selasar-loader

Bagaimana sistem pendidikan di Indonesia sekarang? Sudah benarkah?

Last Updated Apr 8, 2018

Jelaskan....

5 answers

Sort by Date | Votes
Rosyda Amalia
Sastra Indonesia UGM 2015 | Penulis buku "Belajar Keagungan Tuhan dari Alam"

Perihal salah benar, sebenarnya saya pribadi tidak berani berpendapat. Hanya saja, memang kurang baik. Sistem pendidikan yang mewajibkan setiap murid untuk menguasai puluhan mata pelajaran, membuat murid pada akhirnya tidak fokus. Mereka kemudian cenderung menggunakan metode menghafal, bukan memahami. Orientasinya kemudian pun adalah nilai, bukan pemahan yang baik dan mendalam. Ini yang menurut saya kurang baik dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Answered Apr 21, 2018
Alfian Rahman
Mahasiswa Teknik Geofisika ITB | Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Menurut saya banyak yang masih harus diperbaiki, terutama di pola pengajaran di kelas. Saat ini baiknya guru tidak menjadi penyampai materi saja, karena peran tersebut sudah dapat digantikan oleh internet melalui video-video pengajaran yang dapat dengan mudah diunduh. Baiknya guru menjadi fasilitator dan penjaga nilai. Materi yang disampaikan mungkin cukup dipersingkat, diperpadat, dan diperjelas. Sisa jam pelajaran dapat digunakan untuk diskusi dengan murid. Hal ini akan membawa beberapa keuntungan, yaitu meningkatkan minat baca siswa. Karena guru menuntut siswa untuk membaca sebelum kelas dimulai, siswa pun akan mempersiapkan materi pelajaran esok hari dengan baik. Kedua, membentuk pola pikir sistematis dan bukan hafalan. Dengan adanya diskusi, pola pikir siswa akan menjadi terbentuk. 

Answered May 3, 2018
Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi
Aeronautics and Astronautics Engineer-Rumah Kepemimpinan

Kalau sependengaranku banyak elemen yang harus diperbaiki dari orang tua dan guru. bukan hanya dari segi muridnya saja. Karena dunia pendidikan sering menjadi bahan cemoohan akhir yang selalu disalahka

 

Yuk sama-sama kita membenahi pendidikan, karena setiap orang adalah guru

Answered May 5, 2018
Galih Fajar Ramadhan
Mahasiswa Teknik Biomedis ITB

Menurutku, daripada menyalahkan atau membenarkan yang ada, lebih baik fokus pada apa yang bisa kita lakukan sekarang untuk semakin meningkatkan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan membandingkan dengan sistem pendidikan terbaik di dunia saat ini, yaitu di Finlandia. Ada beberapa hal mendasar yang membedakan sistem pendidikan di Finlandia dengan sistem pendidikan secara umum di dunia, diantaranya:

1. Waktu istirahat yang lebih sering, yaitu 15 menit istirahat setiap 45 menit kegiatan belajar mengajar

2. Waktu sekolah yang lebih pendek, di Finlandia, tidak ada yang namanya kelas di sore hari, semua murid pulang pada siang hari maksimal. Hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa terbebani karena terlalu lama di sekolah, dan memberi lebih banyak waktu kepada siswa untuk melakukan kegiatan di luar sekolah.

3. Hubungan yang dekat antara guru-murid, guru-guru, dan murid-murid, tidak dapat dipungkiri, subjek utama pendidikan di sekolah adalah guru, dan objek utama adalah muridnya. Sehingga, hubungan yang kuat perlu dibangun antar elemen utama tersebut.

4. Kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menyenangkan, para guru Finlandia selalu mencari metode untuk menyampaikan materi pelajaran yang menyenangkan, sehingga para siswa dapat menyerap materi tersebut dengan lebih baik, dan tidak menjadi beban.

(berdasarkan beberapa bab di buku Teach Like Finland)

Answered May 5, 2018
Siti Fauziyyah
SITI FAUZIYYAH_FMIPA_UNJ_BAKTI NUSA

 Indonesia termasuk negara yang mempunyai tingkat kelahiran yang tinggi di mana generasi muda adalah harapan kita untuk mengembangkan negara ini dan harapannya mereka juga meraih pendidikan setinggi-tingginya. Tapi di era globalisasi telah mengubah cara berpikir masyarakat, yang cenderung meninggalkan budaya ketimuran. Pada saat inilah pendidikan menjadi penting. 

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting kewibawaan sebuah negara didapatkan. Dengan pendidikan yang baik pastinya akan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kompeten dalam bidangnya. Sehingga kondisi bangsa akan terus mengalami perbaikan dengan adanya para penerus generasi bangsa yang mumpuni dalam berbagai ilmu. Pendidikan adalah suatu hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap manusia. Dari pendidikan seseorang akan belajar menjadi seorang yang berkarakter dan mempunyai ilmu pendidikan dan sosial yang tinggi.

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan antara lain dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala. Faktanya, indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999). Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia.Memasuki abad ke- 21 dunia pendidikan di Indonesia heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. 

