selasar-loader

Bagaimana pelayanan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan?

Last Updated Mar 14, 2018

Kantor imigrasi sekarang menjadi hal yang sangat penting. Karena kemudahannya boleh membuat paspor di mana saja, mengetahui pelayanan kantor imigrasi terdekat yang bagus adalah hal yang penting. Lalu bagaimana pelayanan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan?

1 answer

Sort by Date | Votes
Erin Nuzulia Istiqomah
Project Compiler at Selasar, Editor, Penikmat Buku

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan adalah salah satu kantor pelayanan publik yang melayani pembuatan paspor, penggantian paspor, serta segala hal yang berkaitan dengan paspor. Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan ini, seluruh antrean tidak akan dilayani, kecuali telah terdaftar pada aplikasi antrian online ataupun website antrian online yang resmi milik Departemen Jenderal Imigrasi.

Sayangnya, saat ini hampir seluruh antrean di berbagai kantor Imigrasi di Jakarta, telah penuh hingga 3 bulan ke depan. Mungkin ini adalah salah satu sistem yang memudahkan, tetapi masih ditemukan kekurangan karena kuota yang terbatas dan selalu penuh sehingga banyak sekali teman-teman saya, termasuk suami, yang ingin memperpanjang paspor, harus menemui kendala ini, tidak bisa mendapatkan antrean untuk memperpanjang paspornya karena kuota yang selalu penuh.

CW-FZ8_fQgyouZsD7z6o_f5jmVZlSz8G.jpg

Meski begitu, saya cukup beruntung. Bulan Agustus 2017 lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Pelayanan yang berkaitan dengan paspor akan dilayani pada hari Senin-Jumat dari jam 8.00—15.00 WIB. Saya mendapatkan nomor antrean melalui aplikasi antrian online, bahkan saat itu masih bisa memilih tanggal sesuai dengan luang tidaknya saya saat itu. Kini, jangankan memilih tanggal, berharap ada kuota untuk antre pun sangat sulit.

Antrean online ini terintegrasi, jadi kamu juga bisa melihat kuota di berbagai kantor imigrasi lainnya. Oke sebelum saya menceritakan pengalaman memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, saya juga nantinya akan menceritakan pengalaman saya yang berkaitan dengan kantor Imigrasi Depok, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Tenang, saya bukan calo paspor, hanya mendapatkan pelajaran dari mengurus paspor di berbagai kantor pelayanan publik ini.  

Kalau boleh saya memberi penilaian, maka kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang terletak di Jalan Warung Buncit Raya No. 207, RT.2/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790 adalah kantor imigrasi dengan pelayanan terbaik yang pernah saya kunjungi. Saya bisa menyimpulkan ini, karena saya juga sudah pernah melakukan pembuatan atau perpanjangan paspor di kantor imigrasi lainnya (entah mengantar adik, suami, atau bahkan teman).

Saya saat itu melakukan perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Sesuai dengan informasi yang tertera di http://jakartaselatan.imigrasi.go.id/ sebagai website resminya, saya hanya membawa ktp dan paspor lama (fotokopi dan asli) sebagai syarat untuk memperpanjang paspor. Saya datang sesuai dengan jam yang telah ditentukan saat mengambil antrean online.

bFpyVXHxmC8RXW-1MhQ57bb3pyqqgaWg.jpg

Saat itu saya mengambil jadwal pukul 14. Namun pukul 13.40 saya sudah sampai di kantor imigrasi Jaksel ini. Saya pun menuju registrasi, di sini saya diminta untuk menunjukkan barcode atau kode dari antrean online yang sudah saya dapat sebelumnya. Lalu saya diminta untuk memfotokopi paspor lama sebagai salah satu kelengkapan berkas. Kemudian saya diberikan 1 map yang digunakan sebagai tempat mengumpulkan berkas.

Kira-kira pukul 14, antrean sesi ini dimulai. Saya kebagian no. 65 sedangkan loket pelayanan masih menunjukkan no. 5. Saya cukup menyesal saat itu, karena tidak membawa buku bacaan atau apapun yang membuat saya bisa mengisi waktu luang. Berbekal handphone, saya mengisi waktu luang dengan scrolling media sosial. Saya berpikir, dengan antrean sebanyak itu, paling cepat baru akan dilayani 2-3 jam lagi.

Nyatanya saya salah, loket pelayanan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan ini terdiri dari belasan loket sehingga pada pukul 14.50 saya sudah dipanggil untuk bertemu dengan petugas pelayanan paspor. Saat itu saya menjawab berbagai pertanyaan yang dibutuhkan berkaitan dengan perpanjangan paspor, ketika itu juga saya diminta untuk foto dan wawancara. Tidak sampai 10 menit, prosesnya selesai. Lalu saya diminta melakukan pembayaran yang bisa dilakukan melalui bank atau atm.

