selasar-loader

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Last Updated Nov 17, 2016

Presiden Jokowi Didesak tuntaskan kasus penistaan agama Ahok - topikindo.com

 

Kenapa terlihat mesra sekali Jokowi dengan Ahok, bahkan dalam beberapa kesempatan, Jokowi seperti membela Ahok?

14 answers

Sort by Date | Votes
Miftah Sabri
Pendiri dan CEO Selasar

ADkyL8Z3UMCzxBPDPihgS25F-83kHbvh.jpg

Jokowi dan Ahok bersatu karena kepentingan. Pada mulanya Jokowi justru menginginkana orang lain untuk menjadi Wakilnya pada Pilkada DKI 2012. Orang tersebut adalah Dedy Mizwar. Namun belakangan, karena deal tingkat tinggi antara Mega dan Prabowo kala itu, Jokowi akhirnya menerima dirinya dipasangkan bersama Ahok untuk menjadi Cagub dan Wagub. 

Seiring berjalannya waktu, dua tahun bersama menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur mereka bersama memimpin Jakarta. Cukup banyak sebenarnya pertentangan yang terjadi di antara mereka berdua namun tidak terkspose saja ke luar. Dua tahun bersama tentulah banyak informasi informasi penting yang mereka saling tahu. Apakah ini membuat satu bisa menyandera yang lain. Who Knows? 

Ahok pintar menyesuaikan diri, begitu Jokowi terpilih menjadi Presiden dalam pilpres 2014, Ia memanfaatkan kemelut politik, keluar dari Partai Gerindra yang mengusungnya. Menjadi Gubernur Independen tanpa partai.

Prahara "sangkaan penistaan agama islam" yang menimpa Ahok, yang disusul dengan penetepan status Ahok sebagai TERSANGKA oleh Mabes Polri memperlihatkan bahwa antara Jokowi dan Ahok 'bersama" karena ikatan politik. Begitu Ahok menghadapi "masalah hukum", Jokowi tidak terlihat memberi perlindungan secara "all out' dan "membabi buta". Ahok dibiarkan menyandang status tersangka tersebut. Padahal, jika saja Presiden Jokowi menggunakan powernya (meskipun ini tentu abusif, namun kita tidak berdebat dunia politik ideal) bisa saja Polisi diintervensi untuk kemudian membebaskan Ahok, dan menyatakan "tidak cukup bukti" dan menjauhkannya dari status tersangka. Tapi Jokowi tidak melakukan itu. Ia melepaskan pada mekanisme hukum dan membiarkan Polisi independen. 

Karena afinitas keduanya adalah afiniats politik, maka Ia memenuhi pula adagium klasik "no permanent friend, no permanent enemy, only permanent interest". Tampaknya paska penetapan tersangka ini, cukup banyak interest yang berbeda "antara Presiden Jokowi dan Gubernur DKI (Non Aktif) Basuki Tjahaya Purnama. 

Menendang Ke Atas dan Beternak Ayam Petelur

Guru besar ilmu politik Universitas Pertahanan,Prof Salim Said, seorang Ilmuan Politik senior, pernah menggunakan istilah "Menendang Ke Atas" dan "Beternak Ayam Petelur" untuk menjelaskan cara politik Suharto selama memimpin Indonesia 32 tahun. Jika ada orang dekatnya yang tidak lagi Ia berkenan, maka Ia akan melakukan tendangan ke atas. Orang tersebut akan dijadikan Dubes, DPA, atau jabatan yang menjauhkannya dari pusat kekuasaan. Jendral Sumitro, LB Murdani, hingga Jendral Yusuf sebagai contoh orang dekat yang pernah ia tendang ke atas. 

Beternak Ayam Petelur, adalah tamsil, penjelasannya jika Ayam ternakannya sudah selesai bertelur dan tidak bisa bertelur lagi, ya ayam tersebut digorok. Disembelih. Dikotakkan. Jenderal Sarwo Edhie misalnya, perannya selesai menumpas PKI, setelah itu dibuang menjadi Pangdam ke Papua, Medan, Dubes di Korea Selatan, kemudian memimpin BP7. 

Jakarta Post pernah menurunkan tulisan cukup baik mengenai kesamaan kesamaan politik antara Presiden Suharto dan Presiden Jokowi. Apakah Presiden Jokowi akan menendang ke atas Ahok dan menyemblihnya karena telurnya sudah tidak bisa diharapkan lagi, kerena liablility nya yang terlalu banyak? sejarah akan mencatat dalam beberapa bulan ke depan. 

