selasar-loader

Bagaimana cara memutihkan wajah dengan mudah?

Last Updated Mar 7, 2018

Kulit wajah kusam tentu sangat tidak enak dipandang. Sedangkan keuangan tidak mendukung untuk kita melakukan perawatan wajah mahal. Lalu bagaimana cara memutihkan wajah dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah?

3 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Memiliki flek hitam dan kulit wajah yang kusam tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Sedangkan memiliki wajah cerah, bersih, sehat, dan segar menjadi dambaan setiap. Kulit wajah yang terlihat cerah, bersih, sehat, dan segar akan membuat penampilan Anda menjadi menarik dan juga meningkatkan tingkat percaya diri Anda. Sayangnya, perawatan mahal di skin care terkemuka juga tidak menjamin wajah Anda terlihat segar dan cerah dengan seketika. Namun ternyata, sejak dulu telah banyak cara yang dapat mencerahkan wajah Anda. Anda akan dengan mudah menemukan cara memutihkan wajah yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Perkara kulit putih memang sudah menjadi hal yang didamba-damba setiap orang. Mengingat banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan wajah putih sebagai standar kecantikan. Namun di luar itu, kulit wajah yang bersih, sehat, segar, dan terawat seharusnya menjadi dambaan setiap orang yang bisa dilakukan dengan perawatan mudah melalui rumah. Asalkan Anda rajin melakuannya secara rutin dan teratur.  

Di sekitar Anda banyak sekali bahan-bahan yang bisa membantu Anda untuk memutihkan wajah serta  mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Bahan-bahan ini juga tidak sulit untuk dicari. Anda bisa membuat masker ataupun scrub yang dapat memutihkan wajah menggunakan bahan-bahan di sekitar Anda. Untuk itu, simak 6 cara memutihkan wajah dengan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini:

1.     Menggunakan susu beruang

xLqFi64HdKjg7FiHaHZwrDEQDK_nDfC9.jpg

Akhir-akhir ini di dunia maya sedang tren memutihkan wajah dengan menggunakan susu beruang sebagai masker. Susu beruang yang kita ketahui sebagai susu yang bisa diminum, ternyata mengandung kolagen, vitamin B6, dan vitamin D. Kandungan di dalam susu beruang ini ternyata mampu membuat wajah Anda kenyal dan putih. Caranya mudah, perhatikan langkah berikut:

a.     Tuang susu beruang ke dalam mangkuk, kira-kira seperempatnya.

b.     Ambil kapas yang masih bersih.

c.     Basahkan kapas dengan susu beruang yang sudah dituang ke dalam mangkuk tadi.

d.     Usapkan ke wajah dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan.

e.     Pastikan kening, pipi, hidung, dagu, serta seluruh area permukaan wajah Anda telah diusap oleh kapas tadi.

f.      Diamkan hingga mengering, kira-kira 10-15 menit.

g.     Bilas wajah dengan air hangat.

h.     Basuh kembali wajah dengan air dingin (fungsinya menutup pori-pori yang terbuka setelah tadi dibilas menggunakan air hangat).

Mudah bukan? Anda akan langsung merasa wajah Anda lebih putih, kenyal, dan segar. Untuk hasil yang maksimal Anda dapat melakukannya seminggu dua kali atau seminggu sekali. Tentu saja hasil ini berbeda-beda pada semua jenis kulit yah.

2.     Membuat masker putih telur

wBCJJqRfdN0-CubnPhFOIeiUj3xf-NGe.jpg

Putih telur sejak lama dikenal mampu memutihkan wajah serta mengencangkan kulit wajah. Masker putih telur ini telah menjadi favorit banyak orang sebagai cara memutihkan wajah. Membuat masker putih telur inipun cukup mudah dan murah. Baik laki-laki maupun wanita dapat membuat masker putih telur ini dan menggunakannya sebelum tidur. Berikut adalah cara membuat masker putih telur:

a.     Siapkan telur.

b.     Pisahkan antara kuning telur dan putih telur.

c.     Masukkan putih telur ke dalam mangkuk.

d.     Aduk putih telur hingga berbusa atau seperti pasta.

e.     Cuci wajah Anda hingga bersih dan keringkan.

f.      Oleskan masker putih telur ini ke seluruh wajah Anda secara merata.

g.     Diamkan selama 30-60 menit.

h.     Lalu bilas wajah Anda hingga bersih. Apabila Anda menggunakannya sebelum tidur, Anda bisa membiarkannya semalaman dan bilas wajah Anda keesokan paginya.

