selasar-loader

Bisakah Anda membuat karangan deskripsi menggunakan hal apapun di sekitar Anda sekarang?

Last Updated Dec 10, 2016

Karena deskripsi yang memikat membuat hubungan pembaca dan bukunya lebih lekat.

6 answers

Sort by Date | Votes
Erin Nuzulia Istiqomah
Pencinta museum dan berbagai wisata budaya lainnya

Hasil gambar untuk ruangan gelap dengan lilin

Pada sebuah kamar yang dicat warna hijau di sisi kanan kirinya, juga cat berwarna kuning di dua sisi lainnya, tumpukan buku memenuhi sepertiga ruangan seolah menjadi penegas bahwa pemiliknya adalah pencinta bau kertas dari buku-buku novel yang dibacanya. 

Dengan kipas angin yang tak berhenti berputar lebih dari setengah hari setiap harinya, segala imaji dan fantasi melenggang bebas di kepala sang tuan yang sedang merebahkan badan di atas kasur nyamannya. 

Namun, hanya ada sejumput luka di sana, di dasar hati si pemilik kamar, yang membiarkan lampu mati tak diganti, menenggelamkan kamar dengan temaram lampu templok yang dijadikannya pengganti cahaya. 

Gambar via fotografer.net

Answered Dec 13, 2016
Pepih Nugraha
Karena budaya melekat dalam kehidupan sehari-hari, maka budaya itu penting

ZPSOY-UmpzwVdIL3Q043fXIEZVXhK34u.jpg

Kekuatan karangan deskripsi adalah mampu menggambarkan suasana secara detail. Tempat dan suasana itu sendiri bagian dari cerita. Itu sebabnya tidak sedikit pembuka cerita, baik itu novel maupun cerita pendek, dimulai dengan deskripsi tempat. Jakarta yang padat dan menanggung beban berat sedang didera hujan petang ini, begitulah contohnya.

Pertanyaan bisakah saya membuat karangan deskripsi menggunakan hal di sekeliling saya, tentu saja saya bisa, sebab itulah senjata penulis; menangkap detail suasana yang berada di sekeliling kita. Seorang penulis, tidak bisa mengatakan sebuah ruangan "besar" atau "kecil", orang itu "miskin" atau "sedih".

Ia harus mendeskripsikan atau menggambarkan (menunjukkan) seberapa besar/kecil ruangan itu, bagaimana seseorang yang yang sudah tiga hari tidak makan dengan pakaian compang-camping untuk menggantikan kata "miskin", juga bagaimana ia menitikkan air mata sambil memeluk anaknya yang terkena mortir tanpa harus mengatakan "ia bersedih". Jadi intinya; gambarkan dan tunjukkan!

Insting penulis dalam menangkap suasana dan menggambarkan situasi harus lebih tajam dari jurnalis. Jika jurnalis kadang abai dengan deskripsi karena ditekan berita yang sifatnya "straight" yang sering dianggap tidak memerlukan deskripsi, penulis tidaklah demikian. Ia harus detail dalam menggambarkan lokasi, tempat, dan bahkan benda-benda di sekeliling penulis.

Dan Brown, penulis novel best seller, adalah penulis yang sangat detail dan mampu menghadirkan suasana tempat seperti fotografik. Segala sudut tidak luput dari pengamatannya. Ahmad Tohari tidak ada lawannya jika dia menceritakan kehidupan desa berbau tanah sawah dan pegunungan berselimut perdu. Detail suasana itulah yang memperkuat novel mereka.

Jika orang biasa masuk ke ruangan dan hanya memperhatikan lampu kristal yang indah tergantung di tengah ruangan, seorang penulis akan melihat lebih detail lagi bentuk lampu kristal itu sendiri; apakah seperti piring terbang atau cenderung menyerupai tubuh penari flamenco yang meliuk-liuk saat berputar terkena angin.

Dia juga akan memperkirakan luas ruangan itu dan ada berapa lampu lagi selain lampu kristal itu. Adakah lemari di ruangan itu dan apa isi lemari itu? Jika lemari itu berisi senjata tradisional Aceh atau Bugis, maka ia juga akan menyinggung kenapa senjata tradisional itu ada di lemari itu, lalu menghubungkannya dengan si pemilik rumah.

Begitulah detail bekerja untuk mensuplai energi deskripsi. Keberadaan detail itu tidak jauh-jauh dari kita, ada di sekitar kita.

