selasar-loader

Apakah ide unikmu untuk permasalahan di Indonesia?

Last Updated Apr 9, 2018

mention semua idemu dan jelaskan :)

8 answers

Sort by Date | Votes
Husna Faizah
Ketua Lembaga Mahasiswa Psikologi UGM, Rumah Kepemimpinan 8

HAHAHA IDE UNIK? ada ada! Rumah Kepemimpinan! hehehehe, salah satu permasalahan indonesia sekarang itu krisis kepemimpinan. Tokoh-tokoh di Indonesia mencerminkan perilaku yang tidak seharusnya mereka lakukan. saat ini ada beasiswa yang sedang mempersiapkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat yaitu Rumah Kepemimpinan. Semoga kelak kami yang pernah berproses di Rumah Kepemimpinan ini dapat menjadi jawaban dari Permasalahan yang ada di Indonesia. Aamiin ya Allah Aamiin. 

Answered May 4, 2018
Azzam Muhamad Hafidz
Tukang Belajar di mana aja | Rumah Kepemimpinan A8

Ide unik untuk permasalahan indonesia? ya sepertinya memang perlu ide unik untuk permasalahan di indonesia yang masalahnya unik2 terus. lha emang unik masalahnya, ngga beres2 pula.

ide unik dari saya untuk permasalahan indonesia ini adalah perbaikan tentang generasi mudanya, apa yang perlu di perbaiki? 

hmm, ubah Nomenklatur dari Kementrian yang ngrurusin anak2 Muda agar jelas fokusnya juga: nama yang sekarang digunakan oleh kementrian yang ngurusin anak muda adalah "kementrian pemuda dan olahraga". menurutku ini sangat disayangkan, pemuda yang di urus oleh kementrian akhirnya (secara definitif) lebih berorientasi pada capaian2 olahraga untuk persaingan lokal, regional maupun global. Sangat disayangkan bukan? harusnya nama kementriannya adalah "kementrian pemuda dan pembangunan bangsa" jadikan para pemuda penerus bangsa adalah pilar2 yang terlibat dalam pembangunan bangsa, bukan malah jadi atlit2, tukang kompetisi saja, kasian, negara besar ini perlu banyak kolaborasi agar maju bangsanya. ya itu barangkali ide unik saya, memang perlu di kaji lebih dalam, silahkan join barangkali minat :D

Answered May 4, 2018
Muhammad Rinal Fahlevi
Food and Science Technologist | Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Permasalahan Indonesia terus dan akan tetap ada selagi "manusia" nya tidak memiliki kompetensi dan karakter yang baik. Namun yang permasalahan penting dan harus diselesaikan ialah aspek KARAKTER. 

Karakter menjadi penting karena dalam berinteraksi manusia didasarkan pada nilai-nilai yang ada pada dirinya. Nilai-nilai baik itulah yang menjadi sebuah karakter. Untuk memperbaiki karakter manusia yang hidup di Indonesia perlu penanaman nilai-nilai luhur dan agama yang baik. 

Sehingga kedepan, proses pendidikan di Indonesia tidak disandarkan pada nilai-nilai kognitif saja melainkan nilai-nilai lain yang berkenaan dengan pendidikan karakter manusia itu sendiri. Penilaian jauh dari angka-angka diatas kertas. Tetapi pada peniliaian keperibadian manusia

Answered May 6, 2018
Habibie Satrio Nugroho
Computer Science, University of Sumatera Utara | Rumah Kepemimpinan R6 Medan

Permasalahan Indonesia sudah terlalu kompleks (?)
IDE UNIK gak baru sih, tetapi tinggal diterapkan aja. InshaAllah mabrur.

Pembinaan Rumah Kepemimpinan adalah salah satu yang kecee banget dalam membentuk pemimpin-pemimpin Indonesia kedepan, dengan menerapkan ROOM-PK.
Kolaborasi Forum Indonesia Muda adalah hal yang luar biasa, dengan dipersatukan nya pemuda-pemuda dari seluruh Indonesia dengan membangun dari 7 Pilar Kepemimpinan dan 7 Pilar Kekeluargaan.

