selasar-loader

Mengapa banyak video lucu di Youtube?

Last Updated Mar 20, 2018

8 answers

Sort by Date | Votes
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Video lucu Youtube dengan jumlah begitu banyak bisa menandakan satu ironi: Hidup di dunia tidak melulu indah dan menyenangkan. Ada kalanya kita dihadapkan pada berbagai macam tekanan yang membuat kita kehilangan semangat. Mulai dari tekanan karena masalah pekerjaan, tuntutan akademis di sekolah atau perkuliahan, masalah keluarga, hingga masalah dengan teman atau pacar. Bahkan, terkadang kita bisa tiba-tiba stres dan galau tanpa alasan yang jelas.

Pernah merasa demikian?

Hati-hati, galau tanpa alasan bisa jadi tanda dari adanya gangguan psikologis, yaitu hypophrenia. Gangguan ini biasanya ditandai dengan gejala seperti sedih tanpa alasan dan sensitif.

Walaupun rasa sedih pada penderita gangguan ini muncul begitu saja, tapi sebenarnya itu bisa dikaitkan dengan masa lalu yang pahit. Perasaan kehilangan yang mendalam hingga adanya pengalaman traumatis bisa memicu munculnya gangguan ini. Kita mungkin bisa mengalihkan perasaan traumatis kita, tapi bukan hal yang mustahil kalau efeknya akan muncul tiba-tiba.

Nah, bagi kamu yang mungkin sering galau atau merasa stres tiba-tiba, kamu bisa bisa mencoba beberapa hal ini untuk mengalihkan mood.

1. Curhat

Hidup kita pasti tidak melulu sempurna. Kalau sedang galau-galaunya, cobalah untuk curhat dengan orang-orang yang terpercaya. Jangan takut terlihat lemah di depan orang lain.

Bagaimanapun, komunikasi tetaplah cara yang lebih bijak untuk menghadapi galaumu daripada harus memendamnya sendiri.

2. Bersyukur dan hargai diri sendiri

Kamu mungkin merasa semua kesusahan dalam hidupmu datang karena kesalahanmu. Tapi, sebenarnya kamu hanya perlu belajar menghargai diri sendiri. Kalaupun kamu pernah berbuat salah, kamu cukup memperbaikinya. It’s okay to make mistake sometimes; everyone else does it, too!

Dan, jangan lupa bersyukur atas apapun yang kamu punya! Bisa jadi, sesuatu yang kamu benci adalah sesuatu yang cuma bisa dimimpikan orang lain dalam tidurnya.

3. Konsultasi dengan yang ahli

Jika gejala “mendadak sedih” ini sudah melampaui level normal, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya: psikolog.

4. Tertawa

Sudah bukan rahasia lagi, tertawa memang dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Tertawa juga bermanfaat bagi kesehatan. Manfaatnya ternyata cukup luas, yaitu memproteksi diri dari masalah emosional yang disebabkan oleh depresi dan stres jangka panjang.

Para ahli meyakini bahwa tertawa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, mental, dan fisik seseorang. Selain itu, tertawa juga punya manfaat jangka pendek dan jangka panjang.

Manfaat jangka pendek dari tertawa, yaitu menstimulasi optimalisasi fungsi organ, meredakan dan mungkin bisa mengatasi stres, serta memecah ketegangan dan meredakan tekanan mental.

Sedangkan dalam jangka panjang, tertawa bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, menghilangkan rasa sakit, serta meningkatkan kepuasan personal dan memperbaiki mood.

Mudah, bukan? Kamu bisa tertawa bersama orang-orang yang kamu sayangi. Selain menjadi obat stres, itu juga bisa mempererat hubungan kalian. Tapi, kalau kamu sedang sendirian, kamu bisa coba menonton video lucu untuk membangkitkan tawamu. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kamu bisa mengakses video lucu yang bertebaran di Youtube kapan saja.

Selain membuatmu tertawa, banyak video lucu dari Youtube juga bisa memberikan rona tersendiri buat jiwa kamu. Mau coba nonton video lucu Youtube? Cek video lucu di bawah ini.

 

 

Kalau mau tertawa bersama yang lucu sekaligus imut, kamu bisa tonton video di bawah ini.

 


Selamat tertawa dan semoga bahagia!

 

Answered Mar 20, 2018
Lutfiningtyas Maharani
Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM l Rumah Kepemimpinan Region 3 Yogyakarta

Saat ini, banyak sekali comedian youtubers atau video-video lucu di youtube. Fenomena ini terjadi karena kemudahan teknologi memungkinkan kita untuk mengunggah dan mengunduh video secara free alias gratis. "Free alias gratis" ini dalam artian tidak dikenakan biaya untuk mengunggah dan menyebarluaskan. Hanya bermodal paket internet dan kreativitas membuat video dengan kamera HP serta proses editing dengan software, kita bisa mengunggah dengan mudah.

