selasar-loader

5 answers

Sort by Date | Votes
Yusup Ridwansyah
Calon Peneliti, Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Jokowi memberikan contoh mengenai student loan dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah Amerika. Jokowi melihat bahwa perbankan di Amerika sudah lebih dahulu menggelontarkan kredit untuk menunjang biaya pendidikan mahasiswanya. Hal ini yang kemudian melandasi Jokowi meminta hal yang sama untuk perbankan di Indonesia.

Saya enggan berspekulasi dengan mengajukan pertanyaan, "Apakah Pak Jokowi sudah benar-benar mempelajari sistem student loan di Amerika? Apakah Pak Jokowi sudah tahu konsekuensi dan mitigasi risiko dari student loan?" seperti para netizen lainnya. Hal yang jelas ialah bahwa tidak sedikit media massa yang menyebutkan bahwa sistem student loan tidak sepenuhnya membantu menyelesaikan persoalan mahasiswa. Faktanya, justru mahasiswa mendapatkan beban lebih saat lulus. 

Berbicara tentang student loan di Indonesia, pada dasarnya sudah ada institusi pendidikan yang menyelenggarakan mekanisme tersebut. Adalah Sampoerna University dan sebelumnya juga diterapkan di Sampoerna Academy untuk jenjang SMA. Jadi, mungkin rekan-rekan mahasiswa di sana adalah yang memiliki banyak kapasitas untuk menjelaskan sistem ini.

Namun, bagi saya, tidak ada hal yang aneh dari rencana Pak Jokowi untuk menerapkan sistem student loan di Indonesia dengan berbagai syarat, salah satunya yaitu jelas dalam hal mekanisme pengembalian atau pelunasan kredit. Apa yang terjadi di Amerika adalah bahwa student loan cukup membebani mahasiswa ketika lulus, terlebih untuk yang belum mendapat pekerjaan. Sejauh ini, saya belum mengetahui mekanisme dari pengajuan dan pelunasan terkait student loan dan masih menanti. Tetapi, menurut saya, alangkah lebih baik bila Pak Jokowi memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan alokasi dana yang sudah dinaikkan.

Answered Mar 26, 2018
Azzam Muhamad Hafidz
Tukang Belajar di mana aja | Rumah Kepemimpinan A8

Sudah jelas nampaknya Jokowi memang tertarik dengan cara atau sistem belajar dar orang - orang barat, termasuk saya mungkin sistem pendidikan di indonesia secara umum, apalagi dari amerika, toh lulusan harvard, berkeley, kini banyak menempati jabatan - jabatan penting di negara indonesia ini, jadi sepertinya hal itu wajar saja.

Tetapi apabila menyoal tentang student loan yang di rencanakan Jokowi bagi lulusan - lulusan SMA agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi (terlepas dari segala pertanyaan, komentar, analisa) nampaknya tidak akan begitu terlalu dilirik kaum pelajar atau akademisi secara khusus. 

Ada kemungkinan, peminat dari program yang akan diluncurkan oleh Jokowi justru malah tidak ada, karena masih ada alternatif - alternatif lain yang bisa jadi itu akan menempati urutan prioritas pertama dalam kehidupan kaum pelajar yang baru lulus SMA, salah satunya program beasiswa yang kini aksesnya sudah sangat tersedia begitu banyak, baik domestik maupun luar negeri, selain itu juga kelas - kelas kuliah kini banyak bertranformasi dalam bentuk online courses yang tidak memerlukan ruang kelas khusus. Apakah perguruan tinggi formal akan tetap "exist"?

Selain itu juga masih banyak hal - hal lain yang mungkin alangkah baiknya apabila Jokowi ini kembali fokus pada big mission of nawacitanya dulu pada saat berkampanye kepada masyarakat untuk memilih beliau sebagai presiden. bukan soal ide kreatif, inovasi, atau usulan, tapi ini tentang kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas

Answered Mar 30, 2018
Hafizhul Islam
Rumah Kepemimpinan | Materials Eng.

cukup ramai di kampus saya terkait pola kredit pendidikan ini. kurang lebih dari info yang saya dapat ini akan membuat semakin banyaknya beban yang harus di tanggung masyarakat karena mereka berhutang untuk memperoleh pendidikan yang layak. sedangkan bisa kita lihat dari hasil pendidikan Indonesia sendiri pun belom bisa opimal. bagi saya kredit ini harus di pertimbangkan lagi dan jangan hanya mementingkan bank atau koorporasi lainnya,

Answered Apr 5, 2018
Dipo Satria
#PendidikanUntukSemua . Student Loan Pertama di Indonesia danadidik.com

Sebenarnya student loan adalah hal yang baik menurut kami. Namun, bila tidak distruktur dengan baik dapat mengakibatkan banyak masalah seperti di Amerika.

DANAdidik.com, penyedia kredit pendidikan di Indonesia, menggunakan mekanisme bagi hasil agar tidak memberatkan mahasiswa. Di Amerika, sebenarnya sudah mulai beralih ke sistem ini (pelan-pelan), disebut juga dengan Income-Based-Repayment sistem karena banyak masalah dengan struktur yang  lama

http://help.danadidik.com/knowledge-base/mekanisme-pengembalian-cicilan-bunga-0-bagi-hasil-dari-penghasilan/

 

 

Answered Apr 9, 2018
Muhammad Rasyid R
Mahasiswa Teknik Kelautan ITS Surabaya-Rumah Kepemimpinan Surabaya

Tujuan awal jokowi mengeluarkan ini adalah untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia. Tujuan ini berdasarkan pada fakta di amerika bahwa kredit terbesar yang ada di Amerika adalah kredit pendidikan. Namun ini harus di kawal karena kampus sudah dijadikan komoditas untuk mencari keuntungan. Identitas kampus sebagai tempat pendidikan yang memiliki tugas menjalankan tri dharma perguruan tinggi akan tergerus akibat dampak kebijakan tersebut.

Answered May 6, 2018

Question Overview


6 Followers
411 Views
Last Asked 10 months ago

Related Questions


Bagaimana cara agar sebuah perusahaan dapat go public?

Apa yang dimaksud dengan IPO (Initial Public Offering)?

Apa yang diharapkan oleh seorang investor ketika mendanai sebuah perusahaan startup?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk seorang mahasiswa?

Apa perbedaan antara aset dan liabilitas?

Apa itu pasar derivatif?

Bagaimana cara mendapatkan uang tanpa bekerja?

Apa keunggulan bank syariah dibanding bank konvensional dan apakah menabung di bank syariah lebih menguntungkan?

Apa itu Kredivo?

Apa yang dimaksud dengan Seven Days Reverse Repo Rate dan bagaimana prospek implementasinya?

Dimana mencari konsultan syariah untuk pengembangan produk pembiayaan pendidikan atau fintech?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apakah ranking perguruan tinggi berpengaruh pada karier alumninya?

Persib, apakah kelebihan dan kekurangannya menurut bobotoh?

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?