selasar-loader

Apa saja yang harus dihindari saat hamil muda?

Last Updated Mar 8, 2018

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda adalah masa yang sangat rentan. Banyak hal yang katanya tidak boleh dilakukan saat hamil muda karena akan berpengaruh pada kesehatan calon bayi. Lalu sebenarnya apa saja yang harus dihindari saat hamil muda?

3 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Trimester pertama kehamilan atau masa awal kehamilan adalah fase ketika janin mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan yang dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Banyak yang menyatakan bahwa hamil muda adalah fase paling krusial karena banyak wanita yang mengalami keguguran pada tahap ini karena melakukan aktivitas yang berbahaya atau memakan makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi.

Kehamilan sendiri adalah sesuatu yang harus disyukuri. Setelah mendapat karunia berupa kehamilan, kita patut menjaga janin yang sudah ada di dalam kandungan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Tuhan yang telah diberikan. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, Ibu hamil juga diwajibkan melakukan aktivitas yang tidak berbahaya bagi janin saat hamil.

Bergitu berharganya kehamilan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat sedang hamil muda. Anda tidak boleh sembarangan melakukan aktivitas fisik yang bisa mengganggu janin yang ada di dalam kandungan Anda. Tidak hanya itu, segala hal yang berkaitan dengan ibu hamil harus dijaga, seperti gaya hidup, asupan makanan dan pola makan, kesehatan, serta aktivitas sehari-hari. Jika Anda tidak memperhatikan hal-hal tersebut, kesehatan Anda dan janin akan terganggu.

Agar lebih dapat menjaga kesehatan diri dan janin, berikut hal yang harus Anda hindari saat sedang hamil muda:

1.     Makan makanan mentah

Hu5j5kP_mon1Ui_KzTAlrSz0qKZNitmU.jpg

Berbagai jenis makanan mentah yang dikonsumsi sesungguhnya amat rentan terhadap penyebab penyakit seprti bakteri, virus, dan cacing. Keracunan akibat mengonsumsi makanan sangat mungkin terjadi apabila Anda mengkonsumsi makanan mentah ini. Cirus, bakteri, cacing, atau kuman yang menempel pada makanan mentah ini dapat memberikan berbagai keluhan pada kehamilan Anda dan buruk bagi janin seperti mengganggu pertumbuhan janin, menyebabkan cacat pada janin, atau bahkan mengalami keguguran. Pastikan makanan yang Anda konsumsi, terutama daging, telur, dan ikan, telah masak sempurna sehingga memperkecil risiko ikut masuknya kuman, bakteri, virus, dan cacing pada makanan Anda.

2.     Minum kopi terlalu banyak

-tVklJzwsGQJWQGnx-125alwxW72lEZI.jpg

Apakah Anda termasuk penikmat kopi? Mulai saat ini Anda harus mengurangi jumlah kopi yang masuk ke tubuh Anda. Kopi yang masuk ke tubuh Anda dalam jumlah besar, akan mengalir ke janin Anda. Minuman dengan kafein tinggi ini dapat memicu hormon yang menyebabkan stres. Tidak hanya itu, hormon ini dapat diterima secara langsung oleh janin sehingga sangat berbahaya dapat menyebabkan cacat pada janin, ketidakseimbangan hormon, meningkatkan risiko keguguran, dan berat lahir berkurang.

3.     Meminum alkohol dan merokok

sHU2W12mTyviZmxwpveNdEslGFo0e3OT.jpg

Alkohol dan rokok sudah sebaiknya Anda jauhi sama sekali. Jangan sampai Anda menyentuhnya saat sedang mengandung. Pada dasarnya tidak ada tingkat pemakaian alkohol atau pun rokok yang aman selama masa kehamilan. Alkohol dan rokok bila dikonsumsi akan tetap berebdar melalui darah dan diterima langsung oleh janin melalui plasenta. Penelitian menunjukkan bahwa Ibu yang mengonsumsi alkohol memiliki pertumbuhan janin yang terhambat jauh lebih tinggi daripada ibu lainnya. Ibu yang minum alkohol selama masa kehamilan dapat menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), gangguan otak pada bayi, kerusakan organ vital pada janin, hingga cacat fisik. Sedangkan ibu yang menghisap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dalam keadaan berat badan yang rendah.