Permohonan perpanjangan paspor saya akan jadi dalam waktu 3 hari kerja setelah pembayaran. Karena saya melakukan pembayaran di hari yang sama, kebetulan ada atm di sana, maka saya dapat kembali untuk mengambil paspor 3 hari kemudian dengan membawa bukti perpanjangan paspor dan struk pembayaran via atm.

Saat pengambilan paspor, saya datang siang hari sebelum jam makan siang, lalu menyerahkan bukti perpanjangan paspor dan struk pembayaran via atm ke petugas loket, lima menit kemudian saya sudah mendapatkan paspor saya yang baru.

FX8Fo7Ck5iPJT9n0LzLqMjZNg0maMwht.jpg

Sungguh ini adalah pengalaman memperpanjang paspor yang paling menyenangkan yang pernah saya lalui. Untuk itu, saya selalu menyarankan kepada kolega saya agar memilih antrean di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan sebagai prioritas pertama.

Berbeda cerita ketika tahun 2012 saya membuat paspor di Kantor Imigrasi Depok, saat itu sungguh belum seperti saat ini. Saya harus mengambil antrean sejak subuh, lalu mengantre dan menunggu dilayani hingga pukul 2 siang. Proses pembuatan paspor juga cukup lama, saya harus kembali tiga hari kemudian untuk wawancara dan foto serta melakukan pembayaran, dua minggu kemudian barulah saya bisa antre kembali untuk mengambil paspor yang sudah jadi.

Adanya kebijakan antrean online menurut saya cukup membantu dan membuat proses pembuatan atau perpanjangan paspor semakin mudah dan tidak menyulitkan. Sayangnya, kuota yang selalu penuh menjadi masalah baru yang harus segera diatasi Departemen Jenderal Imigrasi.

Pada Desember 2017 lalu, saya mendaftarkan antrean online untuk adik saya membuat paspor. Ternyata yang tersedia hanya di Kantor Imigrasi Jakarta Timur pada tanggal 11 Januari. Butuh waktu lebih dari sebulan untuk bisa melakukan pembuatan paspor. Di hari yang sudah dijadwalkan, saya mengantarkan adik saya untuk membuat paspor. Seluruh berkas sudah disiapkan sesuai dengan yang diberitahukan di web yang ada.

Berbeda dengan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, pelayanan di Kantor Imigrasi Jakarta Timur cukup lama. Adik saya mendapatkan antrean No. 30, saat menunggu, loket di sudah...(more)

Answered Mar 14, 2018

Question Overview


2 Followers
309 Views
Last Asked 10 months ago

Related Questions


Bila saya menerima pelayanan yang kurang memuaskan pada suatu restoran, bagaimana cara terbaik untuk menunjukkan kekecewaan saya?

Apa saja layanan pada BPJS Ketenagakerjaan Online?

Bagaimana implementasi paham postmodernisme dalam organisasi sektor publik?

Mengapa orang Indonesia tidak memiliki keinginan untuk bermigrasi ke Eropa atau negara-negara Barat lainnya?

Apakah Memungkinkan Mengurus Perpanjangan Paspor di Indonesia Dalam Sehari Bisa Selesai? Jika ya, Bagaimana Prosedurnya?

Apa yang harus dilakukan saat paspor hilang kala di Luar Negeri?

Menurut Anda, bagaimana coworking space yang nyaman?

Bagaimana cara ke kantor Selasar dengan menaiki kereta api?

Mana yang Anda pilih? Membawa bekal ke kantor atau membeli di dekat kantor?

Kendaraan apa yang paling sering digunakan untuk ke kantor? Mengapa?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Kinerja ketua KPK siapa yang paling baik; T. Ruki, Antasari Azhar, Busyro Muqoddas, Abraham Samad, atau Agus Rahardjo?

Mengapa selama ini kaum pria lebih banyak tersangkut kasus korupsi dibandingkan perempuan?

Apakah hukuman yang paling memberikan efek jera untuk koruptor laki-laki?

Apakah hukuman yang paling memberikan efek jera untuk koruptor perempuan?

Apakah Anda setuju hukuman mati untuk para koruptor?

Mengapa sosok Presiden RI secara otomatis juga menjabat sebagai panglima militer tertinggi di negeri ini?

Apakah keluarnya surat perintah penyidikan juga berarti ada tersangka?

Mengapa Lampung terkenal sebagai provinsi yang tinggi tingkat kriminalitasnya?

Bagaimana negara seharusnya melindungi HAM atas saksi kasus korupsi?