selasar-loader

Gimana Sih Cara Merawat Sepatu Futsal Supaya Awet?

Last Updated Apr 7, 2019

Halo teman-teman semua, perkenalkan nama saya Daniel. Ada satu pertanyaan yang selalu mengganggu pikiran saya, kenapa sepatu futsal saya cepat rusak?

Ada yang tahu bagaimana solusinya supaya sepatu futsal saya tetap awet?

Terimakasih sebelumnya. :)

1 answer

Sort by Date | Votes
Mirza Hakim
Cowok penyuka olahraga, dari Sepakbola, Hiking, Futsal, sampai Renang

Hai Daniel, salam kenal. Perkenalkan nama aku Mirza, kebetulan aku punya solusinya nih. Semoga bisa membantu. :)

 

7 Cara Ampuh Merawat Sepatu Futsal Agar Tetap Awet

yCCnN6WYTSX2JNvv5yHlCyUoKQcJ5HF9.jpg
Futsal atau dalam bahasa Inggrisnya, Hall Soccer adalah olahraga yang muncul pertama kali di negara Uruguay, pada abad ke 20. Sebenarnya, futsal adalah olahraga varian dari Sepak bola yang masih mempertahankan beberapa elemen, meski ada juga penambahan beberapa elemen baru di dalamnya.

Futsal juga merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain mudah dipelajari, olahraga yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan cara ditendang ini juga memiliki banyak lokasi yang sudah menjamur dan sangat mudah ditemukan di daerah perkotaan, baik di kota besar maupun kota kecil. 

Salah satu hal yang sangat krusial dan wajib kamu perhatikan ketika kamu main futsal adalah sepatu futsal.

7 Cara Ampuh Merawat Sepatu Futsal Agar Tetap Awet

uui0cM_373m0l7xuERN-1RPoSDoYPSSo.jpg
"Ada yang bilang, semakin baik sepatu futsalmu, akan semakin baik pula permainan yang akan kamu lakukan."

Sepatu futsal pilihan yang dikutip dari "bestmagz" adalah salah satu di antara yang terbaik yang bisa kamu pilih. Selain pilihannya beragam, di sana juga dicantumkan harga dan kelebihan yang dimiliki masing-masing merk sepatu sehingga kamu bisa memilih mana yang paling pas dengan kebutuhanmu.

Kalau sudah menemukan sepatu futsal pilihanmu, ada baiknya kamu pelajari 7 cara ampuh bagaimana menjaga agar sepatu futsal kesayanganmu tetap awet. Berikut ulasan lengkapnya, check this out!

1. Jangan Mencuci Sepatu Futsal

TA9hebAYqPH7QsH86zavraVr70IyfdUE.jpg
Mencuci sepatu futsal, memang membuatnya menjadi bersih setelah pemakaiannya yang cukup lama dan terkena kotoran di sepanjang kanan dan kiri sisinya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa dengan mencuci sepatu futsal membuatnya cepat rusak?

Sebaiknya ganti cara lama (mencuci sepatu) tersebut dengan menggunakan kain lap basah. Cukup tempelkan kain lap basah tadi pada sisi yang terkena kotoran hingga bersih.

2. Longgarkan Tali Sepatu Setelah Digunakan

4Gqax43aiCfHvbwts8IphvMAo81JMpMH.jpg
Biasanya, setelah memakai sepatu kesayanganmu setelah main futsal, akan meninggalkan jejak keringat pada sepatu tersebut. Lama-kelamaan, jika didiamkan begitu saja, keringat ini dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab bau sepatu. 

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu usahakan untuk selalu melonggarkan tali sepatu setelah digunakan agar udara lembab dari bekas keringat bisa keluar dan mengering.

