selasar-loader

Benarkah Unit 731 lebih mengerikan daripada kamp konsentrasi Nazi?

Last Updated Nov 16, 2016

Unit 731 adalah lembaga ujicoba kimia dan biologis milik Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II. Unit ini dipercaya bertanggung jawab terhadap serangkaian tindak kebrutalan tentara Jepang selama Perang Dunia II.

1 answer

Sort by Date | Votes
Muhammad Rizki Ramadhani
Penyuka sejarah dan intrik :)

Hx8HdXZTnnUcPb-DvJ3csZK8W4AvURtP.jpg

via apjjf.org (MRR) 

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Unit 731 adalah unit spesial tentara Jepang yang melakukan eksperimen terhadap manusia selama PD II, sementara di Eropa, unit Nazi Jerman yang melakukan pekerjaan yang sama adalah SS, singkatan dari Schutzstaffeln.

Kekejaman kedua unit ini, baik 731 maupun SS, sama dan tidak bisa dibandingkan. Keduanya melakukan eksperimen biologis dengan menggunakan manusia, terutama tahanan perang, lewat percobaan-percobaan yang mengerikan seperti rekayasa senjata kimia dengan manusia sebagai kelinci percobaannya, rekayasa tubuh dan otak manusia untuk menciptakan ras manusia yang tidak tahan sakit, serta percobaan-percobaan biologis lainnya. Pusat dari Unit 731 adalah sebuah instalasi militer yang sekarang jadi bangunan kosong di Harbin, Cina. Sementara itu, SS biasa melakukan eksperimennya dengan menggunakan tahanan perang dan orang Yahudi di kamp. konsentrasi Auschwitz-Birkenau (Polandia) dan Buchenwald (Jerman).

Jika memang ada hal yang mengerikan dari Unit 731 adalah kerahasiaan eksperimen mereka yang jauh lebih terjaga daripada eksperimen SS di Eropa. Jika banyak dokter-dokter sekaligus pemimpin SS dan komandan kamp. konsentrasi Nazi yang dikejar dan dijatuhi hukuman mati, tidak sama halnya dengan mantan perwira yang pernah bekerja di Unit 731. Walaupun eksperimen mereka sama mengerikannya terhadap tahanan yang mayoritas orang Tiongkok, tetapi setelah perang berakhir, Amerika Serikat justru banyak mengampuni para pekerja di sana dengan imbalan agar mereka memberikan hasil eksperimen mereka selama bekerja di 731. Banyak yang tidak sampai masuk pengadilan militer sehingga mereka bisa melarikan diri dari kejahatan perang yang mereka lakukan. Bayangkan saja jika ada orang yang melakukan eksperimen biologi mengerikan kemudian dibiarkan bebas dan malah menjadi tetangga Anda. Betapa mengerikannya itu. 

Answered Dec 2, 2016