4.     Olahraga atau aktivitas terlalu berat

mzM671U8U1xri89pwlarI642BpURZ7vT.png

Anda rutin olahraga? Atau Anda adalah pekerja lapangan yang terbiasa menjalani aktivitas berat? Sebaiknya Anda mulai mengurangi itu semua selama hamil muda. Anda tetap boleh melakukan olahraga, dengan catatan bukan olahraga berat dengan risiko tinggi. Jalan santai merupakan olahraga yang paling amal saat hamil. Tidak hanya itu, senam ringan dan berenang biasanya juga dianjurkan saat hamil. Berenang termasuk olahraga yang kecil risikonya dan dapat dilakukan sejak hamil muda hingga sepanjang masa kehamilan. Berenang dapat membuat punggung terasa nyaman dan tubuh terasa ringan.

5.     Terpapar radiasi

ex8mj2Q7A7ilnFHRD-wVKC8Lt0d8feti.jpg

Apapun alasannya, terpapar radiasi bagi ibu hamil sangat tidak boleh dilakukan. Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika memerlukan segala hal yang berbentuk penyinaran, termasuk rontgen, Anda bisa katakan kepada dokter bahwa Anda sedang hamil. Pada dasarnya, paparan radiasi dapat mengacaukan perkembangan sel. Terlebih lagi, mutasi sel tersebut bisa berkembang kea rah kanker dan cacat. Menyeramkan bukan? Pastikan Anda terhindar dan jauh dari paparan radiasi yah.

6.     Stres

yacBsh7dBLlkNoLxOdgy6Nn4RIsub2Vp.jpg

Tahukah Anda bahwa bayi yang ada di dalam kandunganmu sangat peka terhadap perasaan Anda? Janin yang dikandung Anda memiliki ikatan perasaan yang sangat kuat dengan ibunya. Berbagai hal yang dirasakan ibunya, entah itu stres, tertekan, hingga marah bisa dirasakan juga oleh sang janin di dalam kandungan. Ketika sang ibu stress dan tertekan, janin juga ikut merasa stress dan tertekan sehingga bisa membahayakan nyawa janin serta sang ibu hamil. Efek paling krusial saat Anda stress saat hamil muda adalah keguguran. Jadi mulai sekarang, mulailah selalu untuk merasa bahagia tanpa beban pikiran negatif apapun agar Anda selalu sehat dalam masa kehamilan, begitu juga dengan janin Anda.

7.     Diet

gkQSjWtKcLZoLfg5PlZcHZGsPwZXJJWa.jpg

Banyak Ibu hamil yang masih memaksakan diri untuk melakukan diet saat hamil muda. Padahal wanita hamil yang melakukan diet memiliki risiko yang sangat besar bagi janin. Saat diet, ibu hamil banyak mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini akan berakibat pada kurangnya asupan gizi yang penting selama pertumbuhan janin sejak hamil muda seperti kekurangan vitamin, mineral, protein, dan nutrisi lainnya. Diet bisa mengakibatkan cacat pada bayi karena kurangnya zat tertentu saat pertumbuhan di masa kehamilan. Meskipun ada diet tertentu yang baik bagi ibu hamil, tetapi ada baiknya jika hal itu telah dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

8.     Minum obat...(more)

Answered Mar 8, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Ada beberapa hal yang harus dihindari saat hamil muda. Beberapa sudah dituliskan oleh Selasar Sehat. Saya hanya akan menambahkan sedikit berdasarkan pengalaman teman saya yang berlatar belakang pendidikan sarjana kesehatan masyarakat. Mudah-mudahan tetap informatif sehingga dapat membantu melewati trimester pertama kehamilan dengan aman dan lancar.

qm6_gc8KOo7CHGR0vunEOTnj9LNhyW2x.jpg

Hubungan Seksual

Hindari berhubungan seksual saat usia kehamilan masih kurang dari 3 bulan karena itu merupakan usia kehamilan yang sangat rawan. Jadi, sebaiknya jangan berhubungan seksual terlebih dulu.

Kalau tidak ada keluhan (baik flek maupun nyeri perut bawah), baru hubungan seksual dibolehkan. Namun, ada syaratnya, yaitu usia kandungan minimal harus sudah memasuki usia ke-3 bulan.

Guncangan

Teman saya biasa naik ojek dalam perjalanan sehari-hari dari rumah ke kantor. Saat naik ojek, ia tidak sadar sedang hamil muda. Teman saya tidak menggunakan bantal sebagai peredam getaran dari jok motor ke rahimnya. Ia juga pada saat itu tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil muda. Akhirnya, ia keguguran.

Sebaiknya, gunakanlah bantal tambahan saat Anda naik motor dalam keadaan hamil muda. Ini akan membantu menjaga kandungan Anda. Minta pula orang yang memboncengi Anda untuk berkendara secara lebih perlahan dan hati-hati, terutama pada jalan yang tidak rata dan pada polisi tidur.

