selasar-loader

Jika Anda cukup cerdas dan banyak uang, universitas apa yang Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan?

Last Updated Dec 16, 2016

11 answers

Sort by Date | Votes
Wahyu Adiningtyas
Master Candidate in Social Policy at Victoria University of Wellington

Syracuse University. termasuk universitas riset terbaik di dunia.

Answered Jan 23, 2017
Dedy Syahril
Saya suka film, buku dan kacang garuda

---------

Update:

Pertanyaannya sudah dirubah dari terakhir saya jawab sehingga jawaban saya menjadi out of context. Jadi saya apus saja ya.

Answered Jan 23, 2017
Ma Isa Lombu
Alumni Salah Satu Universitas Negeri di Depok

oVWWqMzhSO9Uh-_wmVvNh3DFW7BY8WMv.jpg

Stanford University

Tahun ini (2017) hingga 100 tahun ke depan adalah tahun dimana perkembangan teknologi sangat dibutuhkan oleh umat manusia. 

Keinginan manusia semakin besar, hambatan pun semakin banyak. Optimisasi dan eksplorasi kemungkinan baru dengan risiko rendah menjadi harapan umat manusia, setidaknya hingga 100 tahun ke depan.

Bicara optimisasi dan eksplorasi gaya baru, tentu kita bicara perkembangan teknologi komputasi dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Bicara kedua hal tersebut, Stanford University adalah satu dari banyak universitas di dunia yang merajai bidang computer science dan matematika.

Menariknya, keunggulan bidang studi computer science dan mathematics yang diajarkan di Stanford erat dikaitkan dengan konsep kewirausahaan (entrepreneurship) yang berorientasi creating values untuk society, jadi tidak heran banyak lulusan Stanford University yang banyak menjadi innovators, change makers, startup CEOs yang berorientasi membuat dunia menjadi lebih baik. Beberapa founders dan CEOs world wide tech company berasal dari universitas ini. Sebut saja Larry Page dan Sergei Brin, Google Founders yang fenomenal itu.

Didaulat sebagai salah satu universitas riset terbaik, lingkungan sekolah terluas dan juga kampus terindah di dunia, membuat Stanford University jelas istimewa di mata saya. Hadirnya lingkungan kuliah di Stanford yang egalitarian dan menyenangkan tetapi tetap berorientasi menciptakan output scholars yang memiliki kualitas baik tentu membukakan mata saya akan standar sebuah kualitas pendidikan berstandar internasional.

Pernah saya tuliskan sebelumnya juga di selasar bahwa Stanford memiliki luas sekitar 8,180 acres (12.8 sq mi; 33.1 km2) dan terletak di kawasan suburban (pinggiran kota) California. Dengan luas sebesar itulah maka stanford juga diakui sebagai salah satu kampus terluas di Amerika. Coba bandingkan dengan Harvard yang hanya memiliki luas 210 acres atau Yale yang hanya seluas 260 acres. Jauh lebih luas Stanford kemana-mana. 

Untuk itulah maka berkuliah di Stanford artinya seperti berkuliah dalam satu kota khusus. Maka tidak heran karena luasnya kampus, mahasiswa Stanford banyak menggunakan sepeda untuk melakukan mobilitas antar gedung dan fasilitas mahasiswa yang ada di sana.

Kini, Stanford University yang memiliki 700 gedung di keseluruhan wilayah kampusnya terdapat kurang lebih sekitar 2,153 faculty members (dosen dan profesor) dan 20 penerima nobel. Sangking nyamannya untuk belajar dan hidup, 96% mahasiswa Stanford tinggal di wilayah kampus. Stanford juga memiliki 5.500 project yang disponsori pihak luar dengan total budget sekitar $1.22 billion.

Sebagai world class university, meski Stanford memiliki keunggulan di bidang ilmu komputer dan matematika, universitas ini memiliki 7 schools yang kesemuanya memiliki kualitas yang pendidikan sangat baik, diantaranya adalah School of Business, Earth Sciences, Education, Engineering, Humanities and Sciences, Law, dan Medicine. Di universitas ini, rasio dosen dan mahasiswanya adalah 1:4. Sangat ideal untuk proses belajar.

Answered Jan 23, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

Kalau uang tidak lagi jadi masalah, saya tentu akan belajar pada disiplin ilmu yang saya suka dan minat, di universitas termahal di dunia.

Kemungkinan sesuatu yang terkait dengan Archaelogy / Anthropology / Sociology di Harvard kira-kira.

Answered Jan 24, 2017
Joko Pebrianto Trinugroho
PhD Candidate, Photosynthesis Research, Imperial College London

Sebagai seorang yang menyukai ilmu hayati (life sciences), saya ingin lebih mendalami bidang biologi sintetik yang melibatkan tumbuhan. Oleh karena itu, terdapat beberapa kandidat universitas, antara lain University of Cambridge, Imperial College London, dan Massachussets Institute of Technology.