Menggunakan pmasker putih telur ini akan mendapatkan manfaat seketika. Kulit wajah Anda akan terlihat lebih putih dan kencang. Anda bisa meggunakan masker putih telur ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang optimal.

3.     Membuat masker bengkoang

vEb_MCG_9CdFWdQD4E_i5dLeOY6M6DLS.jpg

Bengkoang atau bengkuang merupakan resep kecantikan alami yang secara turun temurun telah dipraktikkan untuk memutihkan wajah, merawat wajah, dan mengencangkan wajah. Sejak dulu masker bengkoang telah populer di kalangan bangsawan wanita. Bahkan kini, bengkoang telah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan krim wajah modern. Bengkoang dipercaya mampu menghilangkan noda bekas jerawat, menyegarkan kulit wajah, memutihkan wajah, serta mencegah penuaan dini. Penggunaan bengkoang sebagai maskerpun sangat mudah. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Adapun cara membuat masker bengkoang adalah sebagai berikut:

a.     Ambil bengkoang dan kupas kulitnya.

b.     Cuci hingga bersih.

c.     Potong bengkoang menjadi dua bagian, lalu diparut.

d.     Peras parutan bengkoang dan simpan airnya ke dalam mangkok.

e.     Diamkan air perasanbengkoang selama 1 jam sampai mengendap seperti tepung.

f.      Pisahkan air perasan bengkoang dengan tepung yang mengendap di bawah mangkuk. Tepung inilah yang digunakan sebagai masker.

g.     Oleskan endapan tepung bengkoang tadi pada wajah menggunakan masker.

h.     Biarkan hingga mengering.

i.      Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Jangan menggosok wajah Anda saat membersihkan sisa masker bengkoang karena dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat menggunakan masker bengkoang ini kapan saja secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

4.     Membuat masker lidah buaya

zTgXWHyQnw0D0YLWSSuiqpf0tzHYNiQK.jpg

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Lidah buaya mengandung 150 nutrisi lami seperti mineral, lignin, salicylic acids, saponin, sterol, amino acids, dan anthraquinones. Berbagai kandungan ini mampu menutrisi kulit, meminimalisasi sumbatan pori, sumber antioksidan, mengurangi terjadinya pigmentasi kulit, mengurangi kadar minyak, meningkatkan produksi kolagen, serta melembutkan kulit. Banyak bukan? Anda dapat memanfaatkan lidah buaya ini sebagai masker tanpa campuran apapun loh. Caranya adalah sebagai berikut:

a.     Ambil lidah buaya.

b.     Potong menjadi 2.

c.    ...(more)

Answered Mar 7, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Sebenarnya, ada banyak cara yang tergolong mudah dalam memutihkan wajah. Cara memutihkan wajah paling mudah adalah dengan menggunakan sabun cuci muka yang mengandung vitamin C secara teratur sebanyak dua kali sehari. Tidak kurang, tidak lebih karena dapat membuat kulit jadi kering. Cara memutihkan wajah lainnya adalah dengan rajin minum air mineral. Ibu saya yang rajin minum air mineral wajahnya tampak cerah dan awet muda. Menyegarkan wajah dengan air (termasuk berwudhu) bisa juga menjadi cara memutihkan wajah, dalam hal ini mencerahkan. Maksudnya, orang yang tadinya berwajah kusam bisa jadi lebih segar atau enak dipandang.

Sementara itu, ada hal-hal yang juga perlu dihindari dalam upaya memutihkan wajah ini. Menghindari polusi adalah salah satunya, termasuk menghindari kontak dengan asap rokok (coba perhatikan, para perokok biasanya punya wajah lebih kusam). Selain itu, hindari terkena sinar matahari langsung (terpapar) kira-kira pada pukul 11.00-15.00. Ini berguna tidak hanya untuk kulit wajah, tetapi juga kulit di badan. Setelah berjilbab, kulit selain wajah memang lebih putih. Hehehe.

