Anand?

Siapakah Vladimir Kramnik?

Pembukaan dan pertahanan apa yang paling sering digunakan para pecatur dunia?

Apa kata-kata yang disensor dalam percakapan tersebut? Apakah Anda setuju dengan pendapat wanita dalam gambar tersebut? Mengapa?

Siapakah Icefrog yang melegenda itu?

Apa game mobile terbaik yang pernah anda mainkan?

Bagaimana cara membeli aplikasi di playstore menggunakan Rupiah?

Apa itu Gamatechno?

Mana yang menurutmu lebih menarik; Go atau Othello?

Apa tujuan nuansa seksualitas dimasukkan ke dalam berbagai game masa kini?

Bagaimana perkiraan Anda mengenai PlayStation dalam 10 tahun ke depan?

Ada yang tahu apa itu Boardgame Terajana?