selasar-loader

Siapa yang bisa menggantikan triumvirat jika triumvirat tidak bisa menggantikan presiden dan wakil presiden?

Last Updated Jun 25, 2018

Ketika presiden tidak lagi bisa memegang pemerintahan di Indonesia, selanjutnya akan digantikan oleh wakil presiden, dan jika wakil presisen tidak bisa, digantikan lagi oleh triumvirat.

1 answer

Sort by Date | Votes
sandiyudha .
Mantan Ketua Umum HMI Hukum UGM

Tidak ada, kondisi demikian bukan merupakan titik penting terkait pengaturan apabila terjadi kondisi Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan dalam konstitusi Indonesia, yaitu UUD 1945.

Pertama-tama harus didudukkan terlebih dahulu bahwa triumvirat disini merujuk kepada 3 Menteri Negara yang nomenklatur urusan kementeriannya disebutkan secara tegas dalam UUD 1945, yaitu Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pertahanan. Ketiga Menteri ini (Triumvirat) nantinya akan menjadi pelaksana tugas kepresidenan apabila Presiden dan Wakil Presiden berhenti, mangkat, diberhentikan, atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya secara bersamaan (Pasal 8 ayat (3) UUD 1945).

Jika dicermati, pengaturan pada Pasal 8 ayat (3) a quo hanya menempatkan triumvirat sebagai "pelaksana tugas kepresidenan" yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh ketiga menteri itu, sehingga triumvirat sejatinya tidak menggantikan presiden namun sebatas "melaksanakan tugas kepresidenan". Melaksanakan tugas kepresidenan tentu berbeda dengan menggantikan Presiden dan Wakil Presiden. Penggantian Presiden misalnya, sesuai dengan ketentuan Pasal 8 ayat (1) UUD 1945, maka apabila Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya, ia digantikan oleh Wakil Presiden sampai habis masa jabatannya. Kondisi demikian pernah terjadi saat Presiden Soeharto menyatakan berhenti dari jabatannya karena desakan reformasi, akhirnya ia digantikan oleh Habibie, dan Habibie pun menjadi Presiden. Kondisi serupa juga terjadi saat Gusdur sebagai Presiden digantikan oleh Megawati yang merupakan Wakil Presidennya karena sidang umum MPR menarik mandat Gusdur sebagai Presiden.

Oleh karena itu dalam membahas terkait triumvirat harus ada kehati-hatian karena triumvirat tidak mengganti Presiden dan Wakil Presiden melainkan melaksanakan tugas kepresidenan secara bersama-sama. Pun jika terjadi kondisi Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan dan triumvirat melaksanakan tugas kepresidenan secara bersama-sama, maka selambat-lambatnya tiga puluh hari setelah itu, MPR melaksanakan sidang untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dari dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang pasangan calon Presiden dan Wakil Presidennya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan umum sebelumnya, sampai berakhir masa jabatannya (Pasal 8 ayat (3) UUD 1945). 

Mekanisme konstitusi yang demikian mensiratkan bahwa memang kedudukan triumvirat hanya sebagai pelaksana tugas kepresidenan sementara, bukan pengganti Presiden dan Wakil Presiden sehingga titik tekannya adalah penggantian Presiden dan Wakil Presiden bukan Penggantian triumviratnya. karena jika demikian adanya, maka nanti akan terus bergulir pertanyaan seperti, "Siapa yang nanti akan menggantikan pengganti triumvirat apabila pengganti triumvirat tidak bisa juga untuk menggantikan triumvirat?". Dan hal demikian tidak akan ada habisnya.

Answered Aug 2, 2018

Question Overview


2 Followers
332 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Apakah otonomi daerah itu efektif, mengingat banyak kepala daerah yang terjerat kasus korupsi?

Seberapa kamu yakin Indonesia akan menjadi negara superpower di 2045? Apa alasanmu?

Kenapa terjadi pertentangan antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perindustrian tentang peningkatan produksi rokok?

Kenapa masyarakat indonesia saat ini tertarik terjun kedunia "Politik" dibandingkan bidang lain ???

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Jika kamu menjadi presiden menggantikan Jokowi, program apa yang akan kamu lakukan?

Apa keberhasilan dan kegagalan terbesar Presiden Soeharto yang dikenang rakyat Indonesia?

Apa keberhasilan dan kegagalan terbesar Presiden BJ Habibie yang dikenang rakyat Indonesia?

Apa keberhasilan dan kegagalan terbesar Presiden Abdurrahman Wahid yang dikenang rakyat Indonesia?

Apa keberhasilan dan kegagalan terbesar Presiden Megawati Soekarnoputri yang dikenang rakyat Indonesia?

Apa keberhasilan dan kegagalan terbesar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dikenang rakyat Indonesia?

Apa keberhasilan dan kegagalan terbesar Presiden Joko Widodo yang dikenang rakyat Indonesia?

Apakah Fahri Hamzah berpotensi menjadi Presiden RI mendatang? Bagaimana caranya?

Apakah Fadli Zon bisa menjadi Presiden RI mendatang dan dengan cara bagaimana dia menjadi Presiden RI?