selasar-loader

3 Prodi paling diminati di UIN Jakarta, apa saja?

Last Updated Mar 14, 2018

UIN Syarif Hidayatullah adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang menjadi incaran calon mahasiswa baru. Lalu apa 3 prodi paling diminati di UIN Jakarta?

2 answers

Sort by Date | Votes
Ade Ratri
Konselor pendidikan

UIN Jakarta atau dikenal dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah salah satu universitas negeri yang ada di Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini beralamat di Jalan Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412. UIN Jakarta ini dulunya bernama IAIN Syarif Hidayatullah, yang kemudian berubah namanya sesuai dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002. Keppres itulah yang kemudian menjadi landasan legalitas formal perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta terdiri atas 11 fakultas yaitu: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuludin dan Filsafat, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dam Komunikasi, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

jNKANeTZWHNLvZwMRr2CzHdkVqHMBC_6.jpg

Program studi yang ada di UIN Jakarta merupakan kampus yang tidak hanya berkaitan dengan agama, tetapi juga berkaitan dengan ilmu sosial dan sains. Mengingat di Jakarta hanya terdapat tiga Universitas negeri, yakni Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan UIN Jakarta, program studi yang dimiliki UIN Jakarta juga menjadi favorit dan incaran bagi para calon mahasiswa baru saat mendaftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). UIN Jakarta, dengan statusnya sebagai Universitas Negeri juga memiliki jalur seleksi nasional untuk masuk seperti UMB (Ujian Masuk Bersama) dan Ujian Mandiri yang diselenggarakan sendiri oleh UIN Jakarta. Tidak hanya itu, UIN Jakarta juga membuka jalur masuk melalui SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri.

Pada tahun 2017, terdapat 10. 547 orang yang mendaftar untuk bisa berkuliah di UIN Jakarta ini. Namun dari data yang ada, hanya 961 orang yang bisa lolos berkuliah di sana.  Dari Data Rekapitulasi Peserta Diterima SNMPTN 2017 UIN Jakarta, terdapat 3 dari 25 prodi paling diminati pendaftar. Berdasarkan pengakuan Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta, indikator paling diminati adalah tingginya jumlah pendaftar terhadap jumlah peserta yang dinyatakan lolos seleksi.

OALj7vKTWyO_1I-LDhIwg4qI4E-CJVRm.jpg

Apa saja ketiga prodi yang paling diminati tersebut?

1. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Total pendaftar 1.249 orang, lolos seleksi 42 orang.

2. Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Total pendaftar 911 orang, lolos seleksi 42 orang.

3. Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Total pendaftar 768 orang, lolos seleksi 35 orang.

Ketiga prodi tersebut paling diminati karena presentase jumlah pendaftar bisa mencapai angka 2.000—3.000% dari jumlah total peserta yang akan dinyatakan lolos seleksi. Itu berarti, untuk masuk ke prodi tersebut, kamu harus bisa menyingkirkan paling tidak 20-30 orang lainnya sehingga perbandingan menjadi 1:30.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin masuk ke tiga prodi di atas di UIN Jakarta, kamu harus berjuang sekuat tenaga agar mampu lolos seleksi masuk UIN Jakarta. Namun jangan berkecil hati, kamu juga bisa tetap kuliah di UIN Jakarta dengan mendaftar pada program studi lain.

Berikut merupakan urutan prodi lain yang juga diminati calon mahasiswa baru saat mendaftar UIN Jakarta (Berdasakan data pendaftar pada tahun 2017):

1. Psikologi, Fakultas Psikologi. Total pendaftar 733 orang, sedang siswa diterima 70 orang.

2. Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi. Jumlah pendaftar 678 orang, sedang jumlah diterima 35 orang.

3. Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Jumlah pendaftar 546 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi 42 orang.

4. Prodi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Jumlah pendaftar 544 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi 39 orang.

5. Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora. Jumlah pendaftar 530 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi 56 orang.

6. Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Prodi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi. Masing-masing diminati 411 orang pendaftar. Hanya saja, jumlah dinyatakan lolos seleksi prodi IESP 42 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi Prodi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis 53 orang.

7. Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora. Jumlah pendaftar 400 orang, sedang yang diterima hanya 56 orang.

Rasio pendaftar dengan yang dinyatakan lolos di 7 prodi ini tidak sebesar pada prodi yang paling diminati di UIN Jakarta. Namun kamu tidak boleh menganggap enteng, kamu harus tetap harus mempersiapkan yang terbaik agar kamu mampu menjadi bagian dari UIN Jakarta.

Answered Mar 14, 2018
Fani Widiaschatzi
Love to learn, learn to love

Ini adalah 10 besar program studi yang paling diminati di UIN Jakarta berdasarkan Data Rekapitulasi Peserta Diterima SNMPTN 2017 UIN Jakarta.

