selasar-loader

Apa saja kerajinan dari kardus yang unik dan populer?

Last Updated Mar 9, 2018

Kardus merupakan wadah yang digunakan untuk membungkus barang yang kita beli. Tidak terhitung jumlahnya berapa banyak kardus yang kita miliki di rumah sebagai sampah karena tidak digunakan. Namun ternyata di luar sana banyak yang membuat kerajinan dari kardus yang menjadi unik dan populer. Apa saja kah?

3 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Kreatif
Akun Selasar yang akan berbagi informasi kreasi masa kini

Karton Box atau yang sering kita dengar dengan istilah kardus, memang tidak akan bisa terlepaskan dari kebutuhan masyarakat. Karena salah satu fungsi utama dari kardus sebagai alat kemas barang atau material yang akan dikirim atau sebelum.

Kardus bekas atau kardus baru seperti ini, bisa dimanfaatkan sebagai media penyimpanan barang bekas yang tidak dipakai lagi, dan juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan dari kardus. Sebagai bahan utama membuata kerajinan.

Kardus bekas yang sudah tidak dipakai, di tangan orang yang tepat dan kreatif ternyata bisa berubah menjadi barang yang cantik, unik, dan menarik. Padahal jika di rumah, kardus di rumah bisa menumpuk karena tidak digunakan atau bahkan diberikan ke tukang loak. Kerajinan dari kardus ini terkadang membuat orang yang melihatnya berdecak kagum karena tidak terpikir sebelumnya.

Sayangnya tidak semua kualitas kadus bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus. Karena banyak jenis kardus dengan berbagai kualitas, ada kardus yang mudah rusak ketika ditindih, dan tidak hanya itu saja kardus sangat sensitif terhadap air.

Maka dari itu Anda harus, menjauhkan kardus dari genangan air di sekitarnya agar tidak mudah rusak. Karena bahannya terbuat dari karton, tentu sangatlah rawan layaknya kertas, tetapi kardus memiliki ukuran yang lebih tebal.

Ada beberapa jenis kardus yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebagai berikut.

1.     Single Face

Kardus single face merupakan jenis kardus yang hanya memiliki satu lapisan yaitu lapisan bergelombang saja sehingga kardus ini tidak kuat jika digunakan untuk pengiriman barang. Kardus jenis single face sangat lentur hanya cocok digunakan untuk pelindung dalam kardus, seperti pelindung pada gelas, piring, dan barang yang lainya.

2.     Single Wall

Bahan katon kardus jenis single wall memiliki tiga lapisan, yang memiliki bentuk yang terdiri dari lapisan atas yang datar. Kemudian lapisan tengah yang bergelombang, dan yang terakhir adalah lapisan bawah yang datar. Ciri bahanya yang tipis biasanya jenis karton box seperti ini digunakan sebagai distribus pengiriman, yang berada dalam kawasan lokal saja, dan biasa digunakan untuk bungkus barang seperti barang elektronik, maianan, minuman, dan makanan.

3.     Double Wall

Bahan kardus karton double wall memiliki tujuh lapisan, yaitu 2 pada bagian atas, kemudian lapisan gelombang, dan yang tengah lapisan datar, kemudian lapisan bergelombang lagi, dan yang terakhir 2 lapisan datar pada bagian bawah. Total tebal kardus double wall memilik ukuran 7 mm, karton jenis ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang yang dikirim untuk kawasan lokal atau pengiriman ke kawasan luar negri. Karena bahan yang tebal dan kuat, kardus tipe double wall sangat cocok, untuk pengiriman barang jauh.

4.     Triple Wall

Jenis bahan kardus tipe triple wall, memiliki sepuluh lapisan di antaranya lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan datar, dengan total ketebalan kardus 10 mm. Bahan kardus jenis triple wall, merupakan jenis kardus kuat untuk pengiriman barang. Di antara kardus-kardus sebelumnya, kardus ini sangat cocok sekali digunakan sebagai alat pengemas barang-barang ekspor yang akan dikirim ke luar negeri.

Kardus bekas yang menjadi bahan utama kerajinan tangan dari kardus ini jika diolah dengan baik, bisa menjadi karya seni yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomis yang tinggi. Jika kamu memiliki waktu luang dan hobi untuk berkreasi, kardus bekas adalah pilihan yang tepat untuk menghasilkan sesuatu yang menarik.

