selasar-loader

Apakah anjing Rottweiler sangat berbahaya dan galak?

Last Updated Mar 13, 2018

Saya tertarik untuk memelihara anjing Rottweiler karena mengingatkan saya pada masa kecil. Namun, anjing Rottweiler katanya berbahaya. Gigitannya lebih kuat daripada German Shephard.

2 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Informasi
Akun Selasar untuk Berbagi Informasi

Anjing Rottweiler adalah ras anjing yang memang memiliki gigitan lebih kuat daripada German Shepherd. Ia adalah anjing yang aktif dan kuat. Tubuhnya berotot. Bentuk kepalanya lebar, dahinya bulat, hidungnya lebar dan berwarna hitam, serta bibirnya berwarna hitam dan gelap pada bagian dalam mulut. Anjing yang berasal dari Jerman ini bertubuh cukup besar saat dewasa. Bobotnya bisa mencapai 60 kg dan umur seekor Rottweiler bisa mencapai 10 tahun.

Anjing Rottweiler adalah anjing pekerja. Otot-otot di tubuhnya diciptakan untuk menarik gerobak daging dan menjaga penjualnya sesuai dengan nama aslinya, Rottweiler Metzgerhund (Rottweil butcher’s dog) atau anjingnya tukang daging Rottweil. Pekerjaan itu terus berlangsung hingga pertengahan abad ke-19, tepatnya ketika sudah ada kereta api sehingga gerobak tidak lagi terlalu diperlukan. Apakah kereta api membuat Rottweiler jadi pengangguran? Tidak juga. Kalau tidak menarik gerobak daging, ya menggembala. Dan itulah yang Rottweiler lakukan.

Sejarah Singkat Anjing Rottweiler

Rottweiler adalah salah satu jenis anjing penggembala tertua. Anjing ini mungkin adalah keturunan anjing penarik gerobak (drover) Romawi kuno; seekor anjing tipe mastiff yang berbadan kuat, berotak cerdasa, dan memiliki naluri menjaga.

Selama pencarian mereka untuk menaklukkan Eropa, legiun Romawi melakukan perjalanan dalam jumlah besar di seluruh benua. Perjalanan ini membutuhkan dukungan logistik yang baik. Karena teknologi pengawetan bahan makan saat itu belum maju, para tentara Romawi membawa ternak-ternak mereka sebagai bahan makanan. Anjing-anjing penarik gerobak ini menggembala kawanan ternak itu bersama-sama sekaligus menjaganya di malam hari.

Sekitar tahun 74 Masehi, tentara Romawi melakukan perjalanan melintasi Pegunungan Alpen dan memasuki wilayah yang sekarang berada di selatan Jerman. Selama dua abad berikutnya, anjing-anjing drover Romawi terus-menerus digunakan untuk menggiring dan mendorong ternak untuk diperdagangkan, bahkan setelah orang-orang Romawi diusir dari daerah itu oleh orang Swabia. Sebuah kota di wilayah ini akhirnya diberi nama Rottweil.

Rottweil berkembang menjadi pusat perdagangan yang penting. Keturunan dari anjing-anjing ternak Romawi ini terbukti dapat diandalkan untuk mendukung kegiatan perdagangan warga, misalnya dengan mengarahkan ternak ke pasar serta melindungi ternak dari perampok dan binatang liar.

Kebolehan anjing Rottweiler tidak hanya ditunjukkan dalam menggembala ternak ke pasar dan melindunginya. Pada abad pertengahan, anjing-anjing tersebut juga dimanfaatkan oleh tukang jagal untuk menjaga kantung uang yang diikatkan di leher-leher mereka dalam perjalanan ke pasar. Dari sinilah julukan Rottweiler Metzgerhund itu berasal.

97ToHlSMBUTw39Pay9zf16ATGEq4hkuG.jpg

Karena jalur kereta api menjadi metode utama untuk memindahkan saham ke pasar, permintaan untuk jenis Rottweiler menurun. Begitu pula jumlah mereka. Namun, apa yang membuat populasi Rottweiler akhirnya meningkat?

Penawaran ada karena permintaan. Hukum ini berlaku juga untuk anjing ras Rottweiler. Persiapan untuk Perang Dunia I membuahkan permintaan besar untuk anjing polisi. Kuat dan cerdas, Rottweiler memenuhi kriteria yang diminta. Inilah yang menyebabkan kebangkitan kembali minat terhadap Rottweiler.

Selama Perang Dunia I dan II, Rottweilers bermanfaat sebagai layanan dalam berbagai peran, termasuk sebagai utusan, ambulans, draft, dan anjing penjaga. Tentu tidak hanya Jerman yang menggunakan jasanya. Belgia pun demikian.

3Owt4hDJ0Wk9qf9xeBuZahoY31WicIGU.jpg

 

Anjing Rottweiler: Bermanfaat atau justru berbahaya?

