selasar-loader

Apa saja tanda awal kehamilan yang mudah dikenali?

Last Updated Mar 8, 2018

Terlambat datang bulan atau haid biasanya menjadi salah satu penanda kehamilan. Namun banyak ibu muda yang terlambat menyadari kehamilannya sehingga melakukan banyak aktivitas yang justru membahayakan kehamilan awalnya. Lalu apa saja tanda kehamilan yang mudah dikenali?

3 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Banyak yang keliru memahami tanda awal kehamilan dengan sindrom menjelang haid, mengingat gejala yang dialami kedua fase ini hampir sama atau mirip. Tanda awal kehamilan ini biasanya dialami karena ada beberapa perubahan pada sang ibu, baik dari segi fisik maupun psikis.

Semakin banyak tanda awal kehamilan yang terjadi dalam diri sang ibu, maka kemungkinannya untuk hamil akan semakin besar. Tanda awal kehamilan antara ibu yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Namun dengan mengetahui ada beberapa tanda awal kehamilan, Ibu bisa mempersiapkan diri dengan baik mengingat trimester pertama adalah fase kehamilan yang paling rentan.

6IqgzNsDn2QNB7jO74YBK6QSiwhKDJIv.jpg

Pada dasarnya, ketika wanita mengalami keterlambatan waktu haid, calon ibu bisa mulai bersiap dan mengenali apakah ada tanda awal kehamilan dalam dirinya. Selain itu, kehamilan bisa dibuktikan dengan menggunakan tes kehamilan, entah itu menggunakan alat tes urin yang dapat dibeli di apotek terdekat maupun dengan memeriksakan diri ke dokter.

Berikut adalah beberapa tanda awal kehamilan yang mudah dikenali calon ibu dan patut menjadi suatu hal yang dicermati:

1.     Mual dan muntah (morning sickness)

g4S1ISb76-XgSTf91AuL3T3QNrwpM16F.jpg

Mual dan muntah ini lebih dikenal dengan istilah morning sickness, yakni keadaaan tidak nyaman pada pagi hari karena rasa mual hingga muntah. Hal ini terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama calon ibu tidur. Selain itu, mual ini terjadi juga disebabkan oleh perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut. Gejala mual dan muntah ini biasanya akan terasa pada usia kehamilan enam minggu. Namun untuk menjadi catatan, gejala ini juga bisa muncul lebih awal dan segera hilang setelah usia kehamilan mencapai 12-16 minggu. Mual dan muntah ini juga bisa terjadi pada hampir semua Ibu hamil, tidak hanya pada pagi hari, tetapi siang dan malam hari pun bisa terjadi. Keadaan ini sangat tidak nyaman bagi ibu hamil dan dapat dicegah dengan menjaga asupan yang masuk ke dalam perut agar perut tidak kosong. Mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit dengan frekuensi yang sering serta memakan permen jahe juga bisa meredakan gejala ini.

2.     Kram perut

C8_yVuH5mxEluIe9DuqrU8_4UT903a_5.png

Banyak wanita yang abai pada tanda kehamilan ini karena hampir sama dengan gejala sebelum tiba hari menstruasi/ haid. Bedanya, kram perut yang terjadi karena tanda awal kehamilan biasanya lebih ringan daripada kram perut yang disebabkan oleh PMS. Kram perut biasanya terjadi di minggu awal masa kehamilan. Kram perut terjadi karena proses implantasi janin ke dinding rahim sedang berlangsung. Kram perut yang terjadi sebagai tanda awal kehamilan biasanya seperti rasa dicubit atau ditarik di satu sisi perut, entah yang kanan atau kiri tergantung tempat terjadinya pembuahan. Biasanya, kram perut juga dibarengi dengan munculnya bercak darah atau flek.

3.     Sering buang air kecil

dn585Ne4hI89AriZgG7Q_Vd_T9XD5vb1.jpg

Wanita akan mengalami tanda awal kehamilan seperti merasakan ingin buang air kecil pada masa awal kehamilannya, terutama ketika malam hari. Sering buang air kecil ini terjadi karena adanya perluasan rahim sebagai tempat berkembangnya janin sehingga mengakibatkan kandung kemih yang tertekan. Namun banyak juga yang menyangsikan tanda ini karena bisa jadi sering buang air kecilnya sang ibu disebabkan oleh faktor lain.

