selasar-loader

Apa Saja Tanda Bayi Sehat dalam Kandungan?

Last Updated Feb 7, 2019

Kehamilan tentu menjadi momen yang paling ditunggu oleh para wanita yang sudah menikah. Tak heran, bila setiap terlambat datang bulan mereka selalu gembira dan berharap kehamilan segera terjadi padanya.

Nah, setelah berhasil hamil bukan berarti perjuangan anda sebagai seorang wanita terhenti sampai disini. Justru sebaliknya, kehamilan adalah awal dimana perjuangan yang sesungguhnya dimulai. Sebagai seseorang yang baru pertama kali mengalami kehamilan, tentu kita dibuat kebingungan bagaimana kondisi perkembangan janin di dalam kandungan dan bagaimana mengetahui bahwa mereka baik-baik saja.

Nah, untuk mengurangi rasa khawatir ini di bawah ini mari kita simak tanda bayi sehat di dalam kandungan.

9igefrhn0WC6bXqqx5KDmndAnpBzSY2V.jpg

Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan yang terjadi pada ibu hamil secara bertahap adalah salah satu tanda yang mengindikasikan perkembangan janin di dalam kandungan berjalan dengan baik. Jadi anda harus berbahagia pada setiap kenaikan berat badan yang terjadi selama kehamilan.

Idealnya, anda perlu mengalami kenaikan berat badan sampai 13 hingga 15 kg selama hamil. Jika hal ini terjadi maka sudah dapat di pastikan janin anda berkembang dengan baik di dalam kandungan dan tidak ada hal yang perlu anda khawatirkan.

Akan tetapi demikian, angka kenaikan berat badan diatas akan dapat bervariasi, tergantung dari apakah anda mengalami kelebihan berat badan atau tidak sebelum hamil. Dalam kasus apapun, jika anda mampu mempertahankan angka kenaikan berat badan yang ditentukan maka setidaknya hal ini dapat menjadi jaminan perkembangan janin yang sehat.

Kadar Hormon

Tanda lain yang mengindikasikan kesehatan bayi di dalam kandungan adalah ketika anda mengalami perubahan kadar hormon yang cukup. Hal ini dikarenakan setiap wanita hamil tubuhnya akan mengalami perubahan hormon. Penting untuk diketahui bahwa kadar hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh seorang ibu hamil akan dapat mempengaruhi kesehatan janin secara menyeluruh.

Idealnya, seorang wanita hamil perlu menghasilkan sekitar 400 mg kadar hormon progesteron. Sementara untuk pertumbuhan rahim supaya dapat menopang bayi dalam keadaan sehat maka dibutuhkan sekitar 1.200 gram hormon esterogen.

Pertumbuhan Perut Ibu Hamil

Pada dasarnya, setiap wanita hamil memiliki pertumbuhan perut yang berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui perkembangan janin di dalam rahim anda sehat maka anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter tentang ukuran perut anda apakah sesuai dengan usia kehamilan atau tidak.

Selain itu, pada dasarnya pemeriksaan secara rutin ke tim medis menjadi hal penting yang harus anda periksakan dengan begini dokter atau bidan dapat memantau kondisi anda dan si jabang bayi dengan baik. Agar demikian, ketika ada masalah maka bisa segera ditangani dengan baik.

Gerakan Janin

Tanda lain yang menunjukkan perkembangan janin yang sehat adalah gerakan janin. Pada ibu hamil dengan janin yang sehat maka tentangan dan pergerakan yang halus akan dapat secara bertahap di rasakan. Hanya saja, tanda ini akan mungkin baru di rasakan pada saat usia kandungan sudah memasuki 4 bulan.

Bila anda tidak merasakan gerakan si kecil seaktif biasanya atau bahkan dalam beberapa hari tidak merasakan gerakan ini maka mungkin ini adalah indikasi adanya gangguan pada janin. Segera konsultasikan masalah ini ke dokter guna mengetahui kondisi lanjutan dari perkembangan janin dalam kandungan.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan anda sedikit gambaran mengenai tanda bayi sehat dalam kandungan.

No answers yet

Question Overview


1 Followers
12 Views
Last Asked 2 weeks ago

Related Questions


Apa yang harus disiapkan di masa pra kehamilan untuk calon ibu?

Apa tanda-tanda kehamilan?

Kenapa bayi yang lahir zaman sekarang diberikan nama dengan penulisan aneh dan agak sulit diucapkan?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan anak, "Bagaimana cara sperma dan ovum bertemu sampai terjadi kehamilan?"?

Apa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil?

Bagaimana perasaan Anda ketika mengetahui Anda akan memiliki anak?

Bagaimana hukumnya jika seseorang bersenggama saat istri sedang hamil?

Apa perbedaan air ketuban dengan plasenta?

Apa saja penyebab keguguran pada kandungan?

Apa itu TORCH?

Apa yang harus dilakukan ketika air ketuban pecah sebelum seorang ibu sampai ke rumah sakit?

Apa itu gentle/water birth?

Bagaimana rasanya melahirkan melalui proses gentle/water birth?

Mungkinkah Ibu Mengalami Gangguan Psikologis Pasca Melahirkan? Apa Saja Jenisnya?

Apa Tandanya Bila Waktu Persalinan Semakin Dekat?

Bagaimana Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan?

Bagaimana Langkah dan Cara Memilih Nama Anak Perempuan?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?