Terlepas dari kesan garang yang sering diperlihatkan di media, Rottweiler adalah anjing baik hati yang menyayangi keluarganya dan senang bermain dengan anak-anak. Mereka juga bisa hidup bersama hewan peliharaan lain. Mereka juga memunyai sifat yang sangat melindungi pemiliknya, namun dingin terhadap orang yang tidak mereka kenal. Sifat ingin melindungi sekaligus dingin terhadap orang asing ini mungkin yang membuat Rottweiler tampak galak dan berbahaya.

Sebaiknya Anda sudah berpengalaman melatih anjing jika ingin memelihara Rottweiler. Jika belum, kuatkanlah karakter Anda terlebih dahulu dengan cara bersikap tegas, disiplin, dan mampu mengendalikan diri dengan baik (tahu kapan berkata “ya” dan “tidak”). Anda juga harus banyak mempelajari cara perawatan dan pelatihan Rottweiler (baik melalui buku maupun video) sebelum membeli atau mengadopsi anjing jenis ini.

Batasan dan aturan telah ditetapkan. Anda dan semua manusia harus mempunyai posisi yang lebih tinggi dari anjing sekaligus menjadi pemimpinnya (Pack Leader). Hal itu merupakan salah satu jalan untuk mencapai keberhasilan dalam suatu hubungan manusia-anjing. Maka dari itu, tujuan utama yang harus Anda capai dalam pelatihan anjing Rottweiler ini adalah untuk mencapai status Pack Leader.

Rottweiler perlu dilatih sejak dini dengan terampil untuk menanamkan pemahaman kepada mereka bahwa Andalah yang berkuasa dan mereka harus menurut kepada Anda. Salah satu contoh penegasan ini adalah tidak membiarkan anjing Rottweiler tidur di tempat tidur yang sama dengan Anda. Karena itu, kembali ditegaskan bahwa Rottweiler harus memiliki majikan yang memiliki sifat kepemimpinan yang kuat. Jika tidak, mereka akan merasa memegang kendali. Anda yang harus bisa menegaskan aturan untuk si Rottweiler.

Ingat, insting alami bagi seekor anjing adalah untuk mematuhi perintah Pack Leadernya. Ketika kita manusia hidup dengan anjing, kita menjadi Pack Leader mereka. Seluruh kawanan anjing bekerja sama di bawah perintah seorang Pack Leader. Saat anjing Rottweiler menerima sikap kepemimpinan yang konsisten dan terlatih, mereka akan menjadi teman bermain yang baik bagi anak-anak dan tidak akan membahayakan.

Tips Melatih Anjing Rottweiler

Berikut ini adalah tips melatih anjing Rottweiler sebagaiman dikutip dari anjingdijual.com dan okidogi.com.

Jangan terlalu banyak latihan

Anjing Rottweiler membutuhkan banyak latihan, namun Anda tidak boleh memberikan anjing kuat ini untuk bekerja terlalu banyak atau latihan terlalu sering....(more)

Answered Mar 13, 2018
Juwita Purnamasari
Penyuka kucing; Make Up Artist; Hobi Belanja

Rottweiler merupakan anjing yang bertubuh kekar, kuat secara fisik, dengan bulu hitam dan memiliki belang di tempat tertentu. Rottweiler merupakan anjing yang cerdas dan tidak kenal takut.

Anjing yang dikembangbiakkan di Jerman ini memiliki karakter yang baik, tenang, dan tertarik terhadap hal-hal di sekitarnya. Rottweiler juga pendamping dan penjaga manusia. Mereka menunjukkan perilaku agresif ketika berada di bawah kontrol yang kurang baik dari pemiliknya.

Banyaknya sifat-sifat positif yang beragam termasuk keyakinan, keberanian, dan ketabahan, Rottweiler juga digunakan untuk berbagai tujuan termasuk pencarian dan penyelamatan, hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan polisi, menggiring, dan juga sebagai anjing pemandu.

U0aXYNY1__50OZwSHxkIpq_9qoKm8ISj.jpg

Rottweiler digolongkan jenis anjing berukuran sedang-besar. Untuk anjing jantan, tingginya bisa mencapai 61 hingga 70 sentimeter dan berat badan 50-60 kilogram. Sedangkan untuk betina, tinggi rata-ratanya mencapai 56-63 sentimeter dengan berat tubuh ideal 35-48 kilogram.

Perpaduan tubuh yang cukup besar, tegap, kokoh, serta tenaga yang kuat membuat rottweiler menjadi ‘penyerang’ yang berbahaya ketika melampiaskan kebosanannya. Rottweiler juga sangat mudah bertambah berat badannya, ini menjadi alasan lain mengapa mereka butuh banyak bergerak.

Pada dasarnya anjing rottweiler termasuk anjing yang penyayang. Mereka memunyai sifat yang sangat melindungi pemiliknya dan dingin terhadap orang yang tidak mereka kenal. Gabungan sifat ini membuat mereka dipercaya sebagai anjing penjaga.