Makan Nanas

Nanas adalah makanan yang kabarnya sering dianggap pantangan bagi seseorang yang sedang hamil muda. Padahal, makanan ini sebenarnya boleh dikonsumsi, namun hanya dalam jumlah yang sangat sedikit.

Makan Duren

Duren juga termasuk makanan yang selama ini dipantang kala hamil. Perlu diketahui pula bahwa wanita hamil sebenarnya menghindari duren karena ketika hamil, penciuman mereka menjadi semakin peka (Baca: Apa saja tanda awal kehamilan yang mudah dikenali?)

Padahal, penanganan kasusnya sama dengan nanas; boleh, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Itu juga kalau hidung kuat atau kalau memang penggemar duren sejati. Hehehe.

Minum Kopi

Kopi boleh dikonsumsi, namun sebaiknya dicampur susu. Jangan kopi hitam, apalagi yang kental. Selain itu, intensitas minum kopi susu ini sebaiknya 1 kali saja setiap hari. Jangan berlebihan.

Naik Pesawat

Setiap maskapai penerbangan biasanya memiliki aturan yang berbeda-beda berkaitan dengan hal ini. Sebaiknya memang jangan naik pesawat dulu saat sedang hamil muda. Namun yang jelas, kalau pun dibolehkan, biasanya Anda akan membutuhkan surat izin dokter.

Makan Sate

Seorang wanita yang sedang hamil muda sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dibakar seperti sate, apalagi ada bagian yang gosongnya. Soalnya, bagian yang kosong itu mengandung karbon dalam konsentrasi besar sehingga berbahaya buat janin Anda.

Namun jika sudah hamil tua, tidak masalah mengkonsumsi sate. Bagaimanapun, sate mengandung protein yang dibutuhkan sebagai asupan nutrisi ibu hamil.

iXe3YRahjcZ6n8e37zEy0bx7Qc2fI_m1.jpg

Pantangan-pantangan lainnya alias yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda adalah stres, terlalu capek/letih dalam bekerja, serta mengonsumsi makanan mentah sudah diberi tahu oleh Selasar Sehat. Pun demikian halnya dengan konsumsi rokok serta minuman keras (saya pikir, hal ini pasti sudah dipahami setiap orang secara intuitif karena bagaimanapun, rokok dan minuman beralkohol relatif buruk untuk kesehatan secara umum).

Demikian. Semoga pengalaman di atas bisa membantu.

Answered Mar 24, 2018

Konsumsi yang dilarang:

  1. Makanan Mentah
  2. Ikan dengan Kandungan Merkuri
  3. Makanan Pemicu Alergi
  4. Minuman Beralkohol
  5. Kafein
  6. Kalori yang berlebih
  7. Merokok
  8. Susu yang Tidak Dipasteurisasi
  9. Mengkonsumsi Obat Tanpa Adanya Petunjuk Dari Dokter
  10. Melakukan Diet Selama Kehamilan


Sumber: https://bidanku.com/6-pantangan-untuk-ibu-hamil | Bidanku.com

Answered Dec 11, 2018

Question Overview


3 Followers
614 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa yang harus disiapkan di masa pra kehamilan untuk calon ibu?

Apa tanda-tanda kehamilan?

Kenapa bayi yang lahir zaman sekarang diberikan nama dengan penulisan aneh dan agak sulit diucapkan?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan anak, "Bagaimana cara sperma dan ovum bertemu sampai terjadi kehamilan?"?

Apa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil?

Bagaimana perasaan Anda ketika mengetahui Anda akan memiliki anak?

Bagaimana hukumnya jika seseorang bersenggama saat istri sedang hamil?

Apa perbedaan air ketuban dengan plasenta?

Apa saja penyebab keguguran pada kandungan?

Apa itu TORCH?

Apa saja tanda awal kehamilan yang mudah dikenali?

Apa Saja Sih Tanda Kehamilan Muda yang Penting Diketahui?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Tahu Hamil?

Bagaimana Mengenali Ciri-Ciri Orang Hamil

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Apakah botol parfum wanita paling indah yang pernah Anda lihat?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Apakah sebelum berhijab kita harus menghijabkan hati kita dulu?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Calon istri atau istri seperti apa yang kamu dambakan?

Bagaimana laki-laki memandang wanita alpha?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Apa kriteria tingkatan tertinggi wanita salihah itu yang mau dipoligami?