 

sumber gambar: haikudeck.com

Answered Dec 15, 2016
Eko Permadi
Journalism and Law

Bisa. Deskripsi yang baik adalah menggunakan semua indra yang dimiliki. Penglihatan (mata), penciuman (hidung), pendengaran (telinga), peraba (kulit), pengecap (lidah).

ibarat mata kamera. kita menuliskan apa saja yang dilihat mata kamera tersebut. Tentunya harus relevan dan menarik. Hindari kata-kata sifat dan bermakna ganda.

contohnya :

Meja berukuran 3x1 meter ini dilapisi bekas spanduk.Di Atasnya ada toples kecil berisi 7 spidol.Tumpukan koran di ujung meja.Kipas angin mini berputar ke kanan dan kekiri. Ada lima kursi mengelili meja.Papan tulis putih menempel di dinding sebelah kiri meja. Biasanya kru Pers Mahasiswa Bahana Universitas Riau adakan rapat proyeksi majalah setiap bulan di meja ini.  

Answered Jan 17, 2017
Indria Salim
Menulis demi menulis bagus dan bermanfaat. Menulis banyak manfaatnya.

Kucing itu mengeong lagi. Kudengar tetangga berdesah-desah dan mengayunkan sapu panjang ke arah kucing itu. Kusebut saja namanya Si Keong, karena jalannya yang mengingatkanku pada hewan lunak di pinggir sungai dekat rumah.
Si Keong berlari terseok-seok. Perutnya semakin besar sejak kucing berbulu kembang menindihnya bulan lalu. Duh, tak tega aku melihatnya tertidur di bawah pohon mangga depan rumah. Mungkin dia belum makan. Mungkin dia berulang kali dihalau tetangga beda rumah. Mungkin sebentar lagi kucing berbulu kembang akan mencakarnya ...

Tetangga depan rumahku habis melahirkan. Seorang bayi laki-laki yang dipangkunya sambil berjemur di depan parkiran mobilnya.
"Oeek, oooeeek-aaaooeeek." si bayi mukanya memerah. Tangan mungilnya menggapai-gapai udara.
"Mungkin dia kehausan," batinku
"Mungkin matahari menyengat kulitnya," aku kasihan.
"Miaaau, miauuuw, errr, errrr .." si Keong menimpali
Dari dalam rumah itu, keluarlah si Ibu mertua.
"Byur, byur, byur!"
Gayung penuh air di tangannya dihentakkannya ke arah Si Keong.
Si Keong berjalan terseok, dan akhirnya tiarap di teras rumahku.
Seketika, aku bersin-bersin. "Haish, haish!"
Kugosokkan losion tangan beraroma tea tree. Kukibaskan tanganku, mengusir aroma kaos kaki busuk.
"Haish, haish, haish!"
Ah, apakah aku harus menghalaunya juga.

Tetangga di depan rumah lainnya, berkacak pinggang dan mencak-mencak.
"Hush, hush, hush!"
Selang air disemprotkan ke genteng rumahnya. Si bulu kembang memecah sunyi pagi, bersama Si Keong yang mengerang -- entah senang atau demam. Andaikan kutahu bahasa kucing. |sepenggal fiksi - bulan Januari 2017

 

 

Answered Jan 18, 2017
Tegar Hamzah
Pegawai Pelabuhan Indonesia II, Ditempatkan di Gresik, Tinggal di Surabaya

mA8fx-3tREnMXM8uXjmzSrx2CdguhEuo.jpg

Lelaki tua itu kerap kali mengecek ulang tumpukan berkas di depannya, ia satu ruangan denganku. Kadang tak tega ku memintanya untuk kembali membuat form permintaan barang dan form pembayaran gaji karyawan, tapi mau bagaimana lagi, kesungguhan dimatanya yang berhiaskan kacamata tebal membuatku sulit tuk menolaknya untuk bergabung.

Sedangkan di sebelah ruanganku yang terbuat dari container yang disulap menjadi ruang kerja, terdengar cekikikan karyawan wanita yang tak hentinya bercengkerama dengan koleganya, pasti atasannya sedang keluar. Aku pun melihat keluar jendela. Di sana, terlihat beberapa operator lapangan sibuk menyiapkan diri untuk kedatangan kapal ke dermaga kami untuk pertama kalinya. Walau jadwal kedatangannya pun belum pasti, tapi aku salut dengan keseriusan mereka. Di tengah teriknya matahari gresik di sore hari, mereka dengan seragam khas operasional lapangan berbalut kain skotlight warna perak menyala di beberapa sisinya begitu bersemangat dalam latihan yang dipandu oleh rekan kerjaku.

