selasar-loader

Bagaimana cara mudah merawat anjing Mini Pom?

Last Updated Mar 14, 2018

Saya hendak membeli anjing Mini Pom, tapi katanya perawatannya sulit. Bagaimana cara mudah merawatnya?

2 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Informasi
Akun Selasar untuk Berbagi Informasi

Anjing mini pom adalah anjing ras mahal dan menggemaskan karena hewan ini memiliki bulu yang tebal dan cantik. Di toko, harga anjing ini jutaan rupiah, tergantung pada kualitasnya. Anjing ini lebih cocok di rumah daripada apartemen karena termasuk jenis yang berisik sehubungan dengan sifatnya sebagai anjing penjaga.

Sejarah Anjing Pomeranian

Pomeranian adalah ras anjing bertipe Spitz yang berasal dari daerah Pomerania, terletak di Eropa Tengah, antara Jerman dan Polandia. Nama Pomeranian berasal dari wilayah Pomerania yang sekarang adalah area Jerman dan Polandia, dikembangkan dari keturunan Spitz Kuno. Pomeranian berbeda dengan anjing jenis Spitz lainnya (terutama German Spitz) karena ukurannya yang relatif lebih kecil. Namun, anjing ini diputuskan oleh Fédération Cynologique Internationale sebagai bagian dari ras German Spitz, sebagaimana dikuatkan dalam buku Pomeranians karya Joe Stahlkuppe. Di banyak negara, mereka dikenal sebagai Zwergspitz (Spitz Kurcaci). Pomeranian yang asli lebih besar, beratnya sampai 30 pon (setara 13 kg) dan digunakan sebagai penggembala domba di Eropa.

Berbagai tokoh penting yang namanya disebut dalam lembaran sejarah pernah memelihara anjing ras Pomeranian, yaitu Michelangelo, Isaac Newton, Wolfgang Amadeus Mozart, hingga tokoh kontroversial yang menemui ajalnya dalam penggalan guillotine, yaitu Marie Antoinette. Orang pertama yang membawa anjing ini ke Inggris adalah Charlotte, istri Pangeran George III. Ia membawanya pada tahun 1761.

Kecintaan Charlotte pada anjing menular pada cucunya, Victoria, yang ditakdirkan menjadi Ratu Inggris. Ratu Victoria mengembangkan 15 ras anjing berbeda pada masa hidupnya. Ia membeli seekor pomeranian hitam-merah berukuran mini pertama pada tahun 1888 di Italia, kemudian membawanya ke Inggris. Anjing tersebut diberi nama Marco, menjadi awal dari perkembangan pomeranian berukuran mini alias Mini Pom berikut popularitasnya. Seketika, Marco berhasil memenangkan banyak penghargaan dan ikut dalam pertunjukkan anjing bersama pemiliknya. Selain Marco, Victoria juga memiliki tiga anjing pomeranian lain yang diberlinya di Florence pada tahun 1888.

Ratu Victoria sepertinya memang menjadi tokoh kunci bagi perkembangan Pomeranian. Selama masa hidupnya, ia berhasil mengecilkan ukuran anjing ras ini hingga setengahnya. Dampaknya terasa hingga tiga abad kemudian secara lintas benua. Pada 2013, Mini Pom termasuk dalam 20 ras paling populer di Amerika Serikat dalam hal angka pendaftaran. Tren memelihara anjing berukuran kecil turut meningkatkan popularitas Mini Pom di seluruh dunia.

Ciri dan Karakter Anjing Mini Pomeranian

Menurut Liz Palika (2007), Pomeranian yang ada saat ini merupakan anjing yang berukuran sangat kecil, berat ±1,5-3,5 kg dan tinggi 20–28 cm. Ciri fisiknya adalah kepala bulat, tengkorak pendek, mata gelap, dan ekor berbulu lebat. Anjing ini memiliki dua lapis bulu, yaitu bagian dalam yang lembut dan padat, serta bulu lapisan luar yang panjang dan lurus. Bulu pada lapisan luarnya cenderung lebih mengembang ke arah luar tubuh dibandingkan melekat pada tubuhnya. Warna anjing ini dapat berupa cokelat, jingga, krem, hitam, merah, ataupun campuran beberapa warna.

dtWowfpdpsFDfMKe7wkUR6MX1hiFSPa1.jpg

Pomeranian memiliki sifat yang lincah, berani, protektif, loyal kepada pemiliknya, dan dapat menggonggong dengan tidak terkendali. Anjing ini memang merupakan salah satu jenis yang riuh atau bising, terlebih bila mencurigai sesuatu.[1] Salah satu kelebihan dari anjing ini adalah kemampuannya menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik secara mental maupun fisik.

