selasar-loader

Bagaimana cara memutihkan wajah secara alami?

Last Updated Mar 7, 2018

Kulit wajah putih, segar, sehat, serta cerah adalah dambaan setiap orang. Namun melakukan perawatan di skin care mahal menggunakan bahan kimia yang belum tentu cocok dengan kulit wajah kita. Lalu bagaimana cara memutihkan wajah secara alami yang bisa kita lakukan sendiri?

3 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Memiliki wajah cerah, bersih, sehat, dan segar menjadi dambaan setiap. Kulit wajah yang terlihat cerah, bersih, sehat, dan segar akan membuat penampilan Anda menjadi menarik dan juga meningkatkan tingkat percaya diri Anda. Saat ini telah banyak varian perawatan wajah di skin care mahal yang tersebar hampir di setiap kota. Sayangnya, semua perawatan wajah yang ditawarkan menggunakan bahan kimia yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit kita. Namun ternyata, sejak dulu telah banyak cara memutihkan wajah secara alami yang telah dilakukan leluhur-leluhur kita.

Perkara kulit putih memang sudah menjadi hal yang didamba-damba setiap orang, mengingat banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan wajah putih sebagai standar kecantikan. Namun di luar itu, kulit wajah yang bersih, sehat, segar, dan terawat seharusnya menjadi dambaan setiap orang yang bisa dilakukan dengan perawatan mudah melalui rumah. Asalkan Anda rajin melakuannya secara rutin dan teratur.  Anda juga bisa menggunakan berbagai macam bahan alami yang tersedia di sekitar Anda.

aktIESx3tqHM5YZ9-24eikkQXkRMU7B1.jpg

Di sekitar Anda banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa membantu Anda untuk memutihkan wajah serta  mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Bahan-bahan ini juga tidak sulit untuk dicari. Anda bisa membuat masker ataupun scrub yang dapat memutihkan wajah menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Untuk itu, simak 6 cara memutihkan wajah secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini:

1.     Membuat masker minyak zaitun

sLw-9f_Jf8tc5HONRPcRNrpMQ288huWN.jpg

Minyak zaitun bukanlah minyak biasa. Minyak Zaitun memiliki berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untu kulit. Minyak ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K yang tinggi. Di dalam minyak zaitun juga terdapat polifenol, trigliserida, tokoferol, squalene, asam lemak omega 3, 6, dan 9 serta zat besi. Adapun jenis minyak zaitun yang direkomendasikan untuk perawatan kulit wajah adalah ekstra virgin olive oil karena nutrisinya masih lengkap, murni, serta tidak mengandung atau dicampur dengan bahan kimia sintetis. Adapun yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker minyak zaitun ini adalah:

a.     Cuci tangan Anda hingga bersih.

b.     Oleskan 2-3 tetes minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah.

c.     Pijat-pijat wajah Anda sehingga nutrisinya menyerap ke dalam kulit.

d.     Diamkan hingga terasa kering kira-kira 20-30 menit.

e.     Bilas dengan air dingin tanpa menggunakan sabun.

Selain membuat wajah lebih putih, minyak zaitun juga dapat membantu menyamarkan garis-garis halus pada wajah Anda, serta menghilangkan kantung mata dan jerawat. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari.

2.     Membuat masker bengkoang

Bengkoang atau bengkuang merupakan resep kecantikan alami yang secara turun temurun telah dipraktikkan untuk memutihkan wajah, merawat wajah, dan mengencangkan wajah. Sejak dulu masker bengkoang telah populer di kalangan bangsawan wanita. Bahkan kini, bengkoang telah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan krim wajah modern. Bengkoang dipercaya mampu menghilangkan noda bekas jerawat, menyegarkan kulit wajah, memutihkan wajah, serta mencegah penuaan dini. Penggunaan bengkoang sebagai maskerpun sangat mudah. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Adapun cara membuat masker bengkoang adalah sebagai berikut:

a.     Ambil bengkoang dan kupas kulitnya.

b.     Cuci hingga bersih.

c.     Potong bengkoang menjadi dua bagian, lalu diparut.

d.     Peras parutan bengkoang dan simpan airnya ke dalam mangkok.

e.     Diamkan air perasanbengkoang selama 1 jam sampai mengendap seperti tepung.

f.      Pisahkan air perasan bengkoang dengan tepung yang mengendap di bawah mangkuk. Tepung inilah yang digunakan sebagai masker.

g.     Oleskan endapan tepung bengkoang tadi pada wajah menggunakan masker.

h.     Biarkan hingga mengering.

i.      Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Jangan menggosok wajah Anda saat membersihkan sisa masker bengkoang karena dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat menggunakan masker bengkoang ini kapan saja secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

3.     Membuat masker lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Lidah buaya mengandung 150 nutrisi lami seperti mineral, lignin, salicylic acids, saponin, sterol, amino acids, dan anthraquinones. Berbagai kandungan ini mampu menutrisi kulit, meminimalisasi sumbatan pori, sumber antioksidan, mengurangi terjadinya pigmentasi kulit, mengurangi kadar minyak, meningkatkan produksi kolagen, serta melembutkan kulit. Banyak bukan? Anda dapat memanfaatkan lidah buaya ini sebagai masker tanpa campuran apapun loh. Caranya adalah sebagai berikut:

a.     Ambil lidah buaya.

b.     Potong menjadi 2.

c.     Ambil gel yang terdapat di lidah buaya dengan menggunakan sendok.

d.     Oleskan seluruh gel yang ada pada lidah buaya ke seluruh permukaan wajah.

e.     Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga mengering.

f.      Bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin.