Hal-hal konyol, unik, dan nyeleneh tentunya akan semakin menarik hati para netizen. Selain itu, video lucu lebih menarik untuk ditonton karena mampu melepaskan stres, mengalihkan sejenak dunia penonton, dan selalu menarik untuk ditonton lagi dan lebih banyak lagi.

Answered Apr 2, 2018
Firdha Aulia
Fakultas Peternakan UGM l Rumah Kepemimpinan 8 Yogyakarta

Karena Youtube merupakan salah satu opsi hiburan yg paling favorite. Bahkan ada slogan yg menyatakab bahwa Youtube lebih dari TV. Hal ini menyebabkan penggunaan Youtube yang sangat didominasi oleh hal hal yang mudah menghibur kita. Youtube juga sangat mudah diakses bagi siapa saja. 

Answered Apr 2, 2018
Andre Basrija
Accounting Student of UNPAD | Awardee Rumah Kepemimpinan Bandung

Simple nya, adakah orang yang tidak suka akan suatu hal yang menghibur? Sepertinya tidak ada.
Dan menurut saya, itulah yang menjadi alasan betapa banyaknya video lucu yang beredar di Youtube. 

Banyak sekali jenis video lucu yang beredar di Youtube, mulai dari yang original hingga editan, baik yang berdurasi cukup panjang hingga yang hanya dalam hitungan detik saja. Namun, apakah para youtuber itu secara suka rela mengunggah video yang telah mereka buat dengan berbagai pengorbanan? Dalam pandangan saya dan sepertinya juga dalam pandangan kalian, tentu saja mereka tidak mengunggah video hanya untuk mengisi waktu kosong, meskipun mungkin ada beberapa yang seperti itu.

Bagi saya, alasan utamanya adalah penghasilan. Perusahaan Youtube sendiri mengapresiasi para youtuber yang telah mengunggah videonya ke Youtube dengan memberikan imbalan uang yang besarnya didasarkan pada banyaknya viewer video tersebut. Dari beberapa referensi yang saya baca, secara mudahnya dijelaskan bahwa setiap 1000 viewers, youtuber akan diberi imbalan sebesar USD 1. Tapi ini hanyalah hitungan kasar untuk mempermudah gambarannya karena bisa saja jauh lebih kecil atau juga lebih besar dari USD 1 per 1000 viewers. Dan Indonesia sendiri memiliki effective cost per mile yang rendah dibandingkan negara lain. Jadi bisa saja saat viewers sudah mencapai puluhan ribu, tapi imbalan yang didapatkan hanya belasan USD.

Tapi terlepas dari penjelasan perhitungan imbalan tersebut, tetap saja para youtuber akan diuntungkan dengan video mereka yang menarik perhatian para watcher. 
Dari sini make sense, banyaknya peminat video lucu menjadi opportunity bagi para youtuber untuk mengunggah video-video lucu agar nantinya jumlah viewer bisa banyak, dan pendapatan yang mereka dapatkan pun bisa besar.

Begini gambaran singkatnya:
Pasar yang besar => Opportunity => Profit

Terima kasih.

Answered Apr 3, 2018
Anonymous

Saat ini, youtube digunakan untuk berbagai hal seperti media pengajaran, iklan, dan komedi.

Lucu merupakan salah satu warna di Youtube yang memberikan gambaran tentang kesenangan dan kesukaan orang lain. 

Dikutip dari Wikipedia, lelucon biasanya merupakan cerita pendek atau susunan perkataan yang bersifat lucu. Terdapat beberapa kategori lelucon, dari lelucon sederhana hingga lelucon yang menggunakan sarkasme. Lelucon biasanya menyenangkan untuk sebagian orang, tetapi lelucon itu menjadi menyakitkan bagi pihak lainnya.

Answered Apr 3, 2018
Okky Tria Kurniadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM

sebelum pertanyaan 'mengapa banyak video lucu di Youtube?' ada pertanyaan yang lebih mendasar 'kenapa orang-orang menyukai hal-hal yang lucu?'. Humor merupakan salah satu dari kebutuhan manusia. Sama seperti makan ketika lapar, dan tidur ketika lelah. Humor merupakan solusi bagi orang-orang yang jenuh akan rutinitas mereka, orang yang membutuhkan kesenangan, orang yang ingin meliha hal baru hingga orang yang ingin mencari inspirasi.
Adanya platform Youtube tak lain adalah hanya sebatas memindahkan dan mengumpulkan guyonan-guyonan orang-orang pada platform yang mudah diakses bagi siapapun dan dimanapun (kecuali yang gak tau Youtube). Ditambah lagi pengguna Youtube yang luar biasa banyak, sehingga menjadi peluang pasar untuk menampilkan konten-konten humor mereka yang tak jarang disisipi oleh iklan yang bisa menambah revenue bagi pembuat konten.

