selasar-loader

Bagaimana cara membuat henna pasta?

Last Updated Mar 8, 2018

Akhir-akhir ini henna menjadi tren yang digunakan oleh para pengantin wanita di tangannya. Henna dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi motif tertentu yang indah. Lalu bagaimana cara membuat henna pasta sendiri di rumah yang mudah dilakukan?

2 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Kreatif
Akun Selasar yang akan berbagi informasi kreasi masa kini

Henna merupakan pewarna alami yang berasal dari tanaman  yang tumbuh di daerah seperti Timur Tengah dan Afrika Utara. Henna akhir-akhir ini menjadi tren dalam dunia kecantikan. Biasanya henna digunakan untuk mewarnai tangan dan kaki mempelai pengantin wanita dengan motif tertentu. Henna sendiri saat ini terdiri dari berbagai macam warna.  Adakah cara membuat henna pasta yang bisa dilakukan sendiri di rumah?

Baiklah, sebelum membuat henna pasta, kita akan  mencari tahu terlebih dahulu apa itu henna. Henna yang berasal dari tanaman dengan nama latin lawsonia innermis ini diambil daunnya kemudian ditumbuk. Bubuk inilah yang kemudian menjadi bahan utama membuat henna pasta yang digunakan untuk mewarnai tangan dan kaki seseorang.

Pengantin wanita biasanya menggunakan henna sebagai salah satu seni hias tangan dan kaki. Henna bukanlah tato, meski memiliki warna, henna tidaklah permanen. Dalam waktu tertentu, efek dari henna yang dilukiskan di anggota tubuh akan hilang dengan sendirinya. Hennda sendiri dianggap sebagai salah satu kosmetik tertua di dunia yang bisa digunakan pada kulit, kuku, serta rambut.

rPNxjDb0qtpkRLgWLNu3-l3j7lWbP1Ia.jpg

Saat ini begitu banyak henna pasta yang dijual di pasaran. Kamu juga dapat menemukan henna berbentuk bubuk ataupun pasta yang siap pakai. Penggunaan henna pasta sangat praktis. Henna yang berbentuk pasta menjadikannya henna yang sangat mudah digunakan untuk membentuk pola tertentu pada kulit.

Namun jika kamu penasaran bagaimana cara membuat henna pasta, kamu harus menyiapkan beberapa bahan dasar agar kamu dapat membuat henna pasta yang cantic untuk di aplikasikan pada tangan dan kaki kamu.

fgtw8a4GVpDE221uIAkwcPrg2TkIUqdF.jpg

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat henna pasta yang dapat kamu buat di rumah:

1.     Henna bubuk

Henna bubuk ini biasanya kamu temukan berwarna hijau dengan bau daun yang khas. Henna bubuk yang bisa digunakan adalah yang masih segar, ini terlihat dari bubuknya yang tidak menggumpal. Pastikan tekstur henna bubuk ini halus, seperti tepung atau bedak.

2.     Jeruk nipis

Kamu membutuhkan air perasan jeruk nipis untuk membuat henna pasta. Pastikan tidak ada bulir jeruk yang ikut serta tercampur ketika membuat henna pasta. Selain air perasan jeruk nipis, kamu juga bisa menggantinya dengan air the atau kopi.

3.     Oil

Oil atau minyak yang digunakan untuk membuat henna pasta atau meracik henna adalah essential oil. Kamu dapat menggunakan jenis cajuput, eucalyptus, lavender, atau tea tree. Penggunaan minyak ini bisa membantu henna menghasilkan warna yang lebih gelap. Tidak hanya itu, penggunaan minyak pada saat meracik henna adalah dapat membuat pasta henna menjadi lebih lembut dan nyaman saat digunakan.

4.     Mangkuk

Penggunaan mangkuk  ini akan membuat kamu mudah mengolah henna pasta. Adapun ukuran mangkuknya tidak terlalu besar, tidak juga terlalu kecil. Tergantung dari  jumlah henna yang akan kamu buat. Mangkuk ini akan digunakan sebagai wadah meracik henna pasta.

5.     Sendok

Sendok digunakan untuk mengaduk henna pasta dari berbagai campuran di atas hingga merata. Kamu bisa menggunakan sendok jenis apapun untuk mengaduk henna pasta.

6.     Plastik

Plastik yang digunakan adalah plastic wrap untuk makanan. Plastik ini akan digunakan untuk menutupi henna pasta pada proses peracikan. Selain itu, kamu juga membutuhkan plastic segitiga atau berbentuk cone untuk menempatkan henna pasta saat telah selesai dibuat.

7bgioHY8779ICVqCqtOLZ7BVYCfwAKVM.jpg

Setelah semua bahan siap, ikuti cara membuat henna pasta berikut ini dengan seksama:

1.     Ambil henna bubuk secukupnya. Tergantung kebutuhan kamu seberapa banyak henna itu akan kamu pakai nantinya. Paling sedikit bisa kamu gunakan 1 sendok makan henna bubuk. Jika henna yang kamu gunakan menggumpal, kamu bisa menyaringnya terlebih dulu dengan saringan.

