selasar-loader

Adakah kehidupan selain di bumi?

Last Updated Nov 16, 2016

9 answers

Sort by Date | Votes
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

H0dsiO-l91wDI6IjKJK7wGI0C2ziLFBs.jpg

Kemungkinan besar ada.

Alam semesta yang bisa diamati oleh manusia memiliki lebar 93 miliar tahun cahaya, atau sekitar 900 miliar triliun kilometer (900.000.000.000.000.000.000.000 km). Bahkan, seandainya alam semesta hanyalah selebar yang bisa kita amati tersebut, atau bahkan tak ada alam semesta paralel, kemungkinan adanya bentuk kehidupan lain sangat besar, minimal dalam bentuk bakteri ataupun serangga.

 

sumber gambar: keywordsuggest.com

Answered Dec 15, 2016
Agus Setyono
Pencari Kebenaran

Ini adalah penampakan bumi kita, difoto oleh Voyager 1 dari kejauhan 6 miliar kilometer dari Bumi.

hwOzk7R-IP6ru0qJDNQKrJpHaYu2SO1D.png

Kemungkinan adanya sangat besar. Seperti dijelaskan di jawaban Reza Firmansyah, bumi hanyalah salah satu dari miliaran planet di alam semesta (yang kita tahu). Hanya masalah waktu kita akan bertemu dengan kehidupan lain di luar sana. Bodohnya manusia ini, kita baru tahu bahwa bumi bulat itu sekitar 500 tahun yang lalu. Kita juga baru bisa mengetahui galaksi kita baru 50 tahun ke belakang. Jika membayangkan 500 sampai ribuan tahun ke depan, akan sangat menarik tentunya, manusia makin pintar dan daya jelajahnya akan semakin lebar.

Masih banyak yang manusia belum ketahui di alam semesta ini.

Ilustrasi via gstatic.com

Answered Jan 3, 2017

Mungkin ada, tapi bersifat non-cellular life.

Answered Jan 11, 2017
Manoressy Tobias
Calon Peneliti, Pusat Sains Antariksa, LAPAN

EotdjqAYthRvMU3mncMJO8FwaHYlmEpk.jpg

via sawirawan.com (FR)

Mungkin tidak ada.

Mungkin juga ada. Tapi mungkin bentuknya tidak seperti yang kita bayangkan. Sejujurnya, kita tidak tahu pasti.

Carl Sagan pernah berujar, "extraordinary claims require extraordinary evidence". Menemukan kehidupan di luar Bumi adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Saya pribadi percaya bahwa mungkin saja ada kehidupan (atau sisa kehidupan) di luar Bumi. Tapi adanya kehidupan di luar Bumi? Kecuali ada bukti yang sangat kuat yang ditemukan, saya tidak akan percaya.

Sekarang anggaplah ada kehidupan di luar Bumi. Tugas kita adalah menemukannya. Kira-kira, di mana kita bisa mulai mencari?

u398qysmJyQ9bE8lwQxzKa2OfASVpHNh.jpg

via nextme.it (FR)

Foto di atas adalah Europa, salah satu satelit/ bulan milik Jupiter. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Bulan kita. Foto tersebut diambil dengan spacecraft Galileo milik NASA pada tahun 1996. Dari pengukuran gangguan medan magnet Jupiter di sekitar Europa, para ilmuwan memperkirakan terdapat fluida konduktif di bawah permukaannya. Karena komposisi utamanya es, kemungkinan fluida konduktif ini adalah samudera air dengan kandungan garam. Kita tahu bahwa air adalah syarat utama bagi kehidupan. Coba bayangkan kira-kira kehidupan seperti apa yang terdapat di dalam sana?

Kandidat berikutnya?

mgxvGUroBDARCq2dHE_ukw8jQSKn3xKc.jpg

via space-facts.com (FR)

Foto di atas adalah Titan, salah satu satelit/bulan milik Saturnus. Foto diambil oleh spacecraft Cassini milik ESA (European Space Agency) dan NASA pada tahun 2012. Permukaan Titan sangatlah dingin (sekitar -180 derajat celcius), sehingga batuan di sana terbuat dari es air. Titan juga memiliki danau; bedanya dengan Bumi, danau di Titan bukan berisi air, melainkan metana dan etana cair, yang pada dasarnya adalah LNG (Liquefied Natural Gas). Salah satu komoditas ekspor Indonesia ini tersedia langsung di permukaan Titan ;-)

Banyak ilmuwan berpikir bahwa hampir tidak mungkin ada kehidupan di Titan karena permukaannya kekurangan air dalam wujud cair. Tapi, .... we never know :-)

Selain kedua tempat itu, masih ada beberapa lagi di dalam Tata Surya kita. Bagaimana dengan di luar Tata Surya? Saudara Agus dan Reza sudah jelaskan di bawah. Carl Sagan pernah berujar, "Somewhere, something incredible is waiting to be known."

