selasar-loader

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa S1?

Last Updated Nov 5, 2019

Wah, ayo siapa yang mencari beasiswa? Tidak salah nih jika kamu singgah ke artikel ini. Soalnya, saya akan mengulas tuntas tentang cara mendapatkan beasiswa untuk mahasiswa  S1 baik di dalam dan luar negeri.

Tidak perlu berlama-lama , langsung saja yuk baca penjelasan tentang beasiswa S1 dalam dan luar negeri berikut ini!

Cara Mendapatkan Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Yuk, lanjut ke bagaimanakah cara memperoleh beasiswa S1 kamu! Eits, seperti yang telah disebut di atas, kamu hanya bisa menerima satu beasiswa saja nih. Jadi, coba pikirkan baik-baik, ingin mengambil beasiswa dalam negeri atau luar negeri? Tentukan dulu, tujuan kuliah serta jurusan apa yang ingin kamu pilih. Agar ke depannya kamu tidak galau-galau serta bisa memilih beasiswa dengan pas!

1) Jangan Malas Cari Info!

Bagaimana caranya kamu mau dapat beasiswa jika mencari informasi saja malas, ayo? Coba tulis dahulu, jenis beasiswa apa yang ingin kamu bidik. Apa kamu ingin beasiswa penuh atau parsial? Apa kamu ingin beasiswa yang sampai selesai studi atau per semester? Dengan mencatat beberapa kemauan ini, kamu nanti jadi lebih gampang mencari.

Tidak hanya dari searching internet, info mengenai beasiswa bisa pula kamu temukan dari pihak sekolah, pihak universitas, atau saudara. Coba share keinginan kamu untuk mencari beasiswa, siapa tahu rekan-rekan sekitar kamu punyai informasi menarik.

2) Beprestasilah

Supaya bisa dapat beasiswa, tentunya prestasi akademik jadi penilaian paling penting. Prestasi akademik mungkin bukan yang memastikan apa kamu jadi orang sukses ataukah tidak, tetapi yang tentu prestasi akademik ini menjadi penentu apa CV kamu dilirik ataukah tidak.

Beprestasi ini juga tidak hanya hanya 1 semester dalam 3 tahun sekolah, ya. Kamu harus menjaga nilai bagus kamu dari sejak SMA kelas 1. Tidak hanya nilai bagus, memperbanyak pekerjaan yang memberi dukungan prestasi akademik kamu seperti olimpiade atau perlombaan akademik

3) Aktif Ikut Organisasi

Baik beasiswa luar dan dalam negeri, keduanya perlu lihat seberapa jauh pengalaman organisasi kamu. Pekerjaan berorganisasi ini tunjukkan sebegitu supel serta dapat bertahannya kamu dengan beberapa orang baru. Ditambah lagi jika kamu terima beasiswa luar negeri, wah pastinya kamu harus siap bertemu dengan rekan-rekan baru yang berlainan latar serta budaya, ya. Kamu tidak harus turut organisasi yang berada di sekolah saja, kok tetapi kamu juga bisa ikut organisasi di luar sekolah yang sesuai dengan bakat dan minat kamu.

4) Kuasai Bahasa Asing

Kuasai bahasa asing, minimum saja bahasa Inggris jadi salah satunya modal penting untuk memperoleh beasiswa. Soalnya, bahasa Inggris adalah bahasa global yang harus dikuasai. Jika kamu tertarik ambil beasiswa S1 luar negeri, kamu harus punyai score TOEFL minimum 450-500.

Dengan belajar bahasa asing semenjak awal tentu saja akan memudahkan kamu saat tes untuk beasiswa. Jika pun bukan buat beasiswa, bahasa asing ini akan bermanfaat waktu kamu kuliah serta kerja kelak!

5) Belajar Membuat CV serta Motivation Letter

Pembuatan CV dan motivation letter ini ialah unsur lain yang memastikan apa kamu mendapatkan beasiswa ataukah tidak. CV atau Curriculum Vitae ialah satu lembaran daftar hidup yang merepresentasikan siapa kamu, dari mulai nama lengkap, tanggal lahir, kisah pendidikan, kisah organisasi, dan sebagainya. Sementara motivation letter ialah satu esai yang berisi apa motivasi kamu untuk memperoleh beasiswa itu.

Belajarlah membuat kedua surat ini supaya kelihatan menarik. Kamu dapat mempelajarinya melalui searching misalnya di internet atau meminta pertolongan guru atau orang paling dekat untuk memberi pendapat berkaitan ini.

6) Buat Diri Terlihat Profesional

Tahu enggak sih, waktu tahap penyeleksian, beberapa nama media sosial serta cuitan-cuitan kamu juga bisa jadi pertimbangan oleh tim penilai, lho. Karena itu, upayakan membuat nama e-mail atau media sosial dengan nama yang ‘normal’ alias tidak alay. Diluar itu, menjaga perkataan kamu di sosial media seperti Twitter, Facebook, atau Instagram agar bersih dari materi yang tidak layak. Melengkapi halaman website serta LinkedIn kamu dengan beberapa hal positif mirip contoh tulisan atau sertifikat seminar atau ketrampilan yang lain.

7) Latihan Interview

Umumnya untuk memperoleh beasiswa, akan ada step interview nih. Tingkatan ini biasanya menanyakan fakta kamu kenapa ingin berkuliah di negara atau universitas itu, selanjutnya tim penilai akan menanyakan apa gagasan kamu saat lulus kelak.

Di bawah ini banyak hal yang perlu kamu latih, seperti bahasa badan, intonasi serta artikulasi waktu bicara, dan langkah kamu bicara serta menjawab pertanyaan. Melalui cara bicara ini, tim penilai nanti dapat melihat jika kamu memang orang yang kompeten untuk diberi beasiswa.

8) Persiapan Mental dan Berdoa

Tentu saja untuk memperoleh beasiswa ini akan ada banyak serangkaian ujian yang perlu kamu lalui. Karena itu, buat persiapan mental serta janganlah lupa berdoa, ya. Jangan mudah depresi agar pemikiran kamu bisa tetap jernih. Upayakan untuk konsumsi makanan bergizi agar kamu bisa tetap sehat.

Itu langkah cara mendapatkan beasiswa untuk mahasiswa S1 dalam dan luar negeri dan beberapa informasi terkait. Gimana, sudah siap memilih beasiswa mana dan siap hadapi serangkaian prosesnya?

No answers yet