selasar-loader

Bagaiamans cara menumbuhkan minat siswa untuk berwirausaha dan melepas paradigma bekerja untuk uang?

Last Updated Dec 3, 2018

2 answers

Sort by Date | Votes
Willy Eka Pramana
Penerima Manfaat Bakti Nusa 8 PAlembang

Indonesia Cetar Dengan Belajar Wirausaha

Oleh : Willy Eka Pramana

The entrepreneur always searches for change, responds to it, and exploits it as an opportunity.                                                                                      

-Peter Drucker

Seorang Pengusaha selalu mencari perubahan, merespon, dan memanfaatkan itu sebagai peluang.Ketika seseorang memiliki kesadaran dalam dirinya sebagai seorang wirausahawan rasa itu akan selalu tertanam indah di dalam dirinya. Hal ini membuktikan bahwa seorang wirausaha mampu mengontrol dirinya sebaik mungkin serta berhasil menstruktur kan jalan hidup nya dengan matang.

             Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 237.641.326 jiwa. Indonesia saat ini menduduki peringkat empat dunia sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat. Menurut hasil pengkajian tentang tingkat penggangguran di Indonesia pada bulan februari tahun 2013 tingkat pengangguran di indonesia mencapai 5.92%. sedangkan menurut pengkalkulasian persentase the world factbook di tahun 2009 jika di bandingkan dengan negara tetangga di kawasan asia tenggara seperti Malaysia,Laos,Brunei,Thailand dan Filipina. Indonesia memiliki tingkat pengangguran yang lebih tinggi.

            Sebenarnya semua masalah ini terjadi di karenakan kurangnya minat serta kemauan dari diri masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang unggul dan berani. Berani di sini maksudnya berani mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif  dalam rangka meraih sukses atau meningkatkan pendapatan. Juga berani dalam menanggung baik atau buruknya prosfek suatu usaha di masa depan.

            Hal ini sangat perlu penanganan serius dari diri setiap pihak,terutama bagi generasi muda Indonesia. Sebagai generasi muda Indonesia mereka yang akan menggerakan perekonomian negara, manis pahit semuanya ada di pundak mereka. Sehingga mereka yang labil itulah yang memerlukan penanaman sejak awal tentang dasar untuk menjadi seorang wirausahawan.

            Kewirausahawan adalah rasa dan minat yang muncul dari diri seseorang yang memiliki kemauan untuk menciptakan inovasi inovasi yang unggul serta memiliki nilai guna yang tinggi untuk diterapkan di dalam kehidupannya secara relevan,kreatif  dan bermanfaat demi menciptakan lapangan pekerjaan serta mewujudkan gagasan yang membantu masyarakat dalam meningkatkan standar kehidupan.

            pembelajaraan wirausaha itu sendiri lebih efisien jika di terapkan ketika sang penerus bangsa duduk di bangku sekolah, terutama di bangku sekolah atas (SMA). Hal ini dikarenakan mereka sudah siap untuk menempuh kehidupan di kedepannya dan juga mereka telah mengerti mengenai konsep suatu pembelajaran sehingga mudah mencernanya dengan baik. Jadi ketika mereka telah menyelesaikan dunia pendidikannya di bangku SMA mereka sudah siap untuk menjadi wirausaha di masa depan.

            Dalam rangka meningkatkan daerah yang maju, dan menciptakan generasi muda yang berpotensi demi asumsi masa depan di negara tercinta ini.Bisa kita ambil contoh dari  Sumatera selatan,yang merupakan salah satu provinsi di indonesia yng sudah siap menyukseskan program pembelajaran kewirausahaan di tiap tiap sekolah menengah atas di wilayah Sumatera Selatan.

            Sebenarnya tujuan dari pembelajaraan wirausaha itu sendiri untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas di masa depan. karena seperti yang kita ketahui pada saat ini indonesia memiliki tingkat wirausaha yang rendah. Hal ini di sebabkan oleh cara pandang bangsa yang keliru tentang dunia wirausaha.

            Di samping itu juga dari belajar kewirausahaan yang di terapkan di sekolah  akan mewujudkan suatu generasi masa depan yang memiliki kemampuan dan kemantapan berwirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Serta membudayakan semangat, sikap,perilaku dan kemampuan kewirausahaan yg andal dan unggul di kalangan masyarakat. Sehingga masyarakat kedepan nya akan mengikis paradigma jelek yang melekat pada diri masyarakat,dalam berwirausaha.

            Budaya berwirausaha itu sendiri akan cepat tertanam dalam diri masyarakat Indonesia apabila masyarakat telah mengerti tentang konsep,tujuan serta fungsi dari wirausaha. Masyarakat akan mampu menggali potensi yang ada pada diri mereka sendiri untuk menciptakan lapangan pekerjaan sehingga mengikis tingkat pengangguran di bumi pertiwi.

            Mulai dari pengenalan dasar yang bertahap yang di berikan kepada para generasi muda mengenai fungsi dari wirausaha itu sendiri. seperti mengenalkan bahwa manfaat dari wirausah itu sendiri sebagai generator pembangunan di negara ini. Di samping itu juga untuk mendidik masyarakat berani dalam mengambil tindakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan mereka sendiri yang membantu meningkatkan taraf kehidupan bangsa yang lebih baik.

            Berdasarkan data mengenai wirausahawan di Indonesia,persentase wirausahawan hanya mencapai 1.5% . Tentu hal ini sangat memprihatinkan jika terus berlanjut di masa depan. Hal ini terjadi karena masyarakat lebih memilih untuk wara-wiri dalam mencari pekerjaan dari pada berwirausaha. Banyak masyarakat yang menjadi karyawan dari pada atasan,juga banyak masyarakat yang di suruh dari pada pesuruh.

            Penanaman dan pembelajaran mengenai kewirausahaan dapat membentuk karakter wirausaha yang baik pada diri masyarakat terutama bagi generasi muda Indonesia. Disamping itu sebagai bekal dalam menciptakan usaha sendiri yang mandiri yang dapat mengikis tingkat pengangguran di Indonesia. Serta menciptakan masyarakat yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan berbagai sumber daya yg dibutuhkan utk mengambil tindakan yg tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk...(more)

Answered Dec 3, 2018

Kalau saya ada beberapa siswa yang diberikan tugas terpaksa terlebih dahulu untuk merangkum semua materi dan ditulis didalam sebuah blog.

Salah satunya adalah https://laelitm.com 

Setelah menulis dengan baik, saat ini telah diberitahu bahwa dengan usaha blog online seperti itu bisa menghasilkan, namun skrg ia telah terbiasa dengan kerjaannya

Answered Mar 4, 2019