selasar-loader

Benarkah Konsumsi Anggur Merah (secukupnya) Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Last Updated Jan 4, 2019

RiViPTjqh0XF6QnBoUkqXwsVRdP3TSkT.jpg

Beberapa artike mengulas bahwa anggur merah kaya akan Antioksidan serta dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Kita diberitahu bahwa, secara umum, alkohol tidak baik untuk kita. Tapi beberapa artikel kesehatan mengulas tentang manfaat kesehatan yang bisa didapat dari minum segelas atau dua gelas anggur merah setiap hari. 

Hal ini sama membingungkannya dengan beberapa artikel yang mengulas bahwa nasi goreng merupakan makanan yang mengandung gizi sangat sedikit karena cara memasaknya tidak sesuai resep nasi goreng yang baik untuk masakan olahan yang digoreng.

2 answers

Sort by Date | Votes

Anggur merah, dalam konsumsi secukupnya, telah dilaporkan mengandung zat kuat yang bermanfaat bagi jantung, sistem saraf dan bahkan gigi Anda, mungkin juga menawarkan beberapa perlindungan dari penyakit kanker.

Menurut banyak penelitian anggur merah memang baik untuk kesehatan pria dan wanita dalam beberapa aspek. Tapi alkohol dalam anggur merah tidak ada hubungannya dengan itu. Anggur merah mengandung antioksidan kuat, zat yang melindungi sel tubuh Anda terhadap kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Manfaat kesehatan dari anggur sama untuk pria dan wanita, namun pria dapat minum lebih banyak mengingat massa tubuh mereka yang umumnya lebih besar, satu atau dua gelas anggur atau setara 4 ons per hari, sementara wanita hanya boleh mengkonsumsi satu gelas.

Anda masih perlu berlatih dengan takaran sedang saat Anda minum, karena dengan minum lebih banyak dari jumlah tersebut telah dikaitkan dengan penyakit jantung, kerusakan hati dan masalah kesehatan lainnya.

Jadi konsumsi anggur merah yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan, dan minum anggur akan menjadi contoh yang tidak baik untuk mendidik anak anda. Jadi jangan sampai anak tau informasi yang tidak lengkap tentang manfaat dan resiko konsumsi anggur merah.

Anggur Merah: Kaya Antioksidan

Flavonoid dan resveratrol adalah jenis utama antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah:

  • Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang ditemukan pada tanaman. Dalam anggur merah, jenis utama flavonoid adalah antosianin, zat yang ditemukan di kulit anggur yang menghasilkan warna merah ungu tua.
  • Resveratrol adalah senyawa yang diproduksi oleh tanaman untuk membantu mereka menangkal infeksi jamur dan penyakit lainnya. Ini termasuk dalam golongan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol.
  • Pilihan anggur merah Anda bisa memberikan perbedaan. Cabernet Sauvignon mengandung antioksidan paling banyak, lalu Petite Sirah dan Pinot Noir. Merlots dan zinfandels merah memiliki beberapa antioksidan, tapi lebih sedikit dari pada anggur lainnya.

Anggur Merah dan Manfaat Kesehatannya

Dokter telah mengaitkan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan dari meminum anggur merah:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
    Flavonoid dalam anggur merah diyakini menurunkan jumlah kolesterol "jahat" di aliran darah Anda dan meningkatkan kolesterol "baik". Flavonoid dan resveratrol juga tampaknya mencegah trombosit tetap saling menempel, yang dapat mencegah serangan jantung atau stroke dengan mengurangi risiko pembentukan gumpalan. Hal yang sama dengan manfaat minum teh di pagi hari sebelum beraktvitas.
  • Perlindungan terhadap kanker.
    Resveratrol telah terbukti mengurangi risiko terjadinya tumor dan menghambat pertumbuhan sel kanker di laboratorium. Studi telah mulai secara langsung menghubungkan konsumsi anggur merah dengan penurunan risiko kanker pada manusia.
    Sebagai contoh, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi segelas anggur merah sehari dapat mengurangi risiko kanker prostat seseorang menjadi dua kali lipat, terutama bila menyangkut jenis kanker prostat yang paling agresif.
    Lebih dari itu, bagaimanapun, bisa memiliki efek sebaliknya dan benar-benar meningkatkan risiko Anda terkena kanker tertentu, jadi jangan gunakan ini sebagai alasan untuk meminum setengah botol pinot favorit Anda.
  • Perlindungan terhadap gangguan neurologis.
    Peneliti telah menemukan bahwa resveratrol dapat membantu menghalangi pembentukan amyloid plak yang diperkirakan dapat merusak sel-sel otak dan berkontribusi pada penyakit Alzheimer.
    Studi lain menemukan bahwa resveratrol sebenarnya membantu pembentukan sel saraf baru, yang dapat membantu mencegah gangguan neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  • Manfaat kesehatan lainnya.
    Dokter terus menemukan cara baru di mana efek antioksidan dari anggur merah dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh Sebagai contoh, peneliti telah menemukan bahwa anggur merah mengurangi kerusakan akibat radang dan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh penyakit periodontal atau gusi. Jadi minum anggur merah sebenarnya bisa membantu kesehatan gigi Anda.