Beragam ide bisa hadir dan menjadi inspirasi dalam pembuatan kerajinan dari kardus bekas yang sudah tidak terpakai. Kamu dapat membuat berbagai hiasan, wadah untuk menaruh sesuatu, membuat robot, atau bahkan membuat istana boneka. Tidak ada yang tidak bisa dibuat dengan kardus. Semua imajinasi kamu dapat diakomodir melalui kardus bekas, dengan catatan kamu bisa membuat kerajinan tersebut dengan baik.

Berikut adalah kerajinan tangan dari kardus yang unik dan populer karena tidak terbayangkan sebelumnya dapat dibuat menggunakan kardus. Tentu saja ini dibuat oleh orang dengan cita rasa seni yang tinggi. Kamu juga bisa mencobanya loh!

1. Transformer dari kardus

bn82nuOZKE2Q4ZtRiJIOA_n4EnIdZksn.jpg

2. Senapan dari kardus

dFFZDXyH31HmuKm_Mn8j5_86EkA4BxWz.jpg

3. Skateboard dari kardus

Ej4uR5KfY_s8WUbyQ2TXnDvuUjSUdj4H.jpg

4. Sirkuit tamiya daru kardus

oXRbMLs4J01tqbHuuUsz67VrmgBvZRec.jpg

5. Rak buku dari kardus

Sx4PkT7fQRRcjSjOtQlPi6FbaUtQaqnX.jpg

6. Lampu belajar dari kardus

3F7YXK1GHDqw9EfGVJfgS6jWk6f7ZLaW.jpg

7. Iron man dari kardus

oiKQel9BnUanvWrncLOsGVe_ucT62BvI.jpg

8. Istana dari kardus

g0ARq9wp3aJcsI4PblsdEUN38y3bk89Q.png

9. Sepeda dari kardus 

Hphyz6XMUR76C2_Tx6nuoN9E985iViTC.jpg

10. Globe dari kardus 

b0HwcpF83thtn8KhRj3xc3fco77FC904.jpg

11. Boat dari kardus

OMPQDgjws4-l9yOG6G9dXSw2jnCC72Jx.jpg

12. Biola dari kardus

PX7Fl_IMaCA5OZJqb3G7izoOWuZSm4OC.jpg

13. Mobil dari kardus

PpJ-UwImUa-6tuQvUhI4pU08d296FM5M.jpg 

Keren-keren kan? Kamu juga bisa melihat kerajinan dari kardus lainnya pada video di bawah ini

Banyak sekali kerajinan dari kardus yang bisa kamu buat dengan kreativitas yang unik, dan bisa Anda kembangkan sendiri jika Anda memiliki imajinasi yang lebih.

Semua bisa kita lakukan jika ada kemauan untuk membuatnya. Nah bagaimana cara membuat kerajinan dari kardus di atas mudah dan lengkap bukan. Bila ada waktu ajaklah anak dan keluarga untuk membuat kerajinan tangan. Mulailah dari kerajinan tangan sederhana, baru membuat yang lebih rumit lagi.

Tidak hanya itu, membuat kerajinan kardus ini juga memiliki banyak manfaat bagi anak loh.

1.     Mengembangkan kreativitas dan Imajinasi Anak

Semua anak memiliki bakat kreativitas. Hal tersebut dapat dilihat bagaimana anak-anak mampu membuat karya. Bagus dan tidaknya bukanlah hal yang utama karena karya yang dibuat oleh anak-anak adalah hasil dari imajinasi yang luar biasa.

Dengan membuat kerajinaan, anak-anak dituntut untuk membuat sesuatu sesuai dengan apa yang dibayangkan dan diimajinasikannya. Di situlah kreativitas anak akan semakin berkembang karena anak dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri.

2.     Mengajarkan Anak Sabar dan Teliti

Agar kerajinan berhasil dibuat anak akan lebih terlatih kesabarannya. Selain itu anak menjadi lebih teliti. Saat membuat kerajinan, Anda bisa membantunya dengan memberikan instruksi atau memberi contoh.

3.     Melatih Kemampuan Motorik

Kemampuan...(more)

Answered Mar 9, 2018
Juwita Purnamasari
Penyuka kucing; Make Up Artist; Hobi Belanja

Apakah kamu termasuk orang yang mudah bosan, tetapi memiliki kreativitas yang tinggi? Kamu bisa membuat kerajinan dari kardus untuk mengatasi kebosanan dan menyalurkan ide kreatifmu loh! Saat ini begitu banyak tutorial mengenai kerajinan tangan dari kardus dan hampir semua mudah dilakukan di rumah tanpa membutuhkan alat-alat yang sulit ditemukan.

