selasar-loader

Apakah Anda tahu bahaya dari korupsi?

Last Updated Dec 18, 2016

Hal hal yang berkaitan dengan KORUPSI akan menyebabkan pada akhirnya HANCUR LEBUR. Hal sekecil apapun yang berlandaskan kejahatan yang merugikan manusia, pastilah akan terkuak juga.Awalnya enak tapi Akhirnya harus tahu konsekuensinya. Sedini mungkin ajari anak kita bahaya dari korupsi dan ajarkan mereka akan mulianya sifat JUJUR. 

4 answers

Sort by Date | Votes
FLAC Jogja
Future Leader For Anti Corruption Yogyakarta. IG : Flac Jogja.

tumblr_mghc8d4dPW1r3a6jho1_500.jpg

Korupsi sangat berbahaya bagi masa depan bangsa Indonesia karena dapat memberikan dampak buruk di berbagai bidang. Dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dampak korupsi sangat terlihat dari ketidakmerataan pelayanan yang didapatkan oleh masyarakat di berbagai daerah karena semua anggaran tidak tersalurkan sebagaimana mestinya. 

Sumber gambar: via tumblr 

Answered May 28, 2017
muhammad rifadli
Mahasiswa Fakultas Teknik UI Peserta Rumah Kepemimpinan Jakarta

Bahaya korupsi sangat kompleks dalam berbagai bidang atau roda kehidupan. Pertama, pada bidang ekonomi, korupsi merusak perkembangan ekonomi suatu negara. Jika suatu aktivitas ekonomi dijalankan dengan unsur-unsur korupsi, maka pertumbuhan ekonomi yang diharapkan tidak akan tercapai. Berefek pada berkurangnya investasi dan kepercayaan kedua pada bidang politik adanya korupsi akan menciptakan pemerintahan yang tidak sehat karena adanya kecurigaan antar lembaga negara pun di dalam bidang kehidupan sosial dan budaya akan menciptakan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan bisa menimbulkan gejolak dari masyrakat.

Answered Aug 1, 2017
Hatfan Hizriyan Syaidan
Kepala Departemen Keilmuan BEM FEB UI 2017 | Rumah Kepemimpinan Jakarta

jtaf3ofn4n-_QmDtk_rm0D1je_NaiV94.jpg

Bahaya dan kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi tidak tanggung-tanggung. Dilansir dari metrotvnews.com, kerugian negara akibat pungutan liar di 11 Jembatan Timbang yang ada di Sulawesi Selatan diperkirakan mencapai Rp40 miliar per tahun. Ini baru korupsi di satu tempat, entah ada berapa banyak akumulasinya di seluruh Indonesia.

Angka tersebut akan semakin lebih tinggi jika bukan hanya dituntut ganti rugi materi, tetapi juga biaya sosial korupsi/pungli (social cost) yang ditimbulkan atas kerugian tak berwujud yang disebabkan oleh tindak pidana pelanggar. Dalam kajian KPK, peningkatan itu besarnya 4 kali hingga 543 kali lipat dibandingkan hukuman finansial yang diberikan pengadilan kepada para terpidana.

Misalnya adalah pengusutan kasus korupsi dalam perkara alih fungsi hutan lindung di Tanjung Api-api, Sumatera Selatan. Berdasarkan hasil putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap pada tahun 2008-2010, total denda yang wajib dibayarkan oleh sembilan terpidana adalah Rp1,7 miliar. Namun, jika memakai kalkulasi biaya sosial korupsi, ”hukuman” finansial yang bisa dijatuhkan kepada sembilan terpidana itu mencapai Rp923 miliar (kompas.com).

Dengan kondisi seperti ini, civil action bisa menjadi harapan untuk memulihkan keadaan jika terdapat tanda kejatuhan dalam sistem hukum dan keadilan (criminal justice system). Contohnya, publik dapat mengembangkan gerakan sosial antikorupsi dan sejenisnya yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat. Daripada sekadar berdiam menunggu perubahan dan kebijakan turun. Program bottom-up yang dimulai oleh masyarakat diharapkan mampu mengubah wajah bangsa ini menjadi lebih bersih.

 

Foto via fajar.co.id

Answered Aug 3, 2017

Menurut saya, tidak pantas "korupsi" dijadikan kata untuk mendefinisikan seseorang yang terlibat dalam pencurian uang dalam jumlah besar. Kata itu terlalu keren dan tak ada konotasi negatifnya. Sedangkan, mereka yang dikatakan hanya mencuri uang dalam jumlah kecil dikatakan "pencuri atau maling".

