selasar-loader

Apa mainan masak-masakan yang recommended?

Last Updated Mar 10, 2018

Saya ingin membelikan mainan masak-masakan karena anak perempuan saya cenderung tomboy. Selain itu, ia juga sudah kecanduan gadget sebagaimana anak-anak di usianya sehingga memberikan mainan masak-masakan adalah solusi terbaik.

2 answers

Sort by Date | Votes
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Anaknya usia berapa tahun, ya? Kalau untuk 6 tahun ke atas, ada mainan masak-masakan yang menurut saya bagus. Namanya “My Ice Cream Maker”.

My Ice Cream Maker

Saya pertama kali melihatnya dari akun Youtube bernama Unboxing Mainan Anak, akun mainan anak yang membuka kotak mainan (namanya juga unboxing) untuk mencoba dan mengomentarinya.

C9-oNVa5MI6HgyJ9zg7K3EdhLMKeHmYD.jpg

Kenapa saya merekomendasikan ini? Kebanyakan mainan anak biasanya adalah baby doll semacam Barbie. Untuk mainan masak-masakan, biasanya adalah yang menggunakan piring-piringan, kompor-komporan, dan sebagainya. Masak yang benar-benar simulasi masak.

Nah, jika Anda ingin membelikan atau menghadiahkan mainan masak-masakan yang unik kepada anak maupun keponakan, My Ice Cream Maker sepertinya adalah mainan yang oke punya (produsen mainan ini seharusnya membayar saya ya, hahaha). Karena temanya adalah bikin es krim. Saya yang bukan anak-anak lagi juga tertarik sih sebenarnya. Hehehe.

Selain mengajarkan kreativitas kepada anak-anak, menurut saya, mainan masak-masakan seperti ini juga bisa mengurangi ketergantungan anak dari ponsel pintar (smart phone) atau perangkat canggih lainnya. Anak juga bisa lebih terlatih fokusnya karena mainan seperti ini bisa meminimalkan distraksi sebagaimana kalau kita main game dalam bentuk apps di ponsel. Terakhir, ini yang paling saya suka, es krimnya bisa dimakan! Ini baru mainan masak-masakan yang hasilnya bisa dimakan. Seru, kan?

Setelah unboxing, anak akan diminta untuk menghias perangkat yang akan ia gunakan dengan cara menempeli stiker di wadah. Kemudian, anak akan diminta merakit mainannya.

Setelah mainan jadi, anak bisa meramu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim. Prosesnya akan melibatkan hal-hal seperti mixing adonan (namanya juga mainan masak-masakan), meletakkan choco chip ke wadah kecil, dan es batu plus garam ke wadah yang lebih besar di dalam mainan, lalu menggiling adonan dengan wadah es krim tadi. Terakhir, es krim yang sudah jadi lalu dituang (ini bagian yang entah kenapa tampak spektakuler), lalu ditaburi choco chips dari wadah kecil. Habis itu? Waktunya makaaan!

Bagaimana, seru kan? Kalau Anda ingin lihat, di bawah ini adalah video Youtube-nya.

 

Play-Doh Meal Makin' Kitchen

Nah, mainan masak-masakan kedua yang recommended buat saya adalah Play-Doh Meal Makin' Kitchen.

Anak-anak itu kuat imajinasinya. Alat-alat tulis kantor yang biasa kita lihat seperti penggaris dan pulpen bisa jadi pesawat terbang dalam pandangan (dan imajinasi) mereka. Mainan-mainan lilin seperti ini menurut saya punya keuntungan, yaitu bisa menyesuaikan diri atau mengikuti keinginan si anak untuk melatih dan mengeluarkan daya imajinasinya.

Imajinasi ini bukan tidak penting, lho. Justru ia berguna dan penting untuk dilatih karena orang-orang yang kreatif cenderung bisa menjadi problem solver yang brilian. Mereka tidak akan sepotong-sepotong dalam menyelesaikan masalah, tidak seperti orang-orang yang masa kecilnya menjalani kehidupan yang monoton. 

 

 

Yang asyik dari mainan lilin ini adalah bisa membiasakan anak dengan kegiatan dapur seperti membuat roti bakar, memanggang makanan, dan sebagainya. Ada berbagai gambar makanan yang bisa dijadikan inspirasi. Ada juga sepuluh kartu resep-resepan masakan.