Siapa tahu kan dari kreativitasmu itu, kardus yang tadinya hanya menumpuk di gudang bisa menjadi bahan pajangan atau bahkan kamu jual?

Selain itu, kardus yang menumpuk itu jika dibiarkan hanya akan membuat rumahmu kotor karena bisa jadi menjadi sarang tikus. Bahkan jika terkena air, kardus-kardus itu hanya akan menjadi sampah-sampah tidak berguna yang memperjelek rumahmu.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, kardus memiliki manfaat utama sebagai wadah untuk mengemas barang sebelum diantar atau dipasarkan. Terkadang, kardus juga digunakan untuk mengemas barang saat kita akan pindah rumah atau kosan. Intinya, kardus memiliki manfaat sebagai wadah yang membantu kita mengemas sesuatu agar mudah dibawa dan terlihat rapih.

Namun penggunaan kardus biasanya berhenti sampai di situ. Saat barang pindahan kita sudah diletakan di lemari atau di rak masing-masing, kita tidak lagi membutuhkan kardus untuk mengemasnya. Alhasil, alih-alih merapikan kardus dari pandangan mata, kamu merasa lebih baik membuangnya atau memberikan kepada tukang loak.

Padahal saat kamu memulai untuk memanfaatkan kardus menjadi kerajinan tangan dari kardus, kamu bisa menghemat pengeluaran karena membuat benda yang dibutuhkan menggunakan kardus bekas. Tidak hanya itu, kardus bekas tidak dipakai itu memiliki nilai tambah dan nilai guna karena telah diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selain itu, kalau kamu rajin meng-upload hasil karya kamu di instagram misalnya, bukan tidak mungkin kerajinan dari kardus buatanmu banyak yang suka dan ingin membelinya.

Ada loh seorang difabel yang terkenal karena kreativitasnya memanfaatkan kardus. Namanya Herlin Susilowati (37) tahun. Ia mengalami kelumpuhan sejak usia 16 bulan pada kedua kakinya. Akhirnya keadaan ini menjadikan Herlin hanya bisa bepergian menggunakan kursi roda.

Berbekal fakta bahwa ayahnya dahulunya adalah perajin wayang di Kota Madiun yang berjuang melestarikan wayang dengan berbagai lika liku perjuangan, Herlin pun memiliki komitmen yang sama.

Di tengah keterbatasannya, Herlin ikut serta dalam upaya melestarikan budaya dengan membuat wayang kulit menggunakan kardus, bukan dengan kulit. Ia memanfaatkan bekas kardus susu formula untuk menjadi bahan dasar pembuatan wayang.

Hasilnya menakjubkan loh!

Herlin mampu menciptakan wayang kardus dari ukuran mini hingga jumbo dengan harga terjangkau. Wayang mininya ia jual sebagai gantungan kunci seharga Rp5.000. Sedagkan wayang mini kardus buatannya dihargai kisaran Rp4.000—Rp15.000.

Saat ini, Herlin mampu memproduksi 25 wayang mini dari kardus dengan ukuran 7—12 cm perharinya.

See?  Sama sekali tidak ada yang menyangka bukan kerajinan dari kardus mampu menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan.

Bahkan, dengan kamu membuat kerajinan menggunakan kardus, kamu ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan loh. Kenapa begitu? Ya jelas saja, kamu sudah menjadi bagian orang-orang yang ikut serta dalam upaya 3R, yakni Reuse, Reduce, dan Recycle. Kamu termasuk yang melakukan hal baik untuk kelestarian lingkungan kita. So, jangan ragu lagi untuk memulai kreativitasmu untuk membuat kerajinan dari kardus ini yah.

Di bawah ini, saya berikan inspirasi yang bisa jadi panduan kamu untuk membuat kerajinan dari kardus:

Kerajinan dari kardus: Potret Kardus

MeVaJ0br2rsA4tgpmC1ooDWunEzDsJvu.jpg

Alat dan bahan yang harus kamu siapkan:

lbNOttyLBV3KumR4M3fuw9DGG3jBdfki.jpg

  • Kardus bekas. Usahakan cari kardus yang berwarna hitam, biasanya kardus bekas laptop atau alat elektronik. Kalau kamu tidak menemukannya, kamu bisa menyemprot kardus biasa dengan spray (Pylox).
  • Lem UHU dan lem G
  • Penggaris.
  • Cutter.
  • Art knife (usahakan dalam keadaan benar benar tajam).
  • Gunting.
  • Selotip.

