selasar-loader

Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?

Last Updated Mar 7, 2018

Pada kenyataannya, cuci muka saja tidak cukup untuk memastikan wajah kita selalu bersih dan terhindar dari kesan kusam. Kita selalu terpapar polusi asap kendaraan, sinar matahari, dan debu, tentu membuat wajah kita mudah sekali kusam. Lalu Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam serta selalu terlihat segar?

4 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Wajah adalah bagian penting dari tubuh Anda yang pertama kali dilihat dan diperhatikan oleh lain. Wajah juga memainkan peranan penting karena menjadi salah satu indikator kepercayaan diri Anda ketika menghadapi orang lain. Jika wajah Anda sehat dan segar, tentu Anda akan merasa nyaman untuk bertemu dengan orang lain. Sebaliknya, jika wajah Anda kusam, Anda akan merasa sungkan, kepercayaan diri Anda juga berkurang drastis. Di tengah banyaknya skin care yang menawarkan berbagai perawatan wajah, ternyata banyak cara merawat wajah agar tidak kusam dan kotor yang bisa Anda lakukan di rumah secara rutin.

Perawatan wajah tidak harus mahal, selama Anda melakukannya dengan rutin, kesehatan kulit Anda akan terjamin. Anda juga dapat melakukannya dengan bahan-bahan alami dan bisa Anda temukan di sekitar Anda. Tidak hanya itu, Anda juga tetap bisa menggunakan produk kecantikan dan kesehatan yang Anda gunakan, tanpa harus meng-upgrade-nya menjadi produk kecantikan milik skin care mahal.

Untuk merawat wajah Anda, yang perlu Anda perhatikan adalah jenis kulit wajah Anda, apakah Anda termasuk dalam kondisi kulit wajah normal, kulit wajah berminyak, kulit wajah sensitif, atau kulit wajah kering.  Hal ini sangat penting, agar Anda tidak melakukan kesalahan perawatan wajah yang justru dapat merusak wajah Anda. Alih-alih ingin wajah yang segar dan sehat, Anda justru mendapati kulit Anda iritasi karena menggunakan bahan tertentu yang ternyata tidak cocok dengan kulit Anda yang sensitif.

Kulit wajah yang sehat, segar, dan bersih tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu, Anda perlu melakukan melakukan perawatan wajah alami yang harus menjadi rutinitas sehari-hari agar kulit kusam tidak sempat mampir ke wajah Anda. Berikut adalah 8 cara merawat wajah agar tidak kusam yang bisa Anda lakukan setiap hari:

1.     Membersihkan kulit wajah dengan teratur

lhgk-A_vy6aeai1yu3d7CUTzgHz-JHyJ.jpg

Membersihkan kulit wajah dengan mencuci muka minimal dua kali sehari adalah hal yang wajib Anda lakukan. Mencuci muka akan membuat wajah Anda tampak bersih, cera, dan terbebas dari kuman dan bakteri penyebab jerawat. Gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda menggunakan make up sehari-hari, pastikan sebelum mencuci muka, Anda telah menghapus make up yang Anda gunakan dengan toner ataupun cairan pembersih make up. Anda juga boleh menggunakan scrub pembersih wajah minimal seminggu dua kali. Scrub pembersih wajah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di wajah kamu. Penggunaan scrub untuk wajah ini diharapkan jangan terlalu sering, butiran scrub yang kasar jika terlalu sering digunakan justru dapat merusak permukaan kulit Anda.

2.     Menggunakan pelembab wajah dan tabir surya

rhqH163tRBblYBubDOrS3MHApuOTlowr.jpg

Setelah mandi dan sebelum Anda beraktivitas di luar rumah, pastikan Anda menggunakan pelembab kulit. Anda juga bisa menggunakan tabir surya. Lagi-lagi, perhatikan jenis kulit kamu dalam memilih pelembab wajah dan tabir surya yang cocok untuk Anda. Penggunaan pelebab wajah dan tabir surya ini akan melindungi Anda dari paparan sinar matahari langsung. Paparan matahari langsung ini sangat berbahaya bagi kesehatan kulit Anda jika tidak dilindungi oleh apapun. Jika terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, kulit Anda bisa semakin kusam dan terdapat flek hitam. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk menyisihkan waktu menggunakan pelembab wajah dan tabir surya sebelum Anda keluar rumah.

3.     Menggunakan masker

P1U-E1qfBAIdjF5DH2CDJbUBLDrflZ-N.jpg

Saat ini begitu banyak pilihan masker instan yang bisa langsung Anda gunakan untuk merawat wajah Anda setiap hari. Masker ini digunakan untuk melindungi wajah kamu dengan melakukan nutrisi yang tepat lansung di wajah Anda. Jika Anda tidak terlalu percaya dengan masker instan yang banyak beredar di pasaran, Anda bisa membuat masker alami sendiri di rumah. Berbagai bahan alami tersedia di sekitar Anda untuk dibuat masker wajah. Anda bisa membuat masker wajah menggunakan bahan alami seperti menggunakan madu dan jeruk nipis, putih telur, ataupun bengkoang. Semua masker alami tersebut dapat memberikan efek segar dan cerah seketika di wajah Anda setelah digunakan.

