selasar-loader

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Last Updated Nov 16, 2016

Seperti apakah keterlibatan tersebut? Adakah keterlibatan Indonesia secara langsung?

17 answers

Sort by Date | Votes

pn_ZehmLK3aQ6IWaT1Vp67zZde41bBqL.jpg

Siapa yang bikin pertanyaan ini? Indonesia menjadi tumbal Perang Dunia II. Untunglah Jepang yang saat itu menjajah Indonesia bertekuk lutut kepada Sekutu setelah Nagasaki dan Hiroshima hancur lebur dihajar bom atom. Kalau tidak, kita masih berada di cengkeraman Nipon. Sayonara.

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Jan 4, 2017

bIBOCatp-g8xYRwkQNsQk8JI2n3a0Ue8.jpg

Secara konvensional, Indonesia tidak terlibat Perang Dunia II karena pada saat itu, Indonesia sedang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaannya. Namun, Indonesia ikut mempengaruhi keputusan Sekutu terhadap kolonialisme Belanda di Indonesia. 

Answered Mar 20, 2017
Nauval El-Hessan
Quranic disciple

_r7u1J_Kygb9ypk95OVl8OjdPjIwCTlb.jpg

Kata "keterlibatan" harus dipertanyakan. Keterlibatan yang bagaimana? Indonesia bisa dikatakan terlibat secara tidak langsung karena Indonesia masih dijajah Belanda sampai tahun 1942. Dengan demikian, rakyat Indonesia "berkontribusi" dalam membiayai segala beban perang Belanda, baik dengan Jepang maupun dengan Jerman.

Keterlibatan Indonesia bisa pula dikatakan secara langsung. Ketika Indonesia dijajah oleh Jepang, Negeri Matahari Terbit membuat kesatuan tentara bernama Pembela Tanah Air (PETA). PETA dibentuk untuk mempertahankan Indonesia dari serangan Sekutu ke Indonesia yang notabene pada waktu itu masuk ke dalam teritori Kekaisaran Jepang. Selain itu, terdapat pula bukti sejarah tentang beberapa orang pribumi yang dikirim oleh Jepang dalam menyerang kepulauan di Oceania.

Jadi, bila ditanya terlibat apa tidak, jelas, Indonesia pasti terlibat.

Answered Mar 20, 2017

Hampir semua negara terlibat dalam Perang Dunia II, termasuk Indonesia. Keterlibatan Indonesia dalam Perang Dunia II yaitu kemunculan partisipasi dari pemuda-pemuda Indonesia dalam Perang Dunia II. Saya kurang tahu apa ada atau tidaknya keterlibatan secara langsung negara Indonesia dalam Perang Dunia II dan Indonesia pun dapat menyatakan kemerdekaannya setelah Amerika menjatuhkan bom ke Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.

Answered Aug 18, 2017

Kekalahan Belanda atas Jepang membuat kekuasaan Belanda di Indonesia tergantikan dengan pendudukan Jepang di Indonesia selama 3,5 tahun. Hal ini berdampak penderitaan yang sangat mendalam bagi rakyat Indonesia.

Tetapi dengan dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu, Jepang mengaku kalah. Otomatis, Jepang tidak mempunyai hak atas Indonesia, maka Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan (vacuum of power), sebelum Sekutu datang ke Indonesia. Hal ini dimanfaatkan rakyat Indonesia untuk mengumumkan kemerdekaannya pada Proklamasi 17 Agustus 1945.

Answered Aug 18, 2017

Indonesia tidak terlibat. Indonesia justru berjuang mati-matian untuk memerdekakan diri dari penjajahan Belanda.

Answered Aug 19, 2017

Tidak ada, karena Indonesia juga memperjuangkan kemerdekaannya.

Answered Aug 19, 2017

Tidak ada keterlibatan apapun.

Answered Aug 19, 2017

Terlibat, tetapi tidak langsung.

Answered Aug 19, 2017

Iya, ada keterlibatannya.

Answered Aug 19, 2017

Keterlibatan Indonesia dalam Perang Dunia II diawali dengan pendudukan Jepang pada tahun 1942. Sebagian wilayah Indonesia kemudian menjadi medan perang antara militer Jepang dan militer Sekutu. Secara langsung maupun tak langsung, Indonesia merasakan dampak dari terjadinya Perang Dunia II. Dampak secara langsung yaitu terjadinya kerusakan yang serius pada daerah yang dijadikan medan perang. Rakyat Indonesia banyak mengalami kerugian jiwa dan harta benda serta mengalami trauma akibat terjadinya perang. Secara tidak langsung, semangat nasionalisme Jepang mengilhami perjuangan kemerdekaan Indonesia. Setelah pengakuan kekalahan Jepang melawan Sekutu, maka terjadilah vacuum of power yang kemudian oleh rakyat Indonesia digunakan untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Answered Aug 19, 2017

Ada, Indonesia termasuk ke dalam negara yang ikut Perang Dunia ke II.

Answered Aug 19, 2017

Ada, kalau tidak salah sebagai figuran!

Answered Aug 20, 2017

Indonesia tidak terlibat secara langsung dalam perang dunia II karena pada saat itu kebetulan Indonesia sedang berusaha memperjuangkan kemerdekaannya.