Cara membuat kerajinan dari kardus: Potret Kardus

QMiACasSH_cHV_olAk4kNzl4Gq2kRMuL.jpg

  • Alas
  1. Ambil kardus bekas yang sudah tidak terpakai tadi, potong menjadi persegi dengan ukuran 30 x 40 cm.
  2. Di sisi kardus, masing-masing buat frame  dengan tinggi 3 cm, lalu dilem menggunakan lem G.
  • Gambar/ potret

xQ_tiUuW8-dzPbv0qqw4i0Jlrq2Vuv7e.jpg

  1. Pilih gambar yang kamu inginkan.
  2. Buatlah versi stensilnya.
  3. Print di kertas bekas dengan tinta tipis saja.
  4. Tempel dengan selotip di kardus hitam tadi.
  • Menyayat Gambar/ Potret

ar9An8hS-4RaQD6wxPPOyqEH5JOIzBko.jpg

  1. Sayat gambar sesuai dengan yang diinginkan menggunakan art knife.
  2. Setelah selesai di sayat, kupas perlahan sisi putih gambar sehingga hanya tersisa bagian hitam saja.
  • Finishing

JWa7_-faKaolmXAuBjD8cNOs4C8BZtHe.jpg

  1. Kamu bisa memberi ketebalan agar tampak lebih menarik.
  2. Potong gambar yang sudah jadi menjadi beberapa bagian.
  3. Beri ketebalan dengan merangkapkan kardus di setiap sisi potongan.
  4. Setelah semuanya diberikan ketebalan beragam, tempel semua bagian tersebut dengan lem UHU ke atas alas yang tadi sudah kita siapkan.

MIE-pShTOD6WarYTmi-Qipm0CALKtOgs.jpg

Bagaimana, keren bukan? Tertarik untuk membuatnya? Ini adalah hasil karya Puji Waluyo, seorang asli Surabaya, lulusan S1 Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Bekerja di perusahaan furniture di Surabaya, sebagai desainer produk. Suka menggambar, craft, sepak bola, dll.

Punya ide lain yang lebih menarik?

Answered Mar 19, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Kerajinan dari kardus sepertinya sesuatu yang tidak jauh-jauh dari masa pertumbuhan saya. Kala SD dulu, saya mengikuti ekstrakurikuler tari. Kala berlatih tari kuda lumping (jaran), kami disuruh membuat kuda lumping yang dibuat dari kardus. Seru itu. Ada yang kudanya besar sekali, ada yang lebih menarik: bentuknya lebih mirip cacing daripada kuda. Langsung jadi bahan bully sekelas, hahaha!

Pertanyaan kerajinan dari kardus satu ini juga membuat saya teringat pada salah satu ujian yang pernah dialami ketika SMP. Waktu itu, ada mata pelajaran bernama kerajinan tangan dan kesenian (KTK). Ujian akhirnya lebih menarik dari yang saya kira; membuat prakarya dari bahan kardus secara berkelompok! Saya yang waktu itu terobsesi menjadi pilot tempur langsung berinisiatif membuat miniatur lapangan udara. Ada hanggar pesawat, runway, dan tentu saja pesawat tempur dari kardus. Kami bisa menjadi sangat asyik tanpa kehadiran mobile legends saat itu, hehehe. Modalnya hanya kardus bekas yang diolah dengan menggunakan kreativitas!

Yang pertama kali dibutuhkan adalah cetak birunya. Kamu bisa mendapatkannya dari majalah atau print saja gambar yang ada di internet, salah satunya Pinterest. Biasanya dengan menggunakan keyword jet fighter papercraft, kamu bisa mendapatkan gambar-gambar dari Pinterest seperti ini,

vqvWL1JYYgt0FJ4clcY_bIOizrdWtUzB.jpg

seperti ini,

pplG7yXs6AWEvpl4o0cBPyAZfRiP08Ee.jpg

atau seperti ini.

lRO74y9HJy5ntpAYIjH9TdXRFQxI3LwX.jpg

Waktu itu, saya menggunakan bahan dari majalah Angkasa, kalau tidak salah. Ini adalah majalah yang segmentasinya dirgantara. Para pecinta pesawat wajib beli majalah ini. Waktu itu, saya terobsesi membuat pesawat Rusia yang desainnya futuristik, namun pengembangannya sangat lambat akibat terhambat krisis ekonomi. Namanya adalah Sukhoi Su-47 Berkut.