2 hal tentang RK dan FIM, adalah suatu IDE yang bukan lagi UNIK tetapi LUAR BIASA!

Apalagi kalau dijodohkan!
hmm
Strategis !

Answered May 6, 2018
Naufal Farras
Teknik Industri UI 2015 | Ketua IMTI FTUI 2017 | CEO Teknika FTUI 2018

Related image

Mengambil kesimpulan secara singkat, permasalahan di Indonesia ini adalah krisis identitas dan fokus pengembangan perekonomian bangsa. Sebagai negara beriklim tropis dengan letak geografis, Indonesia terlalu lama diperdaya penguasa dengan arah pembangunan yang remang-remang alias tidak jelas. Hebat dalam industrialisasi ? Tidak terlalu, peringkat Indonesia dibanding negara-negara ASEAN masih berada di papan tengah. Agrikultur ? Justru kita kalah dengan Jepang. Jasa ? Wah jangan ditanya kalau yang ini. Pariwisata ? Hmm tidak juga, rata-rata wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia hanya satu digit juta-an, itupun naik turun apabila dilihat dari awal 2000 hingga saat ini (faktor utama fluktuasi jumlah wisatawan adalah kasus terorisme, kurang tersedianya infrastruktur, dan krisis ekonomi), masih sangat jauh dibawah Thailand yang menjadi target utama wisman yang pada tahun 2017 dirilis mencapai 30 juta. Wow. 

Lalu apa dong ? Nah itu masalahnya, hehe

Segala potensi yang ada di Indonesia ini tidak dikembangkan secara optimal hingga menjadi yang paling unggul di dunia. Saran singkat saya sih, Pariwisata sepertinya akhir-akhir ini sangat menggeliat dan menuai prestasi yang membanggakan. Dengan potensi pariwisata utamanya alam yang luar biasa, secara logika sih kita bisa mengalahkan negara lain. Tinggal niat pemerintah dan masyarkatnya aja sih, mau tidak kita ke arah sana. Infrastruktur pariwisata seperti penginapan, sosial-budaya, transportasi, dll harus menjadi prioritas utama kalau kita mau menuju ke arah sana.

Sama satu lagi, Industri Kreatif bisa jadi solusi. Netizen Indonesia yang terkenal dengan "Wkwk Land" yang merajai hampir di seluruh media sosial ternama di dunia sepertinya akan menjadi potensi yang sangat besar bila digarap serius oleh seluruh elemen, baik itu dari Bekraf, pelaku industri, maupun masyarakat Indonesia yang lebih mencintai dan mengapresiasi karya anak bangsa dibandingkan karya anak bangsa lainnya. Jangan sampai karya anak bangsa menjadi asing di negara kita sendiri. Bravo Indonesia!

Answered May 22, 2018

Permasalahan yang ada, sebenarnya tidak akan berlarut jika semua pihak mau duduk bersama dengan kepala dingin untuk sama - sama mencari jalan keluar. Selain itu juga terkadang banyak pihak yang menambah suasana menjadi semakin pelik. Semoga kedepannya, semua pihak mau duduk bersama dengan bermartabat untuk mencari jalan keluar agar kondisi bangsa menjadi lebih baik. Memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, namun harus segera dimulai agar tidak berkepanjangan.

Answered May 29, 2018
Anonymous

Sepertinya kita harus potong satu sampai dua generasi dan membiarkan mereka yang baru untuk naik. Masalah dari masa lalu sudah terlalu kalut untuk diperbaiki. Lebih baik untuk membangun ulang dari awal dengan orang-orang baru.

Answered Jun 4, 2018
deny tarut96
namaku Deny,Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Undana Kupang NTT

Permasalahan yang mana dulu??Yap,kalau menyangkut semua permasalahan kehidupan saya merekomendasikan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk diam dan duduk "manis" dirumah masing-masing.Jangan melakukan aktivitas dalam kurun waktu tertentu.Kumpulkan persediaan makanan dan jangan keluar rumah ( kayak beruang kutub,hehehe)

Semuanya diam dan tenang! Jangan beraktivitas sama sekali! Saya yakin semua permasalahan akan hilang.

Answered Jun 26, 2018