Mungkin saja ada kehidupan di luar Bumi. Kita tetap perlu mencari. Tentunya jangan lupa menghargai dan menjaga kehidupan bersama yang kita miliki di Bumi hari ini :-)

Answered Apr 6, 2017

Menurut saya ada, tapi mungkin tidak bisa untuk dijadikan tempat tinggal.

Answered Jul 29, 2017
Anonymous

Kemungkinan ada.

Answered Aug 18, 2017
El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

Ihwal pertama yang harus didefinisikan adalah, apa itu kehidupan?

Jika yang dimaksud kehidupan adalah sistem peradaban seperti di bumi, sejauh ini belum ada temuan yang secara kuat, sah dan meyakinkan eksistensi kehidupan tersebut.

Namun jika yang dimaksud dengan kehidupan adalah keberlakuan hukum alam, sistem tata semesta, tentu hal ini terjadi dan berlaku dimana ada material disitu ada kehidupan.

Hal inilah yang kelak akan berkembang menjadi pertanyaan, apa yang membedakan manusia dengan kumpulan karbon yang berjalan?

Answered Aug 23, 2017
Anonymous

Life on Earth...Life Elsewhere?

Life as we know it on earth requires a certain environment to survive. Even so, there are creatures on earth which seem to be able to survive in harsh environments, where the temperatures are very cold, or where there is little water or oxygen. It is environments like these which are similar to those found on other planets.

Sophisticated life forms are relative newcomers on Earth compared to bacteria. Because the environment of other planets is more primitive, life on other planets (if it exists) may be primitive and unsophisticated. If not, life would have developed the ability to withstand otherworldly environments as well as finding material for nutriment. We might have to imagine what such creatures would be like.

In 1996, scientists mistakenly thought that they had discovered life on Mars. But, there has not been any concrete evidence as of yet of life anywhere in the solar system besides Earth.

Answered Feb 2, 2018
Muhammad Rizky Nurawan
Undergraduate Student of Physics at Unpad | Rumah Kepemimpinan Bandung #8

Hasil gambar untuk apakah ada makhluk lain selain di bumi

Alquran telah diturunkan sekira 14 abad lalu dan banyak mengungkap fakta-fakta sains yang baru ditemukan oleh penelitian modern saat ini. Terkait dengan kehidupan di planet asing, buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan mengenai hal ini.

"Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu," bunyi Surah An Nur Ayat 45.

Sejumlah pakar astronomi mengatakan, tidak aneh jika terdapat kehidupan di sebagian benda-benda angkasa. Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengumumkan bahwa meteorid yang jatuh di Australia mengandung zat asam amino.

Zat ini merupakan mineral utama pembentuk kehidupan. Dengan demikian, kehidupan lain di luar Bumi adalah mungkin.

Pada 1974, sebuah misi awal berhasil dikirimkan untuk menyelidiki peradaban semesta. Peluncuran misi ini sendiri memakan waktu 3 menit. Misi ini dicanangkan untuk menyediakan informasi penting mengenai kondisi peradaban dunia dan penduduknya.

Dikatakan bahwa misi ini hendaknya mendapat masukan dan saran dari dunia internasional karena pentingnya misi bagi seluruh umat manusia.

Dalam ayat lain Allah berfirman, "Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di Bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari," bunyi Surah Ar Ra'd.

Kata ‘man’ tidak digunakan kecuali untuk makhluk yang berakal. Hal ini menegaskan bahwa ada makhluk-makhluk berakal lain, selain manusia di Bumi, yang hidup di langit atau di permukaan planet lain.

Manusia hendaknya memikirkan kemungkinan adanya kehidupan makhluk berakal di planet lain, tetapi di tempat yang jauh dari tata surya kita, mengikuti matahari lain di galaksi kita, atau di galaksi yang lain.

Dalam sepuluh tahun terakhir, melalui perangkat teleskop radio, telah ditemukan sejumlah jejak gelombang radio yang menunjukkan adanya uap air, zat amonia, dan karbon monoksida dari awan yang ada di antara bintang-bintang.

Penemuan ini mengisyaratkan kemungkinan adanya kehidupan di planet-planet lain. Perlu diketahui bahwa zat-zat yang ditemukan tersebut merupakan unsur penting bagi pembentukan zat asam amino, yang merupakan asal mula dari protein kehidupan yang mengandung DNA.

 

Untuk Penjelasan lebih detail dapat disaksikan berupa video :

 

Answered Apr 3, 2018