Seperti ini penampakannya.

seiCnjVVLOH-t8jI-m3WJj5rujjHUF7z.jpg stackexchange.com

Setelah itu, cetak biru yang sudah dipilih ditempelkan saja ke permukaan kardus kemudian digunting. Dengan demikian, pekerjaanmu akan relatif lebih mudah dibanding harus ukur sana-sini dulu.

Oh ya, bisa juga kamu fotokopi jadi beberapa kali dengan perbesaran tertentu. Biar tidak mudah sobek, kamu bisa minta tukang fotokopi untuk memfotokopi dengan menggunakan kertas buffalo yang lebih kuat. Harga bisa lebih mahal, tapi tidak sebanding dengan kepuasan yang dihasilkan, tentunya.

Setelah itu, ya tinggal lipat sana-sini mengikuti ketentuan gambar. Namun harap diingat, tidak semua bisa akurat dalam segala sesuatunya. Kadang, kamu perlu melakukan sejumlah improvisasi agar hasilnya lebih ciamik nan memuaskan. Untuk kokpit pesawat, misalnya. Agar kokpit tampak lebih nyata, kamu bisa menggunakan plastik transparan yang biasanya digunakan untuk menjilid makalah. Gunting sesuai tampilannya. Lalu tempelkan perlahan menggunakan lem. Tapi pastikan dulu body pesawat sudah dicat. Waktu itu, saya mengecat pakai pylox agar hasilnya bagus. Benar-benar DIY alias do it yourself deh, pokoknya!

Mungkin teman-teman akan berpikir, apa bedanya menggunakan plastik? Cuma kokpit saja, kok.

It is very different, my friend. Bagi saya, kokpit ibarat mata bagi pesawat. Begini bedanya.

729-XvJulN5au_2768P6J8sAUuZler25.jpg aircair.com

YffTTHxtMJNCex7RTEHnIO7tgBkgYEh1.jpg templates-for-websites.com

Saya jadi berpikir, kalau seseorang ingin melepaskan diri dari adiksi telepon seluler, ketika ia ingin belajar mindfulness karena mudahnya ia terdikstraksi oleh sesuatu (terutama denting notifikasi dari ponsel), kegiatan-kegiatan semacam ini sebenarnya sangat bisa dilakukan. Selain produktif, jiwa kita juga menjadi jauh lebih tenang karena terhindari dari racun media sosial berupa nyinyir politik netizen yang "maha benar", hehehe.

Ayo bikin! :-D

Answered Mar 20, 2018

Question Overview


5 Followers
1121 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa ide kerajinan dari barang bekas yang bisa dijual?

Bagaimana cara membuat suatu konten menjadi viral? Apa ada tips khusus?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif mengatasi rasa kantuk ketika dalam perjalanan di kendaraan?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif mengatasi rasa kantuk di waktu kerja?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif mengatasi rasa kantuk kala belajar?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif belajar dalam mempersiapkan ujian (UTS/UAS)?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif mengendalikan amarah?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif mengendalikan rasa senang berlebihan?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif mengendalikan rasa lapar?

Bagaimana cara terbaik dan yang paling efektif bersosialisasi dengan orang baru di kantor?

Apa tips terbaik untuk belajar (memahami sesuatu) dengan cepat?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Manakah alat musik yang paling sulit dipelajari berdasarkan cara memainkannya; tiup, pukul, gesek, petik, atau sentuh?

Apa Golf Course Terbaik di Kota Medan dan kenapa?

Jenis sayur dan buah apakah yang tidak cocok untuk Anda, dan mengapa?

Mengapa seseorang lebih mudah berkeringat dibanding orang lainnya?

Bagaimana cara menunggang kuda?

Apa pengalaman menarikmu saat pertama kali belajar mengendarai mobil?

Apa fungsi dan penjelasan setiap panel pada camera dSLR?

Apa yang harus dipersiapkan untuk belajar fotografi?

Apa lagu yang paling kamu sukai dan mengapa?

Apa manfaat mengikuti kegiatan pecinta alam?