3. Jangan Mencuci Sepatu Futsal di Bawah Sinar Matahari Langsung

C5umI3IBYecgEDDv-lVHYZMocQI1rtWB.jpg
Biasanya, sepatu futsal terbuat dari bahan dasar karet untuk menghindari jamur. Namun sayangnya, bahan karet punya kekurangan yaitu cepat aus apabila terkena panas atau sengatan dari sinar matahari secara langsung. 

Itulah sebabnya, kamu harus menghindari menjemur sepatu futsal di bawah sinar matahari. Pilihlah tempat yang rindang namun tetap nyaman untuk menjemur sepatu futsalmu.

4. Ketika Memilih Sepatu, Selalu Utamakan Originalitas

kDJ_X0jI0V-Ohx4xdcZz9P1RPXzi8s1s.jpg
Ingat, selalu waspada dengan harga murah. Memang, tidak semua sepatu futsal dengan harga murah itu selalu jelek. Namun ada baiknya, kamu selalu teliti soal originalitas dan kualitas sepatu futsal tersebut.

Sepatu yang original dan resmi dari toko resminya dapat dipastikan lebih awet daripada sepatu KW. Pastikan kamu selalu membeli sepatu futsal di toko-toko resmi sepatu yang dapat dipercaya di kotamu, ya!

5. Hindari Merendam Sepatu Futsal Kamu

4WGlvuT_2eKrFM-kS0MhYlHPMXlTUGoL.jpg
Buat kamu yang pernah menghadapi situasi dimana kamu terpeleset atau tercebur dalam air kotor saat menggunakan sepatu futsal, jangan langsung panik dulu dan merendam sepatumu dalam air supaya bersih.

Bahan dasar karet dari sepatumu justru akan mudah aus jika kamu merendamnya dalam waktu lama. 
Jika memang kamu harus merendam sepatumu, cukup rendam bagian penyangga kaki saja karena bagian ini tidak terbuat dari karet. Bagian inilah yang biasanya sering terkena bekas keringat, jadi tidak apa-apa jika kamu sesekali saja merendamnya.

6. Gunakan Sikat atau Tusuk Gigi untuk Membersihkan Bagian Bawah Sepatu Futsal

EGUs_k4TU3P3iruh_MmR-RvXgQTlmkml.jpeg
Coba perhatikan bagian bawah sepatu futsal milikmu. Kalau kamu sering bermain futsal, pastinya bagian bawah sepatumu menjadi bagian paling kotor dimana biasanya kotoran akan terselip pada bagian pijakan. Jika kotoran ini dibiarkan begitu saja, semakin lama kotoran tersebut akan semakin banyak dan menimbun di sana. Akibatnya, pijakan tidak akan bisa berfungsi secara maksimal. 

Kalau kamu merasa sulit menjangkau kotoran yang terselip tadi, kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau sikat sehingga kotoran yang tertimbun tadi segera lenyap dan pijakan sepatumu bisa kembali bekerja dengan optimal.

7. Jangan Menaruh Kaos Kaki Basah di Dalam Sepatu, Ya!

AbnBTyr6pnBnrk3xzqzAjy1wWMcEONTw.jpg
Seperti sudah dikatakan di paragraf sebelumnya bahwa bekas keringat akan meninggalkan bau tak sedap karena aktivitas bakteri dan jamur, sebaiknya kamu menghindari agar bekas keringat itu tidak menempel di sepatu.

Salah satunya adalah dengan menghindari menaruh kaos kaki basah dalam sepatumu. Kaos kaki basah bekas keringat bila menempel pada bagian alas kaki bisa menyebabkan bakteri dan jamur tertimbun di sana yang tentu saja meninggalkan bau tidak sedap.

Overall, mau sepatu itu mahal atau murah, sebenarnya kalau kamu pintar merawatnya, sepatumu pasti akan awet. Pastikan kamu mencoba kelima cara di atas, ya. Kalau masih ada pertanyaan, kamu bisa tulis komentarmu di sini, nanti aku bantu jawab. Selamat mencoba!

Answered Apr 7, 2019