selasar-loader

Apa dampak selain manfaat buah naga merah?

Last Updated Mar 11, 2018

Ada banyak artikel yang menguras manfaat buah naga merah, tapi bagaimana dengan akibatnya? Apakah mengkonsumsi terlalu banyak buah naga merah memiliki efek samping?

3 answers

Sort by Date | Votes
Duljahari Wilakamar
Orang tua yang senang belajar apa saja

Mengonsumsi buah naga memang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata dan membantu program diet. Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini membuat buah naga merah seringkali dikonsumsi oleh mereka yang memprioritaskan gaya hidup sehat.

OxXLn-c4dU_oQY17sRlGXLikgLPjSDAt.jpg

Namun, Tuhan memang Mahaadil. Selain menciptakan manfaat buah naga merah, Ia juga menciptakan efek sampingnya.

Menyebabkan perut kembung

Buah naga merah dapat mengakibatkan perut kembung. Hal ini dapat terjadi karena buah naga mengandung mineral dalam jumlah yang cukup.

OQBu80RmdfRR_wkig6KPdYeF9fvqIap7.jpg

Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga memang sangat baik dan juga bermanfaat untuk kesehatan, namun apabila Anda mengkonsumsinya terlalu banyak, mineral yang masuk ke dalam tubuh Anda melalui saluran pencernaan akan menjadi terlalu banyak.

Mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat perut Anda terasa kembung. Karena itu, kendalikan semangat Anda. Jangan impulsif dalam mengonsumsi buah naga, termasuk buah naga merah.

Menyebabkan sakit perut

Sakit perut barangkali memang penyakit yang Anda sepelekan. Ah, cuma sakit perut. Begitu mungkin pikir Anda. Padahal, penyakit ini akan cukup merepotkan kalau Anda punya banyak hal yang ingin dikerjakan. Jangankan bekerja, istirahat pun menjadi tidak bisa dilakukan kala sedang sakit perut. Padahal, Anda membutuhkannya untuk mengisi kembali tenaga setelah berkegiatan seharian.

Sakit perut bisa diakibatkan oleh kesalahan dalam mengonsumsi makanan, salah satunya terlalu banyak buah naga merah. Konsumsi yang terlalu banyak menyebabkan pencernaan Anda semacam kewalahan dalam mengolah makanan. Akibatnya, Anda menjadi merasa sakit perut.

Dapat menyebabkan maag menjadi kambuh

Penderita maag perlu memperhatikan betul makanan yang hendak dikonsumsi, termasuk apabila makanan tersebut mengandung banyak manfaat seperti buah naga merah. Sebab, buah naga merah dapat menyebabkan penyakit maag menjadi kambuh.

Mengapa buah naga bisa menyebabkan maag menjadi kambuh? Karena buah naga juga memiliki kandungan asam di dalamnya. Mengkonsumsi buah naga secara berlebihan akan membuat konsentrasi asam di dalam lambung meningkat sehingga potensi penyakit maag kambuh pun semakin besar.  Bila Anda memang penderita penyakit maag yang berkeinginan untuk hidup sehat dengan banyak makan buah, sebaiknya batasi konsumsi buah naga ini.

Solusi lain yang patut diperhitungkan adalah dengan mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah naga merah. Hal ini akan membantu mencegah peningkatan risiko maag melalui kenaikan asam lambung pada tubuh Anda. Selain itu, pembatasan juga bisa dimungkinkan karena perut Anda sudah terlebih dahulu terisi sehingga Anda tidak makan buah naga merah secara berlebihan.

Menyebabkan diabetes

Buah naga juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga mengkonsumsi buah naga secara berlebihan tentu berbahaya karena dapat meningkatkan risiko diabetes. Saya menulis bagian ini karena teringat jawaban Anggun Widiastuti pada pertanyaan tentang buah naga (Baca: Apa saja manfaat buah naga?).

k_pdcwYFOtFo0NJiOoaPulP9nmI4d80P.jpg

Betul apa yang dikatakan oleh Anggun. Membuat minuman olahan buah naga seperti smoothies memang sebaiknya tidak dilakukan dengan menambahkan gula, apalagi dalam jumlah yang besar karena terobsesi oleh sensasi manis dan segar yang diharapkan. Bukan semakin sehat, malah potensi penyakit diabetes yang menghampiri kita.