4.     Perubahan pada payudara

7a2DgcBkiCM66Bw1r2wa4AmhGQHsL4KK.jpg

Terjadinya perubahan hormon pada awal kehamilan dapat mengakibatkan payudara terasa lebih sensitif, padat, dan lebih kencang. Bahkan perubahan pada payurara ini bisa menyebabkan payudara terasa nyeri atau sakit saat dipegang atau tersentuh. Perubahan lainnya terlihat pada bagian puting payudara. Bagian puting akan terlihat lebih menonjol dan berwarna lebih gelap. Selain itu, pembuluh darah akan terlihat lebih tampak pada permukaan payudara.

5.     Bercak darah

qzu1PpNR7JLr4_qenuD7Aqc-nwLKGifV.jpg

Jangan panik jika Anda menemukan bercak darah di celana dalam Anda yang keluar dari vagina. Karena biasanya tanda awal kehamilan ini ditandai dengan bercak darah. Bercak darah muncul sebagai tanda bahwa sel telur yang dibuahi telah menempel pada dinding rahim. Bercak darah yang muncul biasanya hanya sedikit dan berwarna yang lebih terang dari darah haid. Selain itu, darah yang keluar juga hanya sedikit dalam waktu yang sebentar.

6.     Pusing

68oymiylN443u5EXlErq9UrAR8msu_3L.jpg

Pada awal kehamilan, wanita hamil akan mengalami peningkatan sirkulasi darah karena perubahan hormon. Hal ini lah yang menyebabkan Ibu hamil cenderung sering merasakan sakit kepala. Pusing juga bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah. Sakit kepala yang dirasakan bisa juga seperti pusing seperti sedang berasa di atas kapal laut.

7.     Sensitif terhadap bau

krZwzv2H7A-k6FUufZ0MSxtOHp9Ev5un.jpg

Rasa mual yang dialami pada awal kehamilan biasanya disebabkan karena penciuman yang lebih tajam terhadap bau-bauan tertentu atau bau menyengat, entah itu bau wangi ataupun bau yang tidak enak. Aroma dari makanan yang dikonsumsi pun terkadang dapat menjadi pemicu mual. Tidak hanya itu, kondisi sensitif terhadap bau ini dapat membuat ibu hamil juga kehilangan nafsu makan.

Semakin banyak tanda awal kehamilan di atas yang Anda alami, semakin besar kemungkinan Anda hamil. Meskipun begitu, tanda awal kehamilan bagi setiap wanita berbeda-beda sehingga tidak dapat dijadikan patokan atau standar. Untuk lebih tepat lagi, Anda harus segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Pada saat usia kehamilan yang masih muda, ada banyak sekali risiko yang dapat menghampiri. Oleh sebab itu, sebagai ibu yang sedang hamil muda, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar.

Hal ini benar-benar penting untuk diperhatikan oleh semua wanita, terutama wanita yang sedang hamil muda. Pada saat kehamilan, tentu saja Anda ingin menjaga kesehatan diri Anda sendiri dan juga kesehatan janin Anda. Berikut ini ada beberapa larangan ibu hamil muda yang wajib untuk Anda hindari.

1.     Larangan yang pertama adalah mengkonsumsi alkohol. Alkohol adalah minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Alkohol bahkan tidak baik dikonsumsi oleh orang yang...(more)

Answered Mar 8, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Di bawah ini adalah 15 tanda awal kehamilan yang sifatnya umum alias mudah dikenali oleh masyarakat awam.

ZPtN7KGy6O1JwfQ86RfnY6urrxQxfYnU.jpg

Perubahan pada payudara

Perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat payudara terasa lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting terlihat lebih muncul (menonjol) dan berwarna lebih gelap dengan pembuluh darah yang lebih tampak pada permukaan kulit payudara.