8B19WbDrnR9RDVgeW2d3oHAHXzQpkTPk.jpg wikipedia

Berikut urutannya:

  1. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Total pendaftar 1.249 orang, lolos seleksi 42 orang.
  2. Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Total pendaftar 911 orang, lolos seleksi 42 orang.
  3. Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Total pendaftar 768 orang, lolos seleksi 35 orang.
  4. Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi. Total pendaftar 733 orang, sedang siswa diterima 70 orang.
  5. Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi. Jumlah pendaftar 678 orang, sedang jumlah diterima 35 orang.
  6. Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Jumlah pendaftar 546 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi 42 orang.
  7. Prodi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Jumlah pendaftar 544 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi 39 orang.
  8. Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora. Jumlah pendaftar 530 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi 56 orang.
  9. Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Prodi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi. Masing-masing diminati 411 orang pendaftar. Hanya saja, jumlah dinyatakan lolos seleksi prodi IESP 42 orang, sedang dinyatakan lolos seleksi Prodi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis 53 orang.
  10. Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora. Jumlah pendaftar 400 orang, sedang yang diterima hanya 56 orang.

cZVGphWLZ58vnGJ_gA7UC6-YL71v1m01.jpg uinjkt.ac.id

Sementara itu, ini adalah daftar fakultas dan program studi (prodi) yang terdapat di UIN Jakarta.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
    1.    Pendidikan Agama Islam
    2.    Pendidikan Bahasa Arab
    3.    Pendidikan Bahasa Inggris
    4.    Pendidikan IPS
    5.    Pendidikan Matematika
    6.    Pendidikan Biologi
    7.    Pendidikan Fisika
    8.    Pendidikan Kimia
    9.    Manajemen Pendidikan
    10.    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    11.    Pendidikan Guru MI/SD
    12.    Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Fakultas Adab dan Humaniora
    1.    Bahasa dan Sastra Arab
    2.    Sastra Inggris
    3.    Sejarah dan Kebudayaan Islam
    4.    Tarjamah (Bahasa Arab)
    5.    Ilmu Perpustakaan
 
Fakultas Usluhuddin
    1.    Studi Agama Agama,
    2.    Ilmu Al-Quran dan Tafsir
    3.    Ilmu Hadis
    4.    Aqidah dan Filsafat Islam
    5.    Ilmu Tasawuf

Fakultas Syariah dan Hukum
    1.    Perbandingan Mazhab
    2.    Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)
    3.    Hukum Tata Negara (Siyasah)
    4.    Hukum Pidana Islam (Jinayah)
    5.    Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)
    6.    Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
    1.    Komunikasi dan Penyiaran Islam
    2.    Bimbingan dan Penyuluhan Islam
    3.    Manajeman Dakwah
    4.    Pengembangan Masyarakat Islam
    5.    Kesejahteraan Sosial

Fakultas Dirasat Islamiyah
    1.    Dirasat Islamiyah

Fakultas Psikologi
    1.    Psikologi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    1.    Manajemen
    2.    Akuntansi
    3.    Ekonomi Pembangunan
    4.    Perbankan Syariah
    5.    Ekonomi Syariah

Fakultas Sains dan Teknologi
    1.    Teknik Informatika
    2.    Agribisnis
    3.    Sistem Informasi
    4.    Matematika
    5.    Biologi
    6.    Kimia
    7.    Fisika
    8.    Teknik Pertambangan

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
    1.    Kesehatan Masyarakat
    2.    Farmasi
    3.    Kedokteran dan Profesi Dokter
    4.    Ilmu Keperawatan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
    1.    Sosiologi
    2.    Ilmu Politik
    3.    Ilmu Hubungan Internasional

Nah, itulah daftar program studi dan fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (meskipun sebenarnya berlokasi di Tangerang Selatan, hehehe).

rHCE6tUZv7MHkvrZ28JJg8SX3_TnL7m4.png uinjkt.ac.id

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan program studi yang diinginkan?

Cara agar bisa masuk UIN Jakarta kira-kira adalah seperti ini:

  1. Tanya hati nurani kamu, mau masuk prodi mana? Apa alasannya? Alasannya harus emosional, harus kuat, agar ketika kamu lelah belajar, kamu bisa teringat lagi alasan itu dan seketika kembali bersemangat.
  2. Belajarlah seakan-akan kamu akan masuk UGM, ITB, dan UI. Bisa juga dengan membayangkan kamu sedang bersaing melawan pelajar-pelajar terbaik di dunia. Ini penting agar mentalmu jadi mental juara dan usahamu lebih dari 100%. Tidak lagi main-main!
  3. Olahraga rutin meskipun hanya 5 menit. Selain berguna untuk kesehatan, olahraga ini juga berguna untuk menjaga fokus kamu dalam belajar.
  4. Salat fardhu di awal waktu. Masalahnya bukan hanya di fadhilah salat awal waktu, melainkan juga karena poin ini berguna untuk membentuk kamu jadi manusia yang disiplin. Kalau poin ini bisa kamu lakukan secara konsisten, kamu juga mampu untuk menjalankan poin 2 dan 3.
  5. Fokus. Kerahkan pikiran, energi, mental, bahkan doa kamu untuk masuk UIN Jakarta setiap hari.

Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu kamu untuk menentukan pilihan sekaligus meredakan kegalauan kala ingin masuk universitas Islam satu ini.

Semangat belajar!

 

Answered Mar 24, 2018

Question Overview


5 Followers
5121 Views
Last Asked 10 months ago

Related Questions


Kenangan apa yang paling berkesan selama Anda kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Apa saja yang kamu ketahui tentang Dema UIN Jakarta?

Apa alasan memilih UIN Syarif Hidayatullah?

Olahraga apa yang paling diminati oleh para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Apa ciri-ciri kepribadian para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Bagaimana kesan Anda mengenai budaya akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?