selasar-loader

Kenapa manusia harus berani berubah?

Last Updated Oct 1, 2018

2 answers

Sort by Date | Votes
Ayyasy Yahya
A Long Life Fighter, Business Owner, Student of Universitas Sebelas Maret

Pada tulisan sederhana ini, saya ingin mengajak pembaca belajar dari salah satu binatang yang terlihat gagah di udara, ELANG. 

 

Ketika elang memasuki usai empat puluh tahun, cakar panjangnya mulai sulit memegang mangsa yang hendak dimakannya. Paruh elang yang panjang dan tajam pun mulai bengkok. Kedua sayapnya menua dan bulunya mulai menebal. Hal tersebut menjadi beban berat baginya untuk terbang. Dalam situasi seperti ini, elang hanya memiliki dua pilihan, yaitu mati atau mau menjalani proses perubahan yang menyakitkan selama seratus lima puluh hari. Tentu ini adalah pilihan sulit bagi elang. Sama-sama berat. Jika elang tidak mau berproses, sederhananya ia akan mati. Maka, mau tidak mau, elang pun harus menghadapi proses.

 

Pada proses itu, elang harus terbang menuju puncak gunung untuk duduk dan hinggap di sana. Elang mengantuk-ngantukkan paruhnya ke batu agar paruh lamanya lepas. Pada saat menunggu paruhnya tumbuh, elang juga melepaskan cakar lamanya. Setelah tumbuh cakar baru, elang merontokkan bulu-bulu sayapnya. Setelah seratus lima puluh hari berlalu, elang terlahir kembali dengan kemampuan terbang dan untuk hidup tiga puluh tahun lagi.

 

Dari kisah tersebut, kita dapat mengambil pelajaran mengenai pentingnya proses dalam suatu perubahan. Yang namanya proses, tentu tidak mengenakan. Ia akan menyiksa siapa saja yang menghadapinya. Tapi bukan tanpa tujuan, seseorang yang berproses tentu dengan alasan, yakni untuk berubah menjadi lebih baik. Bila kita benar-benar belajar dari elang, maka kita akan mendapati pesan bahwasanya berubah tidak dibatasi oleh usia. Ketika seseorang sudah memasuki usia tua pun, ia harus tetap terus berubah. Berubah menjadi lebih baik.

 

 

Sayangnya, tidak semua orang berani untuk berubah. Banyak orang yang enggan berubah lantaran sudah pasrah dengan keadaan atau pun karena sudah menikmati kondisi nyamannya. Akhirnya ia mati sebelum waktunya. Perubahan untuk menjadi lebih baik itu penting, kawan! Karena masih ada banyak hal yang harus dilakukan. Berkemaslah dan bersiap untuk berangkat ke tujuan yang baru. Temukan bahagianya di titik akhir dari sebuah perjuangan.

 

 

Answered Oct 1, 2018
Sandy Anugerah
Love Indonesia

Manusia diberikan kemampuan untuk terus berpikir dan mengembangkan diri. Sangat disayangkan jika kelebihan itu tidak digunakan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Mengupgrade diri dan keluar dari zona nyaman adalah suatu hal penting untuk meraih kesuksean.

Hal tersebut bisa dimulai dari perubahan-perubahan kecil dalam diri. Seperti menghentikan kebiasaan buruk dan melakukan kebiasaan baik, mencari cara menghilangkan bad mood setiap kali bad mood datang dan merusak produktivitas, serta senantiasa belajar untuk bangsa dan negara.

Jika tidak berani melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, maka hidup akan sangat membosankan. Memang, akan ada masalah baru yang muncul ketika ada perubahan. Namun, masalah masalah yang datang malah akan melatih mental dan pikiran kita untuk menjadi lebih dewasa.

Answered Oct 13, 2018