Ada cara memutihkan wajah yang juga alami, lho. Beberapa bahan di bawah ini bisa membantu memutihkan kulit wajahmu secara alami.

Kulit jeruk

PSGHRG1pNedLNfTwBtDZk0deeV_EQnw_.jpg

Kulit kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C pada jeruk juga merupakan agen bleaching alami yang dapat menghilangkan kekusaman akibat terpapar sinar matahari. Begini cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk.

  1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering
  2. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk
  3. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
  4. Oleskan pasta pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  5. Bilas dengan air hangat

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Pepaya

7GZAgyDizPNbmZTqp6lrxmZA6KoozhR4.jpg

Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit.

Pepaya memang merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker dengan langkah-langkah berikut.

  1. Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pada wajah
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Perawatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Kentang

kYbFBdSyM9yaf2GnVFUBAetasmKlFgue.jpg

Kita mungkin mengenal kentang sebagai salah satu bahan makanan favorit kita. Ternyata, kentang juga bisa kamu andalkan untuk urusan merawat dan memutihkan kulit wajah. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam menyamarkan flek atau bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada kentang juga berperan sebagai pencerah wajah kusam yang diakibatkan oleh flek hitam maupun minyak berlebih. Kamu bisa ikuti cara berikut untuk memutihkan wajah dengan kentang.

  1. Siapkan 1 buah kentang berukuran sedang, lalu kupas kulitnya
  2. Rebus kentang hingga matang
  3. Potong kentang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam wadah
  4. Kemudian haluskan hingga menyerupai pasta
  5. Tambahkan 1 sendok makan susu
  6. Tambahkan minyak zaitun (opsional)
  7. Aduk hingga tercampur rata, lalu aplikasikan langsung pada wajah anda
  8. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat

Pisang

QRvT8ImBNP4dRd0KVLfyS567w8HDam75.jpg

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara memutihkan kulit wajah dengan buah ini, begitu mudah:

  1. Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut
  2. Tambahkan 1 sdm madu
  3. Campur hingga rata lalu
  4. Oleskan pada wajah
  5. Biarkan mengering selama 20 menit
  6. Bilas dengan air bersih

Tomat

X8rWPKd4xtihjEcMNsJbg31uzcSjyCth.jpg

Senyawa antioksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara menggunakannya seperti berikut ini.

  1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan.

Kira-kira itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan utuk memutihkan wajah. Tapi jangan lupa, kunci utama dari semua cara di atas adalah “rutin”. Jadi, jangan malas melakukannya, ya!

Selamat mencoba!

 

Ilustrasi: Pixabay

Answered Mar 23, 2018

Ditahun yang serba modern seperti sekarang ini mungkin tidak terlalu sulit untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah alami. Sebab kini telah banyak klinik kecantikan yang mampu memberikan solusi untuk tampil cantik setiap hari.

Namun, tidak semua kan memiliki uang yang cukup untuk sekedar mencerahkan di klinik kecantikan. Dan alhasil pasti lari untuk mencari-cari cara alami untuk mencerahkan wajah. Ingat ya kakak cantik, cara alami memang aman tanpa efek samping, namun untuk mencerahkan apalagi memutihkan wajah yang kusam maka dibutuhkan ketlatenan yang luar biasa dari penggunanya.

Jadi, saran kami adalah sebaiknya kakak gunakan cream pemutih wajah yang kini sudah banyak tersedia di olshop. tapi ingat selalu pilih dan gunakan cream pemutih wajah bpom. Sebab semua produk yang sudah mendapatkan ijin edar dari BPOM pasti sudah dijamin keamanan dan kualitasnya.

Terimakasih semoga bermanfaat ^0^....

Answered Feb 15, 2019

Question Overview


3 Followers
669 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Mengapa urat halus tumbuh di sekitar wajah?

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat?

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?

Bagaimana cara memutihkan wajah secara alami?

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Flek Hitam di Usia 40 an?

Cara apa sajakah yang ampuh untuk mengencangkan kulit dagu?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?