selasar-loader

Apa Saja Jenis Gangguan Sistem Pencernaan yang Sering Terjadi Pada Manusia?

Last Updated Feb 7, 2019

Selain jantung dan otak, sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang paling vital di dalam tubuh manusia. Maka dari itu, ketika bagian ini terserang dengan masalah maka proses pencernaan makanan di dalam tubuh akan terganggu.

Bukan hanya itu, terganggunya salah satu komponen sistem pencernaan manusia akan dapat membuat proses penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ke dalam tubuh berjalan tidak maksimal. Nah, untuk mencegah masalah atau gangguan sistem pencernaan manusia, di bawah ini mari kita simak 3 jenis gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi pada manusia.

a0nhgo8Hbtsg-XdgU3RRV1TRcJRS9yzi.jpg

Diare

Gangguan sistem pencernaan manusia yang pertama yang umumnya sering terjadi adalah masalah diare. Dari mulai anak-anak sampai orang dewasa mereka memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk terserang dengan masalah yang satu ini.

Diare adalah sebuah kondisi gangguan pencernaan dimana feses menjadi cair dan intensitas buang air besar meningkat dari biasanya. Bahkan hasrat ingin buang air besar bisa terjadi secara terus menerus dan kondisi ini tentu bisa berbahaya sehingga jangan sampai disepelekan begitu saja.

Adapun penyebab dari diare bisa disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri atau mungkin seseorang dengan riwayat alergi pada jenis makanna tertentu. Pada umumnya diare lebih sering terjadi pada musim hujan ketika pada saat suhu lembab membuat perkembang biakan bakteri menjadi semakin mudah sehingga memudahkan seseorang terserang dengan masalah kesehatan yang satu ini.

Bila diare tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 3 hari maka segera konsultasikan masalah ini dengan dokter karena dikhawatirkan si penderita mengalami dehidrasi yang mana malah akan memperburuk gejala diare yang dirasakan.

Sembelit

Masalah gangguan sistem pencernaan manusia lainnya yang seringkali dialami adalah sembelit. Kondisi ini terjadi ketika sulit BAB. Pada tiap manusia, seseorang punya frekuensi BAB yang berbeda-beda ada yang satu kali dalam satu hari dan adapula sebagian yang hanya BAB satu kali dalam seminggu. Kondisi semacam ini wajar terjadi dan mungkin sebagian dari anda mengalami hal serupa.

Akan tetapi, pada penderita sembelit mereka akan cenderung mengalami siklus BAB yang tidak normal dengan kecenderungan yang jarang atau bahkan sulit BAB sama sekali. Kondisi inilah yang menyebabkan kontipasi atau sembelit bisa terjadi pada seseorang,

Sembelit bukanlah termasuk ke dalam gangguan kesehatan yang serius namun demikian tetap saja ketika masalah ini menyerang si penderita akan dibuat tidak nyaman dengan kondisi ini. Salah satu penyebab dari timbulnya sembelit pada seseorang bisa pula disebabkan oleh faktor diet yang mereka jalani. Atau bisa juga hal ini disebabkan karena kurang minum atau bahkan konsumsi obat antasida dengan kandungan kalsium dan alumuniun. Stres pun dapat menjadi penyebab dari munculnya sembelit.

Gastritis

Gangguan terakhir pada sistem pencernaan manusia yang sering terjadi adalah gastritis. Kondisi ini terjadi sebab adanya peradangan, iritasi atau bahkan pengikisan yang menyerang bagian permukaan dinding lambung yang dipicu oleh adanya kelebihan asam lambung.

Pemicu lain yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi adalah muntah kronis, stres atau bahkan penggunaan obat anti peradangan lambung. Pada kondisi ini anda akan mungkin merasakan lambung yang terasa perih. Nafsu makan pun akan cenderung berkurang ketika penderita mengalami kondisi yang satu ini.

Segera periksakan ke dokter apabila kondisi diatas tidak sembuh dalam beberapa hari.

No answers yet