Kemajuan teknologi dan perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, dunia terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan negara lain. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektivitas, efisiensi dan standarisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Selain kurang kreatifnya para pendidik dalam membimbing siswa, kurikulum yang sentralistik membuat potret pendidikan semakin buram. 

Kurikulum hanya didasarkan pada pengetahuan pemerintah tanpa memperhatikan kebutuhan masyarakat. Pendidikan tidak mampu menghasilkan lulusan yang kreatif. Kurikulum dibuat di Jakarta dan tidak memperhatikan kondisi di masyarakat bawah atau di daerah sampai daerah terpencil sana. 

Sehingga para lulusan hanya pintar cari kerja dan tidak bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Padahal lapangan pekerjaan terbatas. Masalah mendasar pendidikan di Indonesia adalah ketidakseimbangan antara belajar yang berpikir (kognitif) dan perilaku belajar yang merasa (afektif). Belajar bukan hanya berpikir tapi melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengamati, membandingkan, meragukan, menyukai, semangat dan sebagainya.

Setidaknya ada beberapa permasalahan yang bisa teridentifikasi dalam dunia pendidikan kita, yaitu: rendahnya kualitas sarana fisik, rendahnya kualitas guru, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan mahalnya biaya pendidikan.

Ada beberapa dampak dari luar yang dapat mempengaruhi pendidikan yaitu politik, ekonomi, sosial, teknologi, hukum dan lingkungan.Politik juga bisa memberikan dampak negatif terhadap pendidikan di mana pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan seperti memberikan dana sekolah gratis tetapi dana tersebut tidak sampai ke tangan yang berhak, bisa karena dana yang susah dicairkan atau terjadinya suatu korupsi. Ekonomi, di mana masih beredar buku-buku sekolah atau buku untuk mahasiswa yang harganya mahal, dari situ bisa mempersulit bagi orang yang kurang mampu. Kurang meratanya beasiswa di sejumlah daerah di Indonesia yang padahal masih banyak daerah-daerah terpencil yang sangat membutuhkannya.

Sosial, kurang kesadaran di setiap manusia tentang pentingnya pendidikan, karena rasa sosial yang masih kurang terhadap orang-orang yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikannya. Masih banyak pula yang mengesampingkan pendidikan, padahal kita semua tahu pendidikan itu penting. Dan masyarakat yang bisa dikatakan orang berada yang mampu untuk membantu, tetapi hatinya kurang tergerak untuk membangun suatu sekolah sosial yang diperuntukkan bagi anak-anak yang kurang mampu, anak jalanan atau semacamnya karena rasa sosial yang kurang.Teknologi, dengan perkembengan yang pesat menuntut kita untuk lebih aktif dalam mengikuti perkembangan. Dalam dunia pendidikan teknologi sudah sangat mempunyai dampak yang begitu positif karena mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Karena sudah terdapat E-book dan E-learning memudahkan kita untuk belajar.
Hukum, penegakan suatu aturan karena masih banyak kekerasan di lingkungan sekolah, atau sekarang keluarnya berita tentang bullying di salah satu universitas ternama di Jakarta. Beberapa buku yang diterbitkan yang ditargetkan untuk anak sekolahan yang didalamnya ada unsur seksual. Seorang guru yang seharusnya menjadi panutan bagi para didikannya tetapi kita masih menemukan berita tentang kekerasan yang diberikan seorang guru terhadap anak sekolah.
Lingkungan, seperti lingkungan yang berkarakter sangatlah penting bagi perkembangan individu yang mendukung cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, hormat dan sopan santun sangatlah penting...(more)

Answered Mar 2, 2019

Question Overview


6 Followers
417 Views
Last Asked 11 months ago

Related Questions


Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apakah pembelajaran secara online mampu meningkatkan kapasitas kita sebagai individu?

Apakah IPK adalah segalanya?

Apakah beasiswa dan universitas luar negeri yang hanya syaratkan minimal score IELTS 6.0?

Manakah yang benar, Pancasila Lahir 1 Juni 1945 atau 18 Agustus 1945 ??

Bagaimana pengalamanmu menjalani sidang skripsi/tesis/disertasi?

Apakah penggunaan sempoa kepada anak-anak masih efektif untuk diterapkan saat ini?

Di mana tempat terbaik untuk melakukan wisata edukasi di Indonesia? Mengapa?

Mengapa sektor pertanian yang sebenarnya menjanjikan justru semakin ditinggalkan?

Apa tugas dan kesulitan saat menjadi kepala sekolah

Setujukah Skripsi diganti dengan Inovasi Project Social ? Atau Membuat StartUp Mungkin

Mengapa kita harus kuliah?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa atlet olahraga Universitas Indonesia tidak memiliki prestasi yang membanggakan sebagaimana universitas besar di luar negeri pada umumnya?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk?

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Apakah pemimpin itu berasal dari karakter yang sifatnya introvert?

Apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan?

Mending orang Jawa atau Sunda?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Apa nama kafe dengan konsep paling unik di Indonesia?