 

 

Answered Nov 18, 2016
Mas Badiyo
Penulis dan Blogger

Hasil gambar untuk jokowi dan ahok

Sebenarnya, hubungan antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) hanya sebatas pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI periode tahun 2012--2017. Dalam perjalanan berikutnya, Jokowi terpilih sebagai Presiden pada tahun 2014 dan Ahok menggantikannya sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga akhir masa jabatan 2017.

Meski Jokowi telah menjadi Presiden dan Ahok menjadi Gubernr DKI, hubungan keduanya tetap terlihat mesra. Hal itu membuat banyak masyarakat curiga kalau keduanya mempunyai hubungan yang spesial. Terlebih saat Ahok menghadapi kasus dugaan penistaan agama, ada sekelompok masyarakat yang curiga kalau Jokowi membela bahkan melindungi Ahok.

Untuk menjawab kecurigaan itu, Jokowi dalam beberapa kesempatan telah menyampaikan bahwa sebagai Presiden, dia tidak akan intervensi dalam kasus Ahok. Jokowi telah bertemu dengan beberapa tokoh ormas keagamaan dan MUI untuk meyakinkan masyarakat bahwa dirinya tidak melindungi dan menyerahkan kasus Ahok untuk diproses secara hukum. Untuk itu, Jokowi telah memerintahkan Kapolri untuk memproses kasus Ahok secara terbuka agar semua masyarakat bisa menyaksikan dan menilainya sendiri.

Sebenarnya, kedekatan antara Jokowi dengan Ahok disebabkan karena ada beberapa kesamaan di antara keduanya. Ada kesamaan karakter keduanya seperti jujur, sederhana, tegas dan berani. Keduanya sudah membuktikan karakter tersebut dalam mengemban amanah rakyat. Selain itu, keduanya juga punya niat dan tekad yang sama, yakni melakukan perubahan untuk Indonesia dan Jakarta yang lebih baik di masa depan.

Keduanya tidak ingin masuk ke lingkaran sistem permainan yang sudah terbiasa ada selama ini. Lingkaran sistem pemerintahan yang ada selama ini adalah untuk kepentingan elit politik dan kelompoknya, termasuk para pengusaha yang mengambil keuntungan karena kedekatannya. Jokowi dan Ahok tidak masuk sistem lama itu. Keduanya ingin melakukan perubahan dengan lebih mementingkan kepentingan negara, kemakmuran, dan kesejahteraan rakyat yang dipimpinnya.  

Karena itu, keduanya sangat dicintai oleh rakyatnya namun sangat dibenci oleh sebagian besar elit politik. Para elit politik dan pihak yang merasa dirugikan tidak senang dengan gaya kepemimpinan Jokowi dan Ahok. Karena elit politik yang suka mengkorup anggaran dan kongkalingkong tidak bisa lagi berkutik.

Jadi, kedekatan Jokowi dan Ahok karena adanya kesamaan karakter keduanya, jujur, sederhana, tegas, dan berani. Juga karena keduanya punya niat dan tekad yang sama, melakukan perubahan memperbaiki keadaan, menghapus kebiasaan buruk, termasuk memberantas korupsi dan menyejahterakan rakyatnya.

Gambar via assets-a2.kompasiana.com

Answered Dec 12, 2016

Hasil gambar untuk jokowi dan ahok

Gambar via resepcaramemasak.files.wordpress.com

Answered Dec 18, 2016
Heru Prasetyo
Seorang pejalan kaki yang juga suka naik trans Jogja dan becak.

Baik-baik saja.

Hasil gambar untuk jokowi dan ahok

Gambaar via myahok.com

Answered Dec 19, 2016

Hasil gambar untuk jokowi dan ahok

Pertemuan Jokowi dan Ahok adalah pada Pilgub DKI Jakarta 2012. Mereka sempat bekerja bersama-sama lebih kurang selama 2 tahun mengelola DKI 2012 s.d 2014. Dengan demikian kedekatan Jokowi dan Ahok dilatari karena pernah bersama di DKI. Lalu kenapa nampak mesra, ya namanya orang yang pernah bersama dan kemungkinan besar ada kecocokan soal cara kerja dan lagian mereka sama-sama di Jakarta walau beda kantor, ya wajarlah nampak mesra. Tak perlu di baperin :-D.

Gambar via cdn.tmpo.co

Answered Dec 19, 2016
Yusran Mansyui
Menghancurkan sendi-sendi setiap ketakutan dalam Diri & membuatnya lebih berani

Hasil gambar untuk jokowi dan ahok

Kalau saya, menilai hubungan mereka sebagai suatu hubungan yang terselubung. Ibarat cinta pertama yang susah untuk dilupakan. Saling tak mempedulikan tapi sangat saling menyayangi. So sweet.