Di ujung lapangan penumpukan, beberapa meter dari kerumunan operator lapangan, terlihat tumpukan pipa besi besar dari perusahaan logistik yang menyewa lapangan kantorku untuk ruang konsolidasi kargo mereka. Beberapa pipa tampak ditutupi kain terpal biru untuk menghindari korosi dari panas dan hujan di lapangan luas tanpa atap itu.

Bosan melongok lewat jendela kaca, akupun berdiri, meregangkan tubuh sejenak dan menatap meja kerjaku yang penuh dengan berbagai barang; laptop di tengahnya, sedangkan botol minum yang sudah lama tidak kuisi bersanding dengan kotak tisu yang makin menipisi isinya di sebelah kiri. Sedangkan di kanan meja, kertas kerja dan tumpukan buku nampak manis menunggu tuannya membereskan. Ingin segera kutaruh mereka di rak buku atau laci kabinet, tapi beberapa di antaranya masih kubutuhkan. Kubiarkan saja dulu. Nanti saja, saat jam pulang kerja menjelang.

Answered Mar 8, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

uN_xqm46erIulLItWrKDp9eg6zgLlPLk.jpg

Hanya berbatas pagar, rumah kami dengan tetangga sebelah. Malam ini tetangga sebelah mengadakan pesta. Usai mengadakan barzanji - pembacaan syair-syair dalam bahasa Arab, ada orkes dangdut dengan suara speaker menggemuruh.

Sangat menggemuruh malah karena posisi speakernya sangat dekat dengan letak kamar saya. Amat sangat memekakkan telinga. Masih berlangsung hingga saat ini, ketika waktu di kota saya menunjukkan pukul 23.25. Yah, apa boleh buat, beginilah dinamika bertetangga di dalam gang.

Answered Apr 8, 2017

Question Overview


9 Followers
1462 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Dari mana cara termudah memulai mencari ide untuk menulis novel?

Bagaimana cara paling efektif untuk mengembangkan alur dalam menulis novel?

Di antara novel-novel Haruki Murakami, yang manakah yang paling Anda sukai?

Apakah kutipan Haruki Murakami yang paling berkesan bagi Anda?

Apakah tips menulis terbaik yang pernah kamu dapatkan?

Bila kamu berada pada situs puisi dan puisimu dibaca 250 orang namun tidak ada yang berkomentar, apa yang kira-kira terlintas di benakmu?

Film apakah yang menurut Anda memiliki skenario terbaik?

Menurut Anda, apakah kekurangan dari tulisan-tulisan Murakami?

Adakah pola tertentu dari karya-karya Murakami?

Di antara novel-novel Paulo Coelho, yang manakah yang paling Anda sukai?

Apakah yang dimaksud dengan penulisan kreatif?

Siapa penulis populer favorit Anda? Mengapa?

Mungkinkah Tereliye melakukan plagiasi dalam beberapa karya atau novelnya?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Mengapa Helvy Tiana Rosa tidak lagi menerbitkan novel?

Apa yang dimaksud dengan 5W 1H dalam menulis berita?

Apa yang disebut "Nilai Berita" atau news value?

Adakah unsur lain selain 5W+1H dalam menulis berita?

Bagaimana cara membuat suatu konten menjadi viral? Apa ada tips khusus?

Bagaimana cara mengakhiri suatu cerita?

Bagaimana cara membuat karakter/tokoh dalam suatu cerita?

Siapa pengarang buku favorit Anda? Apa alasan Anda?

Dalam menulis online, seberapa sering mengalami kegagalan posting dan tulisan hilang tak berjejak? Apa reaksi Anda?

Adakah karya sastra yang memiliki tema tentang parfum?

Apa puisi Chairil Anwar yang paling Anda sukai?

Siapa sastrawan paling "nyastra" menurut Anda? Mengapa?

Mengapa pada masa sekarang sangat sedikit penulis Indonesia yang memiliki kualitas layaknya Pramoedya Ananta Toer?

Bagaimana proses kreatif saat pertama kali menulis novel?

Siapakah sastrawan Indonesia paling Anda sukai? Mengapa?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?