Perawatan memutihkan wajah menggunakan masker lidah buaya ini dapat Anda lakukan dua kali dalam sehari. Untuk hasil yang optimal, penggunaan rutin sangat disarankan agar wajah terlihat lebih putih.

4.     Membuat scrub kopi dan gula

OG-robMbOwdfaY1GQuUu-eWZJ5Lw3yF1.jpg

Salah satu penyebab kulit kusam adalah tumpukan sel kulit mati. Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, Anda dapat menggunakan campuran kopi dan gula sebagai scrub. Scrub kopi dan gula ini juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, memutihkan wajah, membersihkan komedo dan jerawat di wajah, mengecilkan pori-pori kulit, melembabkan kulit kering, serta menghaluskan kulit wajah. Cara membuat scrub kopi dan gula ini mudah. Berikut caranya:

a.     Siapkan 3 sdm bubuk kopi murni, ½ sdm gula, serta air hangat.

b.     Campurkan ketiga bahan tersebut di dalam mangkuk lalu biarkan beberapa saat.

c.     Pastikan wajah Anda bersih dan kering.

d.     Oleskan scrub kopi dan...(more)

Answered Mar 7, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Kulit wajah yang putih, bersih, sehat, dan berseri tentu menjadi dambaan setiap orang. Dalam beberapa kasus, kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya memang bisa membuat performa penamilanmu berkurang dan akan menurunkan kepercayaan dirimu. Tak pelak lagi, berbagai produk perawatan wajah saat ini menjamur di mana-mana. Produk-produk yang biasanya menggunakan bahan kimia itu terkadang justru merusak wajah. Tapi tahukah kamu? Banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk memutihkan wajah secara alami tanpa harus bergantung pada produk-produk skin care di luar sana.

Berbagai bahan alami bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Memutihkan wajah dengan cara alami juga membebaskan kamu dari berbagai efek samping yang mungkin timbul saat kamu menggunakan produk kecantikan berbahan kimia. Nah, beberapa bahan di bawah ini bisa membantu memutihkan kulit wajahmu secara alami.

Kulit jeruk

PSGHRG1pNedLNfTwBtDZk0deeV_EQnw_.jpg

Kulit kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C pada jeruk juga merupakan agen bleaching alami yang dapat menghilangkan kekusaman akibat terpapar sinar matahari. Begini cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk.

  1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering
  2. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk
  3. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
  4. Oleskan pasta pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  5. Bilas dengan air hangat

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Pepaya

7GZAgyDizPNbmZTqp6lrxmZA6KoozhR4.jpg

Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit.

Pepaya memang merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker dengan langkah-langkah berikut.

  1. Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pada wajah
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Perawatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Kentang

kYbFBdSyM9yaf2GnVFUBAetasmKlFgue.jpg

Kita mungkin mengenal kentang sebagai salah satu bahan makanan favorit kita. Ternyata, kentang juga bisa kamu andalkan untuk urusan merawat dan memutihkan kulit wajah. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam menyamarkan flek atau bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada kentang juga berperan sebagai pencerah wajah kusam yang diakibatkan oleh flek hitam maupun minyak berlebih. Kamu bisa ikuti cara berikut untuk memutihkan wajah dengan kentang.

  1. Siapkan 1 buah kentang berukuran sedang, lalu kupas kulitnya
  2. Rebus kentang hingga matang
  3. Potong kentang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam wadah
  4. Kemudian haluskan hingga menyerupai pasta
  5. Tambahkan 1 sendok makan susu
  6. Tambahkan minyak zaitun (opsional)
  7. Aduk hingga tercampur rata, lalu aplikasikan langsung pada wajah anda
  8. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat

Pisang

QRvT8ImBNP4dRd0KVLfyS567w8HDam75.jpg

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara memutihkan kulit wajah dengan buah ini, begitu mudah:

  1. Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut
  2. Tambahkan 1 sdm madu
  3. Campur hingga rata lalu
  4. Oleskan pada wajah
  5. Biarkan mengering selama 20 menit
  6. Bilas dengan air bersih

Tomat

X8rWPKd4xtihjEcMNsJbg31uzcSjyCth.jpg

Senyawa antioksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara menggunakannya seperti berikut ini.

  1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan.

Kira-kira itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan utuk memutihkan wajah. Tapi jangan lupa, kunci utama dari semua cara di atas adalah “rutin”. Jadi, jangan malas melakukannya, ya!

Selamat mencoba!

 

Ilustrasi: Pixabay

Answered Mar 23, 2018
Aulia Hanifah
Mahasiswi Farmasi Universitas Indonesia | Tiara 8, Rumah Kepemimpinan Awardee

pada dasarnya, kulit terasalebih kusam dan legam adalah akibat meningkatnya produksi melanin pada kulit. melanin kemudian menempati bagian atas kulit yang menimbulkan efek menghitamnya kulit. meningkatnya produksi melanin disebabkan oleh meningkatnya intensitas paparan kulit dengan sinar matahari. oleh karena itu, cara paling alami adalah dengan mengurangi intensitas paparan matahari terhadap kulit dalam waktu yang cukup lama. karena lama kelamaan, konsentrasi melanin yang ada permukaan atas kulit akan menurun dan kemudian warna kulit alami (yang lebih putih tentunya) akan kembali.

untuk mempercepat pemutihan atau meingkatkan kecerahan kulih dari sebelumnya, pemakaian masker alami seperti bengkoang, tomat, timun, dan lain-lain sangat dianjurkan.

Answered May 6, 2018

Question Overview


4 Followers
518 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Mengapa urat halus tumbuh di sekitar wajah?

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat?

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?

Bagaimana cara memutihkan wajah dengan mudah?

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Flek Hitam di Usia 40 an?

Cara apa sajakah yang ampuh untuk mengencangkan kulit dagu?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?