2.     Beri air perasan jeruk nipis. Ingat hanya airnya saja, jangan sampai bulir jeruknya ikut serta masuk ek dalam wadah yang telah berisi henna bubuk tadi.

3.     Aduk henna bubuk dengan perasan air jeruk tadi. Jangan terlalu encer, pastikan pasta yang kamu buat masih kental.

4.     Tutup mangkuk yang berisi campuran henna dengan jeruk nipis tadi menggunakan plastic wrap makanan. Diamkan selama kurang lebih 6 jam lamanya. Letakkan di tempat hangat, bukan panas. Perhatikan perubahan warna henna pasta yang didiamkan tadi.

5.     Setelah didiamkan selama 6 jam. Buka tutup plastiknya.Aduk henna pasta hingga merata menggunakan sendok. Tambahkan essential oil sebanyak 5 tetes. Kemudian aduk kembali hingga merata. Tutup kembali kemudian diamkan hingga 8 jam.

6.     Setelah didiamkan selama 8 jam, buka kembali tutup plastiknya. Aduk hingga merata. Masukkan henna pasta yang telah selesai kamu buat ke dalam plastik berbentuk cone. Kamu dapat menyimpannya di dalam freezer jika ingin menggunakannya nanti.

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan membuat henna pasta sendiri, kamu tidak perlu khawatir kehabisan henna saat kamu sedang asyik menggambar motif di tangan atau kakimu karena persediaan henna kamu yang banyak. Selamat berkreasi!

Selain membuat henna pasta, berikut kami berikan cara menggunakan henna yang telah kamu buat di rumah.

Berikut ini adalah penjelasan atau tutorial memakai henna pasta sendiri yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Mencuci Kulit dengan Air Sabun

Sebelum membuat pola pada kulit, kamu harus mencuci terlebih dahulu kulit atau bagian tubuh yang akan diberi henna. Tujuannya agar memudahkan pada saat proses pembuatan polanya dan agar minyak yang lengket pada kulit kamu dapat hilang dan tidak menghambat proses pembuatan henna. Namun jika kulitmu cenderung berminyak, gosokkanlah sedikit alkohol dengan kapas ke bagian kulit yang akan diberi henna.

2. Tempatkan Ujung Kantong Henna di Atas Kulit

Letakkan ujung kantong henna tepat di atas kulit kamu. Agar henna tidak mudah tercecer atau tumpah. Kemudian, tekanlah dengan lembut pada bagian atas kantong. Tepat di bawah karet gelang dengan menggunakan ibu jari kamu agar henna keluar melalui ujung kantong. Jika henna sulit keluar, kamu bisa melebarkan ukuran lubang pada kantong...(more)

Answered Mar 8, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Belakangan ini, menggunakan henna sebagai pewarna untuk menghias tangan atau kaki perempuan sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya sekadar menjadi tren, masyarakat Indonesia juga memiliki adat yang melibatkan penggunaan henna pada berbagai upacara pernikahan. Tidak heran kalau sekarang henna banyak beredar di pasaran. Tapi sebenarnya, kita juga bisa membuat henna kita sendiri di rumah. Kira-kira bagaimana cara membuat henna pasta?

Sebelum membahas cara membuat henna pasta, kenali dulu yuk apa itu henna.

Apa Itu Henna?

Kata henna sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang artinya merujuk pada nama sejenis tumbuhan. Tumbuhan ini memiliki nama Latin Lawsonia intermis. Warga Arablah yang pertama kali menyebutnya menjadi hinna atau mehndi (mehendi), yang berarti ‘dedaunan yang dapat meninggalkan warna merah pada kulit’.

LlNJycrrCyHAKVXqHMkoFeSSLNWCQLNs.jpg

Tanaman henna dapat tumbuh sepanjang 4 sampai 6 kaki di negara beriklim panas seperti Pakistan, India, Mesir, Afganistan, Iran, Palestina, Afrika, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, dan Kenya. Henna juga merupakan tumbuhan kosmetik tertua yang terbukti aman digunakan pada aneka jenis kulit, bahkan untuk kulit yang sensitif sekalipun.

Belum diketahui pasti kapan dan di mana henna awalnya ditemukan. Namun, henna telah digunakan sebagai kosmetik sejak kira-kira 5000 tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang. Henna juga dikenal di berbagai negara di dunia, terutama di benua Afrika, Asia, dan Amerika.

Henna di Afrika, Asia, dan Amerika

Para perempuan yang berasal dari Afrika, Asia, dan Amerika menggenal penggunaan henna dengan berbagai nama. Biasnaya, selain untuk kecantikan, tujuan penggunaan henna adalah untuk melindungi pemakai.

Selain itu, henna juga dikenal sebagai obat dan digunakan untuk terapi. Bahkan, henna yang digunakan sebagai kondisioner pada rambut akan memberikan efek berupa rambut menjadi sehat, tumbuh mengkilap, dan baik untuk kesehatan kulit kepala.