Harga anjing Mini Pomeranian

Harga yang mini tidak berlaku untuk anjing berukuran mini satu ini. Anjing mini pom hidung mancung yang baru berusia kira-kira 2-3 bulan dengan kualitas standar lengkap dengan stambum dihargai sekitar Rp 2,5 juta. Untuk kualitas yang lebih premium, harganya bisa mencapai Rp 4 juta. Namun jika beruntung, Anda tentu bisa menemukan breeder yang menjual mini pom berkualitas lengkap dengan stambumnya dalam harga yang lebih terjangkau.

Untuk diketahui, Stambum adalah akte atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia) untuk anakan anjing yang dilahirkan dari induk dan pejantan yang memiliki jenis trah yang sama dan keduanya pun memiliki stambum (terdaftar). Kita bisa mengetahui silsilah lengkap seekor anjing dari stambumnya, dikutip dari Marry Bunny Town. Kita juga bisa menerka riwayat penyakitnya dari sini. Pastikan menanyakan Stambum saat membeli seekor Mini Pom.

Cara Merawat Anjing Mini Pomeranian

Sebagai anjing tipe toy yang mengedepankan penampilan, anjing Mini Pom harus dirawat secara teratur dan intensif agar penampilannya senantiasa indah dan menggemaskan. Berikut ini adalah cara merawat anjing Mini Pom, dilansir dari Arena Hewan.

1. Bersihkan Telinganya

Dalam perawatan anjing Pom, Anda wajib memperhatikan telinganya karena anjing tersebut memiliki banyak bulu hingga dua lapis yang membuat kotoran pun menumpuk di sela-selanya. Pembersihan telinga bisa dilakukan dengan menggunakan cotton swab yang telah dicelupkan pada cairan pembersih nonalkohol. Perlu diperhatikan, jangan masukkan cotton tip atau cotton bud ke dalam telinga karena bila anjing Mini Pom Anda bergerak tiba-tiba, ia bisa masuk terlalu dalam dan merusak telinga.

2. Potong Kuku Kaki Anjing

Untuk memotong kaki anjing Mini Pom, Anda bisa memotong kukunya dengan cara mengangkat telapak kakinya dari belakang, kemudian anjing akan menekuk sendinya. Selain hal ini, anjing juga dapat ditarik telapaknya ke arah depan namun lebih sulit. Ketika memotong, sisakan juga sepanjang 4-5 mm untuk melindungi bagian dalam kuku. Tersedia juga alat potong kuku anjing di toko hewan peliharaan terdekat.

3. Memandikan Anjing di Bak Mandi

Ketika ingin memandikan si anjing, isilah wadah dengan air hangat, kemudian rendamlah sebagian tubuh anjing. Anda bisa menggunakan cangkir ataupun gayung dalam menuangkan air secara perlahan di atas tubuh anjing tersebut. Perhatikan juga, jangan sampai air masuk ke dalam...(more)

Answered Mar 14, 2018
Juwita Purnamasari
Penyuka kucing; Make Up Artist; Hobi Belanja

Merawat anjing minipom ini sesungguhnya susah-susah gampang. Ada beberapa yang harus diperhatikan dan tidak boleh ditinggalkan. Hal ini dilakukan agar anjing kamu tetap lucu dan manja, tidak menjadi anjing nakal yang susah diatur. Berikut yang harus kamu perhatikan:

p3IQWoHWE13lbrZwwOa90SJJgEjuZ_oh.jpg

1.     Sediakan tempat tinggal

Sediakanlah rumah yang nyaman untuk anjing kecil ini. Pastikan tempat tinggal anjing ini tidak dekat dengan suara keras, benda tajam, dan bau yang menyengat. Pilihlah kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk pernapasan anjing ini. Selain tempat tinggal yang nyaman, kamu juga bisa menambahkan mainan atau bantal untuk alas anjing tidur sehingga bisa tidur dengan nyaman.

2.     Perhatikan makanan

Berikanlah anjing kamu makanan kaya akan nutrisi seperti daging cincang yang lembut dan susu. Mini pom harus diberi makan sebanyak tiga kali sehari, yakni saat pagi, siang, dan malam. Jika anjingmu tidak ingin makan,  sebaiknya periksa bagian gusi atau tubuhnya. Bisa jadi anjingmu itu sedang sakit karena demam atau menderita infeksi pada pernapasan. Oleh karena itu, kamu harus menjaga benar-benar kebersihan kandang mini pom. Inilah yang paling utama cara memelihara anjing pom mini di rumah. Kesehatan anjingmu harus selalu diperhatikan agar tidak cepat sakit.