Jangan berlebihan, tapi nikmati segelas anggur merah atau dua gelas, sebagai cara mudah mendapatkan manfaat kesehatan.

Answered Jan 4, 2019
Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

  1. Untuk pertanyaan pada judul apakah konsumsi anggur merah secukupnya baik untuk kesehatan ?Jawabannya adalah iya, karena pada prinsipnya semua yang tidak berlebihan itu baik. Bukan cuma dalam hal mengonsumsi makanan tapi juga hidup sehat, seperti olahraga, aktifitas fisik dan lainnya. 
  2. Kedua, adalah mengenai buah anggur mampu mengurangi risiko penyakit jantung, benarkah ?Jawabnya adalah iya, hal ini terbukti pada penelitian di prancis. Mereka yang terbiasa mengonsumsi anggur merah mengalami penurunan risiko penyakit jantung (cardiovascular disease), meskipun sering makan makanan mengandung banyak lemak jenuh (saturated fat). Peristiwa ini dikenal dengan "French Paradox". https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2728695/ coba baca jurna disitu deh, bisa lebih dipertanggungjawabkan isinya. Bukannya saya meragukan artikel, tapi sebagai seorang akademisi trainee saya akan menyarankan untuk berkonsultasi dengan yang ahli. Nah disitu juga dijelasin kalau wine (fermentasi anggur/ anggur berakohol) merupakan minuman yang dikenal paling baik diantara minuman berakohol lainnya. 
  3. Pertanyaan ketiga adalah tentang nasi goreng yang mengandung zat gizi sedikit, karena tidak sesuai resep, benarkah ? Cara masak memang memengaruhi kandungan nutrisi makanan sih, jadi ga cuma nasi goreng. Nah, tapi kan namanya resep masak, ya tidak terlalu bisa dimodifikasi (kocak kalo nasi gorengnya dikukus, namanya ganti nasi kukus). Yang bisa dimodifikasi untuk memperbanyak gizi adalah lauk atau sayur yang ditambahkan dalam nasi goreng. Bisa terpisah atau digoreng bersama. Untuk lauk sih boleh2 aja digoreng bareng, tapi kalo sayur saya sarankan jangan digoreng. Ntar nutrisinya hangus bersama penggorengan.

Answered Jan 19, 2019

Question Overview


2 Followers
56 Views
Last Asked 2 weeks ago

Related Questions


Apa resep pembuatan Teh Talua?

Apa saja manfaat ketika meminum Teh Talua?

Minuman apa yang tidak mau Anda nikmati lagi dan apa alasannya?

Apa itu butterbeer?

Apa perbedaan butterbeer dengan bir biasa?

Apa itu kopi Gayo?

Apa warna green coffee?

Minuman apa yang lebih anda sukai; teh, kopi, atau susu? Mengapa?

Adakah efek negatif jika terlalu sering meminum susu?

Benarkah kopi instan berbahaya bagi kesehatan?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Adakah yang memilki sumber referensi maupun pernyataan terkait stetement yang terkait dengan kesehatan berikut?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Bagaimana menjelaskan bahwa ada kemungkinan kehidupan lain selain di Bumi ini?

Apa motto hidup paling keren?

Apakah seseorang mempunyai karakter bawaan yang tidak bisa diubah?

Apa ketakutan terbesar dalam hidupmu? Mengapa?

Siapakah cinta pertama Anda?

Seberapa pentingkah olahraga bagi Anda ?

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan?

Apa pengalaman paling bermakna dalam kehidupan Anda?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan Anda?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Di mana sajakah daerah di Indonesia yang sering menggunakan Bahasa “lo-gue”?

Apa yang dimaksud dengan Indonesian dream?

Apakah efektif memiliki mobil sport di Jakarta?

Bagaimana asal mula terbentuknya Instagram?

Bagaimana cara GPS dapat mengetahui di mana posisi Anda?

Apa rahasia kesuksesan Ford menjadi pelopor industri modern dunia?

Apa yang Anda ketahui dari kata Gaban?

Bagaimana implementasi paham postmodernisme dalam organisasi sektor publik?

Mengapa anak muda saat ini lebih suka mendirikan startup daripada bekerja di perusahaan?

Bagaimana menjadi anak muda yang superkreatif?

seberapa pentingkah pemahaman mengenai media literasi, khususnya bagi anak-anak muda yang gemar aktif di dunia sosial media?

Apa kelemahan dan keunggulan millenials menurut Anda?

Di mana tempat nongkrong di Jakarta yang nge-hits? Mengapa?

Kenalkah Anda dengan Rachel Vennya?

Mending nikah dulu atau beli rumah?

Apakah yang dimaksud dengan Aesthethic?

Mengapa gadis Indonesia masih diawasi orang tua?