Henna di India

Selain menggunakan make up dan perhiasan, salah satu cara mempercantik diri yang di kenal di India adalah menggunakan henna. Henna memegang peranan penting dalam masyarakat India. Selain dipakai dalam kehidupan sehari-hari, henna juga digunakan pada acara-acara khusus seperti pernikahan.

Biasanya, sebelum pernikahan dilangsungkan, mempelai perempuan akan hadir di pesta mehndi bersama keluarga dan teman. Saat itu, mempelai perempuan akan dihias menggunakan henna, mulai dari ujung jari sampai siku; dari ujung kaki sampai lutut.

rFjUX06P52KLdV6mL6K_4FcXF4whcHmQ.jpg

Nama mempelai laki-laki pun turut ditulis di sela-selanya. Sementara itu, mempelai laki-laki diharuskan menemukan namanya yang ditulis tersembunyi di tangan maupun kaki mempelai perempuan sebelum acara pernikahan. Namun, ada kalanya mempelai laki-laki juga turut dihias dengan henna.

Henna di Indonesia

Tidak hanya sekadar menjadi tren, masyarakat Indonesia juga memiliki adat yang melibatkan penggunaan henna pada upacara pernikahannya. Dikutip dari nationalgeographic.co.id, berikut adalah tiga upacara pernikahan adat yang  melibatkan henna dalam prosesinya.

1. Malam Bainai

Dalam bahasa Minangkabau, istilah Bainai berarti melekatkan tumbukan halus daun pacar merah dan dipulaskan ke kuku-kuku jari calon pengantin wanita. Tumbukan halus daun inai didiamkan semalam dan akan meninggalkan warna merah yang cemerlang pada kuku.

Dalam adat Minang, mengawinkan seorang anak gadis untuk pertama kalinya dianggap begitu sakral. Semua keluarga dan tetangga ingin menunjukkan partisipasi dan rasa perhatian pada keluarga yang sedang mengadakan acara adat.

Acara malam bainai dilangsungkan malam hari di mana semua tetangga dan kerabat berkumpul untuk saling bersilaturahmi sebelum menggelar pesta pernikahan keesokan harinya.

2.    Mapacci

Daun pacar atau yang dikenal sebagai daun pacci dalam adat Bugis-Makassar dinamakan dengan Pacci yang terkait dengan Paccing yang dalam bahasa Bugis disebut suci. Dengan demikian, pelaksanaan upacara mapacci menggambarkan upacara pernikahan yang suci.

Acara Mapacci sendiri dilaksanakan saat acara Tudang Mpenni, menjelang pelaksanaan akad nikah di keesokan harinya. Setelah acara mapacci, calon mempelai diharapkan memiliki kesucian hati untuk memasuki bahtera rumah tangga di keesokan harinya. Warna pacci yang merah dan sulit hilang juga muncul sebagai simbol pernikahan yang kekal dan langgeng.

QNCtZrCOSNLNJf37ZK8vhONclsGpV1o5.jpg

Acara Mapacci dipenuhi dengan doa yang khidmat dan restu dari para kerabat yang hadir. Selain itu, acara ini juga perlu dihadiri oleh sembilan pasang sesepuh yang berasal dari keluarga ayah dan ibu mempelai.

3. Berinai Curi

Acara berinai yang dilangsungkan oleh masyarakat Riau cukup unik karena di malam calon pengantin menjalankan upacara ini, peralatan berinai yang telah dipersiapkan di rumah calon pengantin wanita secara diam-diam akan dibawa ke rumah calon pengantin laki-laki untuk berinai. Cara membawa inai dengan diam-diam inilah yang menjadikan malam berinai di Riau ditambah dengan kata Curi.

Upacara adat pernikahan tersebut dilakukan tiga hari menjelang pernikahan, malam berinai harus diawali oleh Mak Andam atau perias pengantin wanita untuk mempersiapkan peralatan berinai. Upacara berinai sendiri mengandung maksud untuk menolaj bala sebelum pernikahan terjadi. Tak hanya di jemari dan di kuku, inai juga dipakaikan di telapak tangan sebagai tanda penjaga diri dan dipakaikan juga di telapak kaki agar tak berjalan jauh sebelum upacara pernikahan dimulai.

hLhDbcFDM8H5EF_ulfELyWk2zA6D8z0F.jpg

Belajar Membuat Henna

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini ada begitu banyak henna pasta yang dijual di pasaran. Kamu juga dapat menemukan henna berbentuk bubuk ataupun pasta yang siap pakai. Bentuknya yang berupa pasta juga menjadikannya henna yang sangat mudah digunakan untuk membentuk pola tertentu pada kulit. Tapi, kalau kamu memang berniat membuat henna pasta sendiri, kamu bisa belajar dari cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pertama, kamu harus tahu bahwa pada dasarnya, meracik henna bubuk menjadi henna pasta itu tidak terlalu sulit. Hanya saja, ketika kita membuat henna...(more)

Answered Mar 20, 2018