Jadi selain adanya faktor mutlak dimana orang-orang membutuhkan humor dikehidupan mereka, dan tidak sengaja Youtube bisa menyediakan wadah bagi pembuat dan penikmat humor dalam beberapa klik saja. Faktor yang lain adalah karena pembuat humor bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari hasil iklan produk dichannel mereka untuk menjawab kebutuhan pasar.

Answered May 6, 2018
Radhiyan Pribadi
Mawapres Utama FISIP Universitas Indonesia 2017-Rumah Kepemimpinan R1 Jakarta

Jawaban sederhananya karena laku. 

Algoritma YouTube itu mendorong video yang populer untuk menjadi semakin populer dengan merekomendasikannya ke sebanyak-banyaknya orang. Video lucu itu secara universal bisa diterima oleh banyak orang (dengan asumsi leluconnya tidak berbau SARA). Selain membuat konten lucu, cara lain untuk mendongkrak views adalah video kontroversial. Controversy breeds popularity. 

Karena kontroversi itu memecah belah, makannya video lucu lebih bisa diterima. Semua orang bisa tertawa, selama tidak berbau SARA.

Answered May 6, 2018
Syifa Aziza
Mahasiswi Bisnis Islam FEB UI 2015.

Sebenarnya lucu itu relatif, tapi jika banyak yang mengatakan bahwa suatu video lucu dan kemudian laku, itu karena manusia butuh hiburan, yang karena kemudahan aksesnya hampir menjadi kebutuhan primer. Hiburan ini bisa didapat secara audiovisual melalui televisi dan internet. Youtube dapat diakses lebih luas dan lebih bebas dari televisi yang pilihannya lebih sedikit, karena mencari apapun ada di Youtube, termasuk siaran televisi. Kadang manusia juga butuh tertawa meskipun sebab tertawanya adlaah sesuatu yang artifisial. Video yang kita tonton mungkin tidak berguna dan tidak berpengaruh secara konkrit untuk membantu permasalahan yang kita hadapi, namun tertawa melalui Youtube dapat menjadi coping instan dan sederhana.

Kadang kita butuh sesuatu yang tidak menyelesaikan masalah, namun meredakan perasaan sementara, meskipun hanya beberapa menit.

Answered May 6, 2018

Question Overview


9 Followers
574 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Bagaimana cara untuk menjadi sukses sebagai YouTuber?

Berapa jumlah uang yang bisa didapatkan seorang YouTuber dengan 1 juta subscribers?

Bagaimana cara meningkatkan viewers di YouTube?

Berapa banyak view yang rata-rata didapatkan oleh sebuah video YouTube dalam sehari?

Bagaimana cara mendapatkan 10.000 views di YouTube dalam sehari?

Dampak terbesar apa yang mampu sebuah video YouTube berikan terhadap masyarakat?

Hal-hal apa sajakah yang sebaiknya tidak dilakukan di YouTube?

Mungkinkah YouTube menjadi satu-satunya pemasukan seseorang?

Apa saja software yang disarankan untuk mengedit video YouTube?

Siapakah YouTuber luar negeri yang paling sukses?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apakah di masa yang akan datang, ada film yang menyaingi ranking The Shawshank Redemption dan The Godfather di IMDB?

Mengapa sebagian besar film yang masuk ke bioskop Indonesia berasal dari Amerika dan bukan dari India?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapat dari menonton film?

Apa judul film Indonesia terbaik sepanjang masa?

Mana yang lebih bagus; film yang berdasarkan kisah nyata atau yang 100% fiksi?

Apakah The Walking Dead serial TV yang bagus?

Film apakah yang dianggap paling berpengaruh dalam memperkenalkan budaya populer?

Pada film apakah kita bisa melihat pengaruh nilai-nilai post-modernisme?

Bila saya ingin melihat pengaruh nilai-nilai modernisme, film apa yang Anda rekomendasikan?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Komunikasi?

Apa saja hukum/prinsip fisika yang diterapkan pada sebuah roller coaster?

Apakah HIV dan AIDS itu sama?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Mengapa iPod mampu mengalahkan Walkman dalam bisnis peranti musik dunia?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Siapa film director (sutradara film) terbaik menurut Anda?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?