selasar-loader

Bagaimanakah seharusnya peran media massa saat ini "berkibar" ?

Last Updated Feb 4, 2019

1 answer

Sort by Date | Votes
Ilham Maulidin
PM BAKTI NUSA VIII Bogor | Teknologi Industri Pertanian IPB

BERANI MENJADI MEDIA YANG MENGINSPIRASI NEGERI

Berani berkarya untuk Berani Beda !

fb1JoJH_-N7wEFpLaoGacVvbhPCWowbv.png

 

Hallo!! Perkenalkan, saya Ilham Maulidin. Seorang pemuda asli daerah yang kini berkesempatan menimba ilmu pengetahuan di kampus ternama yakni IPB University. Saya lahir dan besar di Limbangan Garut, umur saya saat ini alhamdulillah sudah menginjak 21 tahun. Saat ini saya masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di jurusan Teknologi Industri Pertanian angkatan tahun 2015 yang juga berkesempatan untuk bisa masuk melalui jalur SNMPTN dengan Beasiswa BIDIKMISI. Terimakasih BIDIKMISI, suatu kesempatan emas yang sangat berharga tentunya.

Selain itu, puji syukur atas Rahmat Allah SWT, tahun 2018 juga saya berkesempatan untuk mewujudkan mimpi bisa keliling ke luar negeri dan bisa merasakan indahnya bersekolah di negeri Sakura. Atas berkat-Nya dan dorongan semua pihak, saat ini saya berhasil berada di negeri impian itu. Ya, di Jepang. Tahun lalu, IPB telah mengumumkan delegasi terpilih untuk bisa mengikuti International Exchange program in Science and Engineering di Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang melalui beasiswa JASSO Scholarship untuk periode September 2018-2019. Alhamdulillah kini saya bisa menjadi salah satunya dari sekian banyaknya pendaftar saat itu. Namun, wujud kesyukuran saya tidak akan berhenti sampai disitu saja, Inspirator-inspirator muda di negeri Indonesia berkata bahwa teruslah bermimpi setinggi-tingginya. Dan, kini saya tengah bersiap menjawab tantangannya untuk menggapai mimpi-mimpi itu yang lebih besar di kemudian hari. Tentu seiring dengan belajar mengenai banyak hal tidak hanya terfokus pada pembelajaran Science semata. Kemampuan menulis adalah salah satunya. Tentu pembelajaran akan lebih menarik dengan cara belajar langsung pada ahlinya. Ini adalah alasan saya mengapa keterlibatan ingin menulis di media penting.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi terkait harapan dan cita-cita besar saya di kemudian hari. Saya sangat terinspirasi dan berfikir tentang bagaimana bisa seorang pemuda bisa menginspirasi negeri bahkan menginspirasi setiap orang Indonesia, suatu negara besar dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit tentunya. Lalu, pertanyaannya mengapa berbagi inspirasi sangat penting dilakukan?. Bagi saya, sebagai seorang mahasiswa biasa. Atau bahkan orang biasa-biasa saja. Tentu memiliki harapan tinggi untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, bukan?. Lalu, dengan apa lah kita bisa bermanfaat untuk orang lain jika tidak dengan menghadirkan suatu teladan dan contoh yang baik untuk sesama. Inspirasi adalah suatu bentuk keteladanan yang bisa menjadi sumber motivasi seseorang untuk bisa berbuat baik dan mengusahakan yang terbaik untuk mimpinya. Itulah kenapa berbagi inspirasi menjadi penting.

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya inspirasi itu bisa hadir pada setiap kepala orang Indonesia?. Baiklah, seperti yang sudah kita rasakan saat ini, bahwa perkembangan zaman begitu sangat pesat di berbagai lini, begitu juga dengan semua akses informasi begitu sangat mudah diperoleh dalam hitungan detik saja. Semua orang dituntut untuk bisa beralih dan berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Tentu dalam memudahkan komunikasi dan mencari informasi, kini penggunaan Handphone ataupun alat bantu teknologi informasi lainnya menjadi suatu kebutuhan yang vital bagi setiap orang, tidak memandang usia, latar belakang, apalagi pekerjaan. Media informasi pun kini berkembang dengan begitu pesatnya dan ditantang untuk bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Menurut pendapat saya, tentu ini adalah suatu kesempatan besar untuk bagaimana bisa menjawab pertanyaan itu yakni cara agar inspirasi itu hadir pada setiap diri masyarakat adalah melalui pemanfaatan media informasi. Bagi saya, kini sudah saatnya kita memasuki Hari Kebangkitan Media Massa. Mencoba untuk hadir sebagai inspirasi di tengah masyarakatnya. Bukan dengan terombang-ambing oleh derasnya tawaran disini dan disana, namun berusaha untuk bisa memberikan teladan baik yang membawa manfaat bagi semuanya. Maka melalui tulisan ini, ide opini saya adalah bisa menghadirkan informasi menarik yang menginspirasi di seluruh penjuru negeri. Dengan menjadikan media sebagai wadah untuk inspirasi pemuda-pemudi atas kontribusinya pada negeri.

Answered Feb 4, 2019

Question Overview


1 Followers
142 Views
Last Asked 8 months ago

Related Questions


Apa yang membuat orang betah berlama-lama di suatu situs/web?

Apakah Kompasiana bisa menggeser popularitas media mainstream di lingkup Kompas-Gramedia?

Bentuk media sosial seperti apa yang akan menjadi pengganti Facebook?

Terbuat dari apakah kuota internet/wifi/sinyal internet itu?

Mengapa seseorang bisa menyebarkan berita palsu (Hoax)?

Bagaimana cara mengedit tulisan yang sudah diposting di Selasar?

Apakah Selasar ada di Google Play?

Apa perbedaan antara Selasar dan Kaskus?

Mengapa Kompasiana mengganti logo?

Apa yang dimaksud dengan butterfly effect?

Benarkah peran media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen?

Benarkah peran media arus utama atau media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen?

Mengapa media disebut "Pilar Keempat" dalam demokrasi?

Apa pendapatmu tentang isu-isu yang berkembang di media mainstream belakangan ini?

Apa pendapatmu tentang media cetak sekarang?

Siapakah yang mempopulerkan "Om Telolet Om"? Mengapa bisa populer di kalangan netizen?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang pemimpin redaksi?

Apa yang membuat Harian Kompas sebagai media cetak lebih unggul dan bernilai dibanding media cetak lain?

Apa yang membuat Harian Republika sebagai media cetak lebih unggul dan bernilai dibanding media cetak lain?

Apa yang membuat Harian Media Indonesia sebagai media cetak lebih unggul dan bernilai dibanding media cetak lain?

Apa yang membuat Anda kecanduan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram?

Apa yang dimaksud "fact is sacred" dalam menulis berita?

Apa yang dimaksud "Cub Reporter"?

Apa yang disebut "Hook" dalam menulis berita?

Apa yang dimaksud "Firsthand Account" dalam meliput peristiwa?

Bagaimana membedakan antara "Firsthand Account" dan "Secondhand Account" dalam menulis berita?

Siapakah Trias Kuncahyono?

Efektifkah aksi boikot Metro TV melalui Petisi?

Model bisnis apa saja yang biasa dilakukan oleh media online?