selasar-loader

Bagaimana cara meningkatkan sense of humor kita?

Last Updated Dec 6, 2016

Saya orangnya kaku dan susah bercanda. Karenanya, banyak orang yang menjauhi saya.

2 answers

Sort by Date | Votes
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

SUE56nGM9_4cMioy53K8fB16wO_HajcY.jpg

Sering-seringlah menjelajah di http://cracked.com. Website tersebut menyediakan artikel-artikel yang lucu namun informatif.

Cara lain adalah dengan sering menonton film-film komedi. Hal itu diharapkan bisa mempermudah kita menjadi orang yang lebih mudah bergaul.

 

sumber gambar: huffpost.com

Answered Dec 16, 2016
Baskoro Aris Sansoko
Suka Humor sampai Tidak Pernah Dianggap Serius

Hasil gambar untuk sense of humor

Jika Anda merasa diri Anda jayus... beruntung! Sebab penjelasan yang akan saya utarakan bersifat serius dan tidak lucu... mungkin. Hahaha. Tapi Anda ketawa bukan? Atau setidaknya menghembuskan napas lebih keras dari hidung Anda? Oh tidak juga? Baiklah. Itu tidak penting-penting banget sih. Jadi, mari saya mulai saja penjelasan ini. Untuk memahami bagaimana cara meningkatkan sense of humour, maka perlu memahami apa itu humour dengan mengutarakan satu pertanyaan, yaitu mengapa orang tertawa?

Jawaban pertanyaan itu bisa ditelusuri dari Aristoteles sampai Sigmund Freud. Juga nama-nama orang lain yang terlihat dari nama dan tulisannya kalau orangnya tidak lucu. Tapi setidaknya pengamatan bahkan penelitian yang mereka lakukan dapat memberikan kita gambaran jawaban pertanyaan di atas. Nah, menurut penjelasan yang begitu panjang, intinya ada tiga teori yang paling terkenal untuk menjelaskan mengapa orang tertawa. Tertawa saja ada teorinya. Kalau ada mata kuliah Teori Humor, yang dapat nilai A yang paling lucu atau yang paling jayus ya? (Apa sih)

Mari kita tengok ketiga teori tersebut.

Yang pertama adalah teori pelegaan. Teori ini bermakna bahwa orang tertawa ketika ketegangan dan ikatan yang ada pada dirinya terlepas. Ketegangan yang dimaksud adalah kondisi yang membuat jantung berdebar, berkeingat, mata terbelalak, urat-urat mengencang, dan semacamnya. Ikatan yang dimaksud adalah ikatan seseorang pada nilai dan norma sosial yang ada di maysarakat. Contohnya apa?

Contoh untuk ketegangan yang lepas dari dilihat dari salah satu film Indiana Jones. (Yang bisa diterjemahkan menjadi Di Sisiku, Aku Jomblo Ngenes. Apa sih.) Dalam salah satu adegannya, si Jones berhadapan dengan seorang Arab yang ahli bertarung dengan pedang. Orang Arab ini dengan wajah garang dan menakutkan memainkan pedangnya begitu luwes dan terlalu cepat dilihat mata telanjang. Ditambah lagi orang-orang di padang pasir itu begitu bangga menyoraki petarung ini. Di sisi lain, si Jones tidak membawa pedang. Akhirnya, penonton tegang berpikir "Bagaimana kalau Jones mati?" dan ada yang memotret lalu mengunggah ke media sosial dengan caption "klik like biar Jones selamat, tekan share supaya musuhnya mati, dan ketik aamiin agar masuk surga." (Apa sih.)

Eh, sudah serius-serius begitu. Si Jones dengan wajah malas cuma ngeluarin pistol kemudian ditembakkan. Penonton ketawa. Semua senang.

Adapun untuk contoh hilangnya ikatan sosial dapat dilihat pada guyonan-guyonan yang membawa seksualitas. Seksualitas sebagai bahan pembicaraan yang tabu untuk masyarakat hari ini malah menjadikannya bahan humor yang hampir selalu tidak pernah gagal mengundang tawa dari seluruh lapisan manusia. Tidak hanya seksualitas, dark humour juga termasuk humor yang memanfaatkan menurunnya ikatan terhadap aturan sosial. Tapi contoh dark humour tidak akan saya sebut di sini nanti ada yang marah, sebab dark humour hanya untuk yang tidak punya harga diri. Hahaha.