Lebih sering buang air kecil

Perubahan saat hamil juga menyebabkan kebanyakan wanita lebih sering ingin buang air kecil pada awal kehamilan, terutama pada malam hari. Pada tahap kehamilan selanjutnya, keinginan buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

Merasa sangat lelah

Kelelahan yang tidak tertahankan dan sering tanpa sebab dapat menjadi tanda awal kehamilan. Gejala ini dapat berlanjut terutama pada 3 bulan awal masa kehamilan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar progesteron dan perubahan pada produksi darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Hindari menangani kelelahan dengan mengonsumsi kafein yang dapat membahayakan janin. Sebisa mungkin atasi kondisi ini dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan beristirahat cukup.

QoAlVU45nHBNk0dkvXEfMXw89tBDfvtt.jpg

Amenorea

Amenorea (atau amenorrhea) adalah keadaan tidak terjadinya haid pada seorang wanita. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan juga menyusui, serta setelah menopause.

Amenorea terdiri dari 2 bagian, primer dan sekunder. Amenorea primer adalah kondisi tidak terjadi haid pada wanita usia 16 tahun. Sedangkan amenorea sekunder adalah keadaan tidak terjadinya haid selama 3 siklus atau 6 siklus padahal sebelumnya mengalami siklus haid seperti biasa.

Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda awal kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

_pFiNrJOStPlf4CpxmonL8iIhasIyuiG.jpg

Mual dan muntah

Mual dan muntah umumnya baru akan terasa pada usia kehamilan 6 minggu. Tapi gejala ini juga bisa muncul lebih awal sebagai tanda awal kehamilan. Kondisi ini biasanya akan hilang setelah memasuki usia kehamilan 12-16 minggu. Situasi ini lebih sering terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama Anda tidur.

Mual dan muntah dapat dicegah dengan menjaga perut agar tidak kosong. Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit, tapi lebih sering. Mengonsumsi permen mint atau jahe juga dapat meringankan gejala satu ini.

Sensitif terhadap bau

Mual yang dialami pada awal kehamilan umumnya disebabkan oleh indera penciuman yang menjadi lebih tajam terhadap bau-bauan tertentu, baik yang beraroma positif, seperti minyak wangi, atau yang beraroma negatif seperti asap rokok. Makanan dengan aroma tertentu yang biasa dikonsumsi pun tiba-tiba membuat mual, terutama yang beraroma kuat seperti telur dan bawang.

Kehilangan nafsu makan

Peningkatan kadar hormon dan sensitivitas terhadap bau-bauan dapat membuat wanita hamil menjadi tidak berselera menyantap makanan yang sebelumnya biasa dikonsumsi.

Konstipasi

Perubahan hormon dapat menyebabkan kinerja sistem pencernaan melambat sehingga menimbulkan kondisi sembelit.

Obstipasi

Obstipasi adalah bentuk parah dari konstipasi yang akan menyiksa seseorang dan bisa dijadikan tanda awal kehamilan. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh terhalangnya pergerakan feses di dalam usus atau adanya obstruksi usus.

Pada umumnya, gejala obstipasi akan cukup mirip dengan konstipasi; seorang penderita penyakit ini akan mengalami kesukaran dalam mengeluarkan feses. Hanya saja, hal yang membedakan obstipasi dengan konstipasi adalah si penyebabnya itu sendiri.

Gejala dari obstipasi dapat berupa kesulitan mengeluarkan feses yang keras dalam jangka waktu 3 hingga 5 hari. Kondisi seperti ini pun terkadang disertai dengan perasaan perut yang kembung atau penuh akibat adanya gas atau feses di dalam perut.

K2sBXLT3z8Qwm-iiJ5LyXDDROYcPKdS5.jpg

Suasana hati yang mudah berubah

Perubahan hormon juga dapat membuat Anda merasa lebih emosional. Suasana hati cepat berubah tanpa alasan yang jelas.

Pusing

Pusing kerap dirasakan di awal usia kehamilan akibat turunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah.