Untuk bread toaster, anak-anak tinggal memasukkan lilin berwarna putih ke dalam cetakan toaster itu, lalu ditekan. Keluar deh, "roti" bakarnya. Hehehe.

Untuk bagian oven mainan, ada cetakan untuk paha ayam dan daging steak yang T-bone. Kita bisa masukkan lilin warna putih dan cokelat muda untuk membentuk tulang dan daging dari paha ayam di cetakan. Bagian cetakan yang lain bisa diisi oleh lilin warna cokelat tua dan putih demi memberi kesan bahwa itu adalah daging panggang T-bone. Setelah itu, tekan cetakan itu sehingga terciptalah paha ayam dan daging bakar. Habis itu, panggang deh di oven.

Di bawah meja makan, ada semacam cetakan untuk berbagai jenis makanan. Ada cetakan untuk brokoli dan makanan-makanan lainnya. Cetak, lalu bisa dibuat masak-masakan seperti ditumis.

Intinya, mainan masak-masakan ini bagi saya recommended untuk dijadikan mainan anak. Soalnya, selain aman, mainan masak-masakan ini juga bisa meningkatkan kreativitas anak.

***

Selain meinan masak-masakan di atas, saya punya sedikit rekomendasi kalau Anda masih bingung menentukan mainan masak-masakan yang bagus buat anak. Ada beberapa mainan yang bukan lagi peralatan, melainkan sudah berbentuk seperti dapur. Jadi, mereka punya peralatan yang cukup komplit. Hanya saja, siapkan budget Anda betul-betul, ya karena mainan-mainan di bawah ini membuat Anda merogoh kocek cukup dalam. Info ini saya kutip dari my-best.id.

1. Little Tikes Cook 'n Learn Smart Kitchen

dlzMwJZconnq46MxEre0bCcNpwBkoYLe.jpg

Harga: Rp 3.900.000

Mainan impor dari USA ini memang sangat canggih dan mewah. Mainan ini dilengkapi dengan feature aplikasi yang bisa diunduh di playstore, berisi langkah-langkah resep masakan yang bisa Anda lihat sambil tirukan. Tidak hanya itu saja, terdapat pilihan lagu-lagu klasik yang mengajarkan tentang huruf, angka, dan bagaimana tanaman dapat tumbuh dan menjadi makanan. Mainan ini juga disertai dengan games-games yang berisi reward stiker dan piala yang menyenangkan.

Mainan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam peralatan dapur yang sangat lengkap, sehingga membuat anak Anda dapat praktek masak sungguhan. Tidak hanya itu, efek suara yang nyata pada saat memainkan mainan ini pasti membuat anak Anda sangat puas, dan betah berlama-lama memainkannya. 

 

2. Little Tikes Ultimate Cook Kitchen

lYt0Qci6sUrKate27cdI15UFMCaPldEF.jpg

Harga: Rp 3.700.000

Satu lagi mainan produksi Little Tikes. Mainan ini dilengkapi dengan berbagai macam alat dapur yang sama persis dengan alat dapur asli seperti oven, dispenser, kulkas, dan lain lain. Dilengkapi dengan kompor yang bisa mengeluarkan suara unik dan semua peralatan bisa dipencet dan bekerja sama dengan yang asli. Ini bisa membuat anak Anda pasti akan sangat senang memainkannya.

Namun karena ukuran mainan ini cukup besar, Anda perlu menyediakan tempat yang cukup luas untuk meletakkan mainan ini dengan aman. Selain itu,...(more)

Answered Mar 10, 2018
Ade Ratri
Konselor pendidikan

Tahukah kamu bahwa mainan masak-masakan merupakan salah satu mainan yang berfungsi untuk mengedukasi anak-anak? Kini banyak sekali diproduksi mainan masak-masakan mulai dari yang sederhana, sampai mainan peraga peralatan dapur set lengkap yang mewah. Beberapa ada juga yang terbuat dari kayu agar tidak cepat rusak dan aman untuk dimainkan.

Karena begitu banyak macam pilihan mainan, kamu pasti bingung mengenai bagaimana cara memilihnya, bukan? Oleh karena itu, saya akan mencoba untuk merekomedasikan beberapa mainan masak-masakan dan memberikan beberapa tips cara memilih mainan yang terbaik untuk anak-anak.