Yang kedua adalah teori superioritas. Makna teori ini adalah orang tertawa dikarenakan melihat orang lain kurang darinya. Entah kurang beruntung, kurang tampan, kurang cantik, kurang ideal, kurang kaya, dan sebagainya. Guyonan yang memanfaatkan teori kedua ini banyak ditemui dalam bentuk bullying, bertingkah bodoh seperti Mr. Bean, pura-pura gagap, pura-pura susah mendengar, laki-laki merias diri sebagai perempuan, hingga memukuli orang dengan properti dengan tanda bintang "properti ini tidak berbahaya". Padahal seluruh properti itu berbahaya, apalagi yang dimiliki asing. Eh. (Apa sih.)

Yang ketiga adalah teori inkongruentias. Teori ini berarti bahwa orang tertawa ketika melihat sesuatu yang seharusnya di dunia nyata tidak seperti itu. Guyonan yang menggunakan teori inkongruenitas banyak ditemukan di site-comedy. Sebenarnya ada satu acara di televisi Indonesia yang sangat terkenal dengan guyonan semacam ini. Acara yang terkenal dengan seruan "Waduh! Tapi gak gitu juga kaleeeeee!" ini menyajikan berbagai adegan inkongruen yang sukses mengundang tawa.

Contohnya adalah adegan antara pembeli dan penjual bakso. Pembelinya membayar dengan uang receh-receh sehingga terlalu banyak. Penjualnya berkata, "Neng, gak uang besar aja gitu?" Pembelinya menjawab, "Oh, uang besar ya? Sebentar ya Bang saya ambilkan." Kemudian ada layar hitam sesaat lalu kini kamera di-close up pada penjual bakso. Terdengar suara pembeli, "Bang, ini duitnya," lalu pedagang itu menoleh dan berkata, "Waduh!" kamera di-zoom out lalu penjual melanjutkan, "besar sih besar Neng tapi gak gitu juga kaleeeee," sambil memperlihatkan pembelinya membawa papan besar bergambar uang Rp50.000,00.

Ya kira-kira itulah tiga teori yang dapat anda pelajari untuk membangun sense of humour yang lebih baik. Oh, dan yang paling penting, jika Anda ingin lucu bagi orang Indonesia, kuasailah bahasa Indonesia. Pun jika ingin lucu bagi orang Inggris, kuasai bahasa Inggris. Sebab setiap bahasa punya jiwa bahasanya masing-masing termasuk dalam humornya.

Misalnya nih. Two fishes are in a tank. One of them says to another, "Hey, can you drive it?" Ini adalah contoh humor inkongruen klasik dalam bahasa Inggris. Tapi kalau diterjemahkan jadi 'Dua ikan ada di dalam tank. Satu berkata pada yang lain, hei kamu bisa menyetirnya?' akan kehilangan kelucuannya. Menjadi hambar, tidak ada punchline-nya. Di sisi lain, guyonan receh "Bapak Kamu..." kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris juga tak kalah anehnya.

Intinya seperti itu sih. Semoga kamu... iya... kamu... bisa memahaminya ya. Syukur-syukur kalau tertawa di beberapa bagian saat membaca ini. Kalau tidak... ya... gimana ya... ya sudahlah. Mohon sabar... ini ujian. Ini adalah perjuangan. Mohon ditahan. Mohon ditahan emosi. Ini memang mengecewakan.

Semoga bisa membantu! :D

Ilustrasi via whstatic.com

Answered Dec 28, 2016

Question Overview


4 Followers
1508 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana cara meniti karier sebagai seorang selebriti?

Apa yang membuat daya tawar seorang fresh graduate besar di mata perusahaan?

Mengapa seorang lulusan fakultas ekonomi/bisnis sangat menginginkan bekerja di Konsultan Asing/Perusahaan FMCG?

Pekerjaan apa yang paling Anda idamkan setelah kelulusan?

Berapa jumlah gaji yang pantas diterima oleh seorang fresh graduate perguruan tinggi?

Skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja profesional di 3 tahun masa kerjanya?

Bagaimana cara mendapatkan kekayaan 1 miliar rupiah pertama Anda?

Saya seorang OB, Bagaimana cara menjadi direktur sebuah perusahaan?

Jam tangan apa yang Anda rekomendasikan untuk profesi penyelam?

Bagaimana cara membuat diri saya menjadi lebih percaya diri?

Bagaimana Memperluas Sudut Pandang?

Bagaimana cara mengakselerasi budaya meritokrasi dalam birokrasi pemerintahan?

Apa pengalaman paling berkesan Anda dengan istri/suami yang berprofesi sebagai dokter gigi?

Apa pengalaman paling berkesan Anda dengan istri/suami yang berprofesi sebagai dokter?

Apa pengalaman paling berkesan Anda dengan istri/suami yang berprofesi sebagai pilot pesawat komersial?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?