Bercak/flek darah

Terkadang kehamilan diawali dengan bercak-bercak darah yang keluar dari vagina. Bercak darah yang muncul menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

Striae dan Hiperpigmentasi Kulit

Tanda berikutnya yang bisa muncul sebagai tanda kehamilan yang umum adalah terjadinya striae dan juga hiperpigmentasi kulit. Kondisi ini adalah gejala yang mungkin terjadi dan umumnya daerah pada tubuh yang akan terserang dengan kondisi hiperpigmentasi adalah bagian hidung pipi dan bahkan pada bagian dahi. Tanda kehamilan yang satu ini sebenarnya masihlah dugaan sehingga belum tentu orang yang mengalami tanda yang satu ini digolongkan mengalami kehamilan.

Hiperpigmentasi kulit yang terjadi memang tidak berbahaya, akan tetapi dampaknya bisa sangat menganggu dan merusak penampilan. Apalagi untuk ibu hamil muda yang senang berdandan. Hadirnya hiperpigmentasi akan mungkin membuat Anda tampil kurang percaya diri. Pada bagian kulit yang terserang dengan hiperpigmentasi, bagian areola mammae mungkin akan menghitam dan pada bagian linea alba yang tampak mengalami perubahan warna menjadi lebih hitam.

Perlu diingat bahwa 15 tanda awal kehamilan di atas tidak bisa dijadikan patokan 100%. Ini hanya diperlukan sebagai identifikasi awal pada diri sendiri. Artinya, Anda harus tetap menguji kebenarannya, baik melalui testpack maupun berkonsultasi ke dokter.

 

Ilustrasi via Pixabay

Answered Mar 24, 2018

1. Terlambat datang haid 

2. Seperti akan menstruasi 

3. Sering mengalami kram perut 

4. Perut bawah akan mengalami kedutan 

5. Perut akan membengkak 

6. Rasa logam didalam mulut 

7. Perut kembung 

8. Keputihan 

9. Lendir vagina lebih banyak 

10. Diare tanpa ada gejala 

 11. Mual dan Muntah 

12. Mulut yang Terasa Asam 

13.  Hilangnya Nafsu Makan 

14. Perut Terasa Nyeri 

15. Dada yang Terasa Terbakar 

16. Sering Bersendawa dan Buang Gas 

17.  Konstipasi 

18. Keluarnya Flek Hitam 

19. Perubahan Pada Bagian Payudara 

20.  Pegal-Pegal 

21. Sering Buang Air Kecil 

22. Mudah Merasa Gerah 

Sumber: https://bidanku.com/bagaimana-mengenali-ciri-ciri-orang-hamil-ini-12-tanda-umumnya | Bidanku.com

Answered Dec 11, 2018

Question Overview


3 Followers
513 Views
Last Asked 11 months ago

Related Questions


Apa yang harus disiapkan di masa pra kehamilan untuk calon ibu?

Apa tanda-tanda kehamilan?

Kenapa bayi yang lahir zaman sekarang diberikan nama dengan penulisan aneh dan agak sulit diucapkan?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan anak, "Bagaimana cara sperma dan ovum bertemu sampai terjadi kehamilan?"?

Apa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil?

Bagaimana perasaan Anda ketika mengetahui Anda akan memiliki anak?

Bagaimana hukumnya jika seseorang bersenggama saat istri sedang hamil?

Apa perbedaan air ketuban dengan plasenta?

Apa saja penyebab keguguran pada kandungan?

Apa itu TORCH?

Apa saja yang harus dihindari saat hamil muda?

Apa Saja Sih Tanda Kehamilan Muda yang Penting Diketahui?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Tahu Hamil?

Bagaimana Mengenali Ciri-Ciri Orang Hamil

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Apakah botol parfum wanita paling indah yang pernah Anda lihat?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Apakah sebelum berhijab kita harus menghijabkan hati kita dulu?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Calon istri atau istri seperti apa yang kamu dambakan?

Bagaimana laki-laki memandang wanita alpha?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Apa kriteria tingkatan tertinggi wanita salihah itu yang mau dipoligami?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?