selasar-loader

Apa itu iPhone Refurbish atau rekondisi? Bagaimana cara membedakannya?

Last Updated Nov 17, 2016

1 answer

Sort by Date | Votes
Andry Togarma
Mantan wartawan ICT yang tak bisa meninggalkan dunia Media Massa.

Hasil gambar untuk iphone refurbhis and rekondisi

Tidak melulu berlaku untuk iPhone, tapi berlaku pula untuk semua perangkat bergerak yang dijual di pasaran. Sistem refurbished/rekondisi sebenarnya merupakan praktik legal yang dilakukan toko penjual karena produk tersebut, umumnya dikembalikan ke toko karena alasan tertentu (bosan, salah beli, rusak, upgrade ke versi terbaru, dsb).

Dengan melakukan perbaikan (jika rusak) serta membersihkan isi dalam (reset data pengguna sebelumnya sehingga menjadi seperti baru) dan fisik luar, maka perangkat tersebut bisa dijual lagi di toko resmi dengan harga lebih murah. Sebelum dijual lagi, pihak toko maupun vendor akan memeriksa kelayakan (Certified Refurbished) bahkan bisa memberikan garansi sehingga perangkat refurbished memang cukup dicari lantaran lebih murah.

Yang sering menjadi masalah (khususnya di Indonesia) adalah para penjual "nakal" yang secara sengaja menjual perangkat hasil rekondisi tersebut dan menipu pembeli karena dibilang masih baru. Pertama, mereka jelas-jelas menipu karena menjual barang "bekas" sebagai baru. Kedua, standar rekondisi yang dilakukan oleh pihak toko pihak ketiga (atau pihak pengepul) tidak sebaik toko resmi. Jadi, meskipun mereka mengakui bahwa produk yang dijual merupakan produk rekondisi, Anda akan sulit menilai kelayakan komponen di dalamnya. Jangan pernah mudah terbuai oleh penampilan luar yang mulus.

Seperti disebutkan di awal (dan menjawab pertanyaan), Apple memang menjual produk iPhone refurbished secara resmi di tokonya seperti di sini http://www.apple.com/shop/browse/home/specialdeals maupun pada toko online seperti Amazon. Jadi, konsep refurbished (Certified Refurbished) ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi calon pembeli yang memiliki budget terbatas.

Terakhir, untuk bisa membedakannya (jika Anda membeli dari toko pihak ketiga) cukup mudah. Semua produk Apple bisa dicek garansi melalui situs https://checkcoverage.apple.com/ dan jika produknya sudah diaktivasi, maka besar kemungkinan produk tersebut adalah hasil rekondisi.

 

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Jan 5, 2017