 

Answered Aug 20, 2017

Indonesia merupakan salah satu negara yang memprakarsai terbentuknya GNB (Gerakan Non-Blok). GNB menolak untuk berpihak ke salah satu pihak yang terlibat dalam Perang Dunia II.

Answered Aug 20, 2017

Keterlibatan Indonesia dalam Perang Dunia II mungkin tidak terlalu terlihat, akan tetapi bila kita mengkaji ulang alasan dari kenapa Jepang membentuk pasukan militer maupun semimiliter (seperti PETA), jelas bahwa Jepang ingin mempertahankan kekuasaannya atas Asia Pasifik. Dengan kata lain, Jepang membangun kekuatan di Asia Pasifik dengan melatih para pribumi. Salah satu targetnya adalah Indonesia dengan rakyat yang cukup banyak dan kala itu mudah terprovokasi dan terpropaganda. Di sinilah letak keterlibatan Indonesia dalam Perang Dunia II , walaupun bukan karena kemauan bangsa Indonesia, melainkan karena adanya intervensi dan pengaruh pihak jepang. Para pemuda yang telah terlatih dikirim untuk berperang di kawasan Asia Pasifik.

Answered Aug 20, 2017
Rezdi Luthfan
Penulis Amatir | Mahasiswa FEB UI

eD4peDMolbPS4-sHxYqTX9w3eAbwgUiu.jpg

(Jawaban ini adalah murni pendapat saya ditambah fakta yang terjadi sebenarnya.)

Jelas ada!

Dikatakan bahwa Perang Dunia bukanlah sebuah bualan belaka. Perang Dunia ini memang benar-benar perang yang terjadi di seluruh dunia, atau setidaknya, dirasakan oleh seluruh dunia.

Saat PD II baru meletus (1939, saat Jerman melakukan Blitzkrieg menuju Polandia), status Indonesia sendiri dapat dikatakan masih merupakan jajahan Belanda. Awalnya, PD II merupakan aksi partisi Polandia antara Jerman dengan Uni Soviet, ditandai dengan Pakta Molotov-Ribbentrop. Setelahnya, Inggris dan Perancis mendeklarasikan perang kepada Jerman karena telah melanggar Perjanjian Versailles (perjanjian kekalahan Jerman pada Perang Dunia 1).

Singkat cerita, setelah Jepang ikut serta PD II dengan melakukan penyerangan ke Pearl Harbor, Jepang mulai melakukan ekspansi besar-besaran ke seluruh Asia, salah satunya ialah dengan menjajah Indonesia. Tahun 1942, Indonesia jatuh ke tangan Jepang setelah Jepang menyerang Hindia Belanda (sebutan Indonesia sebelum merdeka). Dimulailah pendudukan Hindia Belanda oleh Jepang.

Awalnya, Jepang dianggap sebagai pengusir Belanda dan pendudukannya disambut baik oleh rakyat Hindia Belanda, tetapi ternyata Jepang menjajah dengan sadis juga, terbukti oleh kerasnya romusha dan penyerahan bahan pokok untuk kebutuhan perang Jepang melawan Sekutu (terutama Amerika Serikat di perang Pasifik)

Lalu apa keterlibatan Indonesia pada PD II? Begini, dari total kematian militer dan sipil di Hindia Belanda saja, menurut data Wikipedia, ada sekitar 3.000.000 sampai 4.000.000 jiwa. Jumlah ini tentunya menghitung mereka yang benar-benar gugur karena berperang, atau bahkan mereka yang gugur karena kejahatan perang Jepang. Kejahatan perang Jepang merupakan kejahatan yang dilakukan tentara Jepang kepada rakyat Hindia Belanda yang memiliki tujuan melancarkan penjajahan atau membantu upaya perang Jepang melawan sekutu, sebagai contoh Pembantaian Mandor.

Memang, ketika melihat peran negara-negara lainnya seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, Jerman, Jepang, atau Inggris Raya, peran Indonesia dapat dikatakan kecil. Namun, sekecil apapun peran Indonesia saat itu, kita tidak boleh mengkerdilkan sejarah dan fakta tersebut, karena bagaimanapun juga, 3.000.000 sampai 4.000.000 orang telah gugur sebagai pahlawan karena efek dari perang dunia.

Akhir kata, Perang Dunia II merupakan perang dunia. Ya, perang yang benar-benar terjadi, dan dirasakan oleh seluruh warga dunia, dari skala kecil sampai skala masif. 


(sumber gambar: tripadvisor.com)

Answered Oct 11, 2017
Sponsored

Question Overview


and 10 more
28 Followers
7273 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Sikap politik luar negeri yang paling signifikan dilakukan Amerika Serikat pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Bagaimana sejarah perusahaan Messerschmitt hingga akhirnya menjadi pembuat pesawat tempur pada Perang Dunia II?

Bagaimana reaksi warga Jerman mengenai Adolf Hitler dengan negaranya dalam hal Perang Dunia II dan Holocaust?

Pesawat milik Amerika Serikat apa saja yang terlibat dalam Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?