Bijaklah dalam mengkonsumsi buah naga, usahakan jangan mencampur buah naga dengan gula dan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena hal ini bisa saja akan menyebabkan kemunculan gangguan kesehatan yang berbahaya bagi diri anda.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk pada buah yang memiliki banyak manfaat seperti buah naga merah ini. Karena itu, pengendalian diri sangat penting, termasuk dalam hal pola makan dan jumlah makanan yang diasup. Manfaatnya akan benar-benar terasa ketika Anda sudah berusia senja seperti saya.

Jaga selalu asupan nutrisi makanan Anda. Mengkonsumsi buah itu sangat bagus, termasuk buah naga, namun imbangi juga dengan makanan sehat lainnya. Pertimbangkan juga air dan sisakan sedikit ruang di lambung agar sistem pencernaaan termasuk usus Anda tetap rileks dalam bekerja.

saOivIh1fmpEPGdegQfNiJ4VqsuzliJM.jpg

 

Answered Mar 11, 2018
Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah efek samping akan timbul pada konsumsi yang berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak sehat bahkan untuk makanan yang paling sehat sekalipun. Konsumsi buah naga yang berlebihan selain apa yg disampaikan jawaban diatas, juga bisa menyebabkan urin dan feses

Answered Apr 1, 2018
Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

zvJuFT590aYdg1kKvpN_mRihD4FvB1Of.jpg

Pada dasarnya setiap makanan maupun buah-buahan selain memiliki manfaat baik untuk tubuh, terdapat juga beberapa efek samping yang ditimbulkannya.

Efek samping yang pertama, buah naga faktanya dapat meningkatkan risiko diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hal ini dapat terjadi dikarenakan buah naga memiliki kandungan fruktosa cukup tinggi.

Kedua adalah mengonsumsi buah naga secara berlebihan dapat menyebabkan diare. Akan tetapi kondisi ini dapat terjadi pada sebagian orang.

Selanjutnya efek samping yang terakhir adalah mengonsumsi buah naga dapat membuat urin dan feses (BAB) orang yang mengonsumsinya menjadi berwarna kemerahan hingga ungu. Hal ini disebabkan oleh zat warna yang dikandungnya. Akan tetapi perubahan warna pada fese dan urin ini tidak selalu dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu, sehingga hal ini tergantung untuk tiap orang

Answered Apr 1, 2018

Question Overview


4 Followers
552 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Apakah suplemen seperti whey protein memengaruhi sistem reproduksi pria?

Apakah mengonsumsi ikan tuna kaleng setiap hari berpengaruh buruk bagi kesehatan?

Apa saja makanan yang disarankan untuk meningkatkan massa otot?

Apa yang terjadi bila saya hanya mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari?

Mengapa lemak di perut sulit sekali untuk dihilangkan?

Mengapa daging ikan sangat sehat untuk dikonsumsi?

Adakah resep masakan yang enak dimakan untuk para vegetarian?

Apakah kelebihan mengkonsumsi sayur dan buah dalam bentuk jus?

Apakah vegetarian boleh mengonsumsi telur?

Apa saja khasiat buah semangka?

Benarkah biji alpukat bisa mengatasi penyakit ginjal? Mohon dijelaskan.

Apa saja manfaat mengonsumsi buah stroberi?

Mana yang lebih baik; mengonsumsi buah saat sebelum atau sesudah makan?

Benarkah buah nangka dapat menjadi pembunuh sel kanker yang ampuh?

Mengapa Anda menyukai kurma?

Apakah mengonsumsi jeruk dapat menghilangkan sariawan?

Apa buah yang sebaiknya dikonsumsi bagi penderita diabetes?

Buah apa yang paling kamu sukai? Mengapa?

Buah apa yang paling tidak kamu sukai? Mengapa?