Terlepas dari kesan garang yang sering diperlihatkan, rottweiler adalah anjing baik hati yang menyayangi keluarganya dan senang bermain dengan anak-anak. Mereka juga bisa hidup bersama hewan peliharaan lain.

35QBh0QC5NeIUv8TMjempYWPS3dZEHxk.jpg

Rottweiller adalah anjing yang aktif, sangat cerdas, berani, dan berpendirian kuat. Jika dilatih dengan baik, anjing ini pada dasarnya tenang dan percaya diri. Mereka tidak cepat akrab dan penuh pertimbangan saat bertemu orang baru.

Rottweiler termasuk anjing yang sensitif dan tidak betah tinggal di rumah yang bising. Tidak disarankan memelihara rottweiler di tempat tinggal yang sempit seperti apartemen, karena mereka membutuhkan ruang gerak yang luas. Secara alami, mereka berjiwa bebas dan senang berada di luar rumah

Sebaiknya kamu sudah berpengalaman melatih anjing, setidaknya jika ingin memelihara rottweiler. Paling tidak, kamu banyak mempelajari cara perawatan dan pelatihan rottweiler sebelum membeli atau mengadopsi anjing jenis ini.

Rottweiler perlu dilatih sejak dini dengan terampil untuk menanamkan pemahaman kepada mereka bahwa kamulah yang berkuasa dan mereka harus menurut kepadamu. Salah satu contoh penegasan ini adalah tidak membiarkan anjing rottweiler tidur di tempat tidur yang sama denganmu. Rottweiler harus memiliki majikan yang memiliki sifat kepemimpinan yang kuat. Jika tidak, mereka akan merasa memegang kendali. Untuk itu, penting untuk menjadi perhatian, kamu harus bisa memberikan peraturan yang tegas untuk si rottweiler.

Pengarahan sejak usia dini bisa membantu rottweiler untuk mengarahkan energi serta jiwa melindungi mereka yang besar. Ini bisa dilakukan dengan banyak mengajak mereka bermain sejak masih kecil dan mendidik mereka dengan sikap tegas. Jika tidak dilatih dengan baik, rottweiler memang bisa menjadi berbahaya dan galak.

Qv5VcMaj_Ax2LDIcX3fKNsi3T3wrZGrD.jpg

Ajari perintah-perintah sederhana dengan menggunakan kata-kata singkat seperti ‘sit’ untuk duduk dan ‘no’ untuk larangan.

Jangan lupa berikan imbalan seperti snack atau usapan saat mereka berhasil melakukan sesuatu yang kamu ajarkan, ini akan menjadi penyemangat mereka untuk mengulang-ulang perbuatan itu. Imbalan dan hukuman harus diberikan segera setelah rottweiler melakukan perbuatan baik atau buruk.

Jika kamu bereaksi terlalu lama setelah kejadian itu, rottweiler tidak akan mengerti bahwa hukuman dimaksudkan agar mereka tidak melakukan perbuatan yang sudah mereka lakukan.

Jika mereka tidak menuruti perintah, biarkan dan coba ulangi beberapa waktu kemudian. Hindari mendisiplinkan mereka dengan kekerasan fisik atau membentak mereka. Kuncinya adalah bersabar dan mengulanginya di lain waktu.

Secara bertahap dan berhati-hati sekali, mereka perlu diperkenalkan pada keluarga dan kerabatmu agar bisa membedakan mana orang-orang yang berada di dalam ‘lingkungan aman’ dan mana yang asing. Membawa rottweiler kecilmu untuk bertemu dengan banyak orang juga akan membuat mereka nyaman berada di dekat manusia.

Rottweiler bisa hidup rukun bersama hewan peliharaan lain di rumah. Mereka tidak terlalu tertarik untuk mengejar-ngejar hewan-hewan lain. Jika kamu mulai memelihara rottweiler sudah dalam keadaan dewasa, perkenalkan mereka dengan hewan peliharaan lainnya dengan sangat hati-hati, terutama jika hewan lain yang kamu pelihara adalah anjing berjenis kelamin sama dengan rottweiler kamu.

Dari kasus-kasus kematian yang diakibatkan gigitan anjing, Rottweiler pernah bertanggung jawab atas setengahnya dari kasus-kasus tersebut pada tahun 90-an. Anjing ini memiliki kekuatan gigitan paling luar biasa di antara jenis anjing lainnya. Rottweiler dianggap tidak cocok untuk menjadi peliharaan keluarga, tetapi seandainya kamu mampu melatihnya dengan tepat, ia bisa menjadi anjing penjaga yang baik karena sifatnya yang sangat teritorial dan bisa mengenali bahaya.

Sesungguhnya, galak atau tidaknya rottweilermu sangat bergantung dari bagaimana caramu melatih, memperlakukan, dan memeliharanya.

Terakhir, ajaklah rottweilermu berjalan-jalan setiap hari sekitar 10-20 menit agar mereka tidak bosan dan bisa menyalurkan kebutuhan gerak mereka.

Answered Mar 21, 2018