3.     Menjaga kesehatan bulu minipom

Anjing ini harus diberikan vaksin minimal tiga bulan sekali. Selain vaksinasi, anjing ini juga harus di-grooming minimal setiap dua bulan sekali. Grooming ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan bulu anjing kamu loh. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon. Bulu anjing adalah ikon terpenting dari seekor mini pom yang lucu. Tanpa bulu yang indah, bagus, dan lebat, anjing jenis ini sama sekali tidak akan terlihat lucu dan menarik.

4.     Melatih dan mengajak Mini Pom jalan-jalan

Mini pom adalah anjing yang memiliki fisik yang kecil sehingga kamu harus melatih anjing ini agar kuat dan tidak cepat sakit. Jika anjing ini tidak beraktivitas, ia akan mengalami kesulitan berinteraksi. Kamu harus mengetahui bahwa anjing ini sering menggonggong terhadap sesuatu yang tidak biasa ada di rumah kamu. Selain itu, ajaklah anjingmu ini berjalan-jalan di pagi hari atau sore hari. Kegiatan seperti ini akan membuat anjingmu senang dan berbadan sehat. Anjing ini sangat suka bermain. Ajaklah anjingmu ini bermain dan melatihnya dengan mainan yang biasa digunakan untuk anjing agar anjing ini semakin cerdas. Kebutuhan anjing akan olahraga ini tidak hanya tergantung dari ukuran tubuh anjing saja tetapi juga dari jenis trahnya. Jangan memberikan olahraga yang terlalu berat untuk anakan anjing karena tulang-tulang mereka belum tumbuh dengan sempurna

5.     Latihlah anjingmu sejak hari pertama ia tiba di rumah

Sesungguhnya, anjing tidak lahir dalam keadaan terlatih. Ia akan melihat pemeliharanya sebagai pelatihnya. Apa yang boleh dia lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan harus kamu ajarkan sejak hari itu. Gabungkan latihan ini dengan permainan agar ia tidak bosan dan terjalin hubungan pertemanan yang baik dengannya. Melalui latihan ini, anakan anjing akan mengetahui apa yang diharapkan oleh majikannya.

Dw3ZMEx0CVFTn0SiWvRLuen6-e8BDR25.jpeg

6.     Lakukan perawatan gigi

Pada kenyataannya, gigi yang tidak terawat dapat menyebabkan berbagai penyakit dikemudian hari. Biasakan untuk membersihkan gigi anjingmu sejak awal. Plak dan tartar akan ditemukan pada anjing yang berumur lebih dari 2 tahun yang tidak menjalankan perawatan gigi. Penumpukan plak dan tartar pada gigi merusak email gigi dan gusi sehingga menimbulkan masalah pada kesehatannya.

7.     Cek kesehatan pada dokter hewan secara teratur

Idealnya, ketika memutuskan untuk memelihara anjing, kamu sudah harus memiliki calon dokter hewan yang akan menjadi langganan. Begitu pertama kali anjing peliharaanmu tiba, bawa dia ke dokter hewan keesokan harinya untuk mengecek kesehatannya secara menyeluruh. Minta dokter hewan untuk membuatkan jadwal vaksin untuknya. Buat suasana yang menyenangkan ketika kamu mengajak anjingmu pergi ke dokter hewan agar a tidak merasa takut dan segan untuk bertemu dokter hewannya.

8.     Cek kesehatan di rumah

Sebagai pemilik anjing, kamu wajib untuk membuat jadwal pemeriksaan kesehatan di rumah secara. Periksalah berat badannya, kulit dan bulu, mata dan telinga, gusi dan gigi, dan kejanggalan di bagian kulit. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan sebaiknya segera hubungi dokter hewan langganan anjingmu.

9.     Kenalkan dengan anjing lain

Jika di rumahmu sudah ada anjing yang lain ,sebaiknya dilakukan perkenalan diantara mereka. Anjing yang sudah tinggal lebih lama akan merasa dirinya adalah penguasa di rumahmu. Sedangkan anjing mini pommu yang baru datang, biasanya akan menyepelekan hal ini sehingga dapat membahayakan jiwanya. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengawasan selama beberapa hari agar proses pembauran ini berjalan dengan lancar. Begitu anjing barumu ini sudah tahu, dia tidak akan berkelakuan seenaknya di hadapan anjing seniornya.

10.   Berikan pujian

Jadikan anjingmu ini sebagai anggota dari keluargmu. Jika ia berbuat hal-hal yang benar dan menyenangkan, beri dia pujian. Jika ia melakukan kesalahan, langsung berikan teguran pada saat itu juga agar ia dapat membedakan mana yang dapat membuatmu senang dan mana yang dapat membuatmu  marah. Pada dasarnya anjing ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi majikannya

Answered Mar 21, 2018