Menurut saya, kondisi lingkungan di Inggris lebih aman dan nyaman bila dibandingkan dengan Amerika, sehingga saya cenderung memilih di Inggris. Melalui diskusi dan mencari informasi, University of Cambridge lebih banyak melakukan penelitian pada obyek tumbuhan bila dibandingkan dengan Imperial College London (ICL). Maka, kalau boleh memilih, saya memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di University of Cambridge.

mhw2X-FWnqN0lMLzdXx1QG2lfahxciXZ.jpgworldatlas.com

Answered Jan 24, 2017
Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

https%3A%2F%2Fcdn.evbuc.com%2Fimages%2F2

Seandainya saya punya banyak uang untuk melanjutkan studi, King's College London (KCL) adalah tujuan belajar. Sebagai peminat dalam dunia adiksi dan psikiatri, dapat melanjutkan ke universitas yang merupakan salah satu kawah candradimukanya peminat psikiatri di Eropa  adalah suatu kehormatan dan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

KCL mempunyai lembaga yang mengkaji psikiatri, psikologi, dan neurosains secara komprehensif yang dikenal dengan Institute of Psychiatry, Psychology, and Neuroscience (IoPPN), dan tentu saja hal ini sesuai dengan bidang yang saya geluti saat ini.

Bidang adiksi merupakan bidang yang sangat sedikit diminati oleh kebanyakan universitas, kebanyakan mata kuliah di bidang ini hanya merupakan bagian kecil dari suatu program studi. Namun KCL berbeda, KCL menyediakan program yang khusus mengkaji Adiksi secara komprehensif, program yang ditawarkan meliputi Post Graduate Certificate / Post Graduate Diploma, Master of Science, hingga PhD programme dalam bidang adiksi.

Selain itu KCL juga melangsungkan suatu program khusus bekerjasama dengan Virginia Commonwealth University, USA; University of Adelaide, Australia berupa kajian setingkat Master dalam bidang International Addiction Studies, dimana perkuliahannya dilaksanakan secara online.

Tak hanya itu, dalam rangka diseminasi, dan meningkatkan pemahaman mengenai penyalahgunaan narkoba, KCL juga mengembangkan suatu model kuliah gratis masyarakat yang berjudul Understanding Drugs and Addiction yang dapat diakses melalui website futurelearn.com secara gratis.

Riset-riset yang dilakukan KCL dalam bidang adiksi mempunyai dampak signifikan di UK, serta mendapat banyak grant dari berbagai institusi seperti National Institute of Health, The English Departement of Health dan The Medical Research Council. Riset yang dilakukan juga tidak terbatas pada Drugs saja, tetapi juga Alkohol, dan Tembakau, serta riset-riset tentang Pencegahan, dan Kebijakan dalam permasalahan ini.

Suasana belajar di London yang dikelilingi oleh banyak Universitas ternama juga menjadi daya tarik sendiri untuk saya, selain itu London yang sangat majemuk akan menambah pemahaman terhadap arti perbedaan baik cara berpikir, perilaku, dan budayanya.

Semoga tahun ini saya dapat belajar di KCL.

 

Answered Jan 24, 2017

F3e0jRgphaMri8CVNgT6Pi-L7Hsjwm59.jpg

Peking University, Beijing, Tiongkok.

foto via school.cucas.edu.cn

Answered Jul 24, 2017

wEPQKe8IqnM37YjbEBcWhAgaoBbluOKL.jpg

University of Manchester. Biar bisa nonton MU terus.

foto via toucantours.co.uk

Answered Jul 24, 2017
Ulfa Rodiah
Mahasiswi Ilmu Sejarah, Universitas Indonesia

Jacob University (Jerman) atau Harvard University.

Pertama, Jacob University adalah universitas almamater salah satu dosen pengajar favorit saya. Sehingga ketika beliau bercerita tentang kuliahnya di Jacob University, saya agak tertarik untuk berkuliah di sana. Kedua, Harvard University, universitas yang terkenal bersama dengan jajaran universitas dunia lainnya seperti Oxford, Stanford, dan lainnya. 

Answered Aug 8, 2017
Arief Prayogo
Mahasiswa Teknik Kimia ITS '14 | Surabaya

METU (Middle East Technical University) Turkey

Kurikulum kompetensi hampir setara dengan universitas teknik di Jerman, yang notabene terstandardisasi terbaik di dunia. Selain itu, karena lokasinya di Turki. Dari segera keragaman budaya dan arsitektur, hasil asimilasi jaman perang, membuat saya ingin menjelajahi setiap jengkal salah satu tanah perjuangan Islam ini

Answered Nov 2, 2017
Lutfiningtyas Maharani
Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM l Rumah Kepemimpinan Region 3 Yogyakarta

cQatAlEsv1dNDMmstSW4LwdB__i6m0Gr.jpg

Kyoto University, Jepang.

Karena selain memiliki universitas yang terfavorit di bidang Silvikultur Kehutanan, negara Jepang menarik untuk diteladani, terutama dalam budaya dan etos kerjanya.

 

Ilustrasi via uq.edu.au

Answered Nov 18, 2017

Question Overview


15 Followers
1335 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apakah tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

Apa beasiswa yang terbaik di Indonesia saat ini?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa itu kampus Ivy League dan seberapa prestisius berkuliah di sana?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Apa tips mendapatkan beasiswa Chevening (Pemerintah Inggris)?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa DAAD (Pemerintah Jerman)?

Apa tips mendapatkan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships)?

Mengapa kuliah di Jepang begitu menarik dan prestisius?

Apakah ranking perguruan tinggi berpengaruh pada karier alumninya?

Mana yang lebih baik, perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri?

Apa keuntungannya mengambil sekolah lanjutan di luar negeri dibanding di dalam negeri?

Pentingkah pemilihan jurusan yang spesifik untuk strata 1?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Apa hal fundamental yang diajarkan di perguruan tinggi strata 1?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Siapa Dosen favorit Anda ketika menempuh studi di jenjang sarjana (S1)?

Siapa Dosen favorit Anda ketika menempuh studi di jenjang pasca sarjana (S2 dan S3)?

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?