Dari sekian banyak barang, kami akan merekomendasikan mainan yang simpel dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya.

1. Mainan Buah Potong

rnP5FbeHyreyxdg4jqDYxWVOtb-5RqEx.jpg

Mainan ini aman dimasukkan ke dalam mulut. Satu set mainan isi 32 pcs yang terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, pisau, dan panci ini membuat anak dapat belajar mengenal buah-buahan dan sayuran yang ada di sekitarnya. Terdapat alat perekat di tengahnya yang membuat mereka dapat menikmati sensasi seperti sedang memotong buah sungguhan. Karena semua yang kamu butuhkan terdapat dalam satu keranjang, sangat cocok untuk anakmu belajar mengenal buah.

Selain itu, karena dibuat dengan bahan pewarna yang aman, kamu juga tidak perlu khawatir apabila anak-anak kamu gemas dan memasukkannya ke dalam mulut. Namun karena dibuat dari bahan yang tidak terlalu kuat, berhati-hatilah ketika menyimpannya agar tidak cepat rusak.

2. Kursi Kitchen Set

3iWUlw3WxqkVVpYu8Ny52AbtQDZtLUul.jpg

Mainan kitchen portable yang dikemas dalam bentuk kursi ini terbuat dari bahan plastik yang kuat dan aman untuk anakmu. Produk ini juga dilengkapi dengan sensor lampu yang bisa menyala pada bagian tungkunya. Tidak hanya itu saja, mainan ini juga dapat mengeluarkan bunyi nyata seperti benda aslinya dan membuat anak pasti akan sangat senang dan puas memainkannya.

Mainan ini sangat cocok diberikan ketika kamu sedang sibuk memasak di dapur dan si kecil yang ingin menirukannya hanya tinggal duduk manis di dekat kamu sambil “memasak” masakannya sendiri. Kamu jadi tidak repot dan anak pun senang karena dapat belajar memasak. Selain itu, ketika sedang tidak digunakan, mainan ini juga dapat beralih fungsi menjadi kursi duduk. Praktis kan?

3. Mainan Set Minum Teh

IpmDLL8WfHoMEttUUR9fWpYDp2Ub0hJ9.jpg

Mainan dengan desain yang sangat imut dan lucu ini cocok dimainkan oleh anak perempuan. Terbuat dari bahan kayu yang berisi satu set mainan minum teh seperti cangkir, piring, pisau, es krim, donat, dan kue yang dimasukkan ke dalam satu kotak. Karena terbuat dari kayu, mainan ini jadi sangat ringan dan tidak cepat rusak walaupun terjatuh berkali-kali.

Menariknya lagi, kue, donat, dan es krimnya bisa dipotong-potong menyerupai bentuk aslinya sehingga dapat dimainkan dengan beberapa orang. Kamu juga dapat memperbanyak mainannya dengan cara membeli dua set mainan yang sama, agar anak Kamu bisa bermain dengan teman-temannya. Jadi tidak hanya belajar membuat teh saja, anak kamu pun dapat belajar berinteraksi dengan sekelilingnya.

4.  Dream The Suitcase Pizza

4iz-CzU_xIRr352D2J99_Ijlz6aAx4CV.jpg

Berbeda dengan yang sebelumnya, mainan yang satu ini sangat cocok untuk merangsang imajinasi. Mainan ini berisi gelas, saus, pizza, dan hotplate yang sesuai dengan benda aslinya sehingga membuat anak Kamu dapat bermain sembari berimajinasi bahwa ia sedang membuat pizza dan Kamu dapat berpura-pura menjadi pelanggan yang ingin membelinya.

Dikemas dengan ukuran 24 x 10 x 22cm dalam bentuk koper, membuatnya sangat praktis untuk dibawa bepergian. Bagaimana, apakah Kamu tertarik untuk membelinya?

5. Playfun My Kitchen Mixers

yW34F8s66wgnzbnwDlnj8sMjd7GnAyfZ.jpg

Mainan mixer yang satu ini sangat unik karena selain bisa diisi dengan air asli, terdapat indikator lampu warna-warni di bawahnya, sehingga membuat efek airnya bisa berubah warna sesuai dengan warna lampu yang menyala. Kalau mixer asli membutuhkan listrik untuk menggerakkannya, mainan ini hanya memerlukan baterai saja sehingga sangat aman untuk dimainkan anakmu.

