selasar-loader

Bagaimana Cara Mengendalikan Hawa Nafsu Menurut Islam

Last Updated Sep 10, 2019

Manusia adalah mahluk Allah yang paling sempurna. Salah satu hal yang membuat manusia menjadi sempurna adalah karena memiliki rasa.

Allah menciptakan manusia untuk senantiasa patuh dan tunduk pada perintah Allah. Namun, iblis dan setan pun selalu mencoba merusak imannya melalui rasa tersebut.

Memiliki rasa membuat manusia memiliki hawa sekaligus nafsu untuk melakukan sesuatu. Ketika perasaan sedang tidak menentu, bisa saja hawa nafsu manusia menjadi tidak terkendali.

Jika hal tersebut dibiarkan, maka sesuatu yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Bagaimana cara mengendalikannya?

6 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu dan Emosi

Islam senantiasa memberikan solusi atas masalah yang dialami oleh manusia. Salah satu masalah yang paling sering timbul adalah mengendalikan hawa nafsu.

Hawa nafsu yang tidak bisa dikontrol akan membuat manusia menjadi rugi. Begini cara mengatasi hawa nafsu menurut agama islam.

1. Memohon Pertolongan Allah

Cara pertama untuk mengendalikan hawa nafsu adalah meminta pertolongan Allah. Allah adalah dzat Yang Maha Agung serta Maha Penolong.

Jika kita bersungguh-sungguh meminta pertolongan dari Allah, maka Allah pun akan menolong kita. Mintalah pertolongan Allah untuk menjinakkan hawa dan nafsu yang ada di dalam diri kita.

Jika seorang manusia enggan untuk meminta pertolongan dari Allah, maka ia pun tidak akan selamat dari tipu dayanya.

Sedangkan setan dan iblis memiliki ribuan cara untuk membolak-balikkan hawa nafsu manusia. Maka, kekanglah hawa nafsu dengan meminta tolong pada Allah.

2. Berpuasa

Ketika begitu banyak godaan dari syetan untuk menjerumuskan manusia ke jurang kenistaan, maka berpuasalah.

Sesungguhnya, puasa bisa membantu manusia untuk mengendalikan hawa nafsu yang dimilikinya. Ketika seorang muslim berpuasa, niscaya ia akan lebih terjaga untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Baik itu mengerjakan puasa wajib atau puasa Ramadhan maupun mengerjakan puasa sunnah.

Puasa mengajarkan manusia untuk lebih bersabar dan lebih ikhlas. Puasa juga bisa membuat seorang muslim untuk lebih bertahan dari godaan hawa nafsu yang dibisikkan oleh setan.

Silahkan simak tentang niat puasa wajib atau puasa sunnah dar sumber artikel ini di wisatanabawi.com.

3. Jauhilah Dosa-Dosa Kecil

Dosa-dosa kecil yang dilakukan terus menerus akan menumpuk. Banyak muslim yang menyepelekan dosa-dosa kecil sehingga menjadi tidak sadar ketika telah melakukan dosa besar.

Memang benar, seseorang yang telah terbiasa melakukan dosa-dosa kecil maka tidak akan bisa menghindari melakukan dosa-dosa lainnya.

Begitu pula tentang emosi atau hawa nafsu. Orang yang terbiasa melakukan dosa-dosa kecil akan lebih sulit untuk mengendalikan hawa nafsunya.

Dosa kecil menjadi salah satu media bagi setan untuk membuat hawa nafsu manusia menjadi tidak terbendung. Sebisa mungkin, hindarilah untuk melakukan dosa-dosa kecil.

4. Mendengarkan Adzan

Adzan atau panggilan untuk melakukan sholat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengingatkan manusia agar segera menjalankan kewajibannya untuk melakukan sholat.

Mendengarkan adzan juga bisa membuat seorang manusia mampu mengontrol hawa nafsu yang dimilikinya. Hawa nafsu yang tadinya tidak terkendali menjadi luluh setelah mendengar adzan.

Ketika adzan berkumandang, maka setiap orang akan diam dan memanjatkan doa. Inilah waktu yang paling mustajab dimana doa jarang sekali tertolak. Di saat ini lah hawa nafsu manusia yang sejatinya sangat besar bisa dikendalikan.

5. Membatasi Diri Dengan Nikmat Dunia

Tidak dipungkiri lagi jika hawa nafsu untuk menguasai nikmat dunia selalu terbesit dalam diri manusia. Membutuhkan materi adalah hal yang wajar.

Namun jika itu berlebihan, ini akan menimbulkan gejala seperti kecanduan. Akibatnya, hawa nafsu pun akan menjadi sulit untuk dikendalikan.

Oleh karena itu, manusia bisa membatasi diri dengan nikmat dunia. Hindari kebiasaan untuk mengkonsumsi sesuatu yang mahal.

Kendalikan hawa nafsu dan jangan terlalu boros. Sesungguhnya, apapun yang akan dimiliki di dunia kelak tidak akan dibawa ketika manusia telah tiada.

6. Merendahkan Diri

Merendahkan diri merupakan salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, bukan berarti manusia tidak bisa melakukannya. Biasakanlah diri untuk selalu merendah.

Orang yang rendah hati termasuk orang-orang yang memiliki hawa nafsu yang rendah. Mereka juga tidak akan terlalu terpengaruh untuk memenuhi keinginan duniawi.

Hawa nafsu yang tidak bisa dikendalikan dengan baik adalah hal yang merugikan manusia. Maka, kontrollah hawa nafsu Anda dengan sebaik-baiknya.

Jagalah diri agar tidak terlalu terpengaruh pada kenikmatan duniawi yang hanya sesaat saja. Lakukan beberapa hal di atas untuk selalu mendapatkan perlindungan dari Allah dari hawa nafsu yang menyesatkan.

No answers yet