Korupsi yang terjadi pada sebuah negara saya andaikan seperti penyakit kanker ganas yang lambat laun dapat merenggut jiwa seseorang jika tidak diatasi dengan serius. Penyakit itu bermula dari satu sel kanker, kemudian berkembang biak secara masif dan mempengaruhi sel-sel sehat lainnya beserta jaringan yang ada di dalam tubuh.

Sama halnya dengan korupsi, pada mulanya hanya segelintir orang saja yang melakukannya. Namun lambat laun, perilaku menyimpang ini akan menyebar kepada siapa saja dikarenakan suap, ikut-ikutan dengan adanya pola pikir "dia saja korupsi, saya boleh donk", dan sebagainya. 

Hal ini terbukti sekarang; korupsi dilakukan secara berkelompok pada suatu lembaga pemerintahan. Diibaratkan seperti sel kanker tadi yang mempengaruhi sel-sel sehat dan jaringan di sekitar.

Saya yakin, jika tidak diobati dengan serius, korupsi bukan hanya menimbulkan masalah ekonomi, melainkan juga rasa tidak percaya satu sama lainnya, kecurigaan, kerugian material, serta kehancuran suatu negara. 

Answered Nov 25, 2017

Question Overview


5 Followers
743 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Kasus-kasus apa saja yang berpotensi menjerat klan SBY?

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Antasari Azhar?

Apa Anda pernah menyaksikan secara langsung transaksi yang menurut Anda adalah korupsi?

Kapan dan jika bagaimana korupsi di Indonesia akan berakhir?

Apa saja foto yang menggambarkan betapa korupnya sebuah pemerintahan?

Mengapa banyak koruptor kelas kakap mendapatkan remisi hukuman?

Budaya apa yang sekarang sudah hilang?

Apa cara yang paling efektif dan feasible untuk memberantas korupsi di Indonesia?

Benarkah sanksi terhadap koruptor di Indonesia masih lemah?

Perlukah koruptor yang terbukti menggasak uang rakyat dihukum mati?

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

Siapa orang yang selalu menyemangati hidup Anda?

Apakah pendidikan anti korupsi sejak dini itu penting? Mengapa?

Siapa Drs. Musholli, pendiri Nurul Fikri?

Bagaimana cara agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

Apa yang membuat seseorang kurang disukai?

Apakah seseorang yang mempunyai kepribadian introvert bisa berubah menjadi seseorang yang berkepribadian ekstrovert?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Bagaimana cara mencegah korupsi di DPR, Pak?

Jika dokter atau rumah sakit terindikasi memberikan keterangan yang salah untuk melindungi tersangka korupsi, apa langkah yang bisa diambil KPK?

Apakah "pelumas" ketika ingin naik jabatan di lembaga pemerintahan/ menjadi kepala pemerintah memang harus ada? Kalau ada, apa tindakan real dari KPK terkait isu pelumas tersebut yang pada kenyataannya masih sering terjadi?

Apakah saya ikut dipidana jika melaporkan pejabat yang meminta suap kepada saya?

Bagaimana cara KPK mencegah korupsi di DPR?

Apakah memberantas korupsi itu peristiwa penegakan hukum atau bukan? Kapan ia menjadi peristiwa hukum dan kapan ia bukan?

Mengapa definisi korupsi tidak hanya menyangkut "memperkaya diri sendiri", tapi juga "memperkaya orang lain"?

Bagaimana rasanya menjadi imam besar Masjid Istiqlal?

Sebagai imam besar masjid, bagaimana cara Bapak Nasaruddin Umar menjadi pengayom umat Islam Indonesia di tengah banyaknya ormas Islam di Indonesia?

Apakah ada program di Mesjid Istiqlal yang bertujuan agar anak-anak muda di Jakarta menjadikan Mesjid Istiqlal sebagai pusat untuk menimba ilmu tentang Islam? Jika ada lalu apa saja program tersebut?

Bagaimana tanggapan Bapak sebagai Imam ketika ada segelintir orang menautkan gerakan ISIS dengan Islam?

Bagaimana agar kita bisa umat Islam mudah berkomunikasi dengan mereka yang tidak memiliki agama/ atheis?

Bagaimanakah definisi Radikal dalam beragama?

Bagaimana pandangan Anda mengenai perkembangan Islam lewat tradisi esoteris Syekh Siti Jenar?

Bagaimana menjadi pribadi yang bisa istiqomah?

Apa arti dari beriman tetapi belum berhijrah?

Seperti apa beban menjadi seseorang yang dikenal sebagai ulama?