Selain itu, karena bisa diisi dengan air sungguhan, mainan ini dapat melatih imajinasi dan sensor motorik anak Kamu ketika memainkannya. Mainan ini dapat berputar dan dapat mengeluarkan bunyi seperti aslinya, sehingga membuat si kecil merasa bermain seperti sungguhan.

Cara memilih mainan masak-masakan

Melalui permainan masak-masakan, anak-anak dapat bermain sambil belajar banyak hal. Seperti cara berkomunikasi dengan orang lain, bahasa, juga belajar melatih cara menggunakan tangan mereka. Oleh sebab itu, agar anak-anak dapat bermain dengan senang, cobalah memilih mainan yang diminati oleh mereka. Berikut beberapa cara memilih mainan masak-masakan:

1.     Berdasarkan tingkat keamanan

Karena anak-anak lebih banyak bermain dengan tangan mereka, hal utama yang paling penting untuk dipikirkan adalah keamanan dari mainan tersebut.

  • Pilih yang tidak bahaya ketika dimasukkan mulut
  • Pilih yang tidak berbahaya ketika mainannya terjatuh
  • Pilih yang tidak mudah rusak

2.     Berdasarkan ukuran

Memilih ukuran mainan sebelum kamu membelinya, juga merupakan pertimbangan yang cukup penting. Terutama ketika membelinya via online, pastikan kamu memeriksa ukurannya terlebih dahulu agar mudah ketika menyimpannya. Apabila terlalu sukar membayangkan ukurannya, kamu bisa mengukur kotak tempat biasa menyimpan mainan, kemudian konfirmasikan dengan penjual berapa ukuran mainannya.

3.     Ukuran yang mudah dimainkan oleh anak-anak

Biasanya anak-anak mulai bisa bermain ketika memasuki usia 1,5 tahun. Namun pada masa ini, tangan anak masih belum terlalu cekatan dalam memegang benda. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan ukuran mainan yang akan diberikan. Karena memberikan mainan yang terlalu kecil, dapat menyebabkan anak menjadi stres karena kesusahan memainkannya.

Kemudian, pilihlah juga mainan yang sesuai dengan tinggi anak agar mudah dimainkan. Karena akan berbahaya apabila mainan yang diberikan terlalu tinggi, sehingga membuat anak harus naik pijakan dan memaksakan posisi tubuh ketika memainkannya. Akan lebih baik lagi apabila Kamu...(more)

Answered Mar 22, 2018

Question Overview


4 Followers
539 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa kata-kata yang disensor dalam percakapan tersebut? Apakah Anda setuju dengan pendapat wanita dalam gambar tersebut? Mengapa?

Benarkah permainan asah otak seperti puzzle dapat membantu meningkatkan daya ingat?

Bagaimana cara bermain tamagochi?

Bagaimana awal mula penemuan balon?

Mengapa Super Mario selalu lari dari kiri ke kanan?

Apa keseruan bermain lego atau merancang bangunan, apalagi mengoleksinya?

Siapa Ken Kutaragi?

Mana yang menurutmu lebih menarik; Go atau Othello?

Mengapa fidget spinner saat ini sangat digandrungi kaum remaja?

Benarkah bermain fidget spinner dapat meredakan stres?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Pada usia berapakah anak boleh diajarkan bahasa asing? Mengapa?

Pentingkah mengajarkan bahasa daerah kepada anak?

Bagaimana cara yang bijak menjawab pertanyaan anak tentang seks?

Pentingkah orangtua memberikan nama yang baik kepada anaknya? Mengapa?

Seberapa berbahayakah kondisi anak yang memiliki kedekatan berlebih dengan pengasuhnya?

Mengapa channel mainan di YouTube cenderung memiliki banyak sekali penonton?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Bagaimana cara mengatasi anak yang manja?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Bagaimana cara yang tepat membuat anak yang pemalu menjadi aktif di kelas?

Bagaimana cara mendidik anak yang terpisah jauh dari orangtuanya?

Seberapa signifikan pengaruh pendidikan orangtua terhadap tumbuh kembang anak?

Bolehkah orangtua memaksakan mimpinya yang tertunda kepada anaknya? Mengapa?