4.     Minum air putih secara teratur

njuizy1xR9PDF8s8PmjBQDuCFrNhQB0W.jpg

Air putih memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit Anda. Kurang meminum air putih, tidak hanya menyebabkan dehidrasi pada tubuh, tetapi juga membuat kulit terlihat kusam dan keriput. Oleh karena itu, jangan sampai kamu kehausan. Minum air putih yang cukup secara rutin sehingga kebutuhan tubuhmu akan air selalu tercukupi setiap harinya.

5.     Olahraga

-D5dWmLvS-EMzTrmQsdBl0DkvRO2xSx0.jpg

Peredaran darah di dalam tubuh yang lancar dapat membantu menutrisi kulit agar terdistribusi dengan baik. Dengan olahraga yang teratur, entah itu senam, kardio, jogging, atau olahraga lainnya, ternyata bermanfaat dalam mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit wajah, dan mencegah kulit keriput. Ketika berolahraga, kulit akan mengeluarkan banyak keringat. Keringat yang keluar ini akan juga membawa kotoran di dalam pori-pori sehingga membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar.

6.     Konsumsi makanan sehat untuk nutrisi kulit

vBfsR62zGSZR8ap8aesYSwco2RlWaglG.jpg

Kulit wajah yang cerah dan sehat tidak akan hadir jika Anda terlalu sering makan-makanan yang mengandung lemak jenuh atau minyak seperti gorengan. Hindarilah makanan yang terlalu manis, asin, atau mengandung pewarna dan pengawet makanan yang tinggi. Sebagai gantinya, untuk memberikan nutrisi yang cukup pada kulit, tingkatkanlah konsumsi buah-buahan, sayur, serta makanan lain yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral. Kacang-kacangan, pisang, juga buah naga adalah pilihan yang sangat baik untuk terus menutrisi kulit Anda.

7.     Istirahat yang cukup

Tqc1SjyhLzZDOhza_rE8O3vvARUdRf-H.jpg

Sadarkah Anda jika kurang tidur atau dalam keadaan stres wajah Anda terlihat lebih kusam? Begadang atau melakukan aktivitas pada malam hari juga membuat kulit Anda mudah keriput dan terlihat lebih tua. Untuk itu, penuhi kesehatan kulit wajah kamu dengan istirahat 7-8 jam sehari agar mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat. Pastikan juga Anda terhindar dari...(more)

Answered Mar 7, 2018
Yusup Ridwansyah
Calon Peneliti, Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Salah satu cara merawat wajah agar tetap terlihat segar, bersih, kencang, dan terhindar dari kusam yaitu dengan berwudhu. Tidak sedikit penelitian yang membuktikan bahwa air wudhu, terlebih saat wudhu sebelum sholat dipersetiga malam dapat menjadi masker atau sabun muka sejenisnya. So, untuk mendapatkan wajah yang bersih dan terlihat cerah, banyak-banyaklah berwudhu.

Answered Mar 26, 2018

Wajah kusam itu karena banyak sel kulit mati.

Cara yang paling mudah adalah dengan mengangkat sel kulit mati. Caranya ya harus memakai peeling wajah. Dan jangan lupa menggunakan cream atau serum yang fungsi buat memutihkan.

Banyak kok whitening cream di pasaran.

Answered Dec 19, 2018

Wajah kusam sebenarnya diesbabkan oleh banyak hal. Salah satunya karena kotoran yang menumpuk dan juga sel kulit mati. Cara mencerahkan wajah kusam ada banyak sekali, and abisa gunakan cara cara yang alami dengan menggunakan bahan herbal yang bisa kita temukan disekitar kita. Anda juga bisa melakukan aktifitas rutin seperti olah raga untuk menjaga kecantikan kulit dan perbanyak konsumsi air putih karena itu bisa menghidrasi kulit anda, supaya tidak terlihat kusam.

Selain itu anda juga bisa menggunakan banyak pilihan cream pemutih wajah yang aman dan permanen dipasaran yang bisa anda jadikan rekomendasi.Salah satunya produk theraskin. Coba saja dulu.

Answered Jan 31, 2019

Question Overview


4 Followers
330 Views
Last Asked 12 months ago

Related Questions


Mengapa urat halus tumbuh di sekitar wajah?

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat?

Bagaimana cara memutihkan wajah dengan mudah?

Bagaimana cara memutihkan wajah secara alami?

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Flek Hitam di Usia 40 an?

Cara apa sajakah yang ampuh untuk mengencangkan kulit dagu?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apakah ranking perguruan tinggi berpengaruh pada karier alumninya?

Persib, apakah kelebihan dan kekurangannya menurut bobotoh?

Apa pendapatmu tentang rencana Jokowi untuk meluncurkan student loan di Indonesia?