Gambar via arrahmahnews.files.wordpress.com

Answered Dec 19, 2016
FAUZI LAMBOKA
Palu - Sulawesi Tengah

WBXYZYNZsqWf01rZRVHA103b_-0tjHin.jpg

Tidak ada kawan sejati dan tidak ada musuh sejati, yang ada hanya kepentingan.

 

sumber gambar : wordpress.com

Answered Dec 31, 2016
Yasser Arafat
Minang tulen, penyelam sekaligus peneliti ekosistem terumbu karang, traveller❤

Hubungan mereka mungkin sebenarnya sangat erat, saling mendoakan satu sama lain tanpa diketahui, saling mendukung tanpa terlihat (mata), saling peduli tanpa perlu didengarkan.

Answered Jan 13, 2017
Richa Miskiyya
Penulis, Ibu Rumah Tangga

Sahabat yang saling mendukung, jika pun tidak secara langsung, pasti ada dukungan doa. Bukankah doa adalah cara mencintai yang paling agung?

Answered Jan 15, 2017
Ririn Rien
Happy Momy and wife

Hubungannya cukup baik dan saling menghormati satu dengan lainnya. Saling mendukung dan juga selalu peduli.

Answered Jan 16, 2017

Hubungan Jokowi dengan Ahok tentu sangat dekat dikarenakan mereka pernah berpasangan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Salah satu bukti kedekatan tersebut adalah, ketika Gubernur Ahok berseteru dengan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Jokowi yang saat itu sudah menjadi Presiden memutuskan untuk mempertemukan mereka berdua di Istana. Walau pertemuan itu sempat mendapat kritikan karena menabrak UU, Presiden dianggap melangkahi Menteri Dalam Negeri yang merupakan atasan langsung Gubernur dan DPRD. Saya rasa, itu sudah merupakan bukti kedekatan mereka berdua. 

Answered Jan 20, 2017
Ahmad Shoifi
Sarjana Hukum Lulusan UGM angk 98, Auditor di Bank BUMN

Hubungan antara Jokowi dan Ahok jelas dimulai dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Meskipun hubungannya relatif belum lama, tetapi jelas bahwa kepercayaan di antara mereka sudah terbentuk baik karena sama-sama bekerja demi rakyat yang dipimpinnya dan jelas kebijakan mereka sama-sama berdiri diatas kepentingan rakyat, bukan karena kepentingan lainnya.

Hubungan atas dasar kepercayaan inilah yang kuat di antara mereka sampai saat ini.

Answered Jan 31, 2017
Irna Jo
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNDIP

Karena Pak Jokowi tahu bahwa sebenarnya Pak Ahok itu orang baik dan jujur.

Answered Aug 10, 2017

Karena Jokowi sebagai presiden melihat Ahok bukan dari ras atau agama. Yang beliau lihat adalah hasil kinerjanya. Yang beliau butuhkan adalah gubernur yang memberikan hasil nyata, bukan janji belaka.

Kita tidak bisa memberikan jawaban "Jokowi dan Ahok sama-sama memegang "kartu as"-nya masing-masing" karena itu belum terbukti sampai sekarang. Bahkan sampai sekarang, Ahok setelah masuk penjara pun belum terbukti akan membeberkan "kartu as" Jokowi.

Walaupun seharusnya Jokowi adalah seorang muslim, kita wajib untuk tidak memilih pemimpin nonmuslim. Semua itu adalah cobaan dari Allah swt. Perintah adalah tetap perintah walau apapun taruhannya. 

Answered Aug 21, 2017

Question Overview


and 7 more
25 Followers
6297 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Apa itu Jokowinomics?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan SBY?

Siapa sajakah orang kepercayaan Jokowi di istana?

Bagaimana sebenarnya bisnis meubel Jokowi di Solo?

Bagaimana hubungan Jokowi dan Megawati?

Apa arah kebijakan luar negeri pemerintahan Jokowi?

Bagaimana pandangan Anda mengenai struktur kabinet Jokowi 2014-2019?

Apa yang membuat Jokowi begitu kuat dan disegani lawan politiknya?

Apa alasan utama banyak orang membenci Ahok?

Bagaimana sebenarnya pengaturan dan pengerahan massa aksi 411?

Siapa pemenangnya seandainya Ahok duel langsung dengan Anies Baswedan?

Apakah Ahok benar-benar menistakan agama Islam?

Apa perbedaan mendasar gaya berpolitik Ahok dan Jokowi?

Apa alasan utama banyak orang mencintai Ahok?

Mengapa Nasdem jadi partai pertama yang dukung Ahok di Pilkada DKI Jakarta?

Bagaimana Ahok ketika waktu SMA?