selasar-loader

Apa itu jailbreak?

Last Updated Nov 17, 2016

Bagaimana cara mengembalikan iPhone yang sudah ter-jailbreak seperti sediakala?

1 answer

Sort by Date | Votes
Robby Syahrial
Tukang posting

 

Jailbreak adalah sebuah proses memodifikasi ios untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap file sistem ios dan untuk menghilangkan batasan-batasan yang diberikan Apple agar pengguna dapat dengan bebas menginstall aplikasi tidak resmi (pihak ketiga), memasukkan tema mengubah tampilan, menambahkan fitur baru ke dalam iDevice.

Ada beberapa jenis-jenis jailbreak

  1. Tethered Jailbreak: Tipe jailbreak yang tidak bisa bekerja setelah iDevice di-reboot. Untuk membuat jailbreak-nya kembali bekerja iDevice yang bersifat tethered jailbreak harus dihubungkan ke komputer terlebih dahulu.
  2. Untethered Jailbreak: Untethered jailbreak adalah kebalikan dari tethered jailbreak. iDevice Anda bisa dihidupkan dengan normal tanpa harus menghubungkannya ke komputer terlebih dahulu.
  3. Semi-tethered Jailbreak: Semi-tethered jailbreak adalah pengembangan dari tethered jailbreak. Ketika iDevice dalam kondisi “semi-tethered”, iDevice akan menyala dengan normal tanpa harus dihubungkan ke komputer, tetapi memiliki fitur terbatas. Misalnya, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Cydia. 

VYESzBmx8w7TWiASJNKku2KP1pOq6YKO.jpg

 

Apakah kerugian yang ditimbulkan oleh jailbreak?

  • Garansi tidak berlaku lagi alias hangus.
  • Baterai menjadi sedikit lebih boros (ini relatif, bervariasi tergantung penggunaan)

Jailbreak populer pada masa di mana produk Apple masih menggunakan ios 3.1.3 sampai ios 7.  ios 8 sampai dengan ios 10 sekarang ini,  proses jailbreak mulai sulit untuk dilakukan atau ditembus oleh para hacker. Karena pihak Apple sendiri semakin memperkuat ios-nya agar tidak mudah untuk ditembus oleh para hacker. Saya rasa sekarang ini era jailbreak mungkin sudah punah.  Jadi, bagi yang sempat mengalami masa-masa keemasan jailbreak, tentunya Anda akan sangat rindu di mana Anda dapat memaksimalkan device Anda sesuai gaya Anda, selalu resah apabila Iphone Anda mati, mencari tweak keren, mengganti tema, download lagu, dan terakhir, selamat Anda sudah tidak dapat membajak applikasi berbayar kembali.  

Gambar